Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips untuk Membantu Anak Cepat Berbicara

Bisakah kita berhubungan dengan orang lain tanpa perlu berkomunikasi. Jawabannya, Tentu saja tidak mungkin bisa. Komunikasi membutuhkan bahasa baik bahasa lisan maupun bahasa tulisan, baik bahasa isyarat atau bahasa tubuh atau disebut juga dengan body language, maupun percakapan sehari-hari. Oleh karena itulah banyak orang tua yang sangat bersemangat mengajari bayi bayi mereka untuk berbicara dan rajin mengajak mereka bersosialisasi agar anak-anak mereka kemudian mampu berbahasa dan berbicara dengan baik.

Menurut Eliason (1994) tempat perkembangan kemampuan bahasa manusia dimulai sejak bayi dan mengandalkan perannya pada pengalaman, penguasaan, dan pertumbuhan bahasa. Anak belajar bahasa sejak masa bayi dan sebelum belajar berbicara, mereka berkomunikasi melalui tangisan, senyuman, dan gerakan badan.

Belajar bahasa merupakan hal yang sangat krusial yang terjadi pada usia sebelum 6 tahun. Dalam teori multiple intelegensi, kecerdasan linguistik masuk ke dalam kategori word smart. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan kecerdasan ini?

Pertama, sering-seringlah berbicara dengan anak. Usahakan, saat berbicara kita menatap mata mereka. Kedua, bacakan buku cerita. Kalimat-kalimat dalam buku cerita akan menambah kosakata berbahasa anak. Ketiga, ajarkan anak untuk mengenali siapa dia dari mulai namanya, tanggal lahirnya, nama ayah dan Bundanya, alamat rumahnya, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan lain-lain. Selain untuk kepentingan pribadi, hal-hal tersebut juga penting ketika suatu saat misalnya, anak terpisah dari kita saat sedang di tengah kerumunan banyak orang. Keempat, tanyakan aktivitas keseharian anak kita. Misalnya dengan menanyakan, tadi makanannya enak atau tidak? Bermain dengan siapa saja hari ini? Bagaimana menurut kamu tetangga kita yang baru? dan sebagainya. Kelima, jika kita adalah orang tua yang bekerja penuh (working mom and dad) tetaplah berkomunikasi dengan anak-anak meskipun hanya melalui telepon.

Oh iya bunda dan ayah, anak yang memiliki kemampuan berbahasa dan berkomunikasi yang baik biasanya akan menjadi anak yang lebih percaya diri di tengah lingkungannya loh. Jadi, mulai sekarang, gunakan tips tips di atas agar membantu membuat anak berbicara sesuai dengan umur seusianya ya bunda ayah.

Disadur dari buku Koleksi Buku Little Abid
Klik untuk Dapatkan Koleksi Bookboard Little Abid Disiini
Ulasan Lengkap Koleksi Bookboard Little Abid
Ulasan Lengkap Produk Smart Hafiz

Posting Komentar untuk "Tips untuk Membantu Anak Cepat Berbicara"