Formative Test Modul 3 Tes Formatif 1 s/d 3 PPGDALJAB
MODUL 3
TES FORMATIF
1
1.
keterampilan membuka pelajaran dalam pembelajaran terpadu
diarahkan untuk...
ü menyiapkan
siswa memasuki kegiatan inti
2.
keterampilan menutup pelajaran dalam pembelajaran terpadu dapat
memberi manfaat untuk...
ü menetapkan
kegiatan tindak lanjut
3.
Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara yang dapat
dilakukan guru dalam membuka pelajaran dengan meksud untuk...
ü menumbuhkan
perhatian siswa
4.
mengemukakan ide yang bertentangan merupakan bagian dalam…
ü membangkitkan
motivasi siswa
5.
Salah satu kegiatan yang termasuk dalam komponen memberi acuan
dalam megiatan membuka pelajaran, yaitu...
ü menjelaskan
langkah pembelajaran
6.
Upaya guru mengalihkan bahan pelajaran yang sudah deberikan dengan
bahan pelajaran yang akan dibahas termasuk dalam komponen ketrmapilan...
ü membuat
kaitan
7.
beberapa komponen dalam melaksanakan kegiatan menutup pembelajaran
terpadu yang harus dikuasai guru, yaitu..
ü riviu
pelajaran dan melakukan penilaian
8.
Dalam kegiatan penutupan pembelajaran terpadu, penilaian
diperlukan untuk…
ü melihat
tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang akan dibahas
9.
Mewujudkan prinsip kebermaknaan bagi seluruh siswa, kegiatan
pembelajaran yang dilakukan guru harus relevan dengan...
ü tema yang
akan dibahas
10.
Dalam keterampilan membuka dan menutup pelajaran, penyusunan
langkah kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan minat, pengalaman , dan
kemampuan siswa merupakan prinsip..
ü Kesinambungan
TES FORMATIF
2
1.
Ketermpilan menjelaskan harus dikuasai baik oleh guru dalam
melaksanakan pembelajaran terpadu, karena...
ü siswa perlu
memperoleh gambaran yang jelas tentang hubungan pengetahuan baru dengan
pengetahuan yang sudah diketahui
2.
dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu,guru disarankan untuk
sering memunculkan kegiatan bertanya dengan maksud...
ü mernagsang
munculnya kegiatan siswa berkadar aktivitas tinggi
3.
Manfaat utama dari keterampilan menjelaskan, yaitu... B.
ü membantu
siswa menggali pengetahuan dari berbagai sumber
4.
Dalam merencanakan isi tema pembelajaran terpadu yang akan
dibahas, salah sartu aspek yang harus diperhatikan ialah isi tema harus...
ü mencerminkan
esensi kompeensi dasar masing-masing mata pelajaran
5.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan sustu
penjelasan ialah...
ü menetapkan
isi tema dan menganalisis karakteristik siswa
6.
Pengunaan susunan kalimat dengan tata bahasa yang baku merupakan
salah satu unsur dalam...
ü aspek
kejelasan
7.
Apabila guru ingin mengetahui apakah siswa memahami apa yang telah
dijelaskan maka diperlukan adanya...
ü umpan balik
melalui jawaban siswa atas pertanyaan guru
8.
Pengungkapan pertanyaan yang jelas dan singkat dapat dapat
dilakukan dengan cara...
ü menggunakan
struktur kalimat yang sederhana
9.
Untuk mendorong siswa agar selalu memperhatikan pertanyaan yang
diajukan guru, diperlukan cara berikut...
ü pemindahan
giliran
10.
Salah satu prinsip yang harus diperhatikan dalam keterampilan
bertanya, yaitu...
ü sikap
antusiasme dan kehangatan dalam bertanya
TES FORMATIF
3
1.
Keterampilan memberi penguatan dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu
menitikberatkan pada...
ü pemberian
respon dari guru terhadap perilaku positif siswa
ü pengubahan
suatu keadaan supaya tidak membosannkan
3.
Manfaat utama dari penguasaan keterampilan mengadakan variasi
dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu, yaitu...
ü menghindaari
siswa dari proses pembelajaran yang monoton
4.
Penguatan Verbal merupakan jenis penguatan yang dilakukan
melalui...
ü ungkapan
kata dan kalimat
5.
Pemberian penguatan kepada siswa yang menjawab pertanyaan guru
namun belum tepat jawabannya, bisa dilakukan dengan...
ü memberi
penguatan tak penuh
6.
penguatan non verbal yang ditunjukan dengan cara bergerakmendekati
siswa yaitu...
ü proximity
reinforcement
7.
Untuk lebih menarik perhatian siswa dari kondisi suasana yang gaduh
menjadi tenang, yaitu...
ü kesenyapan
8.
Pada interaksi satu arah digunakan apabila...
ü guru
menjelaskan materi tema yang dianggap sulit secara tuntas
9.
Mengadakan Variasi dalam pembelajaran terpadu dengan menggunakan
media didasarkan atas pertimbangan...
ü perkembangan
siswa SD berada pada tahap perkembangan masa konkret
10.
Bagan, diagram, poster, kartun, dan komik yang digunakan dalam
pelaksanaan pembelajaran terpadu merupakan jenis media...
ü grafis
terimakasih, ini sangat membantu
BalasHapussama sama, sukses selalu
Hapus