Formative Test Modul 5 Tes Formatif 1 s/d 2 PPGDALJAB
MODUL 5
TES FORMATIF
1
1.
Penilaian yang dilakukan secara menyeluruh dan utuh menyangkut
penilaian perilaku, sikap dan kreativitas yang tercakup dalam lingkup aspek
kognitif, psikomotor, dan afektif merupakan prinsip penilaian...
ü Integral/komprehensif
2.
Berikut ini merupakan prinsip-prisip penilaian pembelajran
terpadu, kecuali...
ü penilaian
dilakukan pada akhir pembelajaran saja
3.
Penilaian dapat memenuhi banyak tujuan diantaranya adalah
placement, intruction, dan communication. Penilaian yang dilakukan dengan
tujuan yang diarahkan untuk membantu agar pembelajaran lebih terfokus adalah...
ü instruction
4.
Dalam proses pelaksanaannya, proses penilaian pembelajaran terpadu
delakukan dalam cakupan jpenilaian terhadap...
ü hasil,
Program, dan Proses
5.
Berikut ini merupakan alat penilaian yang temasuk kedalam bentuk
nontes, kecuali...
ü pilihan
berganda, essay
6.
Penilaian yang dilakukan melalui pengumpulan berkas bukti-bikti
yang disusun untuk mendapatkan akreditasi perolehan belajar siswa merupakan
jenis penilaian bentuk nontes...
ü portofolio
7.
Dalam melakukan kegiatan penilaian dengan menggunakan bentuk penilaian
ertentu, sebaiknya diketahui lebih dahulu kriteria penulisan yang baik,
yakni...
ü tugas
penilaian harus mudah dan sederhana
8.
Ditinjau dari dimensi kompetensi yang ingin di capai, ranah yang
perlu dinilai meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor(koginisi, sikap,
dan keterampilan). Oleh karena itu, dalam penilaian pembelajaran terpadu,
penilaian dilakukna berkaitan dengan ketiga ranah tersebut. Berikut adalah yang
temasuk dalam aspek penilaian afektif, kecuali...
ü memberikan
respon negatid terhadap nilai-nilai yang dihadapkan mepadanya
9.
Bentuk penilaian nontes jenis catatan sekolah merupakan...
ü laporan
tentang kemajuan belajat siswa berupa deskripsi tentang aspek-aspek yang
dialami siswa berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah
10.
Guru akan menyimpulkan afektif siswa dari tingkah laku yang
teramati. Contoh: Patuh aturan berarti sikap siswa tersebur positif. bila anda
berperan sebagai guru maka bentuk penilaian nontes yang akan anda gunakan untuk
tujuan penilaian di atas adalah...
ü obserfasi
TES FORMATIF
2
1.
Penilaian pebelajaaran terpadu dilakukan dalam empat tahapan
mencakup tahap; (1) penyusuna dan penyajian laporan, (2) perencanaan, (3)
pelaksanaan, dan (4) tindak lanjut. Urutan tahapan yang benar adalah...
ü 2, 3, 1, 4
2.
Penilaian memberi informasi untuk guru berkaitan dengan proses
pengmbilan keputusan tentang sisiwanya. Berikut adalah hal-hal yang menjadi
bahan pertimbangan guru dalam mengambil keputusan berkaitan dengan pembelajaran
selanjutny...
ü apa yang
dipelajari siswa dan masu kelompok mana siswa tersebut?, bantuan apa yang perlu
diberikan?, metode mengajar mana yang perlu diperbaiki?.
3.
Langakh-langakah yang harus dilakukan dalam tahap perncanaan
adalah sebagai berikut, kecuaii,,,
ü memberiakn
umpan balik kepada siswa
4.
“Penilaian dilaksanakan sejak awal sampai akhir pembelajaran.
Penilaian harus dilihat sbagai proses yang brkelanjutan dan diarahkan pada
proses maupun produk”. Pernyataan diatas berkenaan dengan penilaian tahap…
ü pelaksanaan
5.
checklist
(ya/tidak)
Tingkah
laku yang
diamati
|
Check
kalau ada
|
catatan
|
…………………………..
|
…………………………………
|
…………………………………….
|
…………………………..
|
………………………………..
|
……………………………………
|
tabel di atas dapat digunakan untuk penilaian
pembelajaran dengan memanfaatkan format...
ü obserfasi
6.
Dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran terpadu, jurnal tulisan
siswa dapat digunakan sebagai masukan bagi guru untuk memberikan pertimbangan,
motifasi dan penguatan kepada siswa berkaitan dengan upaya peningkatan kemajuan
belajar selanjutnya. Jurnal tulisan siswa tersebut dapat dilihat dalam
format...
ü efaluasi
diri
7.
penilaian dalam pembelajaran terpadu memerlukan masukan informssi
dari orang tua yang dapat membantu memberikan gambaran yang menghapus
penafsiran yang keliru dari pihai guru dan siswa. Penyelenggaraan pegamatan
oleh orang tua pun memungkinkan guru dan orang tua berorientasi dalam kaitan
kemajuan dan kekurangan anak yagn bersangkutan. Informasi yang berkaitan denga
hal ini dapat diperoleh dengan memanfaatkan format...
ü observasisi
dan wawancara
8.
format di bawah ini dapat dihubungkan dengan bentuk penilaian...
Bagaimana
cara saya melakukannya tanda (√) pada kotak yang benar
|
Ya
|
Tidak
|
Kadang-kadang
|
Sudahkah
say merncanakan pekerjaan saya dengan baik
|
|||
Apakah
saya sedah menjawab pertanyaan semua
|
|||
Apakah
saya sudah bekerjasama dengan baik saat di dalam kelas?
|
|||
Apakah
saya…
|
|||
Apakah
saya sudah
|
|||
Melengkapi
pekerjaan/tugas saya denga tepat waktu
|
ü evaluasi
diri dan checklist
9.
GUru megawasi murid-murid ketika ditugasi membuar
karangandeskripsi tentang kegiatan sekolah berjudul: Upacara bendera. GUru juga
mencatat murid-murid yang dapat dan yang belum dapat membuat membuat karangan
deskripsi terutama murid-murid yang mengalami kesulitan dalam memulai
tulisannya. Dari hasil Observasi ini, secara individual guru memberi bimbingan
cara menulis deskripsi dalam Bahasa Idonesia yang baik dan benar. Dalam hal ini
guru sebaiknya menggunakan format penilaian ...
ü observsi
10.
Coba amati kerangka karangan deskripdi berikut ini(guru menyiapkan
sebuah karangan deskripsi).
bagaimana pendapatmu tentang
a.
kesesuaian isi karangan dengan judul
b.
penulisan ejaan dan tanda bacanya
c.
penggunaan pilihan katanya
tuliskan komentarmu yang berkaitan dengan
tiga hal di atas sesuai dengan karangan deskripsi dengan yang kamu baca. Tulis
dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar dan kerjakan pada buku pekerjaanmu.
Kumpulkan pada pertemuan minggu depan.
Berdasarkan contoh bentuk penilaian di atas,
format penilaian yang dapat digunakan adalh format...
ü cuplikan
kerja dan portofolio
Posting Komentar untuk "Formative Test Modul 5 Tes Formatif 1 s/d 2 PPGDALJAB"