Tugas M5 KB1: Model-Model Pembelajaran
1.
Identifikasi berbagai tahapan yang dilakukan guru pada kegiatan
pembelajaran tersebut!
1. Guru menyampaikan KD dan tujuan
pembelajaran kepada siswa
2. Guru menanyakan kepada siswa
tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya.
3. Guru membagi siswa ke dalam
kelompok kerja kecil.
4. Guru meminta siswa untuk
mengamati video yang berkaitan dengan suatu masalah sesuai dengan materi yang
akan dipelajari.
5. Guru meminta pendapat siswa
tentang video tersebut.
6. Guru meminta siswa secara
berkompok mendiskusikan MASALAH yang
ada dengan mencari sumber informasi lainnya.
7. Guru membimbing kegiatan siswa
secara bergantian.
8. Guru meminta siswa secara
berkelompok untuk mendemonstrasikan hasil laporan / diskusi kelompok mereka di
depan kelas.
9. Guru meminta pendapat siswa
tentang hasil laporan temannya tadi di depan kelas.
2.
Analisislah sintak pembelajaran yang muncul pada kegiatan
pembelajaran tersebut!
No
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1
|
Tahap
1
Orientasikan
siswa pada masalah aktual dan otentik
|
1. Guru menyampaikan materi dan
tujuan pembelajaran kepada siswa
2. Guru menanyakan kepada siswa
tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya.
3. Guru membagi siswa ke dalam
kelompok kerja kecil.
|
1. Siswa memperhatikan KD dan tujuan yang harus dikuasai, menerima dan
memahami masalah yang dipresentasikan guru,
2. Siswa berada dalam kelompoknya
sampai semua jelas trhadap penyelesaiannya.
|
2
|
Tahap 2
Mengorganisasikan siswa untuk
belajar
|
1. Guru meminta siswa untuk
mengamati video yang berkaitan dengan suatu masalah sesuai dengan materi yang
akan dipelajari.
2. Guru meminta pendapat siswa
tentang video tersebut.
|
1. Siswa melakukan konfirmasi
dengan memberikan pendapat tentang masalah yang ada di video tersebut.
|
3
|
Tahap 3
Membimbing penyelidikan
individu maupun kelompok
|
1. Guru meminta siswa secara
berkompok mendiskusikan MASALAH
yang ada dengan mencari sumber informasi lainnya.
|
1. Siswa mencari informasi
dari sumber yang lain seperti buku dan internet melalui smartphone.
|
4
|
Tahap 4:
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
1. Guru membimbing kegiatan
siswa secara bergantian.
2. Guru meminta siswa secara
berkelompok untuk mendemonstrasikan hasil laporan / diskusi kelompok mereka
di depan kelas.
|
1. Siswa menyusun laporannya
secara berkelompok dan menyajikannya di depan kelas.
|
5
|
Tahap 5:
Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
1. Guru meminta pendapat siswa
tentang hasil laporan temannya tadi di depan kelas.
|
1. Siswa memberikan pendapat
tentang laporan hasil diskusi yang telah dipresentasikan temannya di depan
kelas
|
3.
Tentukanlah model pembelajaran apa yang digunakan oleh guru dalam
pelaksanaan pembelajaran pada video tersebut!
-
Dari rangkaian kegiatan dan tahapan pembelajaran, bisa
disimpulkan bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut adalah
Problem Based Learning.
4.
Simpulkan model pembelajaran pada video tersebut, serta jelaskan
mengapa penerapan model tersebut menjadi efektif dalam pelaksanaan pembelajaran
pada video!
-
Di dalam model pembelajaran tersebut, terdapat kegiatan 1.
Pemberian Masalah Otentik 2. Adanya kegiatan tanya jawab masalah 3.
Penyelidikan otentik dan 4. Bekerja sama menghasilkan produk / laporan.
-
Penerapan model tersebut dapat berjalan efektif karena guru
a. mampu membawa siswa untuk
berpikir kritis dengan memberikan sebuah masalah otentik dengan
menguhubungkannya dengan kehidupan nyata dalam dunia perusahaan.
b. Selain itu, dengan memberikan
stimulus permasalahan melalui video menambah minat siswa untuk tertarik memahami
masalah yang ada.
c. Guru juga tidak lupa memberikan
sebuah respon positive terhadap permasalahan yang dialami siswa ketika proses
pembelajaran terjadi.
Posting Komentar untuk "Tugas M5 KB1: Model-Model Pembelajaran"