Tugas M4 KB1 Karakteristik Peserta Didik
Ambillah
satu kelas tertentu, coba lakukan identifikasi
karakteristiktik umum peserta didik yang ada di kelas tersebut dari aspek
gender, etnik, usia, kultural, status sosial, dan minat! Berikan contoh
bagaimana data tersebut Anda gunakan dalam proses pembelajaran!
KARATERISTIK UMUM SISWA XI A
DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA
INGGRIS
SMA XXXXXXXXXXXXXXXXX
Ket
PS = Perasaan senang,
KP = Ketertarikan peserta didik
PB = Perhatian dalam belajar
KB = Keterlibatan belajar,
MF = Manfaat dan fungsi mata pelajaran
Dari
data di atas, pembelajaran Bahasa Inggris di kelas sebaiknya memperhatikan
aspek berikut ini :
1.
Setiap Pembelajaran yang akan melakukan pembentukan kelompok, harus
memperhatikan
1.
Gender
Setiap kelompok memiliki minimal 1 atau 2 orang laki laki yang
ditunjukkan sebagai ketua kelompok
2.
Minat
Setiap kelompok memiliki siswa yang memiliki minat Perasaan Senang
sebagai fondasi kelompok itu sendiri dalam bekerja
2. Dalam proses pembelajaran, guru dan
siswa wajib menggunakan Bahasa Indonesia / Bahasa Inggris sebagai bahsa
pengantar sebagai pertimbangan dari karakteristik Etnik yang beragam.
3. Usia
Rata rata usia yang ada di kelas XI A adalah 16 Tahun
Hal ini berarti, pembelajaran telah mengarah kepada pahap operasional formal
dimana siswa telah memiliki kemampuan mengkoordinasikan dua ragam kemampuan
kognitif secara serentak maupun berurutan. Artinya, pembelajaran harus memenuhi
kriteria High Thinking Order.
4. Budaya
Dalam proses pembelajaran, guru memberikan
contoh-contoh dengan mempertimbangkan keberagaman budaya tersebut, sehingga apa
yang disampaikan dapat diterima oleh semua peserta didik. Misalnya, dalam
materi Expression of Scared tidak menggunakan materi Halloween, tetapi bisa
dengan mengaitkannya dengan budaya Indonesia.
5. Status Sosial
Dalam pemberian tugas, guru tidak
meminta siswa untuk mengerjakan tugas dengan biaya yang di luar jangkauan orang
tua siswa. Tugas sepenuhnya harus memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah,
seperti Lab Bahasa dan Lab Komputer.
6. Minat
Dengan Minat yang sudah teridentifikasi,
hendaknya setiap pembelajaran guru mampu mengkaloborasi kegiatan yang
memperhatikan aspek tersebut.
Contoh Penggunaan Data Dalam Proses
Pembelajaran :
Pembelajaran Bahasa Inggris :
1. Materi : Expressing Scare
2. Media :
- Audio Video (Siswa yang
memiliki kecerdasan Linguistik)
-
Power Point (Kecerdasan Visual Spasial)
-
Internet
3. Proses Pembelajaran
1. Siswa
menonton video tentang ekpresi takut dari infocus
2. Guru
menyampaikan materi secara ringkas dengan menggunakan powerpoint
3. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok belajar berdasarkan gender dan minat
4. Siswa
mencari contoh contoh expression of scare melalui Internet di Lab Komputer
Sekolah
5. Setelah
siswa selesai mencari, siswa membuat lagu sederhana pendek yang berhubungan
dengan dengan materi tersebut
6. Setelah
mereka menampilkan lagu yang telah mereka buat, siswa bermain peran di depan
kelas
7. Sebagai
tugas, siswa diminta untuk membuat Video Dialog tentang Expresi Ketakutan di
luar lingkungan kelas
Diharapkan dengan kegiatan kegiatan di
atas dapat memberikan motivasi SEMUA
SISWA untuk lebih tertarik belajar Bahasa Inggris.
Posting Komentar untuk "Tugas M4 KB1 Karakteristik Peserta Didik"