Tes Sumatif Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21
![]() |
Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 |
Belajar mandiri berkelanjutan memiliki dimensi psikologis, pedagogis, dan dimensi sosial. Berikut ini secara berturut-turut berikut merupakan indikator adanya ketiga dimensi tersebut dalam belajar mandiri adalah….
a. Belajar mendasarkan tujuan yang ditetapkan, mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meminta umpan balik dari fasilitator
b. Belajar individual dan menyendiri, aktif mencari sumber belajar, dan mengontrol laju belajar sendiri
c. Memiliki kebebasan dalam belajar, aktif mengikuti diskusi ilmiah, dan menilai kemajuan belajarnya sendiri
d. Memiliki kebebasan belajar, menghadiri forum ilmih, dan tergantung kepada fasilitator
e. Mengisolasi diri secara fisik, melanjutkan sekolah, dan menentukan tujuan belajar sendiri
Berikut upaya pengembangan profesionalisme berkelanjutan yang termasuk kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif secara berurutan adalah……
a. Mempublikasikan kegiatan diklat di koran, menulis artikel di jurnal internasional, dan menciptakan karya seni bela diri
b. Mengikutipelatihanpembuatanmedia,menciptakanmodelpembelajaranyang dimuat di media massa, dan membuat karya seni
c. Mengikuti diklat teknis, publikasi karya ilmiah di majalah terakreditasi, dan menciptakan alat pendeteksi kadar oksigen
d. Menulis jurnal, mempublikasikan hasil PTK di jurnal terakreditasi, dan menghasilkan model pembelajaran
e. Mengikuti diklat kepala sekolah, mempublikasikan artikel di jurnal internasional, dan mengikuti diklat pembuatan media inovatif
Hari itu jam pertama hari sedang hujan. Bu Wenny Hapsari memanfaat teknologi informasi di dalam proses pembelajaran di kelas IV. Capaian pembelajarannya agar peserta didik memiliki kesadaran arti penting kerjasama di dalam kehidupan. Di dalam kelas tersedia LCD dan laptop. Kegiatan pembelajaran yang paling sesuai adalah…
a. Peserta didik diminta mengamati kegiatan
gotong royong di luar kelas dan terlibat membantu
b. Peserta didik membaca cerita bergambar tentang kegiatan gorong royong
c. Peserta didik diminta membuat video sederhana secara kelompok dan
mempresentasikan
d. Peserta didik mendiskusikan secara kelompok tayangan video dan
diminta membuat kesimpulan
e. Peserta didik menyaksikan video berisi kegiatan gotong royong kemudian
membuat kesimpulan
Berikut merupakan pergeseran dan atau penyesuaian peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 adalah, kecuali….
a. Memiliki kebiasaan melakukan refleksi atau reflective practitioner
b. Mengutamakan penilaian hasil belajar atau assessment for
learning
c. Menerapkan berpusat aktifitas peserta didik namun guru tetap aktif
d. Merubah paradigma dari professional teaching menjadi professional learning
e. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri diri secara berkelanjutan
Berikut ini merupakan arti penting pengembangan kurikulum dengan menghadirkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan literasi kebudayaan bagi guru di era abad 21 adalah…
a. Bangsa Indonesia memerlukan berkembangnya seni budaya dan kreatifitas menciptakan karya-karya seni berbasis kunikan local
b. Bangsa Indonesia memerlukan manusia yang mampu teknologi canggih untuk yang dapat menggantikan peran guru
c. Bangsa Indonesia memerlukan pengembangan kebudayaan dan pengetahuan tentang sejarah kebudayaan Indonesia
d. Bangsa Indonesia memerlukan SDM yang kreatif memecahkan persoalan dan mampu berkomunikasi dengan orang dari latar belakang budaya berbeda e. Bangsa Indonesia memerlukan SDM dengan kemampuan berpikir canggih dan dapat memodernkan seni dan budaya asli
Berikut ini termasuk katagori keterampilan khusus yang memerlukan pengambilan keputusan yang diperlukan dalam belajar
mandiri adalah…
a. Kemampuan menterjemahkan informasi visual
b. Keterampilan menetapkan tujuan belajar
c. Keterampilan menterjemahkan dan memahami bahan tertulis
d. Keterampilan memproses dan mengolah informasi
e. Kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran
Seorang guru terlihat diikuti oleh banyak
peserta didik dimanapun berada. Peserta didik tersebut penasaran dengan
trik-trik baru dari guru. Guru menggunakan handphone-nya untuk melacak benda
dari logam yang terjauh. Guru tersebut selain memesona juga memiliki ciri guru
abad 21 sebagai berikut….
a. Membuat metafora
b. Humoris
c. Pandai berempati
d. Membuat analogi
e. Canggih
a. Menghadirkan contoh
Peserta didik kesulitan memahami hubungan antara peredaran darah yang lancar
dengan kesehatan tubuh. Bu Ani mengatakan;’ anak-anak pernahkan kalian melihat
sungai yang kotor karena sampah dan tersumbat? Apakah dapat mengairi sawah-sawah
agar tanaman menjadi sehat?” pernyataan Bu Ani memperlihatkan salah satu
kompetensi guru abad 21 yaitu kemampuan dalam hal….b. Membuat analogi
c. Membuat metafora
d. Membuat padanan kata
e. Melakukan eksplorasi
Alasan utama mengapa pembelajaran abad 21 sebaiknya lebih berorientasi kepada pengembangan keterampilan belajar daripada mengajarkan pengetahuan adalah….
a. Tuntutan SDM masa depan yang memiliki kemampuan belajar mandiri
b. Keterampilan abad 21 lebih penting tidak memerlukan pengetahuan
c. Abad 21 adalah era disrupsi dimana peran guru akan segera hilang
d. Pengetahuan faktual sudah usang dan tidak relevan dengan era abad 21
e. Perkembangan teknologi memungkinkan seluruh pengetahuan dipelajari
Pak Hasan mendapati tiga orang peserta didik mengantuk di kelas. Berdasarkan
informasi dari orangtua dan juga temantemannya. mereka sering bermain game
terlalu lama, dan merasa jenuh dengan pembelajaran di kelas. Tindakan pertama
yang paling tepat bagi Pak Hasan adalah….
a. Melarang anak bermain game bekerjasama dengan orangtua untuk pengawasannya
b. Merancang pembelajaran dengan game dan melarang bermain game di rumah
c. Menasehati ketiga anak tersebut agar tidak lagi bermain game di larut malam
d. Menyediakan game di sekolah di bawah pengawasan guru dan kepaal sekolah
e. Merefleksikan diri tentang cara mengajar dan berusaha merasakan
yang dialami peserta didik
Posting Komentar untuk "Tes Sumatif Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21"