Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Latihan Soal Sosial Kepribadian UKM PPG Terbaru 2020

Latihan Soal Sosial Kepribadian UKM PPG

Untuk kamu yang sedang atau akan melakasanakan UKM PPG mungkin mencari-cari latihan soal untuk belajar menghadapi ujian UKM PPG. Berikut kami sajikan beberapa Latihan Soal Sosial Kepribadian UKM PPG yang dapat Anda pelajari sebagai latihan. 



1. Seringkali seorang guru harus menjalankan tugas yang tidak sesuai dengan latar belakang

pendidikan dan keterampilannya. Apa tanggapan anda bila menerima tugas seperti ini?

a. Hanya bekerja bila sesuai dengan pendidikan dan keterampilan saya

b. Saya akan melaksanakan namun tidak menjamin hasil kerja saya

c. Saya akan melaksanakan setelah menyampaikan pada pimpinan bahwa itu sebenarnya

berada diluar bidang ilmu dan keterampilan saya

d. Saya akan menjalankan sepenuhnya sekalipun harus menguatkan hati untuk

melaksanakannya

e. Menjalankan tugas dan mengagap sebagai kesempatan untuk belajar pada bidang yang

belum pernah saya geluti


2. Terdapat 5 kriteria penilaian teman sejawat yaitu kejujuran, kedisiplinan, integritas,

tanggugjawab dan penampilan. Agar penilaian kepada teman sejawat yang anda lakukan

objektif maka yang dilakukan adalah...

a. setiap aspek dinilai dulu untk semua teman, misalnya aspek kejujuran dinilai dulu untuk

semua teman baru aspek kedisiplinan dan seterusnya

b. merangking aspek kejujuran dan rangking pertama sebagai terakhir untuk semua teman

kemudian dilanjutkan merangking aspek kedisiplinan dan seterusnya

c. menilai satu persatu teman sejawat dengan lima kriteria (kejujuran, kedisiplinan,

integritas, tanggungjawab, penampilan) sekaligus

d. mendiskusikan dengan teman lain agar hasil penilaian tidak tendensius dan dapat

dipertanggungjawabkan

e. perlu mempertimbangkan senioritas meskipun lima kriteria penilaian teman sejawat tetap

perlu menjadi acuan


3. Di sekolah tempat anda mengajar mayoritas siswa beragama islam, namun ada juga yang

beragama non islam. Ketika memasuki bulan ramadhan , anda mendapati siswa non muslim

yang sedang makan di depan kelas ketika teman-teman yang lain sedang menjalankan ibadah

puasa. Sebagai seorang guru apa yang anda lakukan untuk menyikapi hal tersebut?

a. Menasehati agar siswa tidak makan di depan kelas selama bulan ramadhan demi

menghormati yang berpuasa

b. Keduanya memiliki hak masing-masing, boleh berbuat sesuai keyakinannya

c. Menasehati siswa yang sedang puasa ramadhan, bahwa makan dimanapun itu hak mereka

d. Meminta siswa tersebut untuk makan ditempat yang sepi agar tidak kelihatan teman-

teman yang sedang berpuasa.

e. Tidak peduli dengan tindakan siswa tersebut


4. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungan melalui

pemahaman sejarah dan kebudayaan masyarakat.

2) Mengembangkan kemampuan personal dan interpersonal yang dapat digunakan dalam

rangka mengatasi kesulitan hidupnya

3) Memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu

sosial yang digunakan untuk memecahkan masalah sosial

4) Memiliki kemampuan dan gaya berkomunikasi serta memiliki jiwa kerjasama dalam

masyarakat majemuk pada tingkat local, nasional dan global

5) Mampu menggunakan model dan proses berfikir serta membuat keputusan yang tepat

penerapan nilai-nilai ips SD yang dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari adalah...

a. 1, 2, dan 3

b. 2, 3, dan 4

c. 1, 3, dan 5

d. 4, 5 dan 1

e. 2, 5 dan 5


5. Dalam diskusi kelompok , saya biasanya dikenal sebagai individu yang....

a. Sulit menerima pendapat orang lain yang kurang logis

b. Mengikuti semua pendapat orang lain agar tidak terjadi konflik

c. Membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan saya sebelum menerima pendapat orang

lain.

d. Dapat menerima pendapat orang lain asalkan tidak terlalu bertentangan dengan pendapat

saya

e. Mampu memahami perbedaan dalam berpendapat


6. Siswa siswi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) dari sekolah anda gagalmeraih skor

tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai pendamping OSN apa yang anda lakukan?

a. Saya merencanakan, menyiapkan, dan menyelenggarakan latihan lebih intensif bagi

peserta untuk mengikuti OSN pada waktu berikutnya

b. Saya minta pada peserta OSN membentuk kelompok belajarmateri OSN agar

penguasaannya meningkat

c. Saya meminta alumni OSN untuk mengajar para peserta tentang cara menjawab soal

OSN

d. Saya mendorong para peserta OSN mengikuti tambahan pengayaan materi olimpiade dari

guru kelas

e. Saya mengarahkan orang tua peserta OSN untuk lebih memotivasi anak mereka agar

lebih giat dalam belajar dalam persiapan OSN


7. Tetangga anda memiliki anak yang menyandang penyakit genetic (kakinya cacat sebelah)

sehingga jalannya agak pincang. Ketika menginjak usia SMP anak itu tidak percaya diri

karena tidak kuat di Bully temannya. Tragisnya anak tersebut tidak naik kelas, sehingga

mogok tidak mau melanjutkan sekolah. Meskipun anda bukan guru dari anak tersebut, apa

yang anda lakukan?

a. Menasehati orangtuanya untuk membujuk anak untuk mau sekolah lagi

b. Menasehati orangtuanya untuk mendaftarkan anaknya ke homeschooling

c. Menyarankan melakukan konsultasi pada anak tersebut agar lebih percaya diri dan mau

sekolah lagi untuk masa depannya

d. Mendatangi sekolah anak tersebut agar gurunya mengajak anak tersebut sekolah lagi

e. Menyarankan kepala sekolah anak tersebut agar menghentikan budaya bully


8. Berdasarkan introspeksi dan pendapat teman sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya

adalah....

a. Orang yang sulit untuk mengapreseasi perbedaan cara siswa dalam menyelesaikan soal

karena membuat bingung orang lain

b. Orang yang dapat mengapreseasi perbedaan, namun hanya untuk hal-ha yang hanya dapat

dipahaminya saja

c. Orang yang bias menyembunyikan fikiran dan perasaan yang tidak senang terhadap siswa

ketika ada perbedaan dalam menilai sesuatu

d. Orang yang dapat mengapreseasi keberagaman dan memiliki keberanian untuk

berpendapat untuk setiap perlaku yang tidak toleran

e. Orang yang terbuka dengan masukan atas prinsip dan keyakinan diri, serta siap

mengupayakan kompromi dengan orang lain


9. Seorang guru menegur salah satu siswa saat mata pelajaran sedang berlangsung karena ia

tidak mendengarkan penjelasan guru dan malah bermain handphone. Pernyataan yang patut

digunakan guru untuk siswa tersebut adalah...

a. “ sini berikan kepada saya handphonenya, kamu ini waktunya belajar malah bermain

handphohe sendiri

b. Kamu sedang melakukan apa dengan handphoneitu? Ayo dimatikan dan segera focus

pada penjelasan pembelajaran ini.

c. Tolong disimpan dulu handphonenya , saat ini sedang pelajaran kamu dapat

menggunakannya nanti pada saat istirahat atau setelah pulang sekolah

d. Berikan handphonenya ke saya, kamun tidak menghargai guru, jika tidak ingin

mengikuti pelajaran, silahkan keluar dari kelas.

e. Tanpa pernyataan seraya merampas handphone siswa sambil terus menjelaskan pelajaran.


10. Seorang wali murid mendatangi anda sebagai wali kelas, memprotes bahwa nilai anaknya

rendah, menurutnya si anak telah mengikuti berbagai bimbingan belajar, sehingga mustahil

mendapat nilai rendah. Sementara, anak dari tetangganya mendapat nilai lebih tinggi, padahal

anak tersebut biasa saja dan tidak mengikuti bimbingan belajar. Bagaimana tanggapan anda

terhadap wali murid tersebut?

a. Menunjukkan data capaian belajar anak secara objektif, serta memanggil si anak untuk

berdiskusi dengan orang tuanya

b. Menunjukkan dokumen hasil ulangan harian, mempertemukan wali murid dengan si anak

serta memberi kesempatan untuk mendiskusikan prestasi belajar yang dicapai secara

objektif

c. Menjawab protes wali murid tersebut, dengan menunjukkan rekap data serta

menyampaikan bahwa bimbingan belajar bukanlah penentu tingkat prestasi belajar anak

di sekolah

d. Menujukkan dokumen hasil ulangan, serta memberi kesempatan wali murid untuk

mendiskusikannya, sehingga diperoleh pengertian mengapa nilai anaknya tidak sesuai

dengan yang diperkirahkannya

e. Menjawab protes wali murid, dengan menyatakan bahwa berapapun hasil nilai itu

merupakan hak dan kewenangan guru


11. Pada acara malam tirakatan untuk memperingati hari kemerdekaan RI, anda menjadi

narasumber di sebuah forum tirakatan warga. Jika anda diberi kebebasan untuk memilih tema

yang diuraikan pada acara tersebut, maka anda akan memilih tema apa?

a. “menengok sejarah perjuangan pahlawan kemerdekaan” dengan alas an untuk

memberikan pencerahan kepada warga agar menghargai para pahlawan kemerdekaan

b. “tegakkan hukum menuju Indonesia jaya” dengan alas an persoalan bangsa Indonesia (

terutama budaya korupsi yang lebih banyak disebabkan karena lemahnya penegakkan

hukum)

c. “kesadaran hukum dalam mengisi kemerdekaan” dengan alasan agar warga memiliki

kesadaran untuk menegakkan hukum dalam mengisi kemerdekaan

d. “peran orangtua dalam mentaati hukum” dengan alasan taat hukum adalah bagian dari

mengisi kemerdekaan dan harus dimulai dari keluarga

e. “warga taat hukum masyarakat damai ” dengan alasan agar warga selalu taat hukum

sehingga perdamaian masyarakat tetap terjaga


12. Saat terjadi tindakan asusila diseolah antar guru dan siswa, apa yang perlu anda lakukan?

a. Membahas bersama pihak internal sekolah dan segera menemukan solusinya

b. Mendiskusikan peristiwa tersebut dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan

c. Memanggil guru dan siswa yang bertindak asusila disertai pemberian nasehat

d. Memberitahukan kejadian tersebut kepada pihak-pihak yang berkepentingan agar

mendapat bantuan

e. Membiarkan peristiwa tersebut menghilang secara alamiah agar tidak memalukan

sekolah


13. Seringkali dalam bekerja tim, kelompok memiliki pandangan yang bertentangan dengan

pendapata anda, pernyataan yang paling menggambarkan reaksi anda adalah...

a. Keluar dari kelompok, karena saya tidak bias menerima keputusan yang bertentangan

dengan keyakinan

b. Tetap bergabung dengan kelompok, namun diam-diam mengharapkan kelompok gagal

menjalankan apa yang anda putuskan

c. Tetap bergabung dengan kelompok , namun mengikuti semua kegiatan dengan sepenuh

hati

d. Menerima keputusan kelompok apa adanya, namun tetap bersikap kritis terhadap

keputusan yang telah diambil

e. Menerimah sepenuhnya keputusan kelompok, dan melakukan introspeksi bila ada

pandangan pribadi yang keliru


14. Bagaimana sikap anda terhadap guru yang melakukan pembelajaran dengan model ancaman

dan pemaksaan kepada peserta didik agar berprestasi unggul?

a. Sangat tidak setuju dengan tindakan guru tersebut dalam rangka meningkatkan prestasi

unggul siswa

b. Tidak setuju terhadap model tersebut yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan

prestasi unggul siswa

c. Cukup setuju dengan tindkan yang dilakukan oleh guru tersebut untuk meningkatkan

prestasi unggul siswa

d. Setuju dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi

unggul siswa

e. Sangat setuju dengan tindakan guru tersebut dalam membantu peningkatan prestasi

unggul siswa


15. Pada sekolah tempat anda bekerja anda sering berinteraksi dengan rekan guru lainnya. Suatu

ketika rekan guru anda menjadi topic perbincangan antara guru-guru lain disekolah tersebut

karena guru tersebut tidak memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan yag dimiliki

siswa, menyikapi hal teresbut apa yang pada rekan anda?

a. Mendiamkan hal tersebut karena urusan masing-masing

b. Menyampaikan kepada waka kesiswaan dan kurikulum agar tidak terjadi

kesalahpahaman

c. Menyampaikan secara langsung tanpa basa basi

d. Menyampaikan dengan baik-baik dengan guru lainnya

e. Membicarakan permasalahan ini secara baik-baik saat saya dan rekan guru tersebut

ngobrol dan sharing santai


16. Pada saat rapat desa yang dipimpin oleh kepala desa sedang mengidentifikasi program desa

yang akan di danai melalui dana desa. Sebagai guru program apa yang akan anda lakukan?

a. Membangun fasilitas umum untuk memfasilitasi anak usia dini karena di desa itu belum

ada fasilitas AUD

b. Perbaikan jalan antar dusun agar transportasi lancer, karena jala di dusun tidak dapat

dilewati kendaraan roda empat

c. Memperbaiki tempat ibadah di desa itu, agar masyarakat dapat beribadah dengan tenang

dan khusuk

d. Memberi beasiswa bagi anak kurang mampu agar dapat melanjutkan studi sampai

pendidikan tinggi

e. Pemberian modal usaha dan pelatihan kewirausahaan bagi keluarga miskin di desa itu

agar kemiskinan menjadi berkurang


17. Suatu ketika anda menjadi tuan rumah dalam acara rutin pertemuan warga RT. Semua warga

RT di undang untuk acara pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang dating kerumah

anda adalah seorang warga paling miskin di RT. Apa yang akan anda lakukan?

a. Menyalami tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk duduk

dikursi yang telah disediakan

b. Membiarkan tamu pertama itu untuk mencari tempat duduk sendiri karena tamu lain juga

anda perlakukan seperti itu

c. Meminta tamu pertama itu duduk di kursi deretan paling depan untuk menghargai tamu

yang dating paling awal

d. Sembari menunggu tamu lainnya, anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol tentang

hal-hal ringan

e. Mengajak tamu tersebut kebelakang dan menawarinya untuk makan, setelah itu meminta

bantuan untuk menyiapkan makanan dan minuman


18. Karena terbiasa bekerja cepat dan teratur, anda sering memiliki siswa wakyu setelah

mengajar. Anda melihat ada teman yang sedang kerepotan mengerjakan sesuatu yang harus

segera diselesaikan. Tindakan yang mencerminkan diri anda adalah...

a. Kalau diminta untuk membantu maka saya tidak akan bersedia karena takut salah

b. Mengerjakan kewajiban anda yang lain, agar tidak diminta membantu menyelesaikan

pekerjaannya

c. Meminta teman itu untuk istirahat, dan menggantikan dia untuk menyelesaikan

pekerjaannya

d. Memahami kesulitan teman itu, dan siap membantu ketika teman itu meminta bantuan

saya

e. Segera menawarkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan itu karena ia memang perlu

dibantu


19. Anda ditugaska disekolah kurang maju, ditandai dengan kegiatan belajar mengajar tidak

optimal. Media dan sumber belajar yang minim, serta kemandirian belajar siswa yang

rendah. Apa upaya ada untuk menghadapi hal tersebut?

a. Saya berusaha sekuat tenaga dan fikiran untuk menemukan cara-cara baru memajukan

sekolah

b. Saya mengusulkan kepada dinas pendidikan agar mengutamakan program peningkatan

kemajuan sekolah

c. Saya meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran d

sekolah

d. Saya mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan media dan sumber belajar

yang diperlukan sekolah

e. Saya menerima keadaan sekolah sebagaimana adanya dan melaksanakan tugas mengajar

sebagaimana mestinya


20. Kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjut tidak mudah di dapatkan. Seandainya anda

mendapatkan kesempatan itu, apakah yang amda nilai sebagai yang paling penting?

a. Pengembangan wawasan melalui belajar

b. Pengembangan jejaring sosial yang bermanfaat kelak bagi pekerjaan

c. Peningkatan kecakapan dalam melaksanakan tugas di tempat kerja

d. Peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai hasil studi lanjut

e. Pengembangan diri sebagai guru yang dapat bermanfaat untuk diri dan orang lain.


21. Di wilayah anda mengajar ada komunitas GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam

PGRI, melakukan penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta mengusulkan

kepada pemerintah agar diangkat sebagai PNS. Jika Anda guru PNS yang telah menerima

tunjangan profesi, apa yang akan anda lakukan?

A. Mendukung sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS

lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana

B. Member nasehat kepada teman guru GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat

sebagai PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya

C. Menaruh simpati terhadap upaya penggalangan dana itu meskipun tidak harus

memberi kontribusi dalam bentuk uang

D. Berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup

dan mampu membayar perwakilan GTT ke Jakarta

E. Mengusulkan kepada pengurus PGRI daerah agar membiayai perwakilan GTT untuk

pergi ke Jakarta menyampaikan aspirasinya.


22. Dalam perjalanan menuju sekolah, pada pemberhentian di perempatan Anda melihat siswa

SMA pengendara motor berhenti melewti garis marka jalan. Anda akan melakukan apa?

A. Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi

keselamatannya

B. Menjelaskan di depan kelas tentang kasus yang anda alami agar siswa anda tidak

melakukan pelanggaran lalu lintas

C. Menegur dengan santun agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi

keselamatnnya

D. Berteriak dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi

keselamatannya

E. Memotret kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di

sekolah agar tidak melakukan hal seperti itu


23. Seorang siswa kedapatan membawa handphone ke sekolah. Padahal sekolah sebenarnya

sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone ke

sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana anda

menaggapi permasalahan tersebut?

A. Memanggil siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa handphone ketika di

lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya

B. Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone, segera menyampaikan hal ini

pada wali kelas serta guru bimbingan dan konseling untuk memperoleh penanganan

lebih lanjut

C. Saya akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone ketika

di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk kelas dan menyita

hp untuk sementara waktu

D. Saya menemui siswa yang membawa handphone saat di sekolah maupun di kelas

serta emberikan teguran langsung dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran

tersebut

E. Merampas handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut

mengingatkan anaknya jangan sampai membawa handphone ke sekolah


24. Seorang siswa bercerita kepada guru, kalau dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah

menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian tengah semester. Tapi

pada hari yang telah disepakati temannya tidak datang dengan alasana da urusan mendadak.

Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tak menepati janji, hingga nilainya menjadi

jelek. Walaupuns ebelumnya keduanya bersahabat, saat ini mereka tidak saling bertegur sapa.

Jika seandainya Anda adalah mendapat cerita tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

A. Memberitahukan pada salahs atu pihak bahwa temannya tidak membantu karena

perihal yang penting. Selain itu urusan belajar merupakan urusan masing-masing

B. Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat-nasehat agar keduanya bersahabat

dan saling membantu

C. Memberitahukan pada salah satu pihak bahwa, karena tidak jadi membantu, temannya

mendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maaf

D. Memfasilitasi pertemuan di antara keduanya untuk membangun saling kesepahaman

mengenai masalah tersebut dan jalan penyelesaiannya

E. Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat

diselesaikan secara mandiri


25. Salah satu tugas guru piket adalah membuat surat keterangan pemberian poin pelanggaran

bagi guru, karyawan, dan siswa yang datang terlambat. Poin pelnaggaran tersebut pada

jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai kesepakatan. Ketika anda menjadi guru piket ada

seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah anda) datang

terlambat 30 mneit. Sesuai aturan datang terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran

sebanyak 30 poin. Tiba-tiba teman anda yang terlambat tersebut meminta kepada anda agar

dia dan anaknya tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor

pecah. Apa yang akan anda lakukan?

A. Memenuhi permintaan temna anda karena alasannya masuk akal tetapi anda laporkan

kasus tersbeut kepada kepala sekolah

B. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya untuk

anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah

C. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman anda dan juga

anaknya meskipun jumlah poinnya dikurangi

D. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada teman anda dan juga

anaknya sesuai aturan

E. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan

kepada kepala sekolah atas kasus ini


26. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilai-nilai,

tingkat ekonomi maupun tingkat penghasilan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu,

sikap guru sebaiknya adalah...

A. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama

B. Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaan pemikiran, dan

perilkau anak didiknya

C. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat

dihindari

D. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman

E. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara

siswa satu dengan yang lainnya


27. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket

kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka

memaksa dan mengancam jika melaporkan hal tersebut pada wali kelas. Sebagai guru yang

mengetahui hal tersebut, apa yang akan anda lakukan?

A. Memberika hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat

membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya

B. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas

serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhtian seluruh siswa untuk terlibat

dalam tanggung jawab tersebut

C. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket

kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi

perbuatannya

D. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk

mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok

E. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok

piket kebersihan, sehingga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika

jadwal piket kebersihan kelas berlangsung


28. Anda memiliki tetangga yang anaknya tidak didaftarkan ke sekolah meskipun sudah

memasuki usia sekolah, karena anak tersebut adalah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Sebagai tetangga yang berprofesi sebagai guru, apa yang Anda lakukan?

A. Menjelaskan kepada orangtuanya bahwa ABK jugamemiliki hak unutk sekolah dan

terdapat banyak sekolah yang mau menerima ABK sebagai siswanya

B. Menyarankan kepada orangtuanya agar menyekolahkan anaknya di Sekolah Luar

Biasa (SLB) agar tidak melanggar hak asasi manusia

C. Meminta aparay desa untuk mendatangi orangtua tersebut agar mau mneyekolahkan

anaknya yang menyandang ABK

D. Meminta guru SLB atau guru pendamping khusus untuk mendatangi dan meyakinkan

orangtua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya

E. Meminta aparat dinas pendidikan untuk mendatangi orangtua tersebut agar mau

menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK


29. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum mengumpulkan tugas pada tenggang

waktu yang telah diberikan dikarenakan tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain. Jika

seandainya anda sebagai guru apa yang anda lakukan?

A. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa tentang

bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas

yang diberikan

B. Mendorong siswa untuk segera menyelesiakan tugas secara maksimal, dengan

menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan

C. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas

dapat menyelesaikan tugasnya

D. Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas

yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa

E. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengiingkari

kesepakatan yang sudah disepakati di awal semester


30. Saya adalah orang yang menjunjung tinggi apa yang telah menjadi prinsip yang saya

katakana. Seandainya saya menerima sebuah tugas yang tidak sesuai dengan prinsip saya, hal

yang akan saya lakukan adalah...

A. Menyalurkan pikiran dan perasaan negative pada sasaran lain

B. Memendam perasaan negatif yang muncul agar tidak mengganggu pelaksanaan

C. Mengalihkan perasaan, pikiran, dan perhatian pada hal lain yang bermanfaat

D. Mengungkapkan pikiran dan perasaan pada orang terdekat yang ada di lingkungan

kerja

E. Mengungkapkan dan mendiskusikan pikiran dan peraaan itu dengan pimpinan


31. Komplek dimana anda tinggal setiap mujsim hujan selalu banjir sebagai akibat tidak ada

saluran air menuju sungai. Warga sudah ebebrapa kali mengusulkan kepada pemerintah

desa/kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan air, tetapi tetap saja permohonan itu

belum dipenuhi. Akibatnya salah seorang warga yang cukup berpengaruhdi wilayah itu

mengajak dan atau memengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak pada tahun itu.

Sebagai guru apa yang anda lakukan?

A. Mengingatkan warga agar tetap mebayar pajak, karena membayar pajak itu kewajiban

warga negara

B. Tetap mebayar pajak, meskipun beberapa warga terpengaruh terhadap himbauan tidak

membayar pajak

C. Mengingatkan salah satu warga tersebut agar tidak mempengaruhi warga lain untuk

tidak tidak membayar pajak

D. Mengajak aparat RT untuk memohon kembali kepada aparat dosen/kelurahan agar

dibuatkan saluran air

E. Bersama warga lain mencari sponsor untuk membangun saluran air menuju sungai

agar tidak terjadi abnjir lagi


32. Guru banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia

media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah.

Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara anda menyelesaikannya?

A. Saya memanfaatkan alam sekitar sekolahs ebagai media dan sumber belajar untuk

mengaktifkan kegiatan belajar siswa

B. Saya menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjang topic

pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas

C. Saya bekerja sama dengan orangtua/wali murid untuk memberikan sumbangan dalam

pengadaan media dan sumber belajar

D. Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan

penjelasan guru dengan baik agar berprestasi

E. Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar

seperti biasanya


33. Seorang anak berminat pada kelompok peminatan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika

memilih studi lanjut ke SMA. Namun, orang tua bersikukuh agar anaknya memilih

peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya menjadi

dokter, agar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak mampu jika studi

lanjut di kedokteran, dan kurang meminati pelajaran ilmu biologi, matematika, serta fisika-

kimia. Sebagai wali kelas apa yang akan anda lakukan?

A. Menasehati sia anak untuk patuh pada orang tua yang telah memilihkan masa depan

yang baik karena tidak ada orang tua yang berniat menjerumuskan anaknya

B. Memberikans aran kepada orang tua dan si anak untuk mengenal secara obyektif

kemampuannya, dengan konsultasi pada psikolog untuk memilih bidnag peminatan

yang sesuai

C. Menyarankan kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya

tidak berminat dan merasa tidak mampu kuliah pada jurusan kedokteran

D. Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan

diskusi agar orang tua memahami potensi anaknya

E. Bersama guru BK, anda sebagai wali kelas akan memfasilitasi pertemuan antara

orang tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama-sama dengan

menggunakan data-data sebagai dasar keputusan obyektif


34. R adalah siswa kelas VI SD yang pintar dan sangat rajin menolong. Ayah R sudah meninggal

dan ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk mencukupi kebutuhan anak-

anaknya. Seringkali R tidak masuk sekolah, karena harus membantu ibunya berjualan.

Sebagai guru R, yang sebaiknya anda lakukan adalah...

A. Memberikan uang sebagai bantuan secara sukarela setiap bulannya

B. Memperbolehkan R untuk sesekai tidak masuk sekolah karena member kesempatan

untuk R belajar menolong orangtua dan bekerja

C. Tetap tidak memperbolehkan R untuk absen dan mengajak teman-teman guru lain

untuk membantu keluarganya

D. Memberikan penjelasan pada R arti penting dan aturan sekolah, serta mengarahkan

apa yang sebaiknya dilakukan

E. Memberikn penjelasana pada R dan ibunya tentang arti penting dan aturan sekolah

serta mendiskusikan bersama tentang masalah yang dihadapi


35. Saat masih menjalani pendidikan dulu, saya pernah mendapatkan tugas yang cukup banyak

dari dosen dan waktu pengumpulannya bersamaan. Hal yang saya lakukan saat itu adalah...

A. Meminta dosen untuk memberikan tenggang waktu pada sebagian tugas

B. Mengerjakan tugas yang penting dahulu, lainnya dikerjakan nanti kalau ada waktu

C. Meminta bantuan teman untuk mengerjakan sebagaian tugas dans ebagian tugas

dikerjakan sendiri

D. Mengerjakan sesuai kemampuan yang penting mengumpulkannya

E. Mengatur waktu agar semua tugas dapat diselesaikan dengan tuntas


36. X adalah guru di salah satu SD favorit. X mempunyai seorang teman guru yang pernah

menolongnya. Suatu ketika X mengetahui bahwa teman tersebut berbohong kepada beberapa

wali murid yang dapat mencemarkan nama sekolah. Jika X melapor pada kepala sekolah,

maka kasusnya akan ramai dan teman tersebut bisa mendapatkan sanksi. Namun bila tidak

melapor, lambat laun nama sekolah akan tercemaar dan banyak wali murid yang dirugikan.

Terkait hal ini, menurut anda yang seharusnya dilakukan si X adalah...

A. Diam saja karena kalau melaporkan kepada kepala sekolah, baik si X maupun

temannya akan mendapat masalah

B. Mengingatkan temannya dengan mengatakan kalau melakukan lagi, maka ia akan

melaporkan ke pihak sekolah

C. Mengingatkan temannya untuk tidak mengulangi perbuatannya dan membantu

mencari solusi atas masalah yang terjadi

D. Meminta temannya untuk mengakui kesalahan di depan kepala sekolah

E. Mengajak dan menemani teman melapor pada kepala sekolah dan membantu mencari

solusi


37. Tugas di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sosial silih berganti. Satu tugas belum selesai

dikerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti itu, bagaimana reaksi

anda?

A. Lebih baik saya tinggalkan sama seklai situasi seperti itu, karena guru bekerja seperti

robot

B. Saya ingin mengerjakans eluruh tugas, meskipun biasanya justru menjadi berantakan

semua

C. Saya bekerja satu persatu, itu lebih baik daripada tugas tidak tertangani sama seklai

atau meninggalkan tugas

D. Hal yang penting adalah semua tugas terselesaikan karena soal tuntas atau tidaknya

pekerjaan tergantung pada situasi

E. Saya bekerja dengan cepat, semua tugas terselesaikan sepenuhnya dengan tntas sesuai

rencana dan waktunya


38. Ketika anda tahu ada siswa berbeda agama tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang

dianggap sangat penting karena menyiapkan kegiatan ritual keagamaannya, maka yang

sebaiknya anda lakukan adalah...

A. Tetap meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran tambahan

B. Member nasehat kepada siswa tersebut untuk mengganti jadwal ritual keagamaannya

C. Menyerahkan keputusannya kepada siswa

D. Memberi nasehat bahwa pelajaran tambahan itu penting dan menyerahkan

keputusannya kepada siswa tersebut, apakah akan mengikuti atau tidak

E. Memperbolehkan siswa tersbut tidak mengikuti pelajaran tambahan dan member

kesmepatan untuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang lain


39. Ada siswa yang menunjukkan kurang bergairah belajar di kelas anda. Terkait dengan hal itu,

tindakan yang anda lakukan sebagai guru adalah...

A. Membiarkan saja karena sangat mungkin siswa tersebut tidak berminat pada mata

pelajaran

B. Mengingatkan, namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan focus pada siswa-

siswa lain yang mneunjukkan kemajuan

C. Membangkitkans emangat siswa itu untuk belajar, walaupun kemajuannya sedikit

D. Menggunakan berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajarnya

E. Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara membangkitkan

semanagt belajaranya


40. Bayangkan suatu ketika anda seanga berjalan bersama dengana nak anada. Tiba-tiba ada

ornag memaki anda secara tidak sopan, padahal anda merasa tidak berbuat salah. Apa yang

akan anda lakukan?

A. Membalas makian orang itu agar anak melihat anda bukan orang tua yang lemah dan

mengajarkan pertahanan diri

B. Menarik oang itu sambil membentaknya agar anak melihat bagaimana caranya

membalas perlakuan orang yang tidak benar

C. Memberi pelajaran orang itu dengan membentaknya untuk menunjukkan pada anak

bagaiman caranya menjaga harga diri

D. Mendiamkan orang itu dan segera menyingkir dari tempat agar anak belajar

bagaimana caranya menghindari keributan

E. Mengajak berbicara baik-baik dan tegas agar anak melihat bagaimana caranya

berkomunikasi dalam kondisi sengketa


Anda juga bisa mendowload file bentuk doc nya  disini.

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Sosial Kepribadian UKM PPG Terbaru 2020"