Tes Sumatif Modul 5 PPGDALJAB Pedagogik
Quiz Modul 5 (B=27 / 90%)
1. Brown dkk. menyatakan bahwa dalam memilih media perlu
mempertimbangkan kriteria sebagai berikut ... Tujuan Pembelajaran
2. Merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016, karakteristik pembelajaran
di pendidikan dasar dan menengah adalah ... Pengembangan ketiga ranah secara utuh, dan pendekatan student centred
learning
3. Pernyataan berikut yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran
(Permendikbud RI No 22 tahun 2016) adalah ... Partisipasi aktif peserta didik dan berpusat pada peserta didik
4. Dalam kurikulum 2013, model pembelajaran yang layak dikembangkan
dalam RPP mengimplementasikan ... Problem
Based Learning Model
5. Dengan rumus pythagoras, siswa mampu menghitung sisi miring bangun
siku-siku, merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan ... Menerapkan
6. Dengan disediakan dua magnet dan paku, siswa klas V SD melakukan
percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Rumusan tujuan pembelajaran
tersebut, kurang komponen ... Degree
7. Seorang Guru mata pelajaran kimia hendak memeragakan proses kimia
Sel Volta. Metode yang relevan untuk dipilih adalah ... Metode demonstrasi
8. Pendekatan saintifik merupakan bagian dari pendekatan pedagogis
dalam kegiatan pembelajaran yang melandasi penerapan metode ilmiah.
Pembelajaran secara umum dilaksanakan melalui kegiatan pendahuluan, inti, dan
penutup. Pada pendekatan saintifik, kegiatan pendahuluan diarahkan untuk ... memantapkan
pemahaman peserta didik tentang tujuan dan pentingnya materi yang akan
disampaikan
9. Tahapan dari pengembangan saintifik meliputi ... mengamati, menanya, mencoba, menalar,
melakukan komunikasi
10. Salah satu dampak instruksional pada model pembelajaran simulasi,
yaitu ... kepercayaan diri sebagai siswa
meningkat
11. Dalam sintak model simulasi Joyce Weil dan Calhoun (2009), manakah
yang termasuk dalam tahap latihan partisipasi? Membuat skenario dan tujuan
12. Kemp dan Dayton (1985) menjelaskan tiga fungsi utama media
pembelajaran, yaitu ... Menyajikan
materi ajar, alat bantu pembelajaran, dan sumber belajar
13. Pada sintak model Problem Based Learning (PBL) langkah mengembangkan
dan menyajikan hasil karya merupakan tahap ke berapa? Tahap 4
14. Model pembelajaran kooperatif terdapat banyak 50 tipe. Namun hanya
beberapa yang biasa digunakan diunit satuan pendidikan formal. Berikut manakah
yang bukan tipe pembelajaran kooperatif? Inkuiri
15. Abad-21, yang merupakan abad pengetahuan dan teknologi, khususnya
teknologi komunikasi dan informasi, sangat memungkinkan bagi para siswa,
sebagai subjek belajar, dapat belajar apa saja, kapan saja, dan di mana saja,
baik yang sengaja dirancang maupun yang tinggal diambil manfaatnya. Bahan-bahan
atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan
siswa dalam proses pembelajaran disebut ...
Bahan ajar
16. Bahan ajar yang baik harus sesuai dengan tujuan pembelajaran,
akurat, mutakhir, dengan komponen yang komprehensif, artinya bahan ajar telah
memenuhi kriteria ... Konten
17. Modul merupakan bahan ajar yang khas, memiliki struktur ... Sistematis
dan utuh
18. Berikut syarat agar produk yang digunakan dalam pembelajaran
dikatakan sebagai bahan ajar, kecuali ... Inkonsisten
19. Prinsip pengembangan RPP sesuai permendikbud diantaranya adalah,
kecuali ... Penerapan teknologi informasi dan komunikasi unintegrated
20. Langkah: (1) Menyiapkan bahan yakni silabus,(2) Mengidentifikasi
materi dan tujuan pembelajaran, (3) Menyusun langkah-langkah pembelajaran
sesuai model pembelajaran yang dipilih, dan (4) Mengorganisasikan KD, merupakan
langkah-langkah ... Langkah menyusun RPP
21. Tujuan pembelajaran digunakan untuk mengukur ... Indikator
tercapainya tujuan proses belajar mengajar
22. Dengan diperlihatkan bangun segitiga siku-siku, siswa klas IV SD
dapat menghitung sisi miring. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut, kurang
komponen ... ... Degree / Kondisi
(condition)
23. Media pembelajaran berikut yang memiliki relevan tinggi untuk
mengajarkan keterampilan prosedur adalah ... Program video instruksional
24. Di antara lima pernyataan dibawah ini manakah ranah kognitif yang
benar meliputi ... Memahami, menerapkan, menganalisis,
mengevaluasi, mencipta
25. Definisi media berikut yang relevan untuk mengimplementasikan
pendekatan student center learning adalah ... Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga
mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi
proses belajar
26. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kumunikasi pembelajaran
adalah ... Komunikator, komunikan,
materi ajar, strategi penyampaian, dan tujuan pembelajaran
27. Dalam pembelajaran, berikut ini yang termasuk empat ragam sumber belajar
adalah ... Guru, media pembelajaran,
buku, lingkungan belajar
28. Peserta didik dapat belajar lebih baik pada saat: kata-kata, gambar,
dan video yang relevan disajikan secara simultan (bebarengan). Desian tampilan
multimedia tersebut merupakan penerapan prinsip ... Prinsip kesinambungan waktu
29. Pengertian multimedia pembelajaran menurut Gayestik (1996) adalah
... Karakterisasi tampilan unsur
teks, gambar, suara, animasi dan video yang diorganisasi dalam suatu program
yang terintegrasi / Sistem komunikasi interaktif berbasis komputer yang
mampu menciptakan, menyimpan, menyajikan dan mengakses kembali informasi berupa
teks, grafik, suara, video atau animasi
30. Jenis multimedia pembelajaran yang dapat menggantikan peran guru
dalam menyampaikan materia ajar adalah ... Multimedia Tutorial
Posting Komentar untuk "Tes Sumatif Modul 5 PPGDALJAB Pedagogik"