Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

TUGAS MODUL 1 KB 4 PJOK PPGDALJAB


TUGAS MODUL 1 KB 4

Jawablah pertanyaan beikut dengan singkat dan jelas :
  1. Uraikanlah dengan contoh Kemampuan kognitif terkait kemampuan persepsi motorik yang terdiri dari kesadaran tubuh, kesadaran spasial, kesadaran arah dan kesadaran temporal.
  2. Uraikanlah dengan contoh langkah-langkah yang dilakukan peserta didik dalam pembelajaran PJOK pada setiap tahap pendekatan saintifik.
  3. Buatlah format penilaian pembelajaran PJOK dalam bentuk penialaian fortopolio dan penialaian proyek sesuai dengan Kurikulum 2013.
Jawaban :
1.      Kemampuan kognitif merupakan Kemampuan siswa untuk menerapkan konsep gerakan dalam permainan ataupun gerakan yang lebih kompleks menunjukkan kemampuan kognitif yang dikuasainya. Contoh Kemampuan kognitif terkait kemampuan persepsi motorik yang terdiri dari kesadaran tubuh, kesadaran spasial, kesadaran arah dan kesadaran temporal : Dalam suatu kegiatan pembelajaran dengan materi servis bawah bola voli. Pada awal kegiatan pembelajaran guru memberikan stimulan berupa gambar dan video dalam melakukan teknik servis bawah bola voli, kemudian ditambah contoh gerakan oleh guru dalam melakukan teknik servis bawah tersebut. Setelah melihat dan mengamati, peserta didik diminta untuk mempraktikkan  teknik servis bawah tersebut, disinilah kemampuan persepsi motorik peserta didik terlihat, dimulai dari kesadaran tubuh, dimana posisi kaki dan gerakan ayunan tangan yang semestinya, kesadaran spasial yang merupakan kesadaran posisi agar dalam melakukan servis tidak memasuki apangan, kesadaran arah, kemana arah bola yang akan dituju dalam melakukan servis, dan kesadaran temporal dimana perkenaan bola dan timing antara ketika bola akan diangkat dan kapan tangan diayunkan hingga menciptakan suatuk teknik servis yang baik dan benar.

2.      Contoh langkah-langkah yang dilakukan peserta didik dalam pembelajaran PJOK pada setiap tahapan pendekatan saitifik dengan materi pembelajaran bola voli.
Pendekatan Saintifik
Mengamati (mengidentifikasi masalah)
Menanya
(merumuskan masalah/hipotesis)
Mengumpulkan Informasi
(menguji hipotesis)
Menalar
(menyimpulkan hasildrhipotesis)
Mengomunikasikan
(memformulasikan pembuktian hipotesis)
Guru memberikan gambar rangkaian gerakan teknik dasar servis bawah permanian bola voli untuk diamati.
Melakukan tanya jawab antara guru dan peserta didik terkait materi teknik dasar servis bawah permainan bola voli.


Peserta didik mencari gambar atau video lainnya dari berbagai sumber tentang teknik dasar servis bawah permainan bola voli.
Setelah melihat dan mengamati gambar dan contoh rangkaian gerakan teknik dasar servis bawah permainan bola voli, seluruh peserta didik mencoba melakukan teknik dasar servis bawah permainan bola voli.
Guru mengoreksi rangkaian gerakan teknik dasar servis bawah permanian bola voli yang dipraktikkan siswa, dengan memberi penguatan dan motivasi.

3.      

Contoh Instrumen Penilaian Portofolio
Kompetensi Dasar       : 3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan ermainan bola besar
Alokasi Waktu            : 1 Semester
Nama Peserta Didik    : _________________
Kelas  / Semester        : VIII/1
No
Karya peserta didik
Skor
Ketercapaian
Jumlah halaman
Keterangan
(1-4)
T
BT
1
Membuat kliping tentang perkembangan sepakbola di Indonesia
2
Membuat kliping tentang menendang bola
3
Membuat kliping tentangmenahan bola
4
Membuat kliping tentang menggiring bola
Total Skor Max

Nilai = Skor perolehan/Skor Maksimal  X  4

Komentar Orang Tua Murid :


Contoh Instrumen Penilaian Projek
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kompetensi Dasar      : 3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan permainan bola besar. dan 4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan.
Nama Proyek              : Menemukan bentuk latihan variasi dan kombinasi pada  permainan bola besar  (sepakbola, bolavoli atau basket).
Alokasi Waktu            : Satu Semester
Nama Peserta Didik    : ______________________
Kelas                           : VIII/1



No

Aspek
Skor (1-4)
1
Perencanaan:
a.       Persiapan
b.       Rumusan Judul
2
Pelaksanaan
a.      Sistematika Penulisan
b.      Keakuratan Sumber Data/Informasi
c.      Kuantitas Sumber Data
d.      Analisis Data
e.      Penarikan Kesimpulan
3
Laporan Proyek
a.    Performans
b.    Presentasi / Penguasaan/Peragaan
Total Skor Max
Nilai = skor perolehan
Komentar Orang Tua Murid





Posting Komentar untuk "TUGAS MODUL 1 KB 4 PJOK PPGDALJAB"