TUGAS AKHIR M1 TERSTRUKTUR MATEMATIKA PPGDALJAB
TUGAS AKHIR
M1 TERSTRUKTUR
Kemukakanlah
gagasan Ibu/Bapak dalam sebuah Rancangan pembelajaran yang di dalamnya memuat
keterampilan belajar abad 21, unsur strategi, metode dan media pembelajaran
serta cara mengevaluasinya!
RANCANGAN PEMBELAJARAN
A. Menentukan jenis
kecakapan yang akan dikembangakan sesuai dengan Kompetensi Dasar (mungkin
focus, tidak pada keempat-empatnya, misalnya berpikir kritis dan problem
solving, atau kolaborasi).
Contoh
Kompetensi Dasar dalam mata pelajaran Matematika.
KD
3.1 Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk
linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya.
KD
4.1Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
nilai mutlak dari bentuk linear satu variable
B. Merumuskan tujuan
pembelajaran agar cukup jelas dalam menunjukkan kecakapan yang harus dimiliki
peserta didik.
Contoh
Tujuan Pembelajaran dalam mata pelajaran Matematika
Melalui
pendekatan saintifik dengan menggunakan metode mind mapping peserta didik dapat mengintepretasi persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan
dan pertidaksamaan linear Aljabar, dan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan, dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah, serta dapat bekerjasama.
Tujuan
pembelajaran di atas mengisayaratkan bahwa ada beberapa karakter kecakapan yang
akan dikembangkan guru dalam pembelajaran, yaitu berpikir kritis, kreatifitas, dan kolaborasi. Selain itu, tujuan pembelajaran ini juga bertujuan
untuk menguatkan pilar pendidikan yang berkaitan dengan belajar hidup bersama, dan peningkatan akhlak mulia yaitu saling menghargai dan menghormati antar sesama.
C. Mengembangkan IPK agar
dapat mencapai KD (Lihat Naskah Pengembangan RPP) dan dapat mengembangkan
karakter kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah
Contoh
IPK dalam mata pelajaran Matematika.
3.1. …Menyelesaikan
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk
linear satu variabel dengan
pertidaksamaan linear aljabar lainnya.
4.1. …Membuat model
matematika dari permasalahan kontekstual berkaitan dengan persamaan atau
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variable
4.1. … Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu
variabel
D. Mengembangkan materi
pembelajaran yang relevan.
Materi
dikembangkan sesuai dengan karakteristik KD yang mencakup materi yang bersifat
factual, konseptual, procedural, dan metakognitif (lihat Naskah Pengembangan RPP).Materi-materi
tersebut dipilih dan dipilah agar dapat memenuhi mengembangkan karakter
kecakapan yang telah dirumuskan sesuai tuntutan KD.
Contoh
materi pembelajaran dalam mata pelajaran Matematika
Persamaan
dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak dari Bentuk Linear Satu Variabel dengan
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Aljabar Lainnya.
·
Konsep
Nilai Mutlak
·
Persamaan
dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Bentuk Linear Satu Variabel
·
Persamaan
dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak dari Bentuk Linear Satu Variabel dengan
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Aljabar Lainnya.
E.
Mengembangkan
kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan sesuai dengan hasil analisis .
1.
Kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan pengembangan berpikir kritis dan pemecahan
masalah (critical thinking and problem
solving skills).
Contoh
kegiatan dalam mata pelajaran Matematika
Mengamati
permasalahan yang disajikan berkaitan dengan konsep nilai mutlak dan
penyelesaian persamaan maupun pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu
variabel.
Contoh
bahan pengamatan:
Kegiatan
pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan di
sekolah.Suatu pasukan pramuka sedang belajar baris berbaris di lapangan sekolah
pada hari Sabtu. Sebuah perintah dari pimpinan regu, yaitu “Maju 4 langkah,
jalan!”, hal ini berarti jarak pergerakan barisan adalah 4 langkah kedepan.
Jika perintah pimpinan pasukan adalah “Mundur 3 langkah, jalan!”, hal ini berarti
bahwa pasukan akan bergerak ke belakang sejauh 3 langkah. Demikian seterusnya.
Kegiatan
pembelajaran tersebut di atas juga melatih peserta didik untuk belajar mencari tahu dan menerapkan interkoneksi antara konsep di dalam Matematika dengan
kehidupan sehari-hari (berpikir kritis)
2. Kegiatan pembelajaran
yang sesuai dengan pengembangan Komunikasi (Communication
skills)
·
Diskusi untuk mengolah informasi yang diperoleh
·
Mengemukakan pendapat/sanggahan,
serta memberikan masukkan kepada pendapat orang lain (guru atau temannya)
·
Melaporkan hasil diskusi melalui tulisan
dan/atau lisan atau penyajian.
Melalui
kegiatan pembelajaran ini juga peserta didik dapat mengembangkan kecakapan kepemimpinan (leadership)dengan mengatur jalannya diskusi, sehingga diskusi
tetap focus dan dapat memperoleh suatu simpulan yang bermakna. Untuk
selanjutnya peserta didik juga dapat menerapkan pengetahuannya dalam bentuk
suatu karya (tulis, lisan, atau perbuatan) yang berkaitan dengan cara belajar untuk mengerjakan (learning to do)
3.
Kegiatan
pembelajaran yang dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasi (Creativity and Innovation skills).
Berdiskusi untuk mengolah informasi yang diperoleh
Mengimplementasikan konsep atau pengetahuannya dalam membuat
contoh permasalahan dan penyelesaiannya, serta menganalisa hasil diskusi dan
membandingkannya dengan teori yang ada pada sumber referensi (buku paket atau
internet)
Kegiatan
tersebut juga dapat mengembangkan bakat dan karir peserat didik dalam mencapai
cita-cita yang diinginkannya melalui pengembangan kreatifitas yang ditugaskan (learning to be), serta mengerjakan suatu karya yang berkaitan
dengan konsep yang diperolehnya (learning to do).
4. Kegiatan pembelajaran
yang dapat mengembangkan kolaborasi (Collaboration
skills)
Bekerjasama dalam berkelompok dengan pembagian peran
dan tanggungjawab, untuk menyusun suatu tulisan sederhana tentang fenomena alam
dalam mata pelajaran Matematika, Fisika, atau Bahasa.
Melalui kegiatan kolaboratif, peserta didik dapat
mengembangkan sikap kerjasama, saling
menghargai dan menghormati (ethics),
serta masing-masing dapat mengembangkan minat dan bakatnya (learning
to be) sesuai dengan peran masing-masing dalam kelompok
5. Kegiatan pembelajaran
yang sekaligus dapat mengembangkan berpikir kritis,kratifitas, dan kolaborasi.
6. Peserta
didik bekerjasama untuk memecahkan persoalan berikut.
Pak
Amin akan membangun jembatan CD yang menghubungkan dua tempat A dan B seperti
tampak pada gambar. Dimanakah letak jembatan CD harus dibuat, agar jarak antara
A dan B merupakan jarak yang terpendek?
Kegiatan seperti di atas, selain dapat mengembangkan kecakapan Abad
21 juga dapat melatih peserta didik untuk menunjukkan kemampuan mengaplikasikan
konsep dalam kenyataan (learning to do), dan dapat memupuk
kemampuan peserta didik dalam menentukan pilihan cara dan keleluasaan dalam
memecahkan permasalahan terkait bakat dan
minat (learning to be).
F. Literasi Pembelajaran
Gerakan literasi di sekolah tidak lagi menjadi bagian
terpisah/berdiri sendiri dalam pelaksanaannya. Pada tahun ini literasi sekolah menjadi
bagian yang tidak terpisah dari proses pembelajaran. Aktivitas peserta didik di
kelas bersama guru melakukan aktivitas ini guna memperkaya dan memperdalam
wawasan serta penguasaan materi, sehingga siswa terlibat langsung tidak lagi
hanya bergantung pada guru. Aktivitas
literasi dalam pembelajaran misalkan kegiatan-kegiatan berikut :
1. Sebelum
membaca
a. Membuat
prediksi
b. Mengidentifikasi
tujuan membaca
2. Ketika membaca
a. Mengidentifikasi
informasi yang relevan
b. Memvisualisasi
(jika teks bukan bentuk visual)
c. Membuat
informasi
d. Membuat
keterkaitan
3. Setelah
membaca
a. Membuat
ringkasan
b. Mengevaluasi
teks
c. Menginformasi,
merevisi, atau menolak prediksi
Kompetensi
yang diharapkan meningkat dalam diri siswa setelah aktivitas literasi
pembelajaran ini yaitu
1. menggunakan
fitur khusus representasi untuk mendukung claim, inference, dan prediksi
2. mengubah
dari satu moda ke moda yang lain
3. menjelaskan
keterkaitan antarmoda
4. memerikan
bagaimana representasi yang berbeda menjelaskan fenomena yang sama dengan cara
yang berbeda
5. memilih,
mengombinasikan, dan/atau menghasilkan yang standar dan nonstandar untuk
mengomunikasikan konsep tertentu mengevaluasi representasi multimoda dan
menjelaskan mengapa satu representasi lebih efektif daripada representasi lain
untuk tujuan tertentu
G. Mengembangkan teknik dan
instrumen penilaian sesuai dengan hasil analisis (tujuan atau IPK).
Bagaimana
cara mengembangkan teknik dan instrument penilaian sesuai dengan tujuan
pembelajaran atau IPK dapat dilihat dalam naskah Panduan Penilaian. Dalam
bahasan ini, yang harus dipertimbangkan adalah konten soal tersebut terkait
dengan karakter, kecakapan Abad 21, dan HOTS .
Berikut
adalah contoh soal tes tulis Matematika untuk materi Persamaan dan
Pertidaksamaan yang dapat mengembangkan HOTS, berpikir kritis dan pemecahan
masalah, dan kreatifitas.
Suatu grup musik merilis album, penjualan per
minggu (dalam ribuan) dinyatakan dengan model s(t) = -2|t –
22| + 44, t waktu (dalam minggu).
a. Gambarkan grafik fungsi penjualan s(t).
b. Hitunglah total penjualan album selama 44 minggu pertama.
c. Dinyatakan Album Emas jika penjualan lebih dari 500.000 copy. Hitunglah t
agar album yang dibuat dinyatakan sebagai Album
Emas.
H. Menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Dari
hasil analisis tersebut disusun RPP seperti contoh terlampir.
Contoh
pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat dalam video pembelajaran sesuai mata
pelajaran masing-masing
Posting Komentar untuk "TUGAS AKHIR M1 TERSTRUKTUR MATEMATIKA PPGDALJAB"