Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tes Sumatif M2 PJOK Sejarah, Filsafat Dan Etika Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga

(NILAI 93) 
Tes Sumatif M2 
Sejarah, Filsafat Dan Etika Dalam
Pendidikan Jasmani Dan Olahraga

Question 1 (1 point)
Berikut pernyataan yang bukan pada Agenda Berlin diuraikan bahwa Pendidikan Jasmani
Mempersaiapkan anak untuk tidak dapat mengatasi kompetisi kompetisi, kemenangan atau kekalahan, kooperasi dan kolaborasi


Question 2 (1 point)
Ciri-ciri olahraga adalah Mamacu kerja jantung dan paru-paru

Question 3 (1 point)
Dalam istilah olahraga dikenal istilah talet scouting (pemanduan bakat), sedangkan pemanduan bakat pada Penjas berfungsi sebagai Masukan awal

Question 4 (1 point)
Dalam mengajarkan etika dan nilai moral sebaiknya lebih pada aplikasi kepada siswa maupun guru itu sendiri antara lain kecuali Pilih Kasih

Question 5 (1 point)
Demikian urutan simbol olimpiade Biru, kuning, hitam, hijau dan merah

Question 6 (1 point)
Dengan sistem olahraga yang diberikan jepang terhadap pribumi sangat memberikan manfaat yang berharga untuk bangsa indonesia, karena olahraga dijadikan modal yang besar untuk mempertahankan diri dan melepaskan ikatan penjajahan. Ada beberapa sistem Pendidikan olahraga jaman penjajahan jepang di Indonesia antara lain Fase perencanaan, Fase diskusi, Fase pelajaran penelitian, Fase Kemerdekaan

Question 7 (1 point)
Guru atau pelatih dalam pendidikan olahraga lebih mengutamakan sikap Fair Play pada pada anak didik

Question 8 (1 point)
Guru pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga dapat mengajarkan etika diluar jam pelajaran, terutama saat 
1. Ektra kurikuler dengan melihat peluang yang tepat dalam pendekatan individu
2. Kegiatan pramuka dengan melihat peluang yang tepat dalam pendekatan individu
3. Kegiatan Menari di sekolah dengan melihat peluang yang tepat dalam pendekatan individu
4. Organisasi klub olahraga sekolah dengan melihat peluang yang tepat dalam pendekatan individu

Question 9 (1 point)
Istilah olimpiade muncul didasarkan pada kata olimpus yang berarti Nama Gunung

Question 10 (1 point)
Ketika guru akan memberikan materi ajar PJOK maka manakah pilihan berikut yang merupakan implementasi dari pembelajaran PJOK adalah Materi Melempar dapat dilakukan dengan beberapa teknik; lempar bola, lempar sasaran, dan beberpa teknik lempar lainnya

Question 11 (1 point)
Lingkup olahraga berdasarkan UU No 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional mengelompokkan ilmu keolahragaan menjadi 3 bagian yaitu, olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Yang bukan menjadi bagian dari kelompok olahraga rekreasi adalah Bermain Catur

Question 12 (1 point)Olahraga akan kehilangan makna dikarenakan aktivitas jasmani berubah menjadi bentuk permainan dan rekreasi saja. Nilai olahraga akan hilang jika 1 ursur penting tidak ada. Adapun unsur penting dalam olahraga Kompetitif
Question 13 (1 point)
Olimpiade kuno berhenti tahun 426 M sampai akhir abad 19 sedangkan olimpiade modern muncul tahu 1894 yang ditandai dengan olimpiade di athena Yunani tahun 1896. Adapun alasan mengapa olimpiade diberhentikan disebabkabn karena Runtuhnya Yunani ketangan Romawi

Question 14 (1 point)
Pada hakikatnya bahwa Pendidikan jasmani lebih menekankan pada perkembangan kepribadian secara menyeluruh, sedangkan olahraga kompetitif adalah Mengutamakan penguasaan keterampilan olahraga

Question 15 (1 point)
Pada Masa ini tidak ditemukan lembaga pendidikan pemerintah menangani pendidikan karena lebih difokuskan pada bela negara atau militer. Kekuatan fisik menjadi tujuan utama sebagai alat bela negara. Pendidikan dilakukan hanya dalam keluarga hingga baca tulis. Masa ini terjadi pada Zaman Romawai

Question 16 (1 point)
Pada ruang lingkup tari (dance) seorang peserta didik diharapkan kadap menampilkan gerakan kombinasi fisik yang terkoordinasi dengan baik guna mendapatkan hasil Estetika

Question 17 (1 point)
Pada Yunani kuno telah dikenal pertandingan olahraga antar bangsa yang disebut olimpiade kuno. Pada masa itu sering terjadi peperangan dan olahraga telah menjadi alat perdamaian dan alat pemersatu bangsa. Sebagai salah satu dampak olahraga terhadap perdamaian dunia kala itu terlihat adalah dengan 
1. Negosiasi para petinggi negara tentang politik
2. Mendamaikan negara yang bertikai
3. Menjali kerjasama diberbagai bidang
4. Pertukaran prajurit

Question 18 (1 point)
Pendidikan Jasmani dilakukan pada Akademi Pendidikan Jasmani dengan ciri olahraga yang dilakukan adalah atletik dan senam. Sedangkan ekstrakurikuler adalah cabang renang, sepakbola dan sebagainya. Pelaksanaan pendidikan jasmani seperti ini terjadi pada zaman Penjajahan Belanda

Question 19 (1 point)
Pendidikan Jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan nasional

Question 20 (1 point)
Pengertian pendidikan olahraga adalah Suatu Aktifitas yang besifat kompetitif

Question 21 (1 point)
Perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga ditandai dengan berbagai faktor sehingga memiliki tingkat perbedaan yang cukup jelas. Pada pendidikan jasmani pesertadidik diberlakukan sebagai chil center atau disesuaikan dengan kebutuhan anad sedangkan di pendidikann olahraga berpusat pada materi yang akan di lakukan. Perbedaan ini merupakan kategori komponen Hakikat

Question 22 (1 point)
Proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional adalah Pengertian pendidikan jasmani

Question 24 (1 point)
Seorang anak bermain bola di lapangan saat jam pembelajaran, kemudian saat ingin berebut bola sianak mendorong lawan mainnya yang nota benenya itu temannya bermain. Disaat kejadian itu temannya jatuh tersungkur dan guru meniup pluit bahwa itu pelanggaran untuk anak yang di telah jatuh, sejurus kemudian si anak mengulurkan tangan dan menarik temannya yang jatuh untuk berdiri. Sikap ini dikatakan dalam pendidikan olahraga dikatakan sikap adalah Rasa Hormat, Fair Play, Tanggung jawab, Sikap Kesatria

Question 25 (1 point)
Seorang anak membawa bekal makan siang ke sekolah sementara teman-temannya tidak ada yang membawa bekal, disaat istirahat siang sianak akan memakan bekal yang ia bawa dari rumah. Akan tetapi sianak memakan bekal yang ia bawa itu sendirian di tempat yang teman-temannya tidak tahu. Sifat demikian dikatakan dengan sifat adil

Question 26 (1 point)
Seorang anak saat ia akan masuk ke kelas, ia menemukan selembar uang kemudian ia melaporkan temuannya tersebut kepada guru wali kelasnya. Tindakan tersebut merupakan cerminan dari sikap Jujur

Question 27 (1 point)
Seorang guru dalam menerapkan Pendidikan nilai dalam pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga diantaranya adalah pendidikan etika konsepnya bersifat abstrak, sehingga pemberiannya harus lebih banyak pada kemampuan prilaku guru hendaklah Berperilaku dan contoh-contoh yang konstruktif sehari-hari di sekolah maupun luar sekolah

Question 28 (1 point)
Seorang pelatih dalam menerapka etika pada Anak didik hendaklah lebih di utamakan sikap Fair Play, kemampuan sikap ini harus di miliki oleh anak didi, kecuali Tinggi hati dalam kemenangan

Question 29 (1 point)
Situasi dimana manusia berusaha melebihi manusia lainnya dengan usaha menaklukan orang lain melalui ilmu kanuragan seperti kebal terhadap benda tajam dan menggunakan mantra-mantar merupakan perilaku manusia Indonesia pada masa Kerajaan

Question 30 (1 point)
Tujuan pendidikan jasmani adalah 
1. Memperoleh dan mempertahankan derajat kebugaran jasmani yang optimal.
2. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan aktivitas jasmani, perkembangan estetika, dan perkembangan sosial.
3. Mengembangkan sikap kemandirian, disiplin, kerjasama dan bertanggungjawab
4. Mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk menguasai keterampilan gerak dasar

Posting Komentar untuk "Tes Sumatif M2 PJOK Sejarah, Filsafat Dan Etika Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga"