Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penerapan Media Interactive Tools dan Peran Guru dalam Media Digital

TUGAS M.1 KB.2 PPG DALJAB TERBARU

Interactive Tools Media in Education

 1.                  Contoh penerapan media media interactive tools yang dapat dilakukan di sekolah :

Penerapan interactive tools atau media peralatan interaktif di sekolah dapat berupa memanfaatkan penggunaan internet atau wifi di sekolah untuk materi sharing printer atau koneksi jaringan. selain itu penerapan interactive tools juga diterapkan dalam pencarian materi pembelajaran dengan menggunakan jaringan wifi yang ada di sekolah.

2.                  Contoh penerapan media interacting with others yang dapat dilakukan di sekolah :

Penerapan media interacting with others dapat berupa penggunaan media elektronik oleh siswa,seperti poinsel pintar, laptop, dan tablet, dimana media tersebut  terhubung ke jaringan internet. Dalam penerapannya dapat digunakan untuk berkirim tugas lewat email, atau melakukan forum diskusi lewat media sosial (Whatshapp).

3.                  Peran guru terhadap pemanfaatan media digital

Peran guru dalam era digital tidak bisa digantikan, namun harus diperkuat, dimana guru juga harus menguasai teknologi dalam pembelajaran. Adapun peran guru dalam pemanfaaatan media digital yaitu sebagai fasilitasi dan mampu menginspirasi pembelajaran dan kreativitas siswa.

4.                  Kesimpulan video pembelajaran dari modul 1 KB 2

Video tersebut menyajikan tentang penerapan kurikulum 2013 pada kelas VI sekolah dasar, dimana sebelum proses belajar dimulai diadakan pembiasaan atau pembentukan karakter positif terhadap siswa seperti bersalaman dengan guru sebelum memasuki ruangan kelas. Selain itu guru juga harus mempersiapkan  materi sebelum masuk ke kelas, yaitu tentang  sub tema keanekaragaman hewan dan tumbuhan.

Dalam kegiatan pembelajaran guru membuka pembelajaran dengan kegiatan pendahuluan yaitu dengan mengucapkan salam serta menanyakan kesiapan anak dalam mengikuti pelajaran serta mengingatkan kembali terhadap tugas yang diberikan secara berkelompok. Dalam proses belajar guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Kemudian guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi dengan kelompok masing-masing tentang materi yang ditugaskan. hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.


Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan atau menampilkan hasil diskusinya.
di akhir kegiatan guru menarik kesimpulan dari hasil diskusi yang telah di tampilkan oleh masing-masing kelompok dan guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya. Diakhir pembelajaran di akhiri dengan kalimat penutup yaitu Alhamdulilllah.

 

 

Posting Komentar untuk "Penerapan Media Interactive Tools dan Peran Guru dalam Media Digital"