Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tes Formatif M2 KB2 : Strategi Peningkatan Profesionalisme Berkelanjutan

1. Fungsi organisasi profesi sesuai pasal 41 ayat (2) UUGD adalah untuk …
Menambah pendapatan, memajukan masyarakat dan meningkatkan kepedulian social
Berbagi informasi, mensejahterakan anggota, meningkatkan pengetahuan anggota dan melatih loyalitas
Melindungi anggota dan menjaga kekompakan, mencari bantuan dana, memajukan pendidikan
Memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karir, wawasan kependidikan, perlindungan profesi dan pengabdian kepada masyarakat
Memperkuat identitas, memberikan ciri pokok,mengembangkan solidaritas dan mewadahi bakat minat


2. Manakah kelompok kegiatan berikut yang merupakan pengembangan keprofesian yang berkelanjutan pengembangan diri secara kolektif …
Menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi
Mengikuti diklat pengembangan kependidikan
Menghadiri forum KKG, MGMP dan diskusi ilmiah
Menghasilkan model pembelajaran inovatif
Menulis artikel, membuat laporan PTK dan menghasilkan media pembelajaran

3. Salah satu ciri profesi adalah aktivitas intelektual, manakah pernyataan yang paling sesua dengan pernyataan di atas …
Memilih media dengan mempertimbangkan karakteristik materi, peserta didik dan tujuan pembelajaran
Melestarikan metode pembelajaran yang selama ini diterapkan para senior
Mengelompokan peserta didik sesuai persepsi kita terhadap siswa
Menggunakan intuisi yang baik dalam memilih metode pembelajaran
Memelihara kebiasaan yang ada dan sudah berjalan baik

4. Tindakan yang bertolak belakang dengan keputusan-keputusan pedagogis sebagai ciri belajar seorang professional adalah …
Belajar berbasis pengalaman melalui proses aksi refleksi secara siklikal
Mengedepankan intuisi yang tajam
Menggunakan pengalaman sebagai aktivitas belajar
Tindakan bersumber dari sikap reflektif
Mempertimbangkan konteks

5. Berikut merupakan pernyataan yang benar mengenai suatu profesi pendidikan :
Memiliki organisasi profesi yang kuat
Mengutamakan layanan kepada anggota agar bisa mengabdi pada masyarakat
Merupakan aktivitas yang bersifat intuitif
Memiliki kekebalan hokum
Memiliki kajian spesifik yang pernah digeluti, direfleksikan dan dikembangkan

6. Sikap guru ini menunjukkan dirinya sebagai professional learning yang kurang tepat dalam hal kompetensi pedagogi adalah …
Mengembangkan budaya membaca
Merancang dan melaksanakan PTK sampai melaksanakan tindak lanjut
Mengikuti program diklat sesuai kebutuhan pribadi
Mencari jawaban atas persoalan di kelasnya melalui forum-forum diskusi
Memanfaatkan program pendidikan dan latihan yang dilaksanakan pemerintah dengan aktif berpartisipasi

7. Manakah alasan yang paling tepat pentingnya perubahan paradigma terhadap pembelajaran abad 21 …
Semakin canggih teknologi maka pembelajaran akan semakin berhasil
Teknologi informaasi dan komunikasi sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan
Teknologi informaasi dan komunikasi menyebabkan perubahan peran guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar
Abad 21 penuh tantangan sehingga kontrol guru harus semakin diperketat
Teknologi informaasi dan komunikasi bisa mengatasi seluruh persoalan pembelajaran

Guru secara yuridis adalah bagian dari tenaga kependidikan yang diakui sebagai profesi dengan keahlian khusus. Manakah jenis kegiatan berikut yang memerlukan keahlian khusus …
Membuka pelajaran, melakukan ceramah, menutup pelajaran, mengelola tabungan
Membina osis, mendampingi studi tour, memimpin upacara mengikuti rapat
Memilih metode, merancang media, menyerahkan nilai, membagikan rapor
Melakukan analisis pelajaran, mencatat peserta didik terlambat, mengabsen kehadiran
Memilih media, mengelola kelas mengembangkan strategi pembelajaran

9. Sebagai antisipasi terhadap perkembangan teknologi maka guru sebagai suatu profesi maka sebaiknya …
Meningkatkan kemampuan integrasi teknologi ke dalam sistem pembelajaran
Meningkatkan kemampuan merawat komputer dan jaringan
Meningkatkan penguasaan keterampilan teknis pengoperasian computer
Membeli perangkat ICT keluaran terbaru secara periodic
Mengikuti kursus penguasaan program aplikasi terbaru

Penelitian tindakan kelas bisa merupakan bagian dari pengembangan keprofesian berkelanjutan melibatkan keputusan pedagogis tercermin dalam kegiatan …
Memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelas (masalah yang dirasakan)
Melakukan tindakan yang diyakini lebih baik
Meningkatkan mutu pembelajaran dan mempertinggi mutu sekolah
Meningkatkan profesionalisme guru
Memecahkan masalah nyata di kelas

1 komentar untuk "Tes Formatif M2 KB2 : Strategi Peningkatan Profesionalisme Berkelanjutan"