Tugas Modul 4 KB1 : Karakteristik Umum Peserta Didik Version 2
Tugas Modul 4 KB1 : Karakteristik Umum Peserta Didik
Ambillah satu kelas tertentu,
coba lakukan identifikasi karakteristiktik umum peserta didik
yang ada di kelas tersebut dari aspek gender, etnik, usia, kultural, status
sosial, dan minat! Berikan contoh bagaimana data tersebut Anda gunakan dalam
proses pembelajaran!
Hasil identifikasi karakteristik
umum peserta didik kelas VIII.A SMPN 4 Bermani Ilir Kab. Kepahiang Bengkulu dan
pemanfaatan data hasil dalam proses pembelajaran
1.
Gender
Kelas
VIII.A terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Ø dalam
kelompok diskusi/tugas, pembagian jumlah siswa laki-laki dengan siswa perempuan
diusahakan sama/merata. Penerapan sistem rolling untuk penentuan anggota kelompok
diskusi berikutnya agar ada rasa keadilan/persamaan/pembauran antar siswa
Ø pemberian
peran yang sama- dalam diskusi/tugas, masing-masing (baik putra/putri) secara
bergiliran bertugas sebagai ketua kelompok, sekretaris, dan penyaji/presentasi
materi
Ø dalam
proses pembelajaran ketika guru memberikan pertanyaan dan siswa laki-laki dan
perempuan mengangkat tangan untuk menjawab, guru tidak memilih atau
mengutamakan laki-laki atau perempuan, tapi tapi karena siapa yang dahulu
mengangkat tangan.
2.
Etnik
Seluruh
siswa kelas VIII.A berasal dari satu etnik yang sama, yaitu etnik Rejang.
Ø Saya
sebagai guru yang bukan orang rejang, harus belajar bahasa mereka, meskipun
penggunaan bahasa Indonesia di kelas merupakan suatu kewajiban, tetapi
terkadang ada beberapa siswa dalam menyampaikan idenya di ikuti dengan
penggunaan bahasa daerah.
3.
Usia
Usia
siswa kelas VIII.A berkisar antara 12 – 14 tahun,
Ø mengacu
pada teori perkembangan Piaget, pada rentang usia tersebut, siswa berada pada
tahap operasional formal, guru bisa memberikan materi pembelajaran yang
menggunakan penalaran verbal dan pemikiran hipotetis karena siswa sudah mampu
berfikir abstrak dan logis, siswa mampu menarik kesimpulan, menafsirkan dan
mengembangkan hipotesa
Ø pendekatan
pemecahan masalah, metode diskusi bisa diterapkan
Ø pada
rentang usia tersebut dimulainya masa puber ini berakibat pula pada menurunnya
prestasi belajar, permasalahan yang terkait dengan penerimaan konsep diri,
serta persoalan dalam berhubungan dengan orang di sekitarnya. Orang dewasa
maupun pendidik perlu memahami sikap perilaku anak puber yang kadang menarik
diri, emosional, perilaku negatif dan lain-lain. Untuk
mengurangi luapan emosi peserta didik perlu dihindari larangan yang tidak
terlalu penting. Mengurangi pembatasan dan tututan terhadap remaja harus
disesuaikan dengan kemampuan mereka. Sebaiknya memberi tugas yang dapat
diselesaikan dan jangan memberi tugas dan peraturan yang tidak mungkin di
lakukan.
4.
Kultural
Seluruh
siswa kelas VIII.A memiliki kultur yang sama (monokultural)
Ø contoh
penerapan dalam pembelajaran: guru
mengkaitkan tugas writing (membuat teks naratif) – dengan sumber cerita rakyat
daerah setempat, hal ini bisa menumbuhkan rasa penghargaan siswa terhadap
budaya mereka sendiri
5.
Status
Sosial
mayoritas
pekerjaan orangtua siswa adalah petani, dan sisanya wiraswasta dan buruh,
secara ekonomi, mayoritas dalam kategori
keluarga miskin - cukup mampu, dan beberapa yang cukup mampu. seluruh orangtua siswa
berperan sebagai warga masyarakat biasa
Ø Guru
harus member perhatian dan pelayanan yang sama, memberikan layanan tanpa diskriminasi, dalam
meresepon siswa: misal, dalam memilih, penempatan tempat duduk, memberi
pujian/hukuman/penilaian pada siswa tergantung pada kelayakan mereka sendiri
Ø memberi
motivasi/gambaran bahwa kesuksesan seseorang tidak tergantung pada status sosial
orang tua, tetapi ada pada kegigihan seseorang dalam berusaha/belajar
6.
Minat
Belajar
beberapa
siswa sudah menunjukkan antusias/senang/ketertarikan/konsentrasi/partisipasi yang
tinggi dalam belajar pelajaran bahasa Inggris, sebagian besar pada level sedang
dan beberapa orang tidak menunjukkan minat samasekali, berdasarkan pengamatan, hal
ini dipengaruhi oleh pergaulan yang tidak sesuai, kondisi keluarga (orang tua
tidak peduli/sibuk bekerja, broken home), selain itu juga sarana prasarana
sekolah kurang memadai.
Ø diawal
pembelajaran, guru selalu menjelaskan apa manfaat yang bisa diperoleh dari
materi yang diajarkan, menjelaskan bahwa dengan mempelajari materi tersebut bukan hanya sekedar mendapatkan
nilai yang baik, tetapi nantinya akan sangat membantu dalam kehidupan
sehari-hari, dalam hal penggunaan bahasa inggris sebagai bahasa global, segala
sumber informasi banyak menggunakan bahasa inggris.
Ø penggunaaan media yg menarik dan bervariasi
Ø penerapan
model pembelajaran yang inovatif
Ø selalu
mengingatkan siswa yang kurang focus dalam proses belajar, sehingga diharapkan
siswa tersebut merasa diperhatikan
Posting Komentar untuk "Tugas Modul 4 KB1 : Karakteristik Umum Peserta Didik Version 2"