Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

TUGAS AKHIR MODUL 6 PEDAGOGIK PGSD (SOAL TES)

TUGAS AKHIR M6 PEDAGOGIK
1.  Pilihlah dua kompetensi dasar sesuai mata pelajaran yang anda ajarkan, lalu kembangkan soal tes tertulis bentuk pilihan ganda (lima alternative jawaban) untuk mengukur penguasaan kognitif siswa terhadap materi kedua KD tersebut!

Jawab:
Kisi-kisi penulisan soal
Jenjang pendidikan : Sekolah Dasar
Tema                       : 6. Cita-citaku
Sub Tema                : 1. Aku dan cita-citaku
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia dan IPA
Kurikulum              : 2013 revisi 2017
Kelas / Semester     : IV / 2
Jumlah Soal            : 10
Bentuk Soal            : Uraian
Alokasi Waktu        : 30 menit


Soal pilihan ganda
Nama          : .......................
No. Absen  : .......................


Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d,  atau e pada jawaban benar!
1)      Yang bukan ciri-ciri puisi adalah . . . .
a.       memiliki rima
b.      dibuat dalam bentuk paragraf
c.       dibuat dalam bentuk bait
d.      satu bait terdiri dari 4 baris
e.       bahasanya indah

2)      Yang perlu diperhatikan dalam membuat puisi adalah . . . .
a.       paragraf
b.      kalimat tanya
c.       tokoh
d.      bentuk bait
e.       latar

Perhatikan puisi berikut! (untuk soal nomor 3 dan 4)
3)      Ciri-ciri puisi diatas memiliki pola rima  . . . .
a.       a-a-b-b
b.      b-b-a-a
c.       a-a-a-a
d.      b-b-b-b
e.       a-b-a-b

4)      Amanat yang terkandung dalam puisi di atas adalah . . . .
a.       melayanglah ke masa depan
b.      jadilah guru yang paling depan
c.       berusaha sekuat tenaga untuk meraih cita-cita
d.      berpangku tangan untuk meraih cita-cita
e.       cita-citaku menjadi seorang dokter

5)      Bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi disebut . . . .
a.       rima
b.      pantun
c.       nada
d.      tema
e.       bait

6)      Berikut adalah hewan-hewan yang bermetamorfosis, kecuali . . . .
a.       katak
b.      kecoa
c.       kupu-kupu
d.      lebah
e.       ayam

7)      Proses perkembangan pada hewan yang mengakibatkan perubahan penampilan tubuh setelah kelahiran atau penetasan disebut . . . .
a.       metamorfosis
b.      pertumbuhan
c.       pendewasaan
d.      perubahan
e.       perkembangan

Perhatikan gambar hewan berikut!
8)      Tahap-tahap metamorfosis hewan di atas yang benar adalah . . . .
a.       telur, pupa, larva, hewan dewasa
b.      telur, larva, pupa, hewan dewasa
c.       larva, pupa, telur, hewan dewasa
d.      telur, larva, hewan dewasa, pupa
e.       pupa, larva, hewan dewasa, telur

9)      Salah satu contoh hewan yang bermetamorfosis sempurna adalah . . . .
a.       kecoa
b.      belalang
c.       ayam
d.      katak
e.       capung

10)  
tahap-tahap metamorfosis hewan di samping yang benar adalah . . . .
a.       telur, imago, nimfa tak bersayap, nimfa bersayap
b.      telur, imago, nimfa bersayap, nimfa tak bersayap
c.       telur, nimfa tak bersayap, nimfa bersayap, imago
d.      imago, nimfa bersayap, nimfa tak bersayap, telur
e.       imago nimfa tak bersayap, nimfa bersayap, telur

Pedoman penskoran soal pilihan ganda Bahasa Indonesia
No.
Kunci Jawaban
Skor
1.
b. dibuat dalam bentuk paragraf
1
2.
d. bentuk bait
1
3.
e. a-b-a-b
1
4.
c. berusaha sekuat tenaga untuk meraih cita-cita
1
5.
a. rima
1
Jumlah Skor
5

Pedoman penskoran soal pilihan ganda IPA
No.
Kunci Jawaban
Skor
6
e. ayam
1
7
a. metamorfosis
1
8
b. telur, larva, pupa, hewan dewasa
1
9
d. katak
1
10
c. telur, nimfa tak bersayap, nimfa bersayap, imago
1
Jumlah skor
5

Instrumen penilaian pengetahuan
Nama Sekolah        : SDN Sungai Bambu 01
Kelas/Semester       : IV / 2
Tema                       : 6. Cita-citaku
Sub Tema                : 1. Aku dan cita-citaku

Pedoman Penilaian :
Skor maksimal Bahasa Indonesia   : 5
Skor maksimal IPA                        : 5
Skor maksimal semua soal              : 10 


  1. Jelaskan langkah-langkah dan kaidah-kaidah penulisan soal tes pilihan ganda!
Jawab:
Kaidah-kaidah penulisan soal tes pilihan ganda
a.       Ditinjau dari materi
1)      Butir harus sesuai dengan indikator yang ditetapkan
2)      Hanya ada satu jawaban yang benar
3)      Pengecoh homogin, dan berfungsi.
b.      Ditinjau dari konstruksi
1)      Pokok soal harus dirumuskan secara jelas.
2)      Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
3)      Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.
4)      Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
5)      Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
6)      Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama.
7)      Pilihan jawaban yang berbentu angka atau waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologis waktunya.
8)      Gambar/grafik/tabel/diagram dan sejenisnya harusn jelas dan berfungsi.
9)      Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya.
c.       Ditinjau dari bahasa
1)      Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indoensia.
2)      Menggunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dimengerti.
3)      Pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.
4)      Menggunakan istilah baku

Langkah-langkah penulisan soal tes pilihan ganda
a.       Merumuskan Tujuan Tes
Perumusan tujuan tes mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun, yaitu tujuan pembelajaran, materi-materi sesuai Kompetensi Dasar (KD) yang akan diajarkan, dan indikator ketercapain KD.
b.      Menentukan Bentuk Pelaksanaan Tes
Bentuk tes harus mempertimbangkan tujuan tes, kesesuaian dengan KD atau karakteristik materi yang diujikan, peserta didik, fasilitas pendukung, dan berbagai hak terkait lainnya.
c.       Menyusun Kisi-Kisi
Langkah-langkah utama dalam menyusun kisi-kisi:
1)      menentukan Kompetensi (KD) yang akan diukur;
2)      memilih materi esensial yang representatif;
3)      merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi;
4)      merumuskan bobot / level kognitif soal
d.      Menulis Butir Soal Tes
1)      menyusun soal sesuai materi dan indikator
2)      menyusun pilihan jawaban
3)      meyusun kunci jawaban dan pengecoh jawaban
e.       Menelaah Butir Soal
Untuk melihat kualitas soal ditinjau dari kesesuaian materi soal dengan indikator, kesesuaian format penulisan soal dengan kaidah-kaidah penulisan soal, dan penggunaan bahasa yang mudah dimengerti.
f.       Uji coba dan analisis
Melakukan uji coba untuk mengoreksi dan merevisi butir-butir soal yang tidak memenuhi persyaratan. Dan melakukan analisis untuk mengetahui tingkat kualitas soal terutama menyangkut masalah tingkat kesukaran, daya beda, keberfungsian pengecoh, validitas, dan reliabilitas.
g.      Merakit Perangkat Tes
Butir-butir soal yang sudah memenuhi persyaratan selanjutnya dirakit menjadi satu perangkat tes. Dalam perakitan perangkat tes perlu memperhatikan identitas soal, petunjuk pengerjaan, urutan nomor soal, pengelompokkan bentuk-bentuk soal, dan tata letak penulisan.

Posting Komentar untuk "TUGAS AKHIR MODUL 6 PEDAGOGIK PGSD (SOAL TES)"