Tes Sumatif Modul 3 M3 Pedagogik PPGDALJAB
TES SUMATIF MODUL 3
Guru memberikan umpan balik untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa dapat dilakukan dengan cara BERSIFAT INFORMASI YANG MEMBANGUN
Apabila individu menerima informasi atau pengalaman baru maka informasi tersebut akan dimodifikasi sehingga cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyainya, merupakan pengertian dari ASIMILASI
Teori stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik KONEKSIONISME
Hubungan antara stimulus dan respon menurut Skinner adalah INTERAKSI ANTARA STIMULUS DAN RESPON MEMILIKI KONSEKUENSI YANG MENJADI AKIBAT MUNCULNYA PERILAKU
Teori free discovery learning merupakan teori yang diperkenalkan oleh BRUNER
Pak Sigit memberikan tgas kepada siswanya untuk mengamati proses pertumbuhan kecambah dan meminta para siswa mendeskripsikan hasilnya sesuai dengan apa yang mereka amati. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa pak Sigit telah menerapkan teori KONTRUKTIVISME
Agar pembelajaran bermakna perbedaan pendapat perlu dihargai dan belajar eksperensial perlu dilakukan. Hal ini merupakan dari belajarn berdasarkan teori HUMANISTIK
Setiap siswa melakukan kegiatan baru akan membentuk jalu-jalur/sel otak baru, jika mengulangi pengalaman/aktivitasnya akan mengembangkan jalur-jalur yang telah ada. Artinya KEGIATAN BEREKSPERIMEN DAN MENCIPTA SANGAT PENTING
Bu Rani sering memberikan stimulus kepada siswanya dengan keyakinan bahwa banyaknya stimulus yang diberikan akan membantu siswa memiliki respon yang sama. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Bu Rani menerapkan teori BEHAVIORISTIK
Apa yang dimaksud dengan akomodasi? PROSES PENYESUAIAN STRUKTUR KOGNITIF KE DALAM SITUASI YANG BARU
Salah satu fungsi Advance organizers yang dikembangkan oleh Ausubel adalah SEBAGAI KERANGKA ISI AKAN DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMPELAJARI INFORMASI BARU
Bu Dini membagi siswa dalam kelompok dengan tingkat kemampuan yang berbeda agar siswa yang satu dapat saling belajar dengan siswa yang lain. Apa yang dilakukan bu Dini sesuai dengan teori KOGNITIF
Apakah yang dimaksud dengan Subsumptive sequence? UMUM KE RINCI
Salah satu ciri dari pembelajaran tradisional adalah KURIKULUM DISAJIKAN BAGIAN-BAGIAN MENUJU KESELURUHAN DENGAN MENEKANKAN PADA KETERAMPILAN-KETERAMPILAN DASAR
Ketika siswa diberi tugas oleh guru ketika tugasnya ditambahkan maka ia akan semakin giat belajarnya. Merupakan contoh dari pelaksanaan TEORI BEHAVIORISTIK
Bu Ani mengajar di siang hari untuk mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi belajar tinggi. Bagaimana seharusnya Bu Ani melaksanakan pembelajaran pada siang hari ketika siswa mulai lelah dan mengantuk. Sebaiknya Bu Ani menerapkan strategi pembelajaran yang PEMBELAJARAN ATRAKTIF DAN MENYENANGKAN SISWA
Hirarkhi belajar dan analisis tugas merupakan bentuk pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan teori KOGNITIF
Perkembangan intelektual ditandai dengan adanya kemajuan dalam menanggapi suatu rangsangan. Pendapat tersebut merupakan pendapat yang disampaikan oleh BRUNNER
Anak sudah mulai menggunakan aturan-aturan yang jelas dan logis menunjukkan bahwa anak telah berada pada TAHAP OPERAASI KONKRIT
Ciri utama evaluasi dalam teori behavioristic adalah EVALUASI BELAJAR DIPANDANG SEBAGAI BAGIAN YANG TERPISAH DARI KEGIATAN PEMBELAJARAN
Stimulus dalam belajar hampir selalu dikaitkan dengan kebutuhan biologis, walaupun bentuk respon yang muncul dapat bermacam-macam. Pernyataan ini merupakan pemikiran yang disampaikan oleh Clark Hull
Ciri utama dari teori belajar kognitif adalah MEMENTINGKAN PROSES BELAJAR DARIPADA HASIL BELAJARNYA
Tujuan akhir pendidikan adalah menciptakan manusia yang mampu membuat sesuatu yang baru. Pernyataan ini merupakan pemikiran dari PIAGET
Apakah yang dimaksud dengan respon dalam teori behavioristik? REAKSI ATAU TANGGAPAN
Apakah yang dimaksud dengan equilibrasi? PENYESUAIAN YANG BERKESINAMBUNGAN
Domain tertinggi dalam domain afektif adalah PENGALAMAN
Perubahan mental anak tergantung pada proses sosialnya yaitu bagaimana anak berinteraksi dengan lingkungan sosialnya merupakan kunci utama dari teori BEHAVIORISTIK
Siapapun terlepas dari sifatnya dapat dilatih apapun merupakan bagian penting ide pemikiran tentang belajar yang disampaikan oleh WATSON
Anak mampu menggunakan simbol atau bahasa tanda, dan mulai berkembangnya konsep-konsep intuitif menunjukkan bahwa anak telah berada pada TAHAP PRAOPERASIONAL
Domain tertinggi dalam domain psikomotorik adalah NATURALISASI
Guru memberikan umpan balik untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa dapat dilakukan dengan cara BERSIFAT INFORMASI YANG MEMBANGUN
Apabila individu menerima informasi atau pengalaman baru maka informasi tersebut akan dimodifikasi sehingga cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyainya, merupakan pengertian dari ASIMILASI
Teori stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik KONEKSIONISME
Hubungan antara stimulus dan respon menurut Skinner adalah INTERAKSI ANTARA STIMULUS DAN RESPON MEMILIKI KONSEKUENSI YANG MENJADI AKIBAT MUNCULNYA PERILAKU
Teori free discovery learning merupakan teori yang diperkenalkan oleh BRUNER
Pak Sigit memberikan tgas kepada siswanya untuk mengamati proses pertumbuhan kecambah dan meminta para siswa mendeskripsikan hasilnya sesuai dengan apa yang mereka amati. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa pak Sigit telah menerapkan teori KONTRUKTIVISME
Agar pembelajaran bermakna perbedaan pendapat perlu dihargai dan belajar eksperensial perlu dilakukan. Hal ini merupakan dari belajarn berdasarkan teori HUMANISTIK
Setiap siswa melakukan kegiatan baru akan membentuk jalu-jalur/sel otak baru, jika mengulangi pengalaman/aktivitasnya akan mengembangkan jalur-jalur yang telah ada. Artinya KEGIATAN BEREKSPERIMEN DAN MENCIPTA SANGAT PENTING
Bu Rani sering memberikan stimulus kepada siswanya dengan keyakinan bahwa banyaknya stimulus yang diberikan akan membantu siswa memiliki respon yang sama. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Bu Rani menerapkan teori BEHAVIORISTIK
Apa yang dimaksud dengan akomodasi? PROSES PENYESUAIAN STRUKTUR KOGNITIF KE DALAM SITUASI YANG BARU
Salah satu fungsi Advance organizers yang dikembangkan oleh Ausubel adalah SEBAGAI KERANGKA ISI AKAN DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMPELAJARI INFORMASI BARU
Bu Dini membagi siswa dalam kelompok dengan tingkat kemampuan yang berbeda agar siswa yang satu dapat saling belajar dengan siswa yang lain. Apa yang dilakukan bu Dini sesuai dengan teori KOGNITIF
Apakah yang dimaksud dengan Subsumptive sequence? UMUM KE RINCI
Salah satu ciri dari pembelajaran tradisional adalah KURIKULUM DISAJIKAN BAGIAN-BAGIAN MENUJU KESELURUHAN DENGAN MENEKANKAN PADA KETERAMPILAN-KETERAMPILAN DASAR
Ketika siswa diberi tugas oleh guru ketika tugasnya ditambahkan maka ia akan semakin giat belajarnya. Merupakan contoh dari pelaksanaan TEORI BEHAVIORISTIK
Bu Ani mengajar di siang hari untuk mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi belajar tinggi. Bagaimana seharusnya Bu Ani melaksanakan pembelajaran pada siang hari ketika siswa mulai lelah dan mengantuk. Sebaiknya Bu Ani menerapkan strategi pembelajaran yang PEMBELAJARAN ATRAKTIF DAN MENYENANGKAN SISWA
Hirarkhi belajar dan analisis tugas merupakan bentuk pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan teori KOGNITIF
Perkembangan intelektual ditandai dengan adanya kemajuan dalam menanggapi suatu rangsangan. Pendapat tersebut merupakan pendapat yang disampaikan oleh BRUNNER
Anak sudah mulai menggunakan aturan-aturan yang jelas dan logis menunjukkan bahwa anak telah berada pada TAHAP OPERAASI KONKRIT
Ciri utama evaluasi dalam teori behavioristic adalah EVALUASI BELAJAR DIPANDANG SEBAGAI BAGIAN YANG TERPISAH DARI KEGIATAN PEMBELAJARAN
Stimulus dalam belajar hampir selalu dikaitkan dengan kebutuhan biologis, walaupun bentuk respon yang muncul dapat bermacam-macam. Pernyataan ini merupakan pemikiran yang disampaikan oleh Clark Hull
Ciri utama dari teori belajar kognitif adalah MEMENTINGKAN PROSES BELAJAR DARIPADA HASIL BELAJARNYA
Tujuan akhir pendidikan adalah menciptakan manusia yang mampu membuat sesuatu yang baru. Pernyataan ini merupakan pemikiran dari PIAGET
Apakah yang dimaksud dengan respon dalam teori behavioristik? REAKSI ATAU TANGGAPAN
Apakah yang dimaksud dengan equilibrasi? PENYESUAIAN YANG BERKESINAMBUNGAN
Domain tertinggi dalam domain afektif adalah PENGALAMAN
Perubahan mental anak tergantung pada proses sosialnya yaitu bagaimana anak berinteraksi dengan lingkungan sosialnya merupakan kunci utama dari teori BEHAVIORISTIK
Siapapun terlepas dari sifatnya dapat dilatih apapun merupakan bagian penting ide pemikiran tentang belajar yang disampaikan oleh WATSON
Anak mampu menggunakan simbol atau bahasa tanda, dan mulai berkembangnya konsep-konsep intuitif menunjukkan bahwa anak telah berada pada TAHAP PRAOPERASIONAL
Domain tertinggi dalam domain psikomotorik adalah NATURALISASI
Posting Komentar untuk "Tes Sumatif Modul 3 M3 Pedagogik PPGDALJAB"