Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tugas M5 KB1: Model-Model Pembelajaran




1.    Identifikasi berbagai tahapan yang dilakukan guru pada kegiatan pembelajaran tersebut!

1.      Guru menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran kepada siswa
2.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya.
3.      Guru membagi siswa ke dalam kelompok kerja kecil.
4.      Guru meminta siswa untuk mengamati video yang berkaitan dengan suatu masalah sesuai dengan materi yang akan dipelajari.
5.      Guru meminta pendapat siswa tentang video tersebut.
6.      Guru meminta siswa secara berkompok mendiskusikan MASALAH yang ada dengan mencari sumber informasi lainnya.
7.      Guru membimbing kegiatan siswa secara bergantian.
8.      Guru meminta siswa secara berkelompok untuk mendemonstrasikan hasil laporan / diskusi kelompok mereka di depan kelas.
9.      Guru meminta pendapat siswa tentang hasil laporan temannya tadi di depan kelas.

2.    Analisislah sintak pembelajaran yang muncul pada kegiatan pembelajaran tersebut!
No
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1
Tahap 1
Orientasikan siswa pada masalah aktual dan otentik
1.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran kepada siswa

2.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya.
3.      Guru membagi siswa ke dalam kelompok kerja kecil.

1. Siswa memperhatikan KD dan  tujuan yang harus dikuasai, menerima dan memahami masalah yang dipresentasikan guru,



2. Siswa berada dalam kelompoknya sampai semua jelas trhadap penyelesaiannya.
2
Tahap 2
Mengorganisasikan siswa untuk belajar
1.      Guru meminta siswa untuk mengamati video yang berkaitan dengan suatu masalah sesuai dengan materi yang akan dipelajari.
2.      Guru meminta pendapat siswa tentang video tersebut.
1. Siswa melakukan konfirmasi dengan memberikan pendapat tentang masalah yang ada di video tersebut.
3
Tahap 3
Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
1.      Guru meminta siswa secara berkompok mendiskusikan MASALAH yang ada dengan mencari sumber informasi lainnya.
1. Siswa mencari informasi dari sumber yang lain seperti buku dan internet melalui smartphone.
4
Tahap 4:
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
1.      Guru membimbing kegiatan siswa secara bergantian.
2.      Guru meminta siswa secara berkelompok untuk mendemonstrasikan hasil laporan / diskusi kelompok mereka di depan kelas.
1. Siswa menyusun laporannya secara berkelompok dan menyajikannya di depan kelas.
5
Tahap 5:
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.      Guru meminta pendapat siswa tentang hasil laporan temannya tadi di depan kelas.

1. Siswa memberikan pendapat tentang laporan hasil diskusi yang telah dipresentasikan temannya di depan kelas


3.    Tentukanlah model pembelajaran apa yang digunakan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada video tersebut!

-          Dari rangkaian kegiatan dan tahapan pembelajaran, bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut adalah Problem Based Learning.

4.    Simpulkan model pembelajaran pada video tersebut, serta jelaskan mengapa penerapan model tersebut menjadi efektif dalam pelaksanaan pembelajaran pada video!

-          Di dalam model pembelajaran tersebut, terdapat kegiatan 1. Pemberian Masalah Otentik 2. Adanya kegiatan tanya jawab masalah 3. Penyelidikan otentik dan 4. Bekerja sama menghasilkan produk / laporan.

-          Penerapan model tersebut dapat berjalan efektif karena guru
a.       mampu membawa siswa untuk berpikir kritis dengan memberikan sebuah masalah otentik dengan menguhubungkannya dengan kehidupan nyata dalam dunia perusahaan.
b.      Selain itu, dengan memberikan stimulus permasalahan melalui video menambah minat siswa untuk tertarik memahami masalah yang ada.
c.       Guru juga tidak lupa memberikan sebuah respon positive terhadap permasalahan yang dialami siswa ketika proses pembelajaran terjadi.

Posting Komentar untuk "Tugas M5 KB1: Model-Model Pembelajaran"