TUGAS MODUL 1 KB 4 PJOK PPGDALJAB
TUGAS
MODUL 1 KB 4
Jawablah
pertanyaan beikut dengan singkat dan jelas :
- Uraikanlah
dengan contoh Kemampuan kognitif terkait kemampuan persepsi motorik yang
terdiri dari kesadaran tubuh, kesadaran spasial, kesadaran arah dan
kesadaran temporal.
- Uraikanlah
dengan contoh langkah-langkah yang dilakukan peserta didik dalam
pembelajaran PJOK pada setiap tahap pendekatan saintifik.
- Buatlah
format penilaian pembelajaran PJOK dalam bentuk penialaian fortopolio dan
penialaian proyek sesuai dengan Kurikulum 2013.
1. Kemampuan
kognitif merupakan Kemampuan
siswa untuk menerapkan konsep gerakan dalam permainan ataupun gerakan yang
lebih kompleks menunjukkan kemampuan kognitif yang dikuasainya. Contoh Kemampuan
kognitif terkait kemampuan persepsi motorik yang terdiri dari kesadaran tubuh,
kesadaran spasial, kesadaran arah dan kesadaran temporal : Dalam suatu kegiatan
pembelajaran dengan materi servis bawah bola voli. Pada awal kegiatan
pembelajaran guru memberikan stimulan berupa gambar dan video dalam melakukan
teknik servis bawah bola voli, kemudian ditambah contoh gerakan oleh guru dalam
melakukan teknik servis bawah tersebut. Setelah melihat dan mengamati, peserta
didik diminta untuk mempraktikkan teknik
servis bawah tersebut, disinilah kemampuan persepsi motorik peserta didik
terlihat, dimulai dari kesadaran tubuh, dimana posisi kaki dan gerakan ayunan
tangan yang semestinya, kesadaran spasial yang merupakan kesadaran posisi agar
dalam melakukan servis tidak memasuki apangan, kesadaran arah, kemana arah bola
yang akan dituju dalam melakukan servis, dan kesadaran temporal dimana
perkenaan bola dan timing antara ketika bola akan diangkat dan kapan tangan
diayunkan hingga menciptakan suatuk teknik servis yang baik dan benar.
2. Contoh langkah-langkah yang dilakukan
peserta didik dalam pembelajaran PJOK pada setiap tahapan pendekatan saitifik
dengan materi pembelajaran bola voli.
Pendekatan Saintifik
|
||||
Mengamati (mengidentifikasi masalah)
|
Menanya
(merumuskan
masalah/hipotesis)
|
Mengumpulkan
Informasi
(menguji
hipotesis)
|
Menalar
(menyimpulkan
hasildrhipotesis)
|
Mengomunikasikan
(memformulasikan pembuktian hipotesis)
|
Guru memberikan gambar rangkaian gerakan teknik dasar
servis bawah permanian bola voli untuk diamati.
|
Melakukan tanya jawab antara guru
dan peserta didik terkait materi teknik dasar servis bawah permainan bola
voli.
|
Peserta didik mencari gambar atau
video lainnya dari berbagai sumber tentang teknik dasar servis bawah
permainan bola voli.
|
Setelah melihat dan mengamati gambar dan contoh rangkaian
gerakan teknik dasar servis bawah permainan bola voli, seluruh peserta didik
mencoba melakukan teknik dasar servis bawah permainan bola voli.
|
Guru mengoreksi rangkaian gerakan
teknik dasar servis bawah permanian bola voli yang dipraktikkan siswa, dengan
memberi penguatan dan motivasi.
|
3.
Contoh Instrumen Penilaian Portofolio
Kompetensi Dasar : 3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan ermainan bola besar
Alokasi Waktu
: 1 Semester
Nama Peserta Didik : _________________
Kelas /
Semester : VIII/1
No
|
Karya peserta didik
|
Skor
|
Ketercapaian
|
Jumlah halaman
|
Keterangan
|
|
(1-4)
|
T
|
BT
|
||||
1
|
Membuat
kliping tentang perkembangan sepakbola di Indonesia
|
|||||
2
|
Membuat
kliping tentang menendang bola
|
|||||
3
|
Membuat
kliping tentangmenahan bola
|
|||||
4
|
Membuat
kliping tentang menggiring bola
|
|||||
Total Skor Max
|
||||||
Nilai = Skor perolehan/Skor Maksimal X 4
|
||||||
Komentar
Orang Tua Murid :
|
Contoh Instrumen Penilaian Projek
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kompetensi Dasar : 3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan permainan bola besar. dan 4.2 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi keterampilan.
Nama Proyek : Menemukan bentuk latihan variasi dan kombinasi pada permainan bola besar (sepakbola, bolavoli
atau basket).
Alokasi Waktu : Satu Semester
Nama Peserta Didik :
______________________
Kelas
: VIII/1
No
|
Aspek
|
Skor (1-4)
|
1
|
Perencanaan:
a. Persiapan
b. Rumusan Judul
|
|
2
|
Pelaksanaan
a. Sistematika Penulisan
b. Keakuratan Sumber Data/Informasi
c. Kuantitas Sumber Data
d. Analisis Data
e. Penarikan Kesimpulan
|
|
3
|
Laporan Proyek
a. Performans
b. Presentasi / Penguasaan/Peragaan
|
|
Total Skor Max
|
||
Nilai = skor perolehan
|
||
Komentar
Orang Tua Murid
|
Posting Komentar untuk "TUGAS MODUL 1 KB 4 PJOK PPGDALJAB"