TUGAS AKHIR MODUL 6 PEDAGOGIK PGSD (SOAL TES)
TUGAS AKHIR M6 PEDAGOGIK
1. Pilihlah dua kompetensi dasar sesuai mata pelajaran yang anda ajarkan, lalu kembangkan soal tes tertulis bentuk pilihan ganda (lima alternative jawaban) untuk mengukur penguasaan kognitif siswa terhadap materi kedua KD tersebut!
Jawab:
Kisi-kisi penulisan soal
Jenjang pendidikan : Sekolah Dasar
Tema : 6. Cita-citaku
Sub Tema : 1. Aku dan cita-citaku
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA
Kurikulum : 2013 revisi 2017
Kelas / Semester : IV / 2
Jumlah Soal : 10
Bentuk Soal : Uraian
Alokasi Waktu : 30 menit
Soal pilihan ganda
No. Absen :
.......................
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban benar!
1) Yang bukan ciri-ciri puisi adalah . . . .
a. memiliki rima
b. dibuat dalam bentuk paragraf
c. dibuat dalam bentuk bait
d. satu bait terdiri dari 4 baris
e. bahasanya indah
2) Yang perlu diperhatikan dalam membuat puisi adalah . . . .
a. paragraf
b. kalimat tanya
c. tokoh
d. bentuk bait
e. latar
Perhatikan puisi berikut! (untuk soal nomor 3 dan 4)
3) Ciri-ciri puisi diatas memiliki pola rima . . . .
a. a-a-b-b
b. b-b-a-a
c. a-a-a-a
d. b-b-b-b
e. a-b-a-b
4) Amanat yang terkandung dalam puisi di atas adalah . . . .
a. melayanglah ke masa depan
b. jadilah guru yang paling depan
c. berusaha sekuat tenaga untuk meraih cita-cita
d. berpangku tangan untuk meraih cita-cita
e. cita-citaku menjadi seorang dokter
5) Bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi disebut . . . .
a. rima
b. pantun
c. nada
d. tema
e. bait
6) Berikut adalah hewan-hewan yang bermetamorfosis, kecuali . . . .
a. katak
b. kecoa
c. kupu-kupu
d. lebah
e. ayam
7) Proses perkembangan pada hewan yang mengakibatkan perubahan penampilan tubuh setelah kelahiran atau penetasan disebut . . . .
a. metamorfosis
b. pertumbuhan
c. pendewasaan
d. perubahan
e. perkembangan
Perhatikan gambar hewan berikut!
8) Tahap-tahap metamorfosis hewan di atas yang benar adalah . . . .
a. telur, pupa, larva, hewan dewasa
b. telur, larva, pupa, hewan dewasa
c. larva, pupa, telur, hewan dewasa
d. telur, larva, hewan dewasa, pupa
e. pupa, larva, hewan dewasa, telur
9) Salah satu contoh hewan yang bermetamorfosis sempurna adalah . . . .
a. kecoa
b. belalang
c. ayam
d. katak
e. capung
10)
tahap-tahap metamorfosis hewan di samping yang benar adalah . . . .
a. telur, imago, nimfa tak bersayap, nimfa bersayap
b. telur, imago, nimfa bersayap, nimfa tak bersayap
c. telur, nimfa tak bersayap, nimfa bersayap, imago
d. imago, nimfa bersayap, nimfa tak bersayap, telur
e. imago nimfa tak bersayap, nimfa bersayap, telur
Pedoman
penskoran soal pilihan ganda Bahasa Indonesia
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
b. dibuat dalam bentuk paragraf
|
1
|
2.
|
d. bentuk bait
|
1
|
3.
|
e. a-b-a-b
|
1
|
4.
|
c. berusaha sekuat
tenaga untuk meraih cita-cita
|
1
|
5.
|
a. rima
|
1
|
Jumlah Skor
|
5
|
Pedoman
penskoran soal pilihan ganda IPA
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
6
|
e. ayam
|
1
|
7
|
a. metamorfosis
|
1
|
8
|
b. telur, larva, pupa,
hewan dewasa
|
1
|
9
|
d. katak
|
1
|
10
|
c. telur, nimfa tak
bersayap, nimfa bersayap, imago
|
1
|
Jumlah skor
|
5
|
Instrumen penilaian pengetahuan
Nama Sekolah :
SDN Sungai Bambu 01
Kelas/Semester :
IV / 2
Tema :
6. Cita-citaku
Sub
Tema :
1. Aku dan cita-citaku
Pedoman
Penilaian :
Skor
maksimal Bahasa Indonesia :
5
Skor
maksimal IPA : 5
Skor
maksimal semua soal : 10
- Jelaskan langkah-langkah dan
kaidah-kaidah penulisan soal tes pilihan ganda!
Jawab:
Kaidah-kaidah penulisan soal tes pilihan ganda
a. Ditinjau
dari materi
1)
Butir harus sesuai dengan
indikator yang ditetapkan
2)
Hanya ada satu jawaban yang benar
3)
Pengecoh homogin, dan berfungsi.
b. Ditinjau
dari konstruksi
1)
Pokok soal harus dirumuskan secara
jelas.
2)
Rumusan pokok soal dan pilihan
jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
3)
Pokok soal jangan memberi petunjuk
ke arah jawaban benar.
4)
Pokok soal jangan mengandung
pernyataan yang bersifat negatif ganda.
5)
Pilihan jawaban harus homogen dan
logis ditinjau dari segi materi.
6)
Panjang rumusan pilihan jawaban
relatif sama.
7)
Pilihan jawaban yang berbentu
angka atau waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau
kronologis waktunya.
8)
Gambar/grafik/tabel/diagram dan
sejenisnya harusn jelas dan berfungsi.
9)
Butir tes tidak tergantung pada
jawaban sebelumnya.
c. Ditinjau
dari bahasa
1)
Menggunakan bahasa yang sesuai
dengan kaidah bahasa Indoensia.
2)
Menggunakan bahasa yang
komunikatif dan mudah dimengerti.
3)
Pilihan jawaban jangan mengulang
kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.
4)
Menggunakan istilah baku
Langkah-langkah penulisan soal tes pilihan ganda
a. Merumuskan
Tujuan Tes
Perumusan tujuan tes mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang telah disusun, yaitu tujuan pembelajaran, materi-materi sesuai Kompetensi Dasar (KD) yang
akan diajarkan, dan indikator ketercapain KD.
b. Menentukan
Bentuk Pelaksanaan Tes
Bentuk tes harus
mempertimbangkan tujuan tes, kesesuaian dengan KD atau karakteristik materi
yang diujikan, peserta didik, fasilitas pendukung, dan berbagai hak terkait
lainnya.
c. Menyusun
Kisi-Kisi
Langkah-langkah utama dalam menyusun kisi-kisi:
1) menentukan Kompetensi (KD) yang akan diukur;
2) memilih materi esensial yang representatif;
3) merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi;
4) merumuskan bobot / level kognitif soal
d. Menulis
Butir Soal Tes
1) menyusun soal sesuai materi dan indikator
2) menyusun pilihan jawaban
3) meyusun kunci jawaban dan pengecoh jawaban
e. Menelaah
Butir Soal
Untuk melihat kualitas soal ditinjau dari kesesuaian materi soal dengan
indikator, kesesuaian format penulisan soal dengan kaidah-kaidah penulisan
soal, dan penggunaan bahasa yang mudah dimengerti.
f. Uji
coba dan analisis
Melakukan uji coba
untuk mengoreksi dan merevisi butir-butir soal yang tidak
memenuhi persyaratan. Dan melakukan analisis untuk mengetahui tingkat kualitas
soal terutama menyangkut masalah tingkat kesukaran, daya beda, keberfungsian
pengecoh, validitas, dan reliabilitas.
g. Merakit
Perangkat Tes
Butir-butir soal yang sudah memenuhi persyaratan selanjutnya dirakit
menjadi satu perangkat tes. Dalam perakitan perangkat tes perlu memperhatikan
identitas soal, petunjuk pengerjaan, urutan nomor soal, pengelompokkan
bentuk-bentuk soal, dan tata letak penulisan.
Posting Komentar untuk "TUGAS AKHIR MODUL 6 PEDAGOGIK PGSD (SOAL TES)"