Good Teaching, Pengajaran yang Baik
Guru adalah sebuah profesi yang mulia karena di tangan merekalah masa depan bangsa ini ditentukan. Guru juga dianggap sebagai pahlawan pembangunan, karena di tangan mereka akan lahir pahlawan-pahlawan pembangunan yang kelak mengisi ruang-ruang publik di negeri ini. Guru yang ideal, bukan sekedar guru yang memenuhi syarat-syarat teknik: seperti pintar, pandai, atau pakar di bidang ilmu yang dimiliki; melainkan yang jauh lebih penting dari itu semua, guru harus bisa menempatkan dirinya sebagai "agent of change". Nah, sebagai agent of change, guru harus memiliki sifat dan sikap karakter yang baik sehingga pengajaran yang ia lakukan dapat membekas di hati para muridnya. Berikut Karakter yang harus dimiliki seorang guru agar dapat menciptakan pengajaran yang baik bagi muridnya:
1.
Passion
Seorang guru harus memiliki passion yang besar dan benar. Gurulah yang selalu bertugas untuk memotivasi
siswa sehingga ia berkemauan untuk belajar, mengajar
siswa bagaimana belajar dengan baik dan efisien, serta selalu memperhatikan
relevansi materi yang ia ajarkan sehingga menjadi materi
yang bermakna dengan selalu memperhatikan
siswa secara individu.
2.
Siswa adalah Konsumen Pengetahun
Siswa bukan lah tahanan yang selalu siap untuk melakukan apa yang guru inginkan, namu seorang guru hendaklah berpandangan bahwa siswa adalah konsumen pengetahuan yang selalu haus ilmu dengan menempatkan aspek pelayanan dalam memberikan ilmu.
Guru dituntu untuk selalu melakukan
yang terbaik agar siswa memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap guru tersebut dengan cara memperluas
wawasan seorang guru yang akan menjembatani
antara teori dan praktik sehingga dalam pembelajaran siswa benar benar puas dengan ilmu yang diajarkan.
3.
Mendengarkan,
Bertanya, Responsif dan Memperhatikan perbedaan siswa
Guru adalah pusat perhatian siswa di kelas sehingga kemampuan guru dalam berkomunikasi sangat diperlukan. Oleh karen aitu, guru diharapkan mampu untuk mengembangkan
kemampuan mendengarkan, berkomunikasi, dan memiliki respons dengan baik sehingga mampu mendorong
perkembangan siswa secara individu.
4.
Fleksibel
Guru juga dituntut untuk lebih fleksibel dalam berbagai hal untuk kemajuan proses belajar mengajarnya, seperti mudah
merubah silabus apabila ada yang lebih baik untuk dipelajari, menyesuaikan
dengan kemampuan siswa, memberikan
waktu yang cukup untuk bertanya kepada siswa yang tentu saja berbeda latar belakang kehiudpannya.
5.
Model dan Gaya Belajar
Salah satu faktor keberhasilan sebuah pengajaran adalah model dan gaya belajar. Seorang guru hendaklah mengetahui karakter, model dan gaya belajar setiap siswanya dengan menggunakan
berbagai pendekatan, teknik, model, metode pembelajaran sehingga pembelajaran itu akan menjadi kreatif, variatif, dan menyenangkan.
6.
Humor
Humor merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan, kekauan yang terjadi di dalam kelas. Oleh karena itu, guru dituntut untuk tidak
terlalu selalu serius dalam proses KBMnya dengan cara membuat lelucon ringan sehingga dapat
membuat situasi menjadi rilex.
7.
Kepedulian
Perduli, satu kata yang sangat berarti bagi seorang siswa agar ia tetap fokus dan bersemangat dalam belajar dengan cara memperhatikan
setiap permasalahan yang dihadapi siswa di kelas maupun di luar kelas dan tentu saja ini akan membantu mereka dalam mengembangkan
potensi yang dimilikinya.
8.
Menyenangkan
Guru haruslah berkepribadian yang menyenangkan dengan cara selalu menunjukkan keceriaan, selalu
ada senyum, dan tidak lekas suka marah.
§ Sumber : R. Leblanc, 1998, “Good teaching: The Top Ten Requirements”
Posting Komentar untuk "Good Teaching, Pengajaran yang Baik"