Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Formative Test Modul 3 Tes Formatif 1 s/d 3 PPGDALJAB


MODUL 3
TES FORMATIF 1
1.                  keterampilan membuka pelajaran dalam pembelajaran terpadu diarahkan untuk...
ü    menyiapkan siswa memasuki kegiatan inti
2.                  keterampilan menutup pelajaran dalam pembelajaran terpadu dapat memberi manfaat untuk...
ü    menetapkan kegiatan tindak lanjut
3.                  Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam membuka pelajaran dengan meksud untuk...
ü    menumbuhkan perhatian siswa
4.                  mengemukakan ide yang bertentangan merupakan bagian dalam…
ü    membangkitkan motivasi siswa
5.                  Salah satu kegiatan yang termasuk dalam komponen memberi acuan dalam megiatan membuka pelajaran, yaitu...
ü    menjelaskan langkah pembelajaran
6.                  Upaya guru mengalihkan bahan pelajaran yang sudah deberikan dengan bahan pelajaran yang akan dibahas termasuk dalam komponen ketrmapilan...
ü    membuat kaitan
7.                  beberapa komponen dalam melaksanakan kegiatan menutup pembelajaran terpadu yang harus dikuasai guru, yaitu..
ü    riviu pelajaran dan melakukan penilaian
8.                  Dalam kegiatan penutupan pembelajaran terpadu, penilaian diperlukan untuk…
ü    melihat tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang akan dibahas
9.                  Mewujudkan prinsip kebermaknaan bagi seluruh siswa, kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru harus relevan dengan...
ü    tema yang akan dibahas
10.              Dalam keterampilan membuka dan menutup pelajaran, penyusunan langkah kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan minat, pengalaman , dan kemampuan siswa merupakan prinsip..
ü    Kesinambungan

TES FORMATIF 2
1.                  Ketermpilan menjelaskan harus dikuasai baik oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran terpadu, karena...
ü    siswa perlu memperoleh gambaran yang jelas tentang hubungan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah diketahui
2.                  dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu,guru disarankan untuk sering memunculkan kegiatan bertanya dengan maksud...
ü    mernagsang munculnya kegiatan siswa berkadar aktivitas tinggi
3.                  Manfaat utama dari keterampilan menjelaskan, yaitu... B.
ü    membantu siswa menggali pengetahuan dari berbagai sumber
4.                  Dalam merencanakan isi tema pembelajaran terpadu yang akan dibahas, salah sartu aspek yang harus diperhatikan ialah isi tema harus...
ü    mencerminkan esensi kompeensi dasar masing-masing mata pelajaran
5.                  Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan sustu penjelasan ialah...
ü    menetapkan isi tema dan menganalisis karakteristik siswa
6.                  Pengunaan susunan kalimat dengan tata bahasa yang baku merupakan salah satu unsur dalam...
ü    aspek kejelasan
7.                  Apabila guru ingin mengetahui apakah siswa memahami apa yang telah dijelaskan maka diperlukan adanya...
ü    umpan balik melalui jawaban siswa atas pertanyaan guru
8.                  Pengungkapan pertanyaan yang jelas dan singkat dapat dapat dilakukan dengan cara...
ü    menggunakan struktur kalimat yang sederhana
9.                  Untuk mendorong siswa agar selalu memperhatikan pertanyaan yang diajukan guru, diperlukan cara berikut...
ü    pemindahan giliran
10.              Salah satu prinsip yang harus diperhatikan dalam keterampilan bertanya, yaitu...
ü    sikap antusiasme dan kehangatan dalam bertanya


TES FORMATIF 3
1.                  Keterampilan memberi penguatan dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu menitikberatkan pada...
ü    pemberian respon dari guru terhadap perilaku positif siswa
2.                  keterampilan mengadakan fariasi dalam pelaksanaan pembelajaran terpaduberkenaan dengan...
ü    pengubahan suatu keadaan supaya tidak membosannkan
3.                  Manfaat utama dari penguasaan keterampilan mengadakan variasi dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu, yaitu...
ü    menghindaari siswa dari proses pembelajaran yang monoton
4.                  Penguatan Verbal merupakan jenis penguatan yang dilakukan melalui...
ü    ungkapan kata dan kalimat
5.                  Pemberian penguatan kepada siswa yang menjawab pertanyaan guru namun belum tepat jawabannya, bisa dilakukan dengan...
ü    memberi penguatan tak penuh
6.                  penguatan non verbal yang ditunjukan dengan cara bergerakmendekati siswa yaitu...
ü    proximity reinforcement
7.                  Untuk lebih menarik perhatian siswa dari kondisi suasana yang gaduh menjadi tenang, yaitu...
ü    kesenyapan
8.                  Pada interaksi satu arah digunakan apabila...
ü    guru menjelaskan materi tema yang dianggap sulit secara tuntas
9.                  Mengadakan Variasi dalam pembelajaran terpadu dengan menggunakan media didasarkan atas pertimbangan...
ü    perkembangan siswa SD berada pada tahap perkembangan masa konkret
10.              Bagan, diagram, poster, kartun, dan komik yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu merupakan jenis media...
ü    grafis

2 komentar untuk "Formative Test Modul 3 Tes Formatif 1 s/d 3 PPGDALJAB"