Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tes Sumatif M4 PJOK Tinjauan Olahraga Pada Aspek Sosiologi Dan Psikologi

(NILAI 92,5) 
Tes Sumatif M4 
Tinjauan Olahraga Pada Aspek Sosiologi Dan Psikologi

1. Aktifitas jasmani dipandang sebagai pengalaman estetik, karena Banyak bentuk gerakan-gerakan dalam aktifitas jasmani mengandung unsur keindahan gerak yang memukau

2. Aktifitas olahraga yang dilakukan akan memberi kesempatan kepada pelakunya untuk menunjukkan "keakuan" atau sebagai media pelampiasan ketegangan merupakan pernyataan dari Van der gogtan


3. Aktivitas jasmani didefinisikan sebagai gerak besar dari manusia (gross human movement) yang terorganisir bersifat non manfaat (bukan inti dari pekerjaan). Salah satu ciri khusus aktivitas jasmani yang sekaligus mewakili nilai dari kegiatan jasmani tersebut, yaitu Sebagai pengalaman social

4. Aktivitas jasmani merupakan cara yang digunakan bidang studi Pendidikan Jasmani dalam mencapai maksud dan tujuan pendidikan. Aktivitas jasmani menjadi payung teduh yang mewakili nilai dari kegiatan jasmani, kecuali Sebagai wahana pendidikan

5. Aktivitas olahraga terutama contact sport, memerlukan Daya tahan

6. Anak wanita lebih suka permainan yang mempunyai unsur murni strategi dan untung-untungan dan tidak menekankan pada kemenangan tetapi lebih kepada unjuk kualitas; beda dengan anak pria yang lebih menyukai permainan kombinasi keterampilan, strategi dan kompetitif penekanannya kepada kemenangan sebagai cetusan rasa ambisi. Pernyataan diatas dikemukakan oleh Robert dan Shutton (1972)

7. Apa perilaku seseorang yang memerlakukan secara tidak adil karena karakteristik suku, antargolongan, kelamin, ras, agama dan kepercayaan, aliran politik, kondisi fisik atau karateristik lain? Diskriminasi

8. Bagaimana contoh deskriminasi tidak langsung Panitia pengadaan pertandingan olahraga hanya terbuka untuk laki-laki

9. Banyak faktor yang membuat para atlet mengalami turun mental saat bertanding baik dalam faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu yang dilakukan pelatih adalah memberikan motivasi interaktif yang bertujuan Memberikan dorongan meraih prestasi

10. Ciri khusus aktivitas jasmani menjadi payung terhadap enam sub-domain yang sekaligus mewakili nilai dari kegiatan jasmani tersebut, yaitu
Sebagai pengalaman social, untuk kesehatan dan fitness, untuk memperoleh vertigo, sebagai pengalaman estetik, sebagai catharsis, sebagai self esteem, sebagai pengalaman asketik.

11. Ciri-ciri timbulnya krisis moral dalam masyarakat antara lain
Hilangnya kejujuran, hilangnya rasa tanggung jawab, tidak mampu berpikir jauh ke depan, dan rendahnya disiplin

12. Dalam mengajarkan etika dan moral, ada 4 nilai moral yang menjadi inti dan bersifat universal, yaitu... Keadilan, kejujuran, tanggung jawab, dan kedamaian

13. Dibawah ini penyebab seorang atlet mengalami kemunduran prestasi atau hambatan prestasi adalah, kecuali Teraturnya pola makan dan latihan untuk atlet

14. Elemen pokok yang memungkinkan berlangsungnya proses social learning terdiri dari: (1) agen sosial, (2) situasi sosial, (3) karakteristik personal ,Pernyataan diatas dikemukakan oleh Kenyon Mc Pherson, 1973

15. Etika mengembangkan diri oleh Richad Tinnig diwujudkan dalam 3 hal yaitu Mengembangkan diri, Melepaskan diri, dan menerima diri

16. Faktor - factor yang mempengaruhi motivasi penampilan atlit top adalah sebagai berikut, kecuali Karakter, intelegensi dan pengalaman lawan

17. Freeman dalam buku physical education and sport in changing society menyarankan 5 area dasar dari etika yang harus diberikan. Yaitu... Keadilan dan persamaan, respek terhadap diri sendiri, rasa hormat dan kepedulian terhadap orang lain, menaati peraturan dan kewenangan, dan rasa terhadap perspektif atau nilai relatif.

18. Kata gender biasanya mengacu pada sifat-sifat prilaku yang di nilai tepat untuk laki-lakidan perempuan oleh budaya tertentu sebaiknya sex (jenis kelamin ) mengacu pada perbedaan biologis menurut Brannon 2002; Deaux, 1993

19. Keadilan di bagi dalam dalam 4 bentuk kecuali Distributor

20. Lima Aspek penting yang memunculkan nilai etika dan moral dalam kegiatan olahraga adalah
1. Respect for others (penghormatan pada orang lain)
2. Respect for rulesand authorty (penghormatan pada peraturan dan atasan) dan a sense of persepective or relative values (kesadaran akan sudut pandang nilai atau nilai terkait)
3. Self respect (penghormatan pada diri sendiri)
4. Justice and quality (keadilan dan persamaan)
21. Masyarakat Yunani 1000 tahun sebelum masehi menganut budaya yang mendambakan kehormatan untuk meyakinkan dirinya akan Keberhargaan dan kualitas diri

22. Menurut pendapat Cox ( 2012 ) ada 2 jenis kecemasan, yaitu Kecemasan bawaan dan kecemasan sesaat

23. Menyerobot jalan kendaraan lain ditengah keramaian lalu lintas merupakan contoh buruknya...
Etika dan konsep diri

24. Olahraga pada golongan masyarakat yang lebih tua orientasi berbeda pula dengan kalangan remaja. Orientasi olahraga yang berkembang untuk kalangan ini intinya lebih kepada tujuan pencapaian kesehatan dan pembinaan kesempurnaan diri

25. 
Olahraga sebagai cara menghasilkan ketangguhan mental tidak dapat dibuktikan secara pro dan kontra. Berolahraga memang harus memerlukan Fisik dan mental

26. Olahraga sebagai cara peningkat kemajuan akademik, yaitu Siswa yang memanfaatkan kemampuan berolahraga untuk dapat terus meningkatkan pendidikan

27. Olahraga sebagai wahana ritual kepercayaan menjadi tradisi kehidupan orang Indian Amerika yang bermukim di daerah sekitar sungai Saint Lawrence sampai Louisiana. Pemujaan dilakukan melalui kontes. Kontes-kontes yang dimaksud adalah, kecuali Lempar lembing

28. Olahraga selalu memainkan peran dan fungsi dalam budaya pranata sosial masyarakat, mulai dari peran yang sederhana sampai kepada yang Tinggi. Peran-peran tersebut meliputi, kecuali  Sebagai pengalaman asketik

29. Olahraga yang disesuaikan dengan unsur-unsur naluri adalah sebagai berikut, kecuali Lingkungan yang sehat dan menyenangkan

30. Olimpiade kuno membuktikan bahwa olahraga mempunyai peran dan fungsi sebagai ritual kepercayaan atau keagamaan. Olimpiade pada mas itu tujuan vertikalnya adalah menunjukkan penghormatan kepada dewa Zeus. Nuansa olimpiade kuno yang masih kental terasa penyelenggaraannya pada olimpiade modern saat ini adalah Pemasangan obor olimpiade yang menyala sampai upacara penutupan

31. Pendidikan Jasmani mempunyai makna penting pada aspek sosial-budaya, psikologis dan politik. Pendidikan Jasmani menurut Stevenson dalam Song (1996) dapat memberi kontribusi bagi pembangunan suatu bangsa dalam corak, yaitu Mengatasi kecemasan dan ketegangan mental, penyadaran individu tentang pentingnya moral dan nilai, mempersatukan masyarakat yang berkelompok-kelompok.

32. Pendidkan jasmani mempunyai fungsi sosialisasi terhadap penyadaran individu tentang moral dan nilai. Pendidikan jasmani yang dikelola dengan tepat akan membina kepribadian seseorang. Sikap dan kepribadian yang dimaksud adalah, kecuali Kritis terhadap perubahan yang ada

33. Penelitian (Grenndorfer, 1979; Loy, 1978; Synder & Spreitzer, 1976) Perkiraan terbaik untuk melibatkan diri dalam aktivitas olahraga adalah pada masa kanak-kanak dan remaja

34. Penelitian Greendofer dan Lewko (1978) menyatakan yaitu bahwa, saudara sekandung bukan merupakan agen yang berpengaruh dalam proses Sosialisasi olahraga

35. Perbedaan motivasi antara individu-individu disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi setiap individu. David Krech dan E.L. Ballachey (dalam Harsono, 1996) menyatakan bahwa motivasi dipengaruhi oleh Pengalaman akan pemenuhan kebutuhan, perasaan dan pikiran dalam diri individu, dan lingkungannya.

36. Sistem kepercayaan (creed) menurut Edward (1981), bahwa olahraga mengandung unsur, kecuali .. Pengembang nilai percaya diri

37. Survei Koni Jabar yang dilakukan Rusli Lutan dkk tahun 1992, ketika itu masa persiapan untuk menghadapi kualifikasi PON XIII terhadap 309 atlet dari 21 cabang olahraga menyatakan bahwa, 40,76% pernyataan mereka ingin pindah kedaerah lain. Apakah yang mendorong para atlet untuk pindah ke daerah lain? Jaminan sosial yang lebih baik

38. Teknik dengan pemberian hadiah berupa materi atau lainnya yang bertujuan untuk menambah semangat bertanding, meningkatkan gairah untuk berprestasi, meningkatkan konsentrasi dan memenangkan pertandingan adalah teknik meningkatkan motivasi secara Insentif

39. Teknik untuk meningkatkan motivasi dengan cara pembicaraan pembangkit semangat, pendekatan individu, dan diskusi adalah teknik meningkatkan motivasi secara Teknik Verbal

40. Tinjauan olahraga pada aspek etika dan isu diskriminasi gender, merupakan paparan kegiatan belajar ketiga. Sajian paparan ini berisikan tentang nilai etika dan moral dalam kegiatan olahraga yang meliputi, kecuali Kesadaran akan sudut pandang norma

Posting Komentar untuk "Tes Sumatif M4 PJOK Tinjauan Olahraga Pada Aspek Sosiologi Dan Psikologi"