TES SUMATIF MODUL 1 PPGDALJAB Pedagogik
1.
Terdapat ungkapan bahwa, buku bisa
digantikan dengan teknologi, tetapi peran guru tidak bisa digantikan, bahkan
harus diperkuat. Pada era sekarang, abad 21, guru harus mampu memanfaatkan ....
A.
Media inovatif
B.
Teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang
kreatif
C.
Teknologi inovatif
D.
Media online
E.
telekomunikasi
2.
ketika transformasi digunakan
untuk menjelaskan konsep transformasi budaya, maka mengandaikan terjadinya
proses alih ubah nilai, sikap, dan praksis dalam aktivitas kebudayaan. Tindakan
seorang guru berikut yang mencerminkan adanya transformasi budaya adalah ....
A.
menceritakan kecanggihan teknologi
B.
menganjurkan peserta didik untuk
selalu menggunakan TIK
C.
memberikan kebebasan kepada
peserta didik untuk menggunakan TIK
D.
mengembangkan sikap kritis terhadap dampak positif dan
negatif penggunaan TIK
E.
melarang peserta didik dalam
menggunakan TIK sejak dini
3.
kemunculan masyarakat
informasional itu ditandai dengan lima karakteristik dasar, antara lain ada
teknologi yang bertindak berdasarkan informasi. Pernyataan berikut yang sesuai
dengan karakteristik tersebut.
A.
Informasi hanya efektif
disampaikan melalui teknologi canggih
B.
Teknologi dapat berdiri sendiri
tanpa informasi
C.
Teknologi adalah kemungkinan
satu-satunya pemecahan masalah
D.
Perkembangan teknologi mengikuti perkembangan informasi
E.
Hardware factor terpenting dari
perangkat teknologi
4.
Di abad ke 21 guru dapat mengarahkan
pembelajaran lebih banyak pada diskusi, memecahkan masalah, hingga melakukan
proyek yang merangsang siswa untuk ....
A.
Berpikir logik
B.
Bertindak manual
C.
Mengupdate
D.
Berpikir kritis
E.
Menyimak
5.
Karakteristik guru abad 21 di
tengah pesatnya perkembangan era teknologi digital bagaimanapun harus mampu
melakukan transformasi kultural. Karena itu transformasi mengandaikan terjadi
proses pergantian dan perubahan dari sesuai yang dianggap ama menjadi sesuatu
yang dianggap ....
A.
Baru
B.
Canggih
C.
Penting
D.
Baik
E.
Hebat
6.
Masyarakat di Indonesia di era
digital abad ke-21 ini ditandai dengan ....
A.
Sebagian kecil melek internet
B.
Semua telah terjangkau internet
C.
Semua telah melek internet
D.
Semua belum terjangkau internet
E.
Sebagian besar telah terjangkau internet
7.
Berikut pandangan yang penting
dimiliki seorang guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
yaitu ....
A.
Pemanfaatan TIK harus menjadi bagian terintegrasi dalam
pembeajaran
B.
Pemilihan metode pembelajaran tidak
peru dikaitkan dengan jenis teknologi yang digunakan
C.
Teknologi yang lebih canggih
selalu lebih baik dalam pembelajaran
D.
Kehadiran teknologi dapat
menggantikan peran guru secara menyeluruh
E.
Komponen pemanfaatan TIK yang
paling penting adalah hardware dan software
8.
Pendidikan memegang peranan sangat
penting dan startegis dalam mambangun masyarakat berpengetahuan yang memiliki
keterampilan : (1) melek teknologi dan media, (2) melakukan komunikasi efektif,
(3) berpikir kritis, (4) memecahkan masalah, dan ....
A.
Obyektif
B.
Berkolaborasi
C.
Individual
D.
Kooperatif
E.
Subyektif
9.
Penerapan model ... seperti
pembelajaran kooperatif, metode diskusi curah pendapat dan debat perlu
diintensifkan sehingga melatih siswa memiliki kemampuan bertanya dan tidak
takut bertanya dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan
pemecahan masalah.
A.
Pembelajaran modern
B.
Pembelajaran kooperatif
C.
Pembelajaran kolaboratif
D.
Pembelajaran konvensional
E.
Pembelajaran konstruktivistik
10.
Informasi tidaklah secara
eksklusif tetapi sebagian besar dalam kaitan ini bahwa kita hidup dalam era
informasi. Pernyataan tersebut dikatakan oleh ....
A.
Manuel Khan
B.
Manuel Gall
C.
Robert Hall
D.
Rogert Owen
E.
Scott Lash
11.
Menurut Lash generasi pertama
perkembangan ICT secara fundamental adalah informasional, dengan sektor kuncinya
adalah semikonduktor, software (sistem operasi dan aplikasi), dan ....
A.
Laptop
B.
Wifi
C.
Notebook
D.
Computer
E.
Flashdisk
12.
Pada abad ke-21 guru juga dituntut
untuk bisa menuangkan gagasan-gagasan inovatifnya dalam bentuk ....
A.
Karya tulis
B.
Karya ilmiah
C.
Digital
D.
Media
E.
Tulisan
13.
Guru abad 21 harus kreatif dan
inovatif dalam mengembangkan metode belajar atau mencari pemecahan
masalah-masalah belajar sehingga meningkatkan ... pembelaran berbasis TIK.
A.
Subyektivitas
B.
Kuantitas
C.
Otentitas
D.
Obyektivitas
E.
Kualitas
14.
Sekarang ini banyak yang sepakat bahwa
masyarakat Indonesia mengalami transisi dari masyarakat offline menuju
masyarakat ....
A.
Laptop
B.
Digital
C.
Computer
D.
Online
E.
Internet
15.
Guru harus mulai membiasakan untuk
merasakan pembelajaran digital yang terus berkembang melalui cara ....
A.
Memiliki perangkat TIK canggih
B.
Mengikuti pelatihan dengan program
yang paling canggih saat ini
C.
Guru diwajibkan menggunakan
perangkat dalam setiap pembelajaran
D.
Pengadaan perangkat TIK di sekolah
E.
Menggunakan TIK pada hal yang sederhana dan praktis
16.
Pada awal dekade sembilan puluhan telah ada
buku The Second Media Age yang mengakabarkan datangnya periode baru yaitu
hadirnya teknologi interaktif dan komunikasi jaringan terutama sejak hadirnya
internet yang akan mengubah masyarakat. Buku tersebut disusun oleh ....
A.
John Lock
B.
John Lewis
C.
Karl Mark
D.
Mark Poster
E.
Mark Howard
17.
Pembelajaran berbasis media baru
(new media) maka mengedepankan egalitarianism kesetaraan, emansipatif dan
partisipatif dalam proses komunikasinya, maka student-center lrbih sesuai
dengan prinsip pembelajaran ....
A.
Liberal
B.
Konvensional
C.
Online
D.
Rasional
E.
Modern
18.
Pada abad 21 guru harus
meningkatkan profesionalnya dengan meningkatkan ....
A.
Minat konsumtif
B.
Minat berinovasi
C.
Minat produktif
D.
Minat diskusi
E.
Minat baca
19.
Transformasi kultural, bila diterapkan
dalam kaitannya dengan perkembangan model pembelajaran hibrid, maka konsep
transformasi kultural tentu mengandalkan proses alih ubah dari nilai
tradisional ke nilai pembelajaran ....
A.
Redaksional
B.
Modern
C.
Rasional
D.
Konvensional
E.
Liberal
20.
Guru harus mampu memanfaatkan teknologi
digital yang ada untuk mendesain pembelajaran kreatif yang memampukan siswa
aktif dan berpikir kritis. Dari pernyataan tersebut maka guru harus berperan
sebagai ....
A.
Dinamisator
B.
Kolaborator
C.
Evaluator
D.
Fasilitator
E.
Motivator
21.
Kehadiran e-learning guru abad 21
juga dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan media baru (new
model) untuk pembelajaran berbasis web. Oleh karena itu guru peru mempunyai
kompetensi untuk menerapkan ....
A.
Multiinterdisipliner
B.
Multilearner
C.
Multitasking
D.
Multimedia
E.
Multidipliner
22.
Menurut Lash generasi kedua,
ekonomi baru adalah komunikasional, karena itu sentralitasnya adalah ....
A.
Internet
B.
Sumber data
C.
Internet dan sektor jaringan
D.
Kabel data
E.
Jaringan
23.
Kemampuan guru dalam posisi
sebagai fasilitator ini berarti harus mengubah cara berpikir bahwa guru adlah
pusat (teacher center) menjadi siswa adalah pusat (student center) sebagaimana
dituntut dalam ....
A.
Kurikulum 1974
B.
Kurikulum 1986
C.
Kurikulum 2013
D.
Kurikulum 2004
E.
Kurikulum 2006
24.
Ciri utama masyarakat informasi adalah bahwa
semua aktivitas masyarakatnya berbasis pada ....
A.
Penalaran
B.
Pengalaman
C.
Pencitraan
D.
Penerapan
E.
Pengetahuan
25.
Fenomena generasi abad 21 memiliki
nilai dan perilaku seperti rasa keingintahuan tinggi, keperccayaan diri dan
keberanian. Tindakan yang tepat oleh seorang guru menyikapi hal tersebut yaitu
...
A.
Guru memerankan sebagai
administrator dan motivator di sekolah
B.
Guru membatasi penggunaan
perangkat teknologi di sekolah
C.
Guru memerankan sebagai fasilitator dan kolaborator dalam
pembelajaran
D.
Guru membuat aturan ketat
penggunaan perangkat teknologi di sekolah
E.
Guru memperbaharui kemampuan
teknologi setiap kali ada software baru
26.
Diperlukan adanya transformasi kultural dari
model pembelajaran yang berprinsip sejarah top down dan memposisikan peserta
didik sebagai pihak pasif ke arah model pembelajaran konstruktivistik yang
berorientasi pada ....
A.
Sumber belajar
B.
Media
C.
Peserta didik
D.
Evaluasi
E.
Guru
27.
Melalui pada pembelajaran hibrida yang
memanfaatkan perangkat komputer atau pun smartphone yang terkoneksi pada
jaringan internet memberikan peluang seluas-luasnya bagi guru dan siswa untuk
melakukan aktivitas belajar sambil melakukan aktivitas lain, termasuk rekreatif
secara bersama-sama. Inilah yang disebut pembelajaran ....
A.
Multidimensi
B.
Multidisipliner
C.
Multitasking
D.
Multiinterdisipiner
E.
Multilearner
28.
Gelombang keempat atau biasa disebut gelombang
4.0 dicirikan sebagai berikut ....
A.
Pola-pola komunikasi dua arah
B.
Guru menjadi pusat informasi
C.
Mengandalkan sumber daya alam
D.
Bertumpu pada media generasi sebelumnya
E.
Bertumpu pada kreativitas sumber
daya manusia
29.
Jika hubungan sosial lama
menempatkan tempat dengan prinsip kedekatan, ikatan komunikasional adalah
meletakan tempat pada ....
A.
Letak
B.
Jarak
C.
Jarak jauh
D.
Kejauhan
E.
posisi
30.
abad ke 21 salah satunya ditandai dengan
munculnya fenomena masyarakat digital. Hal ini sering diidentikkan dengan ....
A.
masyarakat primitive
B.
masyarakat industry
C.
masyarakat informasi
D.
masyarakat modern
E.
masyarakat agraris
Posting Komentar untuk "TES SUMATIF MODUL 1 PPGDALJAB Pedagogik"