Tugas Kegiatan Belajar 2 LISTRIK-MAGNET Sub Kegiatan Belajar 1 LISTRIK
Tugas
Kegiatan Belajar 2

LISTRIK-MAGNET
Sub
Kegiatan Belajar 1
LISTRIK

TUGAS
Setelah selesai membaca
materi utama dan penunjang, Selesaikanlah tugastugas berikut untuk membantu
wawasan dan pemahaman Anda. Dipersilahkan mencari literatur lain yang relevan.
1.
Identifikasi contoh peristiwa
elektrostatis dalam kehidupan sehari-hari Anda.
-Terjadinya petir atau geledek yang dibahas
.sebagai aplikasi dari listrik statis
-mesin foto copy. Tinta(toner)foto copy adalah berbentuk serbuk kertas yang akan jadi copy dokumen dilewatkan pada pemberi muatan dengan muatan yang berlawanan dengan toner pemberian muatan sesuai dengan dokumen maka toner akan menempel pada kertas karena akibat gaya tarik elektrostatis.
-Permukaan layar vertikal televisi sangat berdebu, penempelan debu pada layar vertikal karena gaya tarik elektrostatis. Permukaan layar televisi secara terus menerus ditembaki oleh elektron-elektron akibatnya layar televisi bermuatan negatif. Muatan negatif ini akan mempolarisasi partikel-partikel debu dalam udara di depan kaca sehingga partikel-partikel debu akan menempel pada kaca layar televisi.
-mesin foto copy. Tinta(toner)foto copy adalah berbentuk serbuk kertas yang akan jadi copy dokumen dilewatkan pada pemberi muatan dengan muatan yang berlawanan dengan toner pemberian muatan sesuai dengan dokumen maka toner akan menempel pada kertas karena akibat gaya tarik elektrostatis.
-Permukaan layar vertikal televisi sangat berdebu, penempelan debu pada layar vertikal karena gaya tarik elektrostatis. Permukaan layar televisi secara terus menerus ditembaki oleh elektron-elektron akibatnya layar televisi bermuatan negatif. Muatan negatif ini akan mempolarisasi partikel-partikel debu dalam udara di depan kaca sehingga partikel-partikel debu akan menempel pada kaca layar televisi.
2.
Identifikasi contoh peristiwa
elektrodinamika dalam kehidupan sehari-hari Anda.
Contoh dari fenomena listrik dinamis salah satunya jika kalian memiliki mainan
mobil-mobilan yang menggunakan batu baterai, rangkaian lampu listrik dan
lainnya
3.
Menurut anda, apakah ada perbedaan
rangkaian seri pada baterai, dengan rangkaian seri pada lampu? Berikan
alasannya?
Sama saja
4.
Rancanglah percobaan rangkaian
rangkaian seri pada baterai, dan rangkaian seri pada lampu.
5.
Rancanglah satu kegiatan praktikum
tentang listrik dinamis.
A. Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang di gunakan dalam
praktikum ini meliputi:
1. Kabel
2. Bola lampu kecil (lampu senter) 3 buah
3. Baterai besar 3 biji
4. Strerofoam
5. Plester
6. Double Tipe
7. Gunting / Kater
B. Cara Kerja
1. Siapkan alat-alat yang digunakan untuk
praktikum membuat rangkaian seri dan paralel.
2. Potong gabus menjadi 2 bagian dan
masing-masing diberi nama rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel.
3. Ketiga baterai disusun jadi satu di
beri penyangga plester biar tidak lepas.
4. Kabel, lampu dan baterai mulai
dirangkai menjadi rangkaian listrik seri.
5. Kemudian praktikan dengan menyalakan
semua lampu.
6. Lalu salah satu kabel dilepas dari
baterai amati apa yang terjadi pada lampu.
7.
Selanjutnya kabel, lampu dan baterai mulai dirangkai menjadi rangkaian listrik
paralel.
8.Kemudian
praktikan dengan menyalakan semua lampu.
9. Lalu
salah satu kabel dilepas hingga salah satu lampu mati, kemudian amati apa yang terjadi pada lampu yang lain.
10.
Simpulkan hasil pengamatan.
6.
Rancanglah satu kegiatan praktikum
tentang listrik Statis.
A.
Dasar Teori
Listrik statis (electrostatic)
membahas muatan listrik yang berada dalam keadaan diam (statis). Listrik statis
dapat menjelaskan bagaimana sebuah penggaris yang telah digosok-gosokkan ke
rambut dapat menarik potongan-potongan kecil kertas. Gejala tarik menarik
antara dua buah benda seperti penggaris plastik dan potongan kecil kertas dapat
dijelaskan menggunakan konsep muatan listrik.
Berdasarkan konsep muatan listrik, ada dua
macam muatan listrik, yaitu muatan positif dan muatan negatif. Muatan listrik
timbul karena adanya elektron yang dapat berpindah dari satu benda ke benda
yang lain. Benda yang kekurangan elektron dikatakan bermuatan positif,
sedangkan benda yang kelebihan elektron dikatakan bermuatan negatif. Elektron
merupakan muatan dasar yang menentukan sifat listrik suatu benda.
Dua buah benda yang memiliki muatan sejenis akan saling
tolak menolak ketika didekatkan satu sama lain. Adapun dua buah benda dengan
muatan yang berbeda (tidak sejenis) akan saling tarik menarik saat didekatkan
satu sama lain. Tarik menarik atau tolak menolak antara dua buah benda
bermuatan listrik adalah bentuk dari gaya listrik yang dikenal juga sebagai
gaya coulomb.
B.
Alat dan Bahan
1. Penggaris
Plastik 1 buah
2. Kain
1 buah
3. Kertas secukupnya
4. Stopwatch 1 buah
C.
Cara Kerja
1. Siapkan
alat dan bahan yang akan dipakai untuk percobaan
2. Ambil
kertas lalu potong dengan ukuran kecil – kecil
3. Lalu
letakkan potongan kertas tersebut pada suatu bidang supaya kertas tidak
berterbangan jika tertiup angin
4. Gosok
penggaris dengan kain dengan cara searah dengan perlahan dengan waktu 30 sekon
5. Lalu
dekatkan penggaris yang sudah digosokkan pada kertas yang sudah dipotong kecil
– kecil tadi
6. Amati
dan catat perubahan yang terjadi
7. Lakukan
percobaan 4~6 dengan cara mengganti cara menggosok penggaris
8. Cari
cara manakah yang paling effektif agar petongan kertas dapat tertarik banyak
7.
Carilah standar isi pembelajaran
mata pelajaran IPA di SD. Setelah itu diskusikan bersama rekan sejawat Anda,
mengenai hal berikut:
a.
Kajian “Listrik” diajarkan pada
kelas berapa, dan terdapat pada Kompetensi Dasar mana saja. Sajikan dalam
bentuk tabel.
Tabel.1 Analisis Standar Isi
Topik
|
Diajarkan di
Kelas
|
Deskripsi isi KD pada Standar
Isi
|
Perbedaan
rangkaian listrik seri dan
pararel
|
VI
|
3.4 Mengenal rangkaian
listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
4.3 Merancang dan membuat
rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah.
|
b.
Setelah Anda temukan KD-KD yang
terkait dengan “Listrik”, selanjutnya adalah silahkan Anda buat indikator
capaian kompetensi pembelajarannya, sajikan dalam bentuk tabel.
Tabel 2. Pengembangan Indikator Berbasis KD
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Capaian Kompetensi
|
Materi pokok
|
3.4 Mengenal rangkaian
listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
4.3 Merancang dan membuat
rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah.
|
3.4.1 Mengidentifikasi berbagai sumber listrik
3.4.2 Menjelaskan rangkaian listrik sederhana dengan
berbagai variasi.
4.3.1 Menggambar bagan
rencana rangkaian seri dan parale
|
1.
Sumber listrik dan rangkaian listrik sederhana dengan
berbagai variasi.
2. Gambar bagan rencana rangkaian seri dan
parallel.
3. Pengertian ekspor dan impor
4. Unsur-unsur dalam iklan.
|
c.
Buatlah analisis kebutuhan perihal
media, dan metode yang cocok untuk mengajarkan kajian tentang “Listrik”.
Tabel.3. Kebutuhan Media dan Metode Pembelajaran
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Capaian Kompetensi
|
Materi pokok
|
Metode Pembelajaran yang
cocok
|
Media yang dibutuhkan
|
3.4 Mengenal rangkaian
listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
4.3 Merancang dan membuat
rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah.
|
3.4.1 Mengidentifikasi berbagai sumber listrik
3.4.2 Menjelaskan rangkaian listrik sederhana dengan
berbagai variasi.
4.3.1 Menggambar bagan
rencana rangkaian seri dan parale
|
1. Sumber listrik dan rangkaian listrik
sederhana dengan berbagai variasi.
2. Gambar bagan rencana rangkaian seri dan
parallel.
3. Pengertian ekspor dan impor
4. Unsur-unsur dalam iklan
|
Ceramah, Tanya Jawab,
Demonstrasi, Diskusi, Penugasan,
Experiment
|
1. Kardus
2. 3 buah bolam
3. Kabel 2 meter
4. 3 buah saklar
5. 2 buah batrai
6. Gunting
7. Isolasi
|
Sub
Kegiatan Belajar 2
MAGNET

Setelah selesai membaca
materi utama dan penunjang, Selesaikanlah tugastugas berikut untuk membantu
wawasan dan pemahaman Anda. Dipersilahkan mencari literatur lain yang relevan.
1.
Jelaskan konsep magnet dalam
perspektif Anda sendiri?
suatu benda
yang dapat menarik logam (seperti baja dan besi) dan memiliki daerah
disekitarnya yang masih dipengaruhi oleh magnet (medan magnet).
2.
Identifikasi contoh kegiatan yang
memanfaaatkan magnet dalam kehidupan sehari-hari Anda.
1. Mengambil Benda-Benda
dari Logam
Benda yang dapat ditarik
kuat oleh magnet adalah bahan yang terbuat dari logam seperti besi, baja, dan
nikel. Dengan adanya sifat itu, magnet digunakan pada beberapa peralatan untuk
mempermudah mengambil benda dari logam. Peralatan tersebut antara lain gunting,
obeng, tang, dan alai pengangkut besi tua.
2. Penunjuk Arah
Magnet dapat digunakan untuk
menunjukkan arah karena kutub-kutub magnet selalu menunjukkan arah utara dan
selatan. Alat yang memanfaatkan sifat magnet tersebut adalah kompas. Kompas
adalah alat penunjuk arah mata angin. Di dalam kompas terdapat magnet berbentuk
jarum yang selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Sehingga dapat digunakan
untuk menunjukkan arah mata angin. Kompas digunakan oleh pelaut, pendaki
gunung, dan pilot untuk membantu menunjukkan jalan.
3. Menghasilkan Listrik
Magnet dapat menghasilkan
listrik dalam jumlah besar dan kecil. Salah satu alat yang menggunakan magnet
untuk menghasilkan listrik adalah dinamo sepeda. Pada dinamo sepeda, magnet
menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil yang digunakan untuk menyalakan
lampu sepeda.
4. Merapatkan Dua Benda
Coba perhatikan pintu lemari
es. Pintu lemari es dapat menutup dengan kuat dan rapat dikarenakan di sekeliling sisi pintu lemari
es terdapat magnet. Sebuah magnet yang panjang diletakkan di dalam karet
sepanjang pintu lemari es. Lemari es terbuat dari baja, jadi magnet akan
membuat pintu lemari es menutup dengan rapat ketika kamu menutupnya. Pintu
lemari es yang tertutup rapat dapat menjaga suhu di dalam tetap dingin sehingga
makanan dan minuman di dalamnya tetap segar.
5. Menggantikan Roda pada
Kereta Api Maglev
Kereta api jenis maglev adalah
kereta api modern yang bergerak tidak menggunakan roda tetapi menggunakan
magnet. Kereta api maglev bergerak melayang di atas rel yang terbuat dari
magnet. Oleh karena itu kereta api ini disebut maglev, singkatan dari magnetic
levitation yang artinya mengapung di atas magnet.
3.
Rancanglah satu kegiatan praktikum
berkenaan dengan magnet.
III. Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang di gunakan dalam
praktikum ini meliputi:
1. Magnet
2. Penggaris Plastik
3. Lilin
4. Jarum Jahit
5. Kawat Tembaga
6. Kawat Platina (timah)
7. Baterai 2 Biji
8. Bola Lampu Kecil
9. Isolasi
10. Serbuk Besi
11. Gunting
12. Cutter
13. HVS (1 Lembar)
14. Silet
15. Piring Plastik Kecil
16. Paku 2-3 cm 2 Biji
IV. Cara Kerja
1. Membuat Magnet Sederhana
a) Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
dalam kegiatan praktikum.
b) Gosoklah paku dengan magnet searah, 5-10
menit dekatkan dengan jarum/ paku/ silet/ lilin/ kertas/ penggaris plastik.
Amati apa yang terjadi!
c) Tempelkan atau dekatkan paku yang lain
dengan magnet, selama 5-10 menit, dekatkan dengan jarum/ paku/ silet/ lilin/
kertas/ penggaris plastik. Amati apa yang terjadi!
d) Lilitlah paku dengan kawat tembaga serta
timah secara bergantian dan sambungkan pada baterai dan bola lampu, dekatkan
dengan jarum/ paku/ silet/ lilin/ kertas/ penggaris plastik. Amati apa yang
terjadi!
e) Bandingkanlah ketiga hasil percobaan
tersebut, boleh dalam bentuk tabel dan didokumentasikan.
f) Simpulkan dari hasil kegiatan.
2. Membuat Kompas Sederhana
a) Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
dalam kegiatan praktikum berupa piring plastik, air kertas, jarum dan silet.
b) Isi piring kecil dengan air.
c) Letakkan silet di atas air dan amati
apa yang terjadi.
d) Letakkan jarum yang dilapisi kertas/ gabus
diatas air dan amati apa yang terjadi serta dokumentasikan.
e) Simpulkan dari hasil kegiatan.
3. Mengetahui Arah Medan Magnet
a) Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
dalam kegiatan praktikum berupa kertas HVS, magnet kotak dan serbuk besi.
b) Letakkan magnet di atas kertas HVS kemudian
taburi serbuk besi amati apa yang terjadi dan jangan lupa didokumentasikan.
c) Simpulkan dari hasil kegiatan
4.
Bagaimana cara menentukan kutub
magnet?
Gantungkan
magnet dengan tali. kutub utara akan mengarah ke utara sementara kutub selatan
akan mengarah ke selatan. bila didekatkan, kedua kutub tersebut akan saling
tarik menarik sementara bila didekatkan pada kutub yang sama akan saling
menolak
5.
Visualisasikan proses pembuatan
magnet secara induksi dan elektromagnetik? Sertakan penjelasannya?
induksi
Alat dan Bahan
- Satu buah magnet kuat
- Satu buah statif
- Satu batang besi
- Beberapa buah jarum atau paku kecil
Langkah Kerja
- Letakkan batang besi pada statif dengan posisi vertikal.
- Letakkan beberapa buah jarum yang telah Anda siapkan di bawah batang besi.
- Letakkan magnet kuat di atas batang besi dan jepit dengan statif agar posisinya tidak berubah-ubah.
- Amati jarum yang berada di bawah besi.
- Jika jarum tersebut menempel pada batang besi, berarti besi tersebut telah mempunyai sifat kemagnetan.
Elekttro magnetik
Alat dan Bahan
- Satu buah paku besi dengan panjang 5 cm
- Dua buah baterai segala ukuran (boleh ukuran AAA, AA, C, ataupun D)
- Kabel kumparan atau kawat besi
- Beberapa buah jarum
- Gunting
Langkah Kerja
- Lilitkan kabel kumparan pada paku besi.
- Kupas kedua ujung kabel kumparan menggunakan gunting.
- Hubungkan kedua ujung kabel dengan kutub positif dan negatif baterai.
- Dekatkan jarum-jarum yang telah disiapkan dengan paku besi yang telah dililit.
- Maka paku besi tersebut akan dapat menarik jarum-jarum yang berada di dekatnya.
6.
Carilah standar isi pembelajaranamata pelajaran IPA di SD.
Setelah itu diskusikan bersama rekan sejawat Anda, mengenai hal berikut:
Kompetensi Dasar
|
Indikator Capaian Kompetensi
|
Materi pokok
|
a.
Kajian “Magnet” diajarkan pada
kelas berapa, dan terdapat pada Kompetensi Dasar mana saja. Sajikan dalam
bentuk tabel.
Tabel.1 Analisis Standar Isi
Topik
|
Diajarkan di
Kelas
|
Deskripsi isi KD pada Standar
Isi
|
Magnet
|
V
|
Memahami hubungan antara
gaya, gerak, dan energi serta fungsinya
|
b.
Setelah Anda temukan KD-KD yang
terkait dengan “Magnet”, selanjutnya adalah silahkan Anda buat indikator
capaian kompetensi pembelajarannya, sajikan dalam bentuk tabel.
Tabel 2. Pengembangan Indikator Berbasis KD
Memahami hubungan antara
gaya, gerak, dan energi serta fungsinya
|
Mendeskripsikan
hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui
percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) |
Magnet
|
c.
Buatlah analisis kebutuhan perihal
media, dan metode yang cocok untuk mengajarkan kajian tentang “Magnet”.
Tabel.3. Kebutuhan Media dan Metode Pembelajaran
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Capaian Kompetensi
|
Materi pokok
|
Metode Pembelajaran yang
cocok
|
Media yang dibutuhkan
|
Mendeskripsikan hubungan
antara gaya, gerak dan energi melalui
percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) |
1. Menyebutkan pengertian Gaya Magnet
2. Menuliskan bentuk-bentuk magnet
3. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat
magnetis dan non magnetis
4. Menyebutkan contoh benda-benda magnetis
dan non magnetis
5. Membuat magnet
|
magnet
|
Eksperimen, ceramah
|
Magnet, baterai, kabel,
batang besi
|
d.
Praktikan dalam pembelajaran di
Kelas, catat temuan-temuan pentingnya selama pembelajaran.
Posting Komentar untuk "Tugas Kegiatan Belajar 2 LISTRIK-MAGNET Sub Kegiatan Belajar 1 LISTRIK"