TUGAS AKHIR MODUL 2 BAHASA INDONESIA PPGDALJAB
TUGAS AKHIR
MODUL 2 BAHASA
INDONESIA
Setelah
Anda mempelajari semua materi Modul 2 dari Kegiatan Belajar 1 sampai dengan Kegiatan
Belajar 4 untuk menambah pemahaman Anda tentang materi,tersebut kerjakanlah
tugas di
bawah ini.
1.
Kembangkanlah ide pokok tentang "peranan penting pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD" menjadi sebuat teks tulisan minimal terdiri atas dua
pargaraf, lalu analisis contoh fonem, morfem, imbuhan, kata depan, kata
majemuk, frase, dan kalimat dari teks tersebut!
2.
Analisislah contoh Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013 yang muatan materinya berkaitan
dengan membaca, menulis, berbicara, menyimak, dan sastra anak.
3.
Pilihlah salah satu KD yang berkaitan dengan membaca, menulis, menyimak,
berbicara, dan sastra anak kemudian rumuskan contoh langkah-langkah
pembelajaran dengan menerapkan pendekatan whole language di sekolah dasar
JAWABAN NO.1
a.
Mengembangkan ide pokok tentang
“ peran penting pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD” menjadi teks tertulis.
Peran Penting
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
Bahasa Indonesia adalah bahasa yang penting di
negara kita. Pentingnya peranan bahasa Indonesia antara lain bersumber dari
ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1928 dan pasal 36 UUD 1945. Penuturan Bahasa
Indonesia di negara kita menduduki peringkat teratas, baik digunakan oleh arus
urbanisasi, perkawinan antara suku, keputusan orangtua masa kini, dari berbagai
latar belakang budaya yang ingin menjadikan anaknya penutur asli bahasa
Indonesia.
Pada dunia pendidikan bahasa Indonesia sangat
dipentingkan sebagai bahasa pengantar, terutama dalam proses kegiatan belajar
mengajar. Guru dan peserta didik saling berinterksi untuk berlangsungnya
pendidikan. Terkhusus pada pendidikan sekolah dasar, anak didik akan mendapatkan
awal pengetahuan belajar bahasa Indonesia dengan cara menyimak, membaca, mendengarkan,
berbicara, dan menulis, yang diharapkan nantinya anak didik menjadi melek huruf.
Hal inilah yang menyebabkan bahasa Indonesia sangat penting perannya dalam pembelajaran
di SD dimana rasa ingin tahu anak didik lebih dominan, karena awal dari anak didik
mengenal bahasa Indonesia yaitu di sekolah dasar. Selain itu melalui bahas
Indonesia anak didik diharap menjadi generasi emas bagi bangsa Indonesia di
masa yang akan datang.
b.
Menganalisis contoh fonem, morfem, imbuhan, kata depan, kata majemuk, frase,
dan kalimat dari teks “peran
penting pembelajaran Bahasa Indonesia di SD” yang telah dibuat.
1)
Analisis contoh fonem pada bacaan tersebut adalah /r/ dan /m/ pada kata rasa
dan masa.
2)
Analisis contoh morfem pada bacaan tersebut adalah guru, untuk, karena
3)
Analisis contoh kata depan pada bacaan tersebut adalah di, pada
4)
Analisis contoh kata majemuk pada bacaan tersebut adalah orangtua, melek huruf
5)
Analisis contoh frasa pada bacaan tersebut adalah sumpah pemuda, generasi emas
6)
Analisis kalimat pada bacaan tersebut adalah melalui bahasa Indonesia anak
didik diharap menjadi generasi emas bagi bangsa Indonesia di masa yang akan
datang.
JAWABAN NO. 2
Berikut
ini contoh Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013 yang muatan materinya
berkaitan dengan membaca, menulis, berbicara, menyimak, dan sastra anak.
Contoh
di kelas 4 sekolah dasar yaitu pada KD
3.5
Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan
sebagainya).
4.5
Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan
dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan.
JAWABAN NO. 3
Sebagai
contoh KD yang diambil yaitu pada kelas 4 sekolah dasar dengan kode kompetensi
dasar 3.5 dan 4.5. Adapun rumusan langkah-langkah pembelajaran dengan
menerapkan pendekatan whole language di sekolah dasar yaitu sebagai berikut:
1) Reading Aloud (membaca bersuara)
Merupakan
kegiatan membaca yang dilakukan oleh guru untuk siswanya. Guru membacakan
cerita dengan suara nyaring dan intonasi yang baik sehingga siswa dapat mendengarkan
dan menikmati ceritanya. Kegiatan ini dilakukan guru untuk memotivasi memasuki
suasana belajar.
2) Journal writing
Menulis
jurnal merupakan sarana yang aman bagi siswa untuk mengungkapkan perasaannya, menceritakan
kejadian di sekitanya, mengutarakan hasil belajarnya, dan menggunakan bahasa dalam
bentuk tulisan. Tugas guru adalah mendorong siswa agar mau mengungkapkan cerita
yang dimilikinya. Menulis jurnal bukanlah tugas yang harus dinilai, tetapi guru
berkewajiban untuk membaca jurnal yang ditulis anak dan memberikan komentar
atau respon terhadap cerita tersebut sehingga ada dialog antara guru dan siswa.
3) SSR (Sustained Silent Reading)
SSR
adalah kegiatan membaca dalam hati yang dilakukan oleh siswa. Dalam kegiatan
ini siswa diberi kesempatan untuk memilih sendiri buku atau materi yang akan
dibacanya. 4) Shared Reading Shared reading ini adalah kegiatan membaca bersama
antara guru dan siswa, di mana setiap orang mempunyai buku yang sedang
dibacanya. Ada beberapa cara melakukan hal ini.
Cara
cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:
a)
Guru membaca dan siswa mengikutinya (untuk kelas rendah).
b)
Guru membaca dan siswa menyimak sambil melihat bacaan yang tertera pada buku.
c)
Siswa membaca bergiliran.
5) Guided Reading
Guided
reading tidak seperti pada shared reading, guru lebih berperan sebagai model
dalam membaca. Dalam guided readingatau disebut juga membaca terbimbing guru
menjadi pengamat dan fasilitator.
6) Guided writing
Guided
writing atau menulis terbimbing. Seperti dalam membaca terbimbing, dalam
menulis terbimbing peran guru adalah sebagai fasilitator, yaitu membantu siswa
menemukan hal yang ingin ditulisnya dengan jelas, sistematis, dan menarik.
7) Independent Reading
Independent
Reading atau membaca bebas adalah kegiatan membaca yang memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menentukan sendiri materi yang ingin dibacanya.
8) Independent writing
Independent
writing atau menulis bebas bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis, meningkatkan
kebiasaan menulis, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menulis.
Dalam menulis bebas siswa mempunyai kesempatan untuk menulis tanpa ada interfensi
dari guru.
Posting Komentar untuk "TUGAS AKHIR MODUL 2 BAHASA INDONESIA PPGDALJAB"