Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Media Pembelajaran PJJ yang Menyenangkan Bagi Siswa

4 Media Pembelajaran untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang menyenangkan bagi siswa. Sejak pandemi banyak sekali siswa yang mengalami kesulitan belajar.Bahkan para siswa harus belajar sendiri yang tidak tau arahnya dari mana. Pembelajaran jarak jauh ini membuat siswa semakin stres jika banyak diberikan tugas oleh guru. 



Meskipun dalam pembelajaran siswa sudah menggunakan learning management sistem (LMS), Zoom, google meet dan aplikasi pembelajaran lainnya. Biasanya pembelajarannya hanya terbatas waktu sehingga sebagai guru kurang maksimal dalam menjelaskan materi. Masih banyak siswa yang mengeluhkan karena mereka kurang mengerti dengan materi yang diberikan oleh guru. 

Dalam mengatasi hal tesebut dalam pembelajaran perlu adanya media pembelajaran yang menunjang pengetahuan siswa. Media sebagai penyampaian pesan kepada siswa yang memang mereka belum ketahui. Nah pada kali ini akan dibahas mengenai media pembelajaran yang dapat membuat siswa senang belajar. 

1. Menggunakan video 

Media pembelajaran bentuk video yang dapat di ulang-ulang oleh siswa adalah salah satunya bisa menggunakan platform youtube. Pertanyaanya sudah banyak media pembelajaran yang tersedia di youtube? iya memang sudah banyak sekali. tetapi siswa sangat jarang menonton video diyoutube yang mengenai pembelajaran. karena kenapa mereka merasa bosen jika harus menonton video tentang mata pelajaran apalagi mata pelajaran matematika. 

nah solusi dari tersebut, buatlah media pembelajaran bentuk video yang menarik minat siswa untuk belajar. contohnya jika siswa menyukai tontontan vlog di youtube maka buatlah video vlog yang ada hubungannya dengan matapelajaran. namun jika siswa menyukai tontonan kartun maka buatlah video dengan animasi seperti film kartun yang didalamnya di masukkan pembelajaran. 

Bagi siswa yang ia malas akan menonton video tersebut karena misal videonya lucu. Jadi selain sebagai pembelajaran juga sebagai hiburan bagi siswa. sehingga siswa selalu menunggu tontonan selanjutnya karena mereka sudah menyukai hal tersebut. 

Selain youtube bisa menggunkan tiktok sebagai aplikasi yang sedang booming saat ini. Banyak siswa lebih suka nonton tiktok daripada belajar. video yang lucu tentu sangat menarik siswa untuk menontonnya.

Banyak juga yang bertanya, kalau begitu konsep pembelajarannya tidak didapat, atau selalu sibuk tidak sempat membuat video. Oke hal ini saya berikan contoh misalnya saja saya ingin mengajar tentang volume balok. saya videoin ketika saya berada di kamar mandi yang memiliki bak mandi saya video bak tersebut misalnya bak tersebut baru saya isi airnya. saya buat suatu hal yang lucu misalnya saya memasukan air dari bak ke ember tetapi tidak masuk ke ember. atau hal lain yang menurut kalian lucu dan menarik. di video tersebut bisa ditanyakan bagaimana dengan bak mandinya volumenya, pengisisan airnya berapa lama. Itukan sudah mengajarkan beberapa KD tidak hanya volume saja. 


2. Menggunakan gambar yang menarik

Media pembelajaran selanjutnya yaitu media pembelajaran dengan menggunakan gambar yang menarik. Jadi konsep atau rumus-rumus dalam bisa dikemas dalam gambar yang menarik yang membuat siswa mengerti. 

Untuk medianya bisa menggunakan ig atau facebook. Untuk pembuatan gambarnya sangat mudah salah satunya yaitu dengan menggunakan canva yang dapat diakses secara gratis dan sudah tersedia berbagai template yang menarik. sehingga anda yang tidak mengeri desain anda bisa menggunakan canva ini.

3. Menggunkan  rekaman suara

nah untuk untuk media yang satu ini sangat cocok untuk matapelajaran sejarah yang banyak becerita tentang sejarah. atau belajar pengucapan bahasa dalam bahasa inggris. Untuk sejarah Anda bisa mengemasnya dalam bentuk cerita yang direkam selanjutnya dibagikan ke siswa bisa melalui podcast dan media lainnya.

4. Menggunakan komik

Media yang ini memang perlu keahlian dalam mendesain komik serta jalan cerita dari komik yang dikaitkan dengan mata pelajaran. jadi untuk komik ini adalah salah satu media yang memang nian sekali dalam pembutannya. 

untuk yang memiliki waktu luang bisa gunakan waktunya untuk membuat media pembelajaran komik untuk dapat menunjang pengetahuan siswa. hampir semua matapelajaran bisa menggunkan komik tapi tentu kita harus bisa mengemasnya. 

Posting Komentar untuk "4 Media Pembelajaran PJJ yang Menyenangkan Bagi Siswa"