Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tes Sumatif Modul 6 Pedagogik PPG


1. Alternatif pilihan jawaban salah atau pengecoh (distractor) dalam suatu butir soal pilihan ganda dikatakan tidak baik jika Jawaban pengecoh mengarahkan peserta tes untuk memilih jawaban yg benar.


2. Proporsi peserta tes yang tidak menjawab pada semua alternatif jawaban adalah Omit

3. Hasil belajar peserta didik juga dapat dikomunikasikan dalam bentuk kualitatif. Proses memberi makna kualitatif pada hasil belajar tersebut dinamakan…. Penilaian 

4. Jika butir soal memiliki tingkat kesukaran 001 berarti .......

5. Parameter kualitatif berkaitan dengan analisis butir soal berdasarkan atas Pertimbangan ahli/expert

6. Bentuk soal yang terdiri atas dua kelompok. Kelompok pertama umumnya ditulis sebelah kiri, merupakan pernyataan stimulus. Kelompok ke dua umumnya ditulis di sebelah kanan, merupakan pernyataan respon. Bentuk soal tes tersebut adalah Menjodohkan 

7. Evaluasi program pendidikan dimaksudkan untuk mengetahui tingat efektifitas dan efisiensi pelaksanaan program pendidikan. Evaluasi program pendidikan dapat dilakukan secara mikro yaitu adalah evaluasi yang difokuskan pada Kegiatan pembelajaran di kelas

8. Penilaian otentik dapat digunakan untuk mengukur aspek sikap peserta didik. Penilaian kemampuan peserta didik untuk memiliki sistem nilai yang telah mengontrol tingkah lakunya dalam waktu yang cukup lama dan menjadi suatu pilosofi hidup yang mapan adalah penilaian pada aspek Menghayati 

9. Penilaian otentik dapat juga digunakan untuk menguikur aspek keterampilan peserta didik. Penilaian kemampuan peserta didik untuk melihat kemampuan melaksanakan keterampilan yang meliputi beberapa komponen dengan lancar, tepat, urut dan efisien adalah penilaian pada aspek Gerakan kompkeks

10. Salah satu bentuk penilaian otentik adalah portofolio. Untuk melakukan penilaian portofolio secara tepat perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya adalah kerahasian bersama antara pendidik dan peserta didik

11. Soal tes yang mampu memberikan konsistensi hasil pengukurannya adalah soal tes yang memenuhi aspek Reliabilitas 

12. Contoh bentuk penilaian yang terkait dengan assessment as learning dalam pembelajaran adalah Pengamatan terhadap siswa saat berdiskusi 

13. Salah satu model evaluasi yang juga banyak digunakan dalam pelaksanaan program pendidikan adalah model evaluasi Countenance dikembangkan oleh Stake yaitu model yang difokuskan pada evaluasi bagian awal (antecedent) tahap transaksi (transaction) dan pada hasil (outcomes). Untuk mengevaluasi tahap transaksi (transaction) pada pelaksanaan program PPG dalam jabatan salah satu aspek yang perlu dievaluasi adalah Kinerja dosen /instruktur 

14. Kualitas soal tes pilihan ganda secara teoritis pada aspek konstruksi antara lain pokok soal harus dirumuskan secara jelas.

15. Hasil belajar peserta didik selalu dapat dinyatakan dalam bentuk angka. Proses pengkuantifikasian. Hasil belajar tersebut dinamakan Pengukuran 
16. Tes uraian memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan tes bentuk obyektip. Berikut ini salah satu kelebihan tes uraian dibanding tes obyektip yakni Dapat mengukur kemampuan penalaran peserta didik

17. Sesuai dengan kaidah yang benar dalam penulisan soal tes, penulisan butir soal dilakukan setelah langkah Penyusunan kisi-kisi tes

18. Penilaian otentik memberikan keuntungan pada proses penilaian hasil belajar. Oleh karena itu penilaian otentik penting dilakukan dalam pembelajaran karena penilaian otentik merupakan penilaian secara langsung terhadap kemampyan peserta didik

19. Penilaian otentik memiliki beberpa tujuan. Salah satu tujuan dilakukannya penilaian otentik adalah Menciptakan situasi belajar yg kondusif 

20. Berikut yang merupakan contoh pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru adalah Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yg hasilnya rendah 

21. Penilaian hasil belajar dapat dilakukan berdasarkan acuan norma dan acuan patokan. Penilaian acuan norma memiliki asumsi bahwa Kemampuan peserta didik beda untuk periode waktu yg sama

22. Penggunaan tes bentuk obyektip untuk mengukur hasil belajar juga lebih menguntungkan dari pada tes bentuk uraian. Namun demikian tes obyektip juga memiliki beberapa kelemahan salah satunya adalah kurang dpt mengukur kemampuan penalaran

23. Analisis kualitas soal tes pilihan ganda pada aspek materi antara lain Soal hrs sesuai dgn indikator 

24. Salah satu model evaluasi yang banyak digunakan dalam pelaksanaan program Pendidikan adalah model Context Input Process Product (CIPP). Untuk mengevaluasi aspek Input pada pelaksanaan program PPG dalam jabatan salah satu aspek yang perlu dievaluasi adalah Kualitas fasilitas pembelajaran

25. Kemantapan, ketepatan dan homogenitas merupakan tiga aspek yang terkait dengan alat ukur. Hal tersebut merupakan makna dari Reliabilitas

26. Contoh bentuk penilaian yang terkait dengan assessment of learning adalah Pertanyaan/Quiz selama pembelajaran

27. Dalam penulisan soal tes, perumusan tujuan tes harus memperhatikan Kompetensi dasar sesuai kurikukum yg berlaku

28. Dalam lingkup pengujian hasil belajar yang luas penggunaan tes obyektip lebih menguntungkan dari pada tes bentuk uraian.. Salah satu keuntungan atau kelebihan tersebut adalah Tingkat validitas soal yg tinggi.

29. Telaah soal yang difokuskan pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa adalah analisis kualitas perangkat soal tes hasil belajar secara Teoritis 

30. Penilaian hasil belajar juga dapat dilakukan berdasarkan atas acuan patokan. Analisis penilaian pada acuan patokan bertujuan Menentukan sejauh mana peserta didik telah menguasai kompetensi hasil belajar 

3 komentar untuk "Tes Sumatif Modul 6 Pedagogik PPG"