Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Panduan Penyusunan Portofolio UKMPGG 2020

Panduan Penyusunan Portofolio UKMPGG 2020 dapat anda pelajari di sini.  Untuk yang sedang menempuh PPG daljab maupun PPG prajab tentu di akhir pasti mengikuti ujian kelulusan yang terdiri dari UP (ujian pengetahuan) dan ujian kinerja (UKIN). Pada ukin ada yang namanya tugas portofolio.

 


Portofolio ini bertujuan untuk menilai capaian pembelajaran ketujuh (CP 7) yaitu mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional. Sehingga masiswa PPG tidak hanya mendapat pembelajaran saja. mahasiswa tersebut harus memiliki pengembangan diri yang dapat bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun instansi tempat dia bekerja. 


Syarat Portofolio yang dapat dikumpulkan 

Untuk portofoilo biasanya berupa project yang dikerjakan selama kuliah atau pendidikan. Untuk UKMPPG potofolio yang dikumpulkan bukti fisik yang menunjukkan bahwa mahasiswa telah melaksanakan penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi selama menjalankan tugas profesi sebagai guru dan selama menjadi mahasiswa PPG yang dideskripsikan dalam narasi disertai dengan melampirkan bukti. 

untuk bukti ini dibatasi karya yang dapat dikumpulkan dalam interval waktu tertentu. Untuk mahasiswa PPG dalam jabatan, portofolio yang dikumpulkan merupakan karya selama 2 tahun terakhir ditambah karya selama menjadi mahasiswa PPG. Adapun untuk mahasiswa PPG prajabatan, portofolio merupakan karya selama menjadi mahasiswa PPG.


Komponen portofolio yang diakui pada UKMPPG 

Komponen portofolio yang diakui pada UKMPPG yakni melaksanakan penelitian, melakukan refleksi diri, mencari informasi baru, dan menghasilkan karya inovasi. Berikut penjelasan mengenai ke empat komponen portofolio tersebut:

1. Melaksanakan penelitian dan publikasi 

Pada UKMPPG komponen melaksanakan penelitian dan publiksi yang dapat dikumpulkan berupa bukti kepemilikan laporan penelitian atau artikel yang diseminarkan atau dibahas di forum ilmiah tertentu dan dimuat dalam proseding, atau artikel yang dimuat dalam jurnal ilmiah terakreditasi maupun tidak terakreditasi, tulisan ilmiah popular yang dimuat dalam majalah, tabloid, koran, newsletter, atau bulletin; baik yang terbit lokal, regional, nasional maupun internasional yang relevan mata pelajaran yang diampu baik (individu/kelompok). Namun skripsi, tesis atau tugas akademik yang dilakukan semasa belajar tidak bisa dijadikan portofolio karya pengembangan pengembangan profesi.

2. Refleksi diri

Untuk komponen refleksi diri dideskripsikan dengan narasi tentang proses perbaikan kinerja professional secara terus-menerus yang dilakukan oleh mahasiswa PPG baik dalam pengembangan diri, melaksanakan penelitian, mengembangkan karya inovasi dan juga terkait pelaksanaan tugas guru secara umum meliputi berfikir, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain. 

Analisis ini mendeskripsikan apakah pengembangan diri, penelitian dan pengembangan karya inovatif sudah direncanakan, dilaksanakan, dan dinilai secara baik. Analisis ini juga memuat deskripsi tentang permasalahan dan perbaikan ketiga hal tersebut, serta menemukan makna dari dari proses perbaikan tersebut guna melakukan modifikasi kegiatan pembelajaran di masa depan. Hal-hal yang sudah berhasil juga diceritakan untuk dijadikan penguatan kegiatan berikutnya. Perubahan/perbaikan yang telah dilakukan mahasiswa dilampirkan.

2. Pencarian informasi dan pengetahuan baru 

Komponen pencarian informasi dan pengetahuan baru dibuktikan dengan mengikuti kegiatan untuk meningkatkan kompetensi diri. Kegiatan ini berupa pendidikan dan latihan, lokakarya, seminar/webinar/konferensi, dan juga kegiatan lain yang mendukung peningkatan kualitas diri. Kemudian mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat). Untuk komponen ini pembuktiannya berupa sertifikat keikutsertaan baik sebagai perserta, narasumber, master trainer. 

3. Menghasilkan inovasi baru

Komponen menghasilkan inovasi baru merupakan upaya mahasiswa untuk menunjukkan adanya pengembangan profesi dengan menghasilkan karya yang sesuai dengan profesinya. Karya-karya ini dilengkapi dengan bukti pernyataan keaslian karya yang ditandatangani mahasiswa di atas materai Rp 6.000,00. Adapun karyanya bisa berupa buku, modul, diktat, media pembelajaran, teknologi tepat guna, karya seni dan olah raga. 

Pengisian Borang Portofolio

Setelah anda memiliki komponen yang diakui saatnya anda mengisi borang untuk pengumpulan portofolio. untuk mengisi borang portofolio ini anda bisa mengunjungi laman https://ukmppg.kemdikbud.go.id. 

Borang ini berupa kolom kosong untuk diisi dengan narasi deskripsi diri yang terkait komponen portofolio yang dinilai, dan disediakan kolom untuk mengunggah buktinya. Terdapat tempat masing masing untuk deskripsi dari komponen yang dapat anda isi. 

Setiap deskripsi tersebut dilengkapi dengan ruang untuk mengunggah buktinya. Bukti berupa file dengan format *.pdf atau *.jpeg atau tautan alamat di internet tertentu jika berupa video. Setiap bukti hanya boleh digunakan untuk satu komponen portofolio. Kolom untuk mengunggah bukti fisik berupa tabel, sebagai berikut.

Deskripsikan kegiatan penelitian dan publikasi yang telah dilakukan.

No.

Judul

Jenis karya

Tempat Publikasi

Tahun terbit, edisi, volume

keterangan

 1. 

 

Laporan penelitian/artikel jurnal/karya ilmiah popular

 

 

Jurnal internasional/nasional terakreditasi dll.

 2. 

 

 

 

 

 


Deskripsikan kegiatan refleksi diri yang telah dilakukan.

No.

Kegiatan refleksi

permasalahan

perbaikan

Tahun/semester

keterangan

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 


Deskripsikan kegiatan pencarian informasi baru yang telah dilakukan.

No.

Kegiatan

penyelenggara

peran

Tempat

Tingkat

waktu

1.

 

 

Pembicara/peserta/panitia

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 


Deskripsikan kegiatan yang menghasilkan inovasi yang telah dilakukan.

No.

Nama Produk

Bentuk

Deksripsi peruntukan

Bulan dan tahun pembuatan

Pemberian pegesahan

No hal cipta/paten

1.

 

Media/buku/modul/web/aplikasi/alat bantu pembelajaran/alatperaga

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 


Demikianlah Panduan Penyusunan Portofolio UKMPGG yang dapat anda lakukan. Semoga teman-teman semua berhasil dan lulus.

Sumber: https://ukmppg.kemdikbud.go.id. 

Posting Komentar untuk "Panduan Penyusunan Portofolio UKMPGG 2020"