Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Formative Test Modul 1 PPGDALJAB


MODUL 1.
TES FORMATIF 1
1.                  Definisi kurikulum terpadu menurut Wolfinger (1991). Adalah….
ü    Kurikulum yang menggabungkan sejumlah disiplin ilmu melalui pemanduan area isi, keterampilan dan sikap
2.                  Perbedaan konsepsi kurikulum tepadu dengan pembelajaran terpadu difokuskan pada segi….
ü    Perencanaan dan pelaksanaan
3.                  Pembelajafran terpadu sebagai suatu konsep dapat dikatakan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberpa maa pelajaran untuk pemberian pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dikatakan bermaknan karena dalam pembelajran terpadu….
ü    Siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami
4.                  Pendekatan pembelajarna terpadu dilakukan sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan ditingkat dasar, terutama dalam rangka mengimbangi gejala
ü    Penjejalan kurikulum
5.                   Di bawah ini adalah cirri-ciri pembelajaran terpadu, kecuali….
ü    Siswa semakin pintar
6.                   Dibandingkan pendekatan konvensionaal, pendekatan pembelajaranan  terjpadu memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut, kecuali
ü    Guru dapat melakukan evalusi terhadap siswa dengan mudah dan ektif
7.                  Di bawah ini yang merupakan landasan filosofis pembelajaran terpadu adalah sebagai berikut, kecuali
ü    Individualisme
8.                  Secara fitrah siswa memililki bekal atau potensi yang sama dalam upaya memahami sesuatu, implikasi wawasan tersebut dalam kegiatan pembelajaran adalah….
ü    Siswa disikapi sebagai subjek belajar yagn secara kreatif mampu menemukan pemahamannya sendiri
9.                  Ledakan pengetahuan begitu cepat sehingga teralalu banyak informasi yang harus dimuat oleh kurikulum, hal tesebut merupakan salah satu landasan pembelajaran terpadu yaitu landasan…
ü    Praktis
10.              Dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu terdapat beberpa prisnsip sebagai berikut, keculai….
ü    Prinsip perencanaan pembelajaran terpadu

TES FORMATIF 2
1.                  Model pembelajaran terpadu menurut Forgety (1991)
ü    10 Model
2.                  Model pembelajaran terpadu yang dilandasi oleh anggapan bahwa butir-butir pembelajaran dapat dipayungkan pada induk disiplin tertentu adalah model….
ü    Connected
3.                  Berikut adalah model-model pembelajaran terpadu. Model yang paling popular adalah…
ü    Webbed
4.                  Menurut Jacobs (1989) ada lima bentuk keterpaduan dalam kegiatan pembelajaran yaitu discipline based, parallel, multidisciplinary, interdisciplinary, dan intergrated. Bentu keterpaduan diciplin based adalah ….
ü    Bentu keterpaduan yagn bertolak dari mata pelajaran tertentu
5.                  Di bawah ini adalah model-model pembelajaran terpadu yang dikembangkan di SD, kecuali…
ü    Model bagian (shared)
6.                  Model pembelajaran terpadu yang secara sengaja diusahakan untuk menghubungkan satu konsep dengan konsep lain, disebut model…
ü   
Keterhububungan (connected)
7.                  Gambar disamping adalah gambar bentuk pembelajaran terpadu model…
ü    Network


 8.                  Kekuatan pembelajaran terpadu model jarring laba-laba adalah…
ü    Adalnya factor motivasional yang dihasilkan dari menyeleksi tema yang sangat diminati
9.                  Berikut ini adalah kekuatan –kekuetan pembelajaran terpadu;
1)                 Adanya factor motivasionalyang dihasilkan dari menyeleksi tema yang sangat diminati,;
2)                 Model jarring laba-laba relative lebih mudah dilakukan oleh guru yang belum berpengalaman;
3)                 Dengan mengatkan ide-ide interbidang studi, siswa memiliki keuntungan gambar yagn besar seperti halnya suatu bidang studi yang terfolus pada suatu aspek, dan
4)                 Konsep-konsep kunci dikebangakan siswa secara terus menerus sehingga terjadi ineteralisasi
Yang merupakan kekuatan pembelajaran terpadu model jarring laba-laba adalah…
ü    Poin 1 dan 2
10.              Di bawah ini merupakan kelemahan-kelemahan pembelajaran terpadu model keter paduan, keculai…
ü    Berbagai bidang studi di dalam model ini tetap terpisah dan Nampak tidak terkait, walaupun hubungan dibuat secara eksplisit interdisiplin

Posting Komentar untuk "Formative Test Modul 1 PPGDALJAB"