Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Tes Sumatif Modul 5 M5: Strategi Pembelajaran 30 Soal PPGDALJAB

Tes Sumatif M5 : Strategi Pembelajaran (Skor 93)

1. 28 Bahan ajar yang berkualitas harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, akurat, mutakhir, dengan komponen yang komprehensip. Artinya bahan ajar telah memenuhi kriteria….
a. Penyajian
b. Unsur pelengkap
c. Konten
d. Ilustrasi
e. Komponen lengkap


2. Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang lengkap sesuai Permendikbud RI No 22 tahun 2016 adalah ...
a. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar
b. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
c. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, Kompetensi inti, tujuan pembelajaran, Kompetensi Dasar, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
d. Kompetesi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indicator, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
e. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes



3. Kurikulum 2013 memberi penekanan pada pendekatan student center learning. Definisi media berikut yang sesuai untuk mengimplementasikan adalah….
a. Sarana fisik untuk menyampaikan isi / materi pembelajaran
b. Teknologi hardware pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan materi
c. Teknologi yang dapat mentransformasi pesan sehingga peserta didik berminat dan menarik mengikuti pembelajaran yang berfariasi
d. Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari komunikator ke komunikan, sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar
e. Teknologi dan bukan teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran

4. Dengan rumus hokum Pascal siswa mampu menghitung tekanan (P), merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan….
a. Mengevaluasi
b. Menganalisis
c. Mencipta
d. Menerapkan
e. Memahami

5. Pada sintak model Problem Based Learning (PBL) langkah mengembangkan dan menyajikan hasil karya merupakan langkah atau tahap ke …..
a. Kelima
b. Ketiga
c. Keempat
d. Kedua
e. Pertama

6. Salah satu dampak Instruksional pada model pembelajaran simulasi, yaitu ...
a. sensitifitas pada hubungan sebab dan pengaruh
b. kepercayaan diri sebagai siswa meningkat
c. responsif pada umpan balik
d. lebih memahami permasalah kontektual
e. kemandirian sebagai siswa meningkat

7. Peserta didik dapat belajar lebih baik pada saat : kata – kata gambar dan video yang relevan disajikan secara simultan (bebarengan). Desain tampilan multimedia tersebut merupakan penerapan prinsip …..
a. Modalitas belajar
b. Prinsip kesinambungan waktu
c. Koherensi
d. Kesinambungan spasial
e. Redunansi

8. Kemp dan Dayton (1985) menjelaskan ada tiga fungsi utama media pembelajaran yaitu….
a. Mengkongkritkan konsep, mentransfer pengetahuan, dan meningkatkan hasil belajar
b. Sumber belajar, alat bantu pembelajaran, dan memberikan instruksi pembelajaran
c. Menyajikan materi ajar, alat bantu pembelajaran, dan sumber belajar
d. Memotivasi, menyajikan materi ajar, dan memberikan instruksi pembelajaran
e. Meningkatkan perhatian siswa, merangsang pemikiran, dan memotivasi siswa

9. Bahan -  bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran dikenal sebagai …..
a. Bahan diktat kajian
b. Bahan ajar
c. Materi pelengkap pembelajaran
d. Suplemen bidang pelajaran
e. Buku pegangan belajar siswa

10. Terdapat banyak model pembelajaran kooperatif lebih dari 50 tipe. Namun baru beberapa yang biasa diterapkan di satuan pendidikan formal. Model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan cocok untuk guru pemula adalah …..
a. JIGSAW
b. Teams Games Tournament (TGT)
c. Group Investigation (GI)
d. STAD
e. Team Assisted Individualization (TAI)

11. Brown dkk menyatakan bahwa dalam memilih media perlu mempertimbangkan kriteria sebagai berikut …..
a. Interaktivitas
b. Ketersediaan sumber listrik
c. Karakteristik siswa
d. Tujuan pembelajaran
e. Kemampuan guru dalam menggunakan

12. Strategi pembelajaran “Tutorial” di unit pendidikan tingkat menengah memerlukan media yang mendudkung. Menurut saudara media pembelajaran yang relevan adalah….
a. Media cetak terprogram
b. Media presentasi yang baik
c. Media model pembelajaran yang terprogram
d. Multimedia tutorial
e. Media untuk cek tutorial

13. Langkah – langkah (sintak) model scientific yang baku meliputi …..
a. Mengamati lingkungan belajar, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan membuat laporan
b. Mengamati, menanya, membuat hipotesis, menegosiasikan dan menyusun laporan penelitian
c. Mengobservasi, menanya, mengumpulkan, menalar, dan mengkomunikasikan
d. Mengidentifikasi masalah, menanya, mendiskusikan, menegosiasikan, dan mengkomunikasikan
e. Mengidentifikasi masalah, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan menyusun laporan

14. Pengalaman belajar langsung (Learning by Doing) merupakan proses belajar empiric yang akan siswa ingat secara kuat. Bapak agus memilih metode pembelajaran yang relevan yaitu …..
a. Metode eksperimen
b. Metode drill and practice
c. Metode diskusi
d. Metode role playing
e. Metode berbasis masalah



15. Modul merupaka bahan ajar yang khas memiliki struktur …..
a. Nyata dan jelas
b. Instruksional dan realistis
c. Lengkap dan menyeluruh
d. Sistematis dan utuh
e. Instruksional dan menyeluruh

16. Implementasi kurikulum 2013 ditingkat satuan pendidikan model pembelajaran yang layak dirujuk dalam RPP adalah ….
a. Teacher Centred Learning Model
b. Direct Learning Models
c. Problem Based Learning Model
d. Contekstual Teaching Learning (CTL)
e. Model Demonstrasi

17. Salah satu tahap (sintak) dalam model pembelajaran Simulasi (Joyce Weil dan Calhoun 2009) adalah latihan partisipasi. Kegiatan yang termasuk dalam tahap Latihan partisipasi tersebut adalah ….
a. Menganalisis proses
b. Memimpin aktifitas permainan dan administrasi permainan
c. Membuat scenario dan tujuan
d. Menyajikan topik luas mengenai simulasi dan konsep dalam aktivitas simulasi
e. Memimpin aktifitas permainan dan menganalisis proses

18. Ragam Bahasa yang digunakan dalam bahan ajar yang efektif adalah….
a. Ragam Bahasa resmi dan baku
b. Ragam campuran antara daerah dan Bahasa Indonesia
c. Ragam komunikatif atau semi formal
d. Ragam Bahasa formal
e. Ragam Bahasa interaktif

19. Bahan ajar yang baik harus disusun secara sistematis. Bahan ajar yang sistematis artinya bahan ajar tersebut dikembangkan…..
a. Penuh dengan ilustrasi dan gambar
b. Dengan dukungan banyak referensi literature
c. Menurut urutan buku teks
d. Menurut abjad dengan Bahasa ragam ilmiah
e. Secara runtut dan memuat komponen ajar

20. Pendekatan saintifik merupakan bagian dari pendekatan pedagogis dalam kegiatan pembelajaran yang melandasi penerapan metode ilmiah. Pembelajaran secara umum dilaksanakan melalui kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Pada pendekatan saintifik kegiatan pendahuluan diarahkan untuk….
a. Mengkonstruksi pengetahuan sikap serta keterampilannya
b. Memantapkan pemahaman peserta didik tentang tujuan dan pentingnya materi yang akan disampaikan
c. Belajar materi secara lengkap
d. Melakukan validasi temuan materi yang telah dipelajari
e. Melakukan kegiatan belajar dengan metode ilmiah

21. Guru dapat membuat hand-out sebagai bahan ajar untuk para siswanya karena bahan ajar hand-out memiliki manfaat yang besar yaitu…..
a. Menjadi ilustrasi yang bermanfaat bagi kejelasan materi
b. Menggantikan ketidakhadiran guru
c. Membetulkan konsep – konsep yang salah dalam penjelasan
d. Melengkapi kekurangan materi yang disampaikan
e. Untuk memberikan bahan pengayaan atau remedial

22. Dalam pembelajaran keterampilan tipe prosedur, media pembelajaran berikut yang memiliki relevan tinggi diimplementasikan adalah…..
a. Computer Assisted Instruction
b. Multimedia interaktif
c. Program  Video Instruksional
d. Media Gambar Berseri
e. Program Slide Suara

23. Sebagai satu kesatuan kemampuan yang utuh, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun untuk ……
a. Tiga tujuan pembelajaran
b. Satu pokok bahasan
c. Satu kompetensi inti
d. Dua indicator
e. Satu kompetensi dasar

24. Dalam pembelajaran yang berbasis Student Center Learning, berikut ini yang termasuk empat jenis sumber belajar adalah ….
a. Guru, Instruktur, Job Sheet dan Buku Panduan Praktikum
b. Guru, Media Wallchart, buku, Lingkungan belajar
c. Media pembelajaran Mock-Up, guru, buku paket pelajaran dan LKPD
d. Kepala Sekolah, Guru, Guru BK dan Instruktur
e. Media pembelajaran, Buku, alat peraga dan Peralatan Praktik

25. Pengertian multimedia pembelajaran menurut Gayestik (1996) adalah ….
a. Mengintegrasikan dua atau lebih media dalam pembelajaran
b. Penggabungan media pembelajaran analog dan digital untuk menyajikan tampilan yang efisien, efektif dan berdayaguna
c. System komunikasi interaktif berbasis computer yang mampu menciptakan, menyimpan, menyajikan dan mengakses kembali informasi berupa teks, grafik, suara, video atau animasi
d. Suatu program terpadu berbasis computer untuk pemecahan masalah belajar
e. Karakteristik tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi, dan video yang diorganisasi dalam suatu program yang terintegrasi

26. Dengan disediakan penggaris bujur sangkar, siswa kelas V SD membagi sudut 60 derajat menjadi empat sudut yang sama. rumusan tujuan pembelajaran tersebut kurang komponen….
a. Audience
b. Behavior dan Degree
c. Kondisi (Condition)
d. Degree
e. Kondisi dan Tingkatan (degree)


27. Prinsip – prinsip pembelajaran yang merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016 adalah...
a. Pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa semua orang adalah guru
b. Pembelajaran dapat diimplementasikan kapan saja dimana saja dan dengan siapa saja
c. Dari pembelajaran berbasis kompetensi menuju pembelajaran berbasis konten dan tematik
d. Dari peserta didik mencari tahu menuju peserta didik diberi tahu
e. Partisipasi aktif peserta didik dan berpusat pada peserta didik

28. Di abad informasi ini peran bahan bagi siswa juga luar biasa. Peran bahan ajar tersebut bagi para siswa antara lain adalah….
a. Mendukung pengerjaan tugas
b. Memudahkan siswa dalam mencari sumber
c. Siswa menjadi lebih terarah dalam belajar siswa
d. Menghemat waktu dan tenaga untuk belajar
e. Proses memahami materi lebih cepat dan mudah

29. Karakteristik pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang relevan dengan implementasi kurikulum 2013 adalah……
a. Pengembangan ketiga ranah secara parsial dan focus model scientific
b. Pengembangan ketiga ranah secara utuh dan pendekatan student centered learning
c. Pengembangan ranah kognitif secara utuh dan pendekatan student centered learning
d. Pengembangan ranah kognitif, afektif, psikomotor secara berkesinambungan dan focus model pembelajaran inquiry
e. Pembelajaran tematik dan focus model pembelajaran berbasis masalah

30. Ibu Novi, guru mata pelajaran kimia akan memeragakan proses kimia Sel Vota. Menurut saudara, metode pembelajaran paling cocok dipilih adalah …..
a. Metode ceramah
b. Metode praktikum
c. Metode simulasi
d. Metode diskusi

e. Metode demonstrasi

Posting Komentar untuk "Soal Tes Sumatif Modul 5 M5: Strategi Pembelajaran 30 Soal PPGDALJAB"