Pendidikan Karakter dan Literasi Siswa dalam Lokakarya PPGDALJAB 2018
Nilai nilai yang dikembangkan dalam proses pembelajaran :
1. Nilai Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, tolrean terhadap pelaksanaan ibadah agama lain serta hidup rukun dengan pemeluk lain.
2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi
Sikap dan tindakan yang mneghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras
Perilaku yang menunjukkan kesugguhan dalam menyelesaikan tugas
6. Kreatif
Berperilaku aktif untuk menghasilkan cara atau hasil baru
7. Mandiri
Sikap mandiri dalam menyelesaikan tugas
8. Demoratis
Cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama antara hak dan kewajiban dengan orang lain
9. Rasa Ingin Tahu
Selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
10. Semangat
kebangsaan
Cara
berpikir, bertindak, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara
di atas kepentingan diri dan kelompoknya
11. Cinta
tanah air
Cara
berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan
penghargaan
yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan
politik
bangsanya
12. Menghargai
prestasi
Sikap
dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna
bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain
13. Bersahabat/komunikatif
Tindakan
yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan
orang lain
14. Cinta damai
Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang
lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya
15. Gemar membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai
bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
16. Peduli lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah
kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya
untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
17. Peduli sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan
bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan
18. Tanggung jawab
Sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanakan
tugas dan kewajibannya terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial
dan budaya), negara dan tuhan yme
Sistem Penguatan Pendidikan Karakter
Input
1. Pengintegrasian Tri (Sekolah, Keluarga, Masyarakat) Pusat
2. Pendidikan dengan
- Intrakurikuler (seluruh mata pelajaran),
- Ko-kurikuler (Studi / kunjungan lapangan, karya wisata, sanggar seni, taman budaya, madrasah diniyyah, komunitas bahasa dan sastra.,
- Ekstrakurikuler (Pramuka, Paskibraka, Palang Merah Remaja (PMR), Olah Raga, dsb.), dan
- Hidden Curr di Sekolah (Upacara bendera, Lagu Nasional/Daerah, Membaca Buku, Berdoa Bersama, Membersihkan Lingkungan, Latihan Memimpin di Kelas)
Process
Penguatan Nilai-Nilai Karakter yang terdiri dari Olah Hati (Etika), Olah Raga (Kinestetik), Olah Pikir (Literasi) dan Olah Karsa (Estetika)
Output
Membangun Generasi Emas 2045 dengan dibekali Karakter, Keterampilan Abad 21, Literasi
Outcome adalah hasil dari proses yang telah dilakukan dengan apilkasi terhadap kehidupan sehari hari, sedangkan output adalah hasil dari proses yang telah dilakukan tanpa impilkasi terhadap kehidupan sehari hari.
KEMAMPUAN LITERASI
A. LITERASI DASAR
Kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan menghitung (counting) berkaitan dengan kemampuan analisis untuk memperhitungkan (calculating), mempersepsikan informasi (perceiving), mengomunikasikan, serta menggambarkan informasi (drawing) berdasarkan pemahaman dan pengambilan kesimpulan pribadi.
Contoh : Membaca 15 Menit Sebelum Belajar, Mendiskusikan bacaan, Menuliskan analisis terhadap apa yang dibaca.
B. LITERASI LIBRARY
Kemampuan pemahaman cara membedakan bacaan fiksi dan nonfiksi, memanfaatkan koleksi
referensi dan periodikal, memahami Dewey Decimal System (Book Call Numbers) sebagai klasifikasi pengetahuan yang memudahkan dalam menggunakan perpustakaan, memahami penggunaan katalog dan pengindeksan, hingga memiliki pengetahuan dalam memahami informasi ketika sedang menyelesaikan sebuah tulisan, penelitian, pekerjaan, atau mengatasi masalah
Contoh : Mencari bahan di perpustakaan, menggunakannya, dan mencantumkannya di dalam laporan/tugas
C. Literasi Media (Media Literacy)
Kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda, seperti media cetak, media
elektronik (media radio, media televisi), media digital (media internet), dan memahami tujuan
penggunaannya.
Contoh : Membaca berita dari media cetak / daring, Mendiskusikannya, Berbagi informasi secara berkelompok atau komunitas.
D. Literasi Teknologi (Technology Literacy)
1) Kemampuan memahami kelengkapan teknologi seperti peranti keras (hardware), peranti lunak (software), serta etika dan etiket dalam memanfaatkan teknologi.
2) Kemampuan dalam memahami teknologi untuk mencetak, mempresentasikan, dan mengakses internet.
3) Kemampuan menggunakan komputer (Computer Literacy) yang d dalamnya mencakup menghidupkan dan mematikan komputer, menyimpan dan mengelola data, serta mengoperasikan program perangkat lunak.
4) pemahaman yang baik dalam mengelola informasi yang dibutuhkan masyarakat.
Contoh : Membaca buku eletronik, memberikan koomentar, memanfaatkan teknologi (komputasi, searching, sharing dalam mengolah, menyaji dan melaporkan.
E. Literasi Visual (Visual Literacy)
• Kemampuan memanfaatkan materi visual dan audiovisual secara kritis dan bermartabat.
• Kemampuan menafsirkan materi visual baik dalam bentuk cetak, auditori, maupun digital atau perpaduannya (teks multimodal)
contoh : Membaca iklan / film pendek, mendiskusikan, dan menggunakan aplikasi video dalam menyajikan atau melaporkan hasil kegiatan observasi melalui website, youtube dll.
Posting Komentar untuk "Pendidikan Karakter dan Literasi Siswa dalam Lokakarya PPGDALJAB 2018"