Tes Formatif KB 3 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
![]() |
Guru merupakan profesi dengan keahlian khusus |
a. Menganalisis kekuatan dan kelemahan suatu model pembelajaran
b. Menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pengembangan HOTS
c. Menjadi tenaga ahli di bidang TIK untuk kepentingan pembelajaran
d. Menerapkan aplikasi untuk menyusun program semester
e. Menggunakan program aplikasi untuk mengelola nilai peserta didik
Guru abad 21 memiliki tugas pokok membimbing peserta didik agar tidak terjerumus kepada pemanfaatan teknologi yang salah. Tindakan yang dapat dilakukan guru antara lain…
a. Mengalihkan perhatian anak melalui kegiatan olah raga
b. Guru menghadirkan media pembelajaran yang menarik
c. Penggunaan teknologi informasi hanya untuk guru
d. Mendampingi anak dalam mengeksplorasi sumber digital
Contoh penyesuaian peran guru dalam melaksanakan pembelajaran abad 21 adalah….
a.
Guru menjadi mitra belajar bagi peserta didik
b. Guru berperan menjadi sumber belajar utama
c. Guru mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi
d. Guru bertindak sebagai pusat pembelajaran
e. Guru berperan sebagai pengawas penggunaan TIK
Guru merupakan profesi dengan keahlian khusus. Pernyataan ini mengandung makna….
a. Memiliki kode etik profesi yang dapat dipertanggungjawabkan
b.
Keahliannya diperoleh melalui proses pendidikan yang lama
c. Hanya segelintir orang yang layak menjadi guru professional
d. Profesi guru harus bersertifikat pendidik dan memperoleh tunjangan
e. Memiliki ikatan organisasi profesi sebagai wadah
Bu Weny Hapsari dari SD Taman Hidayah mendampingi peserta didiknya mengunjungi
panti ashuan. Bu Weny melihat salah satu peserta didik bernama Lina diam
termenung setelah mendengar kisah sedih salah seorang penghuni panti asuhan
bernama Andi. Bu Weny mendampingi Lina yang sedang menghayati sesuatu. Bu Weny
sebenarnya sedang mealksanakan tugas yang disebut…..
a. Mendidik
b. Melatih
c. Mengajar
d.
Membimbing
e. Membina
a. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa
b. Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis;
c. Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik guru, serta nilai-nilai agama dan etika;
d. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai kepercayaan yang diberikan
kepadanya
e. Memelihara komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan
Hal-hal berikut merupakan aspek yang potensial dikembangkan dalam pengkajian kurikulum, kecuali ….
a. Kedalaman materi, ruang lingkup, keluasan materi dan relevansi materi
b. Kesesuaian materi dan kompetensi menjawab tantangan masa depan
c. Integrasi materi dan kesesuaian materi dengan kompetensi
d. Kesinambungan materi, kemasan materi, dan strategi penyampaian
e. Urutan materi dan ruang lingkup materi
Pernyataan berikut paling tempat menggambarkan tugas guru di
masa yang akan datang adalah …..
a. Guru bertindak sebagai konsultan pembelajaran berbasis teknologib.
Guru menjadi kolaborator sumber daya dan fasilitator pembelajaran
c. Guru mengandalkan teknologi sebagai pengganti peran guru
d. Peran guru semakin ringan karena banyak terbantu oleh teknmologi
e. Guru lebih berfokus membantu peserta didik menguasai materi
Saudara selaku guru memberikan mengajak peserta didik merefleksikan cara
belajarnya. Kegiatan ini termasuk jenis penilaian….
a. Assessment of learning
b. Assessment to learning
c.
Assessment as learning
d. Assessment for learning
Menyusun program semester merupakan tugas pokok guru dalam hal……
a. Menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan
b.
Merencanakan pembelajaran atau pembimbingan
c. Melakukan penilaian pembelajaran
d. Melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan
e. Membimbing dan melatih peserta didik
Tes sumatif modul 2 mana gan
BalasHapus