RPP K 13 KIMIA REVISI 2017

Silahkan tinggalkan komentar di kolomkomentar jika merasa kesulitan dalam mencari RPP, mudah mudah saya bisa bantu.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X / Ganjil
Mata pelajaran : Kimia
Materi Pokok : Konfigurasi Elektron dan Tabel Periodik
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi
Sikap
(KI 1 dan KI
2)
|
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
|
KI 3
|
KI 4
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentangilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkaitpenyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah.
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi Dasar Dari KI 3
|
Kompetensi Dasar Dari KI 4
|
3.5. Membandingkan ikatan ion,
ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta kaitannya
dengan sifat zat
|
4.5. Merancang dan melakukan
percobaan untuk menunjukkan karakteristik senyawa ion atau senyawa kovalen
berdasarkan beberapa sifat fisika
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.5.1. menuliskan lambang lewis
suatu unsur berdasarkan elektron valensi ysng dimiliki
|
4.5.1.
menganalisis cara penulisan struktur lewis
4.5.2. menganalisis sifat senyawa ion
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan pemberian
rangsangan dan identifikasi masalah,
menggali informasi untuk pengumpulan data, melakukan pengolahan data
serta verifikasi dan menarik kesimpulan, diharapkan siswa terlibat
aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, memiliki sikap ingin tahu, komunikasidalam melakukan pengamatan dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan,
memberi saran dan kritik, serta dapat memahami konfigurasi elektron dan letak
unsur dalam tabel periodik.
A.
Materi
Pembelajaran
1.
Kestabilan Unsur
2.
Struktur Lewis
3.
Ikatan ion dan Ikatan Kovalen
4.
Senyawa kovalen polar dan nonpolar
5.
Ikatan Logam.
E.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Metode :diskusi
kelompok, tanya jawab, dan penugasan
Model : Discovery Learning
F.
Media Pembelajaran
Media/Alat :
Lembar
Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD, Tabel
Periodik
G.
Sumber Belajar
1.
Buku Kimia
Kelas X, Kementerian dan Kebudayaan Tahun 2013.
2.
Internet.
3.
Buku/ sumber lain yang relevan.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) dari KD3.2
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dari KD 4.2
|
3.5.1. menuliskan lambang lewis
suatu unsur berdasarkan elektron valensi ysng dimiliki
|
4.5.1.
menganalisis cara penulisan struktur lewis
4.5.2. menganalisis sifat senyawa ion
|
Pendahuluan
(15
menit)
1. Memberi
salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai;
2. Mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan;
3. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Bentuk molekul.
4. Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
5. Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang Ikatan
Kimia.
7. Pembagian kelompok belajar dalam 6-7 siswa perkelompok
8. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan
Inti
1. Stimulasi dan Identifikasi Masalah
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ikatan kimia dengan cara :
Mengajukan pertanyaan mengapa senyawa di alam ada
yang berupa unsur ada yang senyawa banyak sekali
terdapat di alam?
Mengumpulkan
Informasi
·
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang ikatan
kimia dengan membaca literatur dan menggali informasi dari internet
2. Pengolahan Informasi
·
Peserta didik melakukkan diskusi secara aktif untuk
mengolah informasi yang telah
dikumpulkan dan mengaitkan dengan masalah yang pertanyaan yang diberikan.
·
Peserta didik melakukan diskusi mengenai materi
ikatan kimia.
·
Peserta didik melakukan diskusi tentang ikatan
kimia.
3. Verifikasi Hasil
·
Peserta didik perwakilan masing-masing kelompok
menyampaikan hasil diskusi kelompok secara bergantian
·
Kelompok lain memberikan masukan untuk
menyempurnakan hasil diskusi kelompok
4. Generalisasi
·
Peserta didik dibimbing oleh guru menyusun
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan
·
Guru memberikan penguatan tentang ikatan kimia.
Penutup
1.
Guru melakukan penilaian terhadap hasil pencapaian
kompetensi pada materi ikatan kimia
2.
Guru memberikan penugasan kepada peserta didik untuk
melakukan studi literatur tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya yaitu tentang teori domain elektron.
3.
Guru memberi salam.
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan/Jurnal
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik, Portofolio
2.
Bentuk Penilaian :
a.
Observasi : lembar
pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis : uraian dan
lembar kerja
c.
Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi
3.
Instrumen Penilaian (terlampir)
4.
Remedial
a.
Pembelajaran remedial dilakukan bagi
peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan sebanyak 2
kali dan apabila setelah 2 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka
remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
5.
Pengayaan
a.
Bagi peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
- Siwa yang mencapai nilai
diberikan
materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
- Siwa yang mencapai nilai
diberikan
materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan..
Lubuklinggau, September 2017
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
LAMPIRAN RPP
INTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester
: X / Semester
I
Mata Pelajaran :
Kimia
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
TINDAK LANJUT
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
|||||
11
|
|||||
12
|
|||||
13
|
|||||
14
|
|||||
15
|
|||||
16
|
Lubuklinggau, September 2017
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Penilaian LK
No.
|
Aspek
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Kemandirian dalam mengerjakan LK
|
||||
2.
|
Kebenaran hasil pengamatan
|
||||
3.
|
Kecakapan dalam memberikan informasi hasil pengamatan di depan kelas
|
*) Ketentuan:
·
1 = jika peserta didik
sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
2 = jika peserta didik
kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
·
3 = jika peserta didik
mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
- 4
= jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
INSTRUMEN
PENILAIAN PRESENTASI
Nama Satuan pendidikan : SMA
Tahun pelajaran : 2017 / 2018
Kelas/Semester
: X / Semester
I
Mata Pelajaran :
Kimia
No
|
Nama
Siswa
|
Kemampuan
Presentasi
|
Kreatifitas
|
Total
Skor
|
Nilai
Akhir
|
||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
|||||||||||
6
|
|||||||||||
7
|
|||||||||||
8
|
|||||||||||
9
|
|||||||||||
10
|
|||||||||||
11
|
|||||||||||
12
|
PEDOMAN
PENSKORAN:
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
YANG DINILAI
|
SKOR
MAKS
|
1
|
Kemampuan presentasi
|
·
Percaya diri, antusias dan
bahasa yang lugas
·
Seluruh anggota berperan serta
aktif
·
Dapat mengemukanan ide dan
berargumentasi dengan baik
·
Manajemen waktu yang baik
|
4
|
·
Hanya 3 kriteria yang terpenuhi
|
3
|
||
·
Hanya 2 kriteria yang terpenuhi
|
2
|
||
·
Hanya 1 kriteria yang terpenuhi
|
1
|
||
2
|
Kreatifitas
|
·
Materi dibuat dalam bentuk
charta / Power Point
·
Tulisan terbaca dengan jelas
·
Isi materi ringkas dan berbobot
·
Bahasa yang digunakan sesuai
dengan materi
|
4
|
·
Hanya 3 kriteria yang terpenuhi
|
3
|
||
·
Hanya 2 kriteria yang terpenuhi
|
2
|
||
·
Hanya 1 kriteria yang terpenuhi
|
1
|
||
SKOR
MAKSIMAL
|
8
|
Posting Komentar untuk "RPP K 13 KIMIA REVISI 2017"