Tugas Modul 1 KB 2 Materi 1. Peran Teknologi dan Media dalam Pembelajaran Abad 21
1. Tugas Terstruktur (Praktikum)
Secara mandiri
carilah contoh konkret dari sumber referensi yang ada di buku maupun jurnal
tentang peran guru di era digital abad 21 sesuai Standar Teknologi Pendidikan
Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards for Teacher)/NETS-T!
Sumber: https://www.iste.org/docs/pdfs/20-14_ISTE_Standards-T_PDF.pdf
1.
Memfasilitasi
dan menginspirasi pembelajaran dan kreatifitas siswa
Guru menggunakan pengetahuan mereka tentang
materi pelajaran, pengajaran dan pembelajaran, dan teknologi untuk
memfasilitasi pengalaman yang memajukan pembelajaran siswa, kreativitas, dan
inovasi di kedua lingkungan tatap muka dan virtual.
a. Mempromosikan, mendukung, dan memodelkan pemikiran kreatif dan inovatif serta daya cipta
b. Melibatkan siswa dalam mengeksplorasi isu-isu dunia nyata dan memecahkan masalah otentik menggunakan alat dan sumber daya digital
c. Mempromosikan refleksi siswa menggunakan alat kolaboratif untuk mengungkapkan dan memperjelas pemahaman konsep dan pemikiran siswa, perencanaan, dan proses kreatif
d. Memodelkan konstruksi pengetahuan kolaboratif dengan terlibat dalam pembelajaran dengan siswa, kolega, dan lainnya dalam lingkungan tatap muka dan virtual
a. Mempromosikan, mendukung, dan memodelkan pemikiran kreatif dan inovatif serta daya cipta
b. Melibatkan siswa dalam mengeksplorasi isu-isu dunia nyata dan memecahkan masalah otentik menggunakan alat dan sumber daya digital
c. Mempromosikan refleksi siswa menggunakan alat kolaboratif untuk mengungkapkan dan memperjelas pemahaman konsep dan pemikiran siswa, perencanaan, dan proses kreatif
d. Memodelkan konstruksi pengetahuan kolaboratif dengan terlibat dalam pembelajaran dengan siswa, kolega, dan lainnya dalam lingkungan tatap muka dan virtual
2.
Merancang
dan mengembangkan pengalaman belajar digital dan penilaian
Guru merancang, mengembangkan, dan
mengevaluasi pengalaman dan penilaian pembelajaran otentik yang menggabungkan
alat dan sumber daya kontemporer untuk memaksimalkan pembelajaran konten dalam
konteks dan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang
diidentifikasi dalam Standar • S.
a. Merancang atau mengadaptasi pengalaman pembelajaran yang relevan yang menggabungkan alat-alat digital dan sumber daya untuk mempromosikan pembelajaran dan kreativitas siswa
b. Mengembangkan lingkungan belajar yang diperkaya teknologi yang memungkinkan semua siswa untuk mengejar keingintahuan individu mereka dan menjadi peserta aktif dalam menetapkan tujuan pendidikan mereka sendiri, mengelola pembelajaran mereka sendiri, dan menilai kemajuan mereka sendiri
c. Menyesuaikan dan mempersonalisasikan kegiatan belajar untuk mengatasi beragam gaya belajar siswa, strategi kerja, dan kemampuan menggunakan alat dan sumber daya digital
d. Memberikan siswa dengan penilaian formatif dan sumatif berganda dan bervariasi sesuai dengan standar konten dan teknologi, dan menggunakan data yang dihasilkan untuk menginformasikan pembelajaran dan pengajaran
3. Model kerja dan pembelajaran era digital
Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital.
a. Menunjukkan kefasihan dalam sistem teknologi dan transfer pengetahuan saat ini ke teknologi dan situasi baru
b. Berkolaborasi dengan siswa, rekan, orang tua, dan anggota komunitas menggunakan alat dan sumber daya digital untuk mendukung keberhasilan dan inovasi siswa
c. Mekomunikasikan informasi dan ide yang relevan secara efektif kepada siswa, orang tua, dan teman sebaya menggunakan berbagai media dan format digital
d. Membuat model dan memfasilitasi penggunaan yang efektif dari perangkat digital saat ini dan yang sedang muncul untuk menemukan, menganalisis, mengevaluasi, dan menggunakan sumber informasi untuk mendukung penelitian dan pembelajaran
4. Mempromosikan dan model kewarganegaraan dan tanggung jawab digital
Guru memahami masalah dan tanggung jawab sosial lokal dan global dalam budaya digital yang berkembang dan menunjukkan perilaku legal dan etis dalam praktik profesional mereka.
a. Advokat, model, dan ajarkan penggunaan informasi dan teknologi digital yang aman, legal, dan etis, termasuk menghormati hak cipta, kekayaan intelektual, dan dokumentasi sumber yang tepat
b. Menangani beragam kebutuhan semua peserta didik dengan menggunakan strategi yang berpusat pada pembelajar yang memberikan akses yang setara ke alat dan sumber daya digital yang sesuai
c. Mempromosikan dan model etiket digital dan interaksi sosial yang bertanggung jawab terkait dengan penggunaan teknologi dan informasi
d. Mengembangkan dan modelkan pemahaman budaya dan kesadaran global dengan melibatkan kolega dan siswa dari budaya lain menggunakan alat komunikasi dan kolaborasi usia digital
5. Terlibat dalam pertumbuhan profesional dan kepemimpinan
Guru terus meningkatkan praktik profesional mereka, model pembelajaran seumur hidup, dan menunjukkan kepemimpinan di sekolah dan komunitas profesional mereka dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat digital dan sumber daya secara efektif.
a. Berpartisipasi dalam komunitas belajar lokal dan global untuk mengeksplorasi aplikasi kreatif teknologi untuk meningkatkan pembelajaran siswa
b. Memperlihatkan kepemimpinan dengan menunjukkan visi infus teknologi, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan bersama dan membangun komunitas, dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan teknologi orang lain
c. Mengevaluasi dan merefleksikan penelitian saat ini dan praktik profesional secara teratur untuk memanfaatkan secara efektif alat-alat dan sumber daya digital yang ada dan muncul untuk mendukung pembelajaran siswa.
d. Berkontribusi pada efektivitas, vitalitas, dan selfrenewal profesi guru dan sekolah dan komunitas mereka
2. Tugas Mandiri
Jawablah pertanyaan soal latihan di bawah ini dengan
singkat dan jelas!
A.
Apa saja bentuk pemanfaatan teknologi dan media
informasi yang Anda lakukan di kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran abad
21? Coba jelaskan secara singkat!
Penggunaan
smartphone android, laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet untuk
mengakses informasi/materi dari web, blog, jejaring social (facebook, whatsup,
youtube) yang sangat membantu dalam perbaikan pengelolaan pembelajaran dan
juga sarana berbagi informasi
B.
Berilah contoh konkret pemanfaatan teknologi dan
media informasi pada pembelajaran abad 21?
penggunaan
aplikasi Microsoft power point untuk pembelajaran ,penggunaan website
pembelajaran siswa, penggunaan media kolaborasi dengan aplikasi jejaring
social, seperti facebook, whatsup dalam berbagi informasi pembelajaran,
penggunaan yahoo/google mail sebagai penyedia layanan email untuk bertukar
informasi tentang materi pembelajaran antar siswa-guru
C.
Berikan ilustrasi akan pesatnya kemajuan pemanfaatan
teknologi dan media informasi yang sudah Anda laksanakan pada pembelajaran abad
21?
pemanfaat
teknologi dan media informasi awalnya hanya terbatas materi cetak, kemudian
penggunaan sarana multimedia (audio, VCD, DVD), dan sekarang pembelajaran
mobile yang didukung jaringan internet nirkabel serta suatu keharusan penggunaan
pada media social (facebook, youtube, whatsup, dll) dimana segala informasi
diperoleh dengan cepat dan mudah
D.
Sebutkan dan jelaskan beberapa kemampuan yang dapat
dikembangkan guru untuk menunjukkan potensinya terkait tugas dan perannya di
era digital abad 21!
1.
Interactive
Instruction (pembelajaran interaktif)
Guru
dalam menyampaikan materi pembelajarannya harus menarik dan interaktif dengan
memanfaatkan teknologi digital seperti: powerPoint/Prezi Presentation, video
conference, email, video streaming
2.
Personal
Response System (PRS)
Dalam pendidikan, Personal Response System (PRS) adalah alat teknologi instruksional yang terdiri dari aplikasi perangkat lunak berpemilik yang diinstal pada komputer fasilitator, penerima nirkabel, dan pemancar inframerah genggam yang telah ditugaskan kepada siswa untuk mencatat tanggapan mereka terhadap pilihan ganda.
Dalam pendidikan, Personal Response System (PRS) adalah alat teknologi instruksional yang terdiri dari aplikasi perangkat lunak berpemilik yang diinstal pada komputer fasilitator, penerima nirkabel, dan pemancar inframerah genggam yang telah ditugaskan kepada siswa untuk mencatat tanggapan mereka terhadap pilihan ganda.
dalam
pembelajaran, guru bisa menggunakan perangkat nirkabel PRS untuk mempermudah
memperoleh informasi tentang kehadiran, respon, mengukur pemahaman siswa, media
umpan balik bagi guru dan siswa, sehingga informasi ini dapat digunakan untuk
membuat keputusan belajar yang dibutuhkan siswa
3.
Mobile
Assessment Tools
Guru
harus memiliki dan mampu menggunakan perangkat seluler (mobile device) yang
mempermudah guru merekam, mentransfer data hasil kinerja siswa secara otomatis,
sehingga mempermudah/menghemat waktu guru dalam membuat laporan hasil kinerja
siswa
4.
Community of
Practice (Komunitas Praktik)
dimana
kelompok guru/pendidik saling
berkolaborasi maupun bertukar gagasan atau materi, dengan berinteraksi dengan
teknologi berbasis internet
E.
Sebutkan dan jelaskan peran guru di era digital abad
21 sesuai Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru (National
Educational Technology Standards for Teacher)/NETS-T!
Peran guru di
era digital sesuai dengan Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk guru
diantaranya
1. memfasilitasi
dan menginspirasi pembelajaran dan kreativitas siswa,
Guru menggunakan pengetahuan
mereka tentang materi pelajaran, pengajaran dan pembelajaran, dan teknologi
untuk memfasilitasi pengalaman yang memajukan pembelajaran siswa, kreativitas,
dan inovasi baik di lingkungan tatap muka dan virtual.
2.
merancang dan
mengembangkan pengalaman dan penilaian pembelajaran sesuai digital-age,
Guru merancang,
mengembangkan, dan mengevaluasi pengalaman belajar otentik dan penilaian yang
menggabungkan alat dan sumber daya kontemporer untuk memaksimalkan pembelajaran
konten dalam kontak dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang
diidentifikasi dalam NETS-S.
3.
model kerja dan
belajar berbasis digital-age,
Guru menunjukkan
pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif
dalam masyarakat global dan digital.
4.
mempromosikan
dan model digital citizenship dan tanggung jawab,
Guru memahami masalah dan
tanggung jawab sosial lokal dan global dalam budaya digital yang berkembang dan
menunjukkan perilaku hukum dan etika dalam praktik profesional mereka.
5.
terlibat dalam
pertumbuhan profesional dan kepemimpinan guru.
Guru secara terus-menerus
meningkatkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup,
dan memamerkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka
dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan
sumber daya secara efektif.
Posting Komentar untuk "Tugas Modul 1 KB 2 Materi 1. Peran Teknologi dan Media dalam Pembelajaran Abad 21"