Formative Test Modul 1 PPGDALJAB
MODUL 1.
TES FORMATIF
1
1.
Definisi kurikulum terpadu menurut Wolfinger (1991). Adalah….
ü Kurikulum
yang menggabungkan sejumlah disiplin ilmu melalui pemanduan area isi,
keterampilan dan sikap
2.
Perbedaan konsepsi kurikulum tepadu dengan pembelajaran terpadu
difokuskan pada segi….
ü Perencanaan
dan pelaksanaan
3.
Pembelajafran terpadu sebagai suatu konsep dapat dikatakan sebagai
pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberpa maa pelajaran untuk pemberian
pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dikatakan bermaknan karena dalam
pembelajran terpadu….
ü Siswa akan
memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan
menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami
4.
Pendekatan pembelajarna terpadu dilakukan sebagai upaya untuk
memperbaiki kualitas pendidikan ditingkat dasar, terutama dalam rangka
mengimbangi gejala
ü Penjejalan
kurikulum
5.
Di bawah ini adalah cirri-ciri pembelajaran terpadu, kecuali….
ü Siswa
semakin pintar
6.
Dibandingkan pendekatan konvensionaal, pendekatan
pembelajaranan terjpadu memiliki
kelebihan-kelebihan sebagai berikut,
kecuali
ü Guru dapat
melakukan evalusi terhadap siswa dengan mudah dan ektif
7.
Di bawah ini yang merupakan landasan filosofis pembelajaran
terpadu adalah sebagai berikut, kecuali
ü Individualisme
8.
Secara fitrah siswa memililki bekal atau potensi yang sama dalam
upaya memahami sesuatu, implikasi wawasan tersebut dalam kegiatan pembelajaran
adalah….
ü Siswa
disikapi sebagai subjek belajar yagn secara kreatif mampu menemukan
pemahamannya sendiri
9.
Ledakan pengetahuan begitu cepat sehingga teralalu banyak
informasi yang harus dimuat oleh kurikulum, hal tesebut merupakan salah satu
landasan pembelajaran terpadu yaitu landasan…
ü Praktis
10.
Dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu terdapat beberpa prisnsip
sebagai berikut, keculai….
ü Prinsip
perencanaan pembelajaran terpadu
TES FORMATIF
2
1.
Model pembelajaran terpadu menurut Forgety (1991)
ü 10 Model
2.
Model pembelajaran terpadu yang dilandasi oleh anggapan bahwa
butir-butir pembelajaran dapat dipayungkan pada induk disiplin tertentu adalah
model….
ü Connected
3.
Berikut adalah model-model pembelajaran terpadu. Model yang paling
popular adalah…
ü Webbed
4.
Menurut Jacobs (1989) ada lima bentuk keterpaduan dalam kegiatan
pembelajaran yaitu discipline based, parallel, multidisciplinary,
interdisciplinary, dan intergrated. Bentu keterpaduan diciplin based adalah ….
ü Bentu
keterpaduan yagn bertolak dari mata pelajaran tertentu
5.
Di bawah ini adalah model-model pembelajaran terpadu yang
dikembangkan di SD, kecuali…
ü Model bagian
(shared)
6.
Model pembelajaran terpadu yang secara sengaja diusahakan untuk
menghubungkan satu konsep dengan konsep lain, disebut model…
7.
Gambar disamping adalah gambar bentuk pembelajaran terpadu model…
ü Network
ü Adalnya
factor motivasional yang dihasilkan dari menyeleksi tema yang sangat diminati
9.
Berikut ini adalah kekuatan –kekuetan pembelajaran terpadu;
2)
Model jarring laba-laba relative lebih mudah dilakukan oleh guru
yang belum berpengalaman;
3)
Dengan mengatkan ide-ide interbidang studi, siswa memiliki
keuntungan gambar yagn besar seperti halnya suatu bidang studi yang terfolus
pada suatu aspek, dan
4)
Konsep-konsep kunci dikebangakan siswa secara terus menerus
sehingga terjadi ineteralisasi
Yang
merupakan kekuatan pembelajaran terpadu model jarring laba-laba adalah…
ü Poin 1 dan 2
10.
Di bawah ini merupakan kelemahan-kelemahan pembelajaran terpadu
model keter paduan, keculai…
ü Berbagai
bidang studi di dalam model ini tetap terpisah dan Nampak tidak terkait,
walaupun hubungan dibuat secara eksplisit interdisiplin
Posting Komentar untuk "Formative Test Modul 1 PPGDALJAB"