Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dasar dan Tujuan Pendidikan Nasional Indonesia

a.        Dasar Sistem Pendidikan Nasional di Negara Indonesia
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi suatu negara. Maju atau tidaknya suatu negara akan ditentukan oleh kualitas pendidikannya itu sendiri. Indonesia sebagai negara berkembang memiliki sistem pendidikan yang telah diterapkan sejak pertama kali merdeka untuk mewujudkan cita cita bangsa. Menurut UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003, Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, pengendalian diri, berakhlak mulia, kecerdasan, dan keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Dasar dan Tujuan Sistem Pendidikan NasionalSistem pendidikan tentu saja akan dipengaruhi oleh ideology yang dianut oleh suatu bangsa. Indonesia yang memiliki dasar negara tentu saja akan menjadikannya sebagai landasan dalam penyelenggaran sistem pendidikan nasional. Menurut UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Negara Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Negara Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Sistem pendidikan Nasional pun diartikan satu keseluruhan yang terpadu dari semua satuan dan aktifitas pendidikan yang berkaitan satu sama lain untuk mengusahakan tercapainya tujuan pendidikan nasional tersebut merupakan suatu suprasistem, yaitu suatu sistem yang besar dan kompleks, yang di dalamnya tercakup beberapa bagian yang juga merupakan sistem–sistem.
Menurut Hasbullah, (2009:121) Pendidikan nasional merupakan pelaksanaan pendidikan suatu negara berdasarkan sosio kultural, psikologis, ekonomis dan politis. Pendidikan tersebut ditujukan untuk membentuk ciri khusus atau watak bangsa yang bersangkutan, yang sering disebut kepribadian nasional.
Pendidikan bertujuan membentuk sikap nasionalisme yang dapat memelihara dan memuliakan negara sehingga negara mampu melindungi, mengayomi dan mensejahterakan warga negara dari seluruh aspek kehidupan.

b.      Tujuan Pendidikan Nasional di Negara Indonesia
Undang–Undang Republik Negara Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan (UU Sisdiknas) merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan Nasional yang harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Negara Indonesia. Pasal 3 UU Sisdiknas menyebutkan, ”Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,  madiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Mulyasa (2009:19), secara makro pendidikan nasional bertujuan membentuk organisasi pendidikan yang bersifat otonom sehingga mampu melakukan inovasi dalam pendidikan untuk menuju suatu lembaga yang beretika, selalu menggunakan nalar, berkemampuan komunikasi sosial yang positif dan memiliki sumber daya manusia yang sehat dan tangguh.
Hasbullah, (2009:125) menyatakan bahwa tujuan sistem pendidikan nasional berfungsi memberikan arah pada semua kegiatan pendidikan dalam satuan – satuan pendidikan yang ada. Tujuan pendidikan nasional tersebut merupakan tujuan umum yang hendak dicapai oleh semua satuan pendidikannya. Meskipun setiap satu pendidikan tersebut mempunyai tujuan sendiri, namun tidak terlepas dari tujuan pendidikan nasional.
Dari beberapa uraian di atas bahwa dapat disimpulkan, tujuan pendidikan nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik yang memiliki nilai nilai ketuhanan, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,  mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam rangka menuju suatu negara yang beretika dan memiliki sumber daya manusia yang sehat dan tangguh.

Posting Komentar untuk "Dasar dan Tujuan Pendidikan Nasional Indonesia"