Soal Jawaban dan Pembahasan CPNS Terbaru (Bagian TWK)
Kategori:
A. TWK
1. Menyimak dan membaca
merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Arti reseptif di sini
adalah keterampilan yang berupa kegiatan … .
a. menerapkan
sebuah pengetahuan
b. memahami pesan
atau gagasan
c. menyampaikan
pesan atau gagasan
d. mengolah
pengetahuan dengan teknik tertentu
JAWABAN
b. memahami pesan atau
gagasan
Reseptif dalam
keterampilan berbahasa bermakna memahami pesan atau gagasan.
Adapun:
– menerapkan sebuah
pengetahuan, Memang banyak pengetahuan yang harus diterapkan dalam kegiatan
menyimak dan membaca, namun tidak berkaitan dengan makna reseptif.
– menyampaikan pesan
atau gagasan, Kegiatan menyampaikan pesan atau gagasan dalam keterampilan
berbahasa bersifat produktif.
– mengolah pengetahuan
dengan teknik tertentu, Mengolah pengetahuan bersifat aplikatif bukan reseptif.
Masyarakat Indonesia
bersifat multikultural yang ditandai dengan keragaman jenis suku bangsa. Faktor
sosiologis yang menjadi penyebab keragaman tersebut adalah ….
a. Masyarakat
sebagian besar bekerja di bidang agraria
b. Isolasi
geografis yang menghambat interaksi sosial
c. Perbedaan
budaya yang terdapat dalam masyarakat
d. Potensi
wilayah yang sangat kaya sumber alam
e. Sejarah
bangsa yang pernah dalam penjajahan
Jawaban:
Perbedaan budaya yang
terdapat dalam masyarakat
Secara sosiologis
gambaran kemajemukan masyarakat Indonesia sering disebut dengan istilah
diferensiasi sosial, artinya perbedaan-perbedaan masyarakat atau penggolongan
warga masyarakat atas dasar perbedaan-perbedaan tertentu, seperti, budaya, ras
suku bangsa dan lain-lain.
3. Pencatuman sistem
pemerintahan negara Republik Indonesia sebelum amandemen UUD 1945, terdapat
dalam ….
a. Pembukaan
UUD 1945 alinea II
b. Penjelasan
umum UUD 1945
c. Pembukaan
UUD 1945 aline IV
d. Peraturan
Peralihan UUD 1945
e. Batang
Tubuh UUD 1945 pasal 4-15
Jawaban: B. Penjelasan
umum UUD 1945
Sistem Pemerintahan
negara Indonesia sebelum amandemen UUD 1945 terdapat dalam penjelasan umum UUD
1945 tentang 7 kunci pokok sistem pemerintahan.
4. Pancasila sebagai
sumber nilai maksudnya ialah ….
a. Kehidupan
bangsa Indonesia harus sesuai dengan kepribadiannya
b. Masyarakat
Indonesia yang maju adalah yang tinggi intelektualnya
c. Kita
selalu berupaya menunjukkan bangsa dan negara
d. Yang
menjadi ukuran baik buruknya sikap, perbuatan, dan tingkah laku bangsa
Indonesia
e. Kemajuan
bangsa Indonesia diukur dengan kepribadiannya
Jawaban: D. Yang menjadi
ukuran baik buruknya sikap, perbuatan, dan tingkah laku bangsa Indonesia
Pancasila sebagai Sumber
Nilai mengandung arti Pancasila merupakan acuan utama baik pembentukan hukum
nasional, kegiatan penyelenggaraan partisipasi warga negara dan pergaulan antar
warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga Pancasila
sebagai sumber nilai menjadi ukuran baik buruknya sikap, perbuatan, dan tingkah
laku bangsa Indonesia.
5. Sikap positif
terhadap sila persatuan Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat adalah …
a. Suka
menabung
b. Jujur
c. Mencintai
tanah air dan bangga terhadap bangsa dan Negara Indonesia
d. Menghormati
hak-hak orang lain
e. Membentuk
perilaku manusia yang berakhlak mulia
Jawaban:
C. Mencintai tanah air
dan bangga terhadap bangsa dan Negara Indonesia.
Kalau yang
E. Membentuk perilaku
manusia yang berakhlak mulia, sepertinya lebih condong ke sila pertama, karena
menyangkut ‘Akhlak mulia” yang lebih mengarah ke nilai-nilai KeTuhanan.
Berikut ini akan
dijelaskan sikap-sikap positif terhadap nilai-nilai pancasila, dari sila yang
pertama atau sila kesatu , sampai sila yang terakhir atau sila yang kelima,:
1. Sikap positif
terhadap sila pertama, yaitu sila “ Ketuhanan yang Maha Esa”
Setiap warga Negara
Indonesia sudah seharusnya mempunyai pola pikir, sikap, dan perilaku yang
menjunjung tinggi nilai-nilai Ketuhana yang Maha Esa. Setiap warga Negara
diberi kebebasan untuk memilih dan menentukan sikap dalam memeluk satu agama
yang diakui oleh pemerintah Indonesia. Sikap positif yang perlu dilakukan
terhadap nilai-nilai “Ketuhanan Yang Maha Esa” dalam kehidupen berbangsa dan
bernegara yaitu sebagai berikut :
Mengembangkan toleransi
antara umat beragama untuk mewujudkan kehiduapn yang serasi, selaras dan
seimbang;
Tidak memaksakan suatu
agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain;
Melaksanakan kewajiban
dalam keyakinannya terhadap tuhan yang maha esa, sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing;
Membina kerjasama dan
tolong menolong dengan pemeluk agama lain sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan
masing-masing.
Sikap positif terhadap
sila kedua, yaitu sila “ Kemanusiaan yang adil dan beradap”
Didalam menjunjung
tinggi niali-nilai kemanusiaan yang adil dan beradap, sikap dan perilaku kita
harus senantiasa menempatkan manusia lain sebagai mitra sesuai dengan harkat
dan martabatnya. hak dan kewajiban dihormati secara beradap. Dengan demikian
tidak akan terjadi penindasan atau pemerasan.segala aktivitas berlangsung dalam
keseimbangan, kesetaraan dan kerelaan. Siakap positif yang harus dilakukan
terhadap nilai-nilai “ kemanusiaan yang adil dan beradap” dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara yaitu sebagai berikut:
Gemar melakukan kegiatan
kemanusiaan, seperti menolong orang lain, memberi bantuan terhadap orang lain
yang membutuhkan,menolong korban banjir,bencana alam dan masih banyak lagi;
Mengembangkan sikap
tenggang rasa, dan tidak semena-mena terhadap orang lain;
Memperlakukan manusia
sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa;
Mengakui persamaan
derajad,hak dan kewajiban asasi setiap manusai tanpa membeda-bedakan
suku,agama, keturunan,kedudukan social,dan sebagainya.
3. Sikap positif
terhadap sila ketiga, yaitu sila “ Persatuan indonesia”
Dalam menjunjung tinggi
nialai-nilai persatuan indonesia, setiap warga Negara harus mempertahankan
keutuhan dan kekokohan Negara indonesia. Negara indonesia memiliki berbagai
keanekaragaman ( ke-Bhineka Tunggal Ika-an ) dari segi agama, ras, budaya,
suku,dan sebagainya yang harus ditempatkan secara proporsional. Oleh karena
itu, jika terjadi ma atau konflik kepentingan,sudah seharusnya kepentingan
bangsa dan Negara diletakkan diatas kepentingan pribadi,kelompok dan
golongan/daerah. Berikut ini adalah sikap positif yang harus dilakukan terhadap
nilai-nilai “ Persatuan Indonesia” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
yaitu sebagai berikut:
Mencintai tanah air dan
bangga terhadap bangsa dan Negara Indonesia;
Mengembangkan persatuan
indonesia atas dasar bhineka tunggal ika;
Sanggup dan rela
berkorban terhadap bangsa dan Negara jika suatu saat diperlukan;
Memajukan pergaulan demi
persatuan dan kesatuan bangsa.
Sikap positif terhadap
sila keempat, yaitu sila “ Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
dalam permusyawaratan/perwakilan”
Nilai-nilai
permusyawaratan/perwakilan mengandung makna bahwa hendaknya kita dalam bersikap
dan bertingkah laku menghormati dan mengedepankan kedaulatan Negara sebagai
perwujudan kehendak seluruh rakyat indonesai. Karena rakyatlah yang
sesungguhnya memilikai kedaulatan atau kedudukan terhormat dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sakap positif terhadap nilai-nilai sila
“ Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan/perwakilan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu:
Mengakui bahwa setiap
warga Negara indonesia memiliki kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama;
Menghormati pendapat
orang lain dengan tidak melakukan tindakan intimidasi dan anarkisme terhadap
orang atau barang milik orang lain yang tidak sependapat dengan kita;
Mengutamakan musyawarah
dan mufakat dalam setiap pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama;
Memberi kepercayaan
kepada wakil-wakil rakyat yang telah dipilih untuk melaksanakan musyawarah dan
menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya, dan lain sebagainya.
Sikap positif terhadap
sila kelima, yaitu sila “ Keadilan social bagi seluruh rakyat indonesia”
Dengan menjunjung tinggi
nilai-nilai keadialan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, diharapkan
kesejahteraan lahir dan batin yang berkeadilan sosisal bagi seluruh rakyat
indonesia dapat terwujud. Kesejahteraan ini harus dirasakan oleh seluruh
lapisan masyarakat dan merata diseluruh daerah. Sikap positif terhadap
niali-nilai pancasila sila “ Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia”
yaitu sebagai berikut:
Suka bekerja keras dalam
memecahkan atau mencari jalan keluar atas ma-masalh pribadi,masyarakat, bangsa
dan Negara;
Mengembangkan sikap
gotong-royong dan kekeluargaan dengan lingkungan masyarakat sekitar;
Tidak melakukan
perbuatan yang dapat merugikan orang lain/umum,seperti mencoret-coret
tembok/pagar sekolah atau orang lain,merusak sarana dan prasarana
sekolah/umum,dan sebagainya;
Suka melakukan kegiatan
dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial malalui
karya nyata, seperti melatih tenaga produktif dan terampil dalam bidang
teknologi tepat guna, perbengkelan, pembuatan pupuk kompos, dan lain
sebagainya.
6. Membaca merupakan
suatu proses merekonstruksi makna. Artinya membaca adalah kegiatan… .
a. mengubah
lambang visual (katon) menjadi lambang bunyi
b. mengubah
kode-kode atau lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang dapat
dipahami
c. menangkap
informasi atau makna sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
d. menjelaskan
informasi sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
JAWABAN
mengubah kode-kode atau
lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang dapat dipahami
Proses merekonstruksi
makna dalam membaca adalah menangkap informasi yang disampaikan penulis dengan
tepat.
adapun:
Jawaban A, Dalam membaca
kegiatan tersebut merupakan proses encoding.
Jawaban b, Dalam membaca
kegiatan tersebut merupakan proses decoding.
Jawaban d, Menjelaskan
informasi seperti yang tertulis merupakan kegiatan berbicara.
7. Hak Asasi warga
negara yang diatur dalam pasal 28 UUD 1945 adalah hak …
a. Memeluk
agama
b. mengeluarkan
pendapat
c. mendapat
pendidikan
d. Membela
negara
e. Memperoleh
pekerjaan
Jawaban: B. mengeluarkan
pendapat
Hak asasi warga negara
yang diatur dalam pasal 28 UUD 1945 adalah hak mengeluarkan pendapat. Bunyi
pasal 28 UUD 1945 sebagai berikut: “kemerdekaan berserikat dan berkumpul,
mengeluarkan pikiran dengan lisan atau tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan
undang-undang.
8. Apabila suatu kartel
bersifat kartel harga, kartel produksi dan kartel keuntungan maka bentuk
gabungan ini disebut ….
a. sindikat
b. trust
c. anti
trust Act
d. holding
companies
JAWABAN
trust
Apabila suatu kartel
bersifat kartel harga, kartel produksi dan kartel keuntungan maka bentuk
gabungan ini disebut kartel, dengan alasan pelarangan bentuk kartel maka pada
tahun 1887 bentuk kartel menjadi Trust. Trust adalah merupakan gabungan
beberapa perusahaan yang menyerahkan saham-sahamnya dengan jaminan tertentu
kepada beberapa orang tertentu yang dipercaya.
9. Isi dekrit Presiden 5
juli 1959 antara lain menetapkan…
a. Pembubaran
PKI
b. Berlakunya
kembali UUD 1945
c. Pembentukan
kabinet Dwikora
d. Pembubaran
DPR
e. Pengangkatan
presiden seumur hidup
Jawaban: B. Berlakunya
kembali UUD 1945
kutipan isi dekrit
presiden 5 Juli 1959:
KAMI PRESIDEN REPUBLIK
INDONESIA/PANGLIMA TERTINGGI ANGKATAN PERANG
– Menetapkan
pembubaran Konstituante.
– Menetapkan
Undang-Undang Dasar 1945 berlaku lagi bagi segenap bangsa Indonesia dan seluruh
tumpah darah Indonesia terhitung mulai hari tanggal penetapan dekrit ini dan
tidak berlakunya lagi Undang-Undang Dasar Sementara.
– Pembentukan
Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara, yang terdiri atas anggota-anggota
Dewan Perwakilan Rakyat ditambah dengan utusan dari daerah-daerah dan
golongan-golongan serta pembentukan Dewan Pertimbangan Agung Sementara akan
diselenggarakan dalam waktu sesingkat-singkatnya.
Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 5 Juli 1959
Atas nama Rakyat
Indonesia
Presiden Republik
Indonesia/Panglima Tertinggi Angkatan Perang
SOEKARNO
10. Metode penelitian
yang menggunakan kaidah ilmiah dalam prosesnya disebut sebagai…
a. Desain
riset ilmiah
b. Metode
penelitian ilmiah
c. Rancangan
data ilmiah
d. Alat
dan metode ilmiah
JAWABAN
Metode penelitian ilmiah
Metode penelitian ilmiah
adalah metode penelitian yang menggunakan kaidah ilmiah dalam prosesnya. Kaidah
ilmiah mensyaratkan proses tersebut bersifat rasional (make sense), obyektif,
dan menghasilkan hasil yang sama ketika dilakukan oleh orang lain dengan cara
yang sama (bersifat repetitif).
11. Alat analisis yang
digunakan untuk memecahkan ma dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu metode:
a. Spasial
dan parsial
b. Homogen
dan heterogen
c. Kuantitatif
dan kualitatif
d. Deduktif
dan induktif
JAWABAN
Kuantitatif dan
kualitatif
Metode bisa diartikan
sebagai alat analisis yang digunakan untuk memecahkan ma. Dalam hal ini kita
bisa membedakan metode menjadi dua, yakni metode kuantitatif dan metode
kualitatif.
Metode kuantitatif
menyajikan informasi ke dalam data yang diujudkan dalam angka, dan kemudian
dianalisis dengan berbagai alat bantu statistik yang saat ini sudah banyak
dikembangkan. Alat bantu statistik yang banyak digunakan adalah penghitungan
dan penaksiran mean populasi, analisis varians dan kovarians, regresi, Data
Envelopment Analysis (DEA), Input-output Analysis (I-O), Analisis Jalur (Path
Analysis), Structural Equation Model (SEM), dan sebagainya.
Metode kualitatif bisa
menggunakan segala jenis data, yakni data berbentuk angka (numerik), kategorik,
narasi, monograf, maupun studi kasus. Namun demikian, data yang lazim digunakan
adalah data primer. Dalam pencarian data primer dengan menyebar kuesioner dan
in-depth interview, riset dengan metode kualitatif biasanya menggunakan
pertanyaan yang bersifat terbuka (open-ended), dalam arti bahwa jawaban dari
responden bisa berupa apa saja.
12. Pada masa
pemerintahannya. Soekarno membuat poros Jakarta-Peking, maksudnya adalah …
A. Membuka
hubungan diplomatik dengan CIna
B. Membuat
hubungan Jakarta-Peking sebagai komunis Indonesia
C. Membuka
hubungan dagang dengan negara Cina
D. Jakarta
dan Peking dibuka jalur penerbangan khusus
E. Kota
Jakarta akan berakibat pada pembangunan yang ada di Peking
Jawaban: B. Membuat
hubungan Jakarta-Peking sebagai komunis Indonesia
Dengan adanya poros
Jakarta-Peking, Indonesia masuk dalam blok Nefo (New Emerging Forces) untuk
menyaingi kelompok barat (Eropa), yaitu Blok Oldefo (Old Established Forces).
13. Ilustrasi ini
menunjukkan adanya hubungan antara keterampilan menulis dengan membaca.
Read More
- Soal Dan Pembahasan TIU CPNS, PPPK, Kedinasan Part 1
- Materi Radikalisme Lengkap Tes CPNS 2021 Bagian 1
- CONTOH SOAL LATIHAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS BAG III
- CONTOH SOAL LATIHAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS BAG II
- CONTOH SOAL LATIHAN CPNS SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS
A. Amin
sedang menulis garis-garis besar pembicaraan yang akan disampaikan pada acara
pembukaan yayasan TPA As-Salam.
B. Rakhmat
sedang membaca buku yang berisi tentang falsafah hidup yang akan disampaikan
dalam ceramahnya besok pagi.
C. Ridwan
sedang menyelesaikan artikelnya, sesekali ia berhenti menulis untuk membaca
buku-buku yang berserakan di meja kerjanya.
D. Erni
mendengarkan ceramah agama sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya penting.
JAWABAN
Ridwan sedang
menyelesaikan artikelnya, sesekali ia berhenti menulis untuk membaca buku-buku
yang berserakan di meja kerjanya.
Penjelasan tersebut
menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan menulis dan membaca.
Adapun:
Jawaban A, Penjelasan
tersebut menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan menulis dan
berbicara.
Jawaban B, Penjelasan
tersebut menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan membaca dan
berbicara.
Jawaban D, Penjelasan
tersebut menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan menyimak dan
menulis.
14. Perserikatan yang
mempunyai modal bersama dan memperoleh hak perdagangan tunggal di suatu daerah
tertentu adalah ….
A. merchant
adventures
B. regulated
company
C. joint
stock company
D. oostland
company
JAWABAN
joint stock company
Pada abad ke 15 beberapa
perserikatan usaha dagang banyak didirikan yaitu:
merchant adventures :
suatu gilde pedagang yang meliputi seluruh negeri
oostland company : hak
usaha perdagangan tunggal di wilayah laut timur
joint stock company :
suatu perserikatan yang mempunyai modal bersama dan memperoleh hak perdagangan
tunggal di suatu daerah tertentu.
15. Penggolongan hukum
berdasarkan waktu yang di atur yaitu hukum yang berlaku saat ini yang disebut
juga ….
A. Ius
Constituendum
B. Ius
Constitutum
C. Private
rechts
D. Ius
soli
E. Ius
sanguinis
Jawaban: B. Ius
Constitutum
Penggolongan hukum
berdasarkan waktu yang diatur terbagi tiga
Ius Constitutum
Ius Constituendum
Hukum antar waktu
Hukum yang berlaku saat
ini atau disebut juga hukum positif disebut ”Ius contitutum”
Menurut Waktu Berlakunya
:
Ius Constitutium (Hukum
positif/berlaku sekarang); hukum yang berlaku sekarang bagi masyarakat tertentu
dalam suatu daerah tertentu (hukum yang berlaku dalam masyarakat pada suatu
waktu, dalam suatu tempat tertentu).
Ius Constituendum
(berlaku masa mendatang); hukum yang diharapkan berlaku pada waktu yang akan
datang.
Antar Waktu (hukum
asasi/hukum alam); hukum yang berlaku dimana-mana dalam segala waktu dan untuk
segala bangsa di dunia. Hukum ini tak mengenal batas waktu melainkan berlaku
untuk selama-lamanya (abadi) terhadap siapapun juga di seluruh tempat.
16. Menurut ketentuan
pasal 17 ayat (1) UUD 1945, kedudukan presiden sebagai pemegang kekuasaan ….
A. eksaminatif
B. diskriminatif
C. legislatif
D. eksekutif
E. konsultatif
Jawaban: D. eksekutif
Menurut ketentuan pasal
17 ayat (1) UUD 1945, kedudukan Presiden sebagai pemegang kekuasaan eksekutif
(kepala pemerintahan) dibantu oleh menteri-menteri
17. Pancasila merupakan
pedoman dan pegangan dalam pembangunan bangsa dan negara agar berdiri kokoh,
serta dapat mengetahui arah dalam mengenal dan memecahkan ma – ma yang dihadapi
agar tidak terombang-ambing, merupakan fungsi Pancasila sebagai….
A. Dasar
negara
B. Pandangan
hidup bangsa Indonesia
C. Perjanjian
luhur
D. Moral
pembangunan
E. Staat
fundamental norm
Jawaban: B. Pandangan
hidup bangsa Indonesia
Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa Indonesia (way of life), mengandung pengertian bahwa
Pancasila merupakan pedoman dan pegangan atau petunjuk dalam kehidupan
sehari-hari bangsa dan negara agar berdiri kokoh, serta dapat mengetahui arah
dalam mengenal dan memecahkan ma yang dihadapi agar tidak terombang-ambing
18. Dalam sistem
presidensil, yang menyelenggarakan pemerintahan yang sebenarnya adalah ….
A. Presiden
bersama DPR
B. Presiden dan
menteri-menterinya
C. Presiden dengan
wakil presiden
D. Kepala negara
dengan menteri
E. Presiden dengan
perdana menteri
Jawaban: B. Presiden dan
menteri-menterinya
Dalam sistem
presidensial yang menjalankan sistem pemerintahan adalah presiden dan
menteri-menterinya.
19. Krisis minyak bumi
mendorong masyarakat Indonesia melakukan inovasi/penemuan baru. Masyarakat
berhasil menemukan bahan bakar gas yang bahan bakunya dari sisa kotoran hewan
untuk mengganti minyak tanah yang semakin mahal. Contoh tersebut menunjukkan perubahan
sosial yang disebabkan oleh faktor ….
A. Kemampuan
internal
B. Pengaruh
eksternal
C. Lingkungan
sosial
D. Dinamika
masyarakat
E. Budaya
kelompok
Jawaban: A. Kemampuan
internal
Faktot penyebab
perubahan sosial yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri
(internal), satu faktor pendorongnya adalah karena adanya
penemuan-penemuan baru, karena manusia memiliki kemampuan akal yang bisa
menghasilkan ide, gagasan dan karya-karya yang senantiasa berkembang.
20. Secara sosiologis
keberhasilan pemerintah menangani berbagai pergolakan di daerah yang akan
memisahkan diri dari NKRI berdampak positif untuk memperkuat ….
A. Budaya nasional
B. Ekonomi
nasional
C. Anggaran
nasional
D. Kepemimpinan
nasional
E. Integrasi
nasional
Jawaban: E. Integrasi
nasional
Integrasi sosial adalaj
suatu proses bertahap (sebagai lawan dari konflik) penyesuaian unsur-unsur yang
berbeda dalam kehidupan masyarakat. Ketika berbagai konflik dan pergolakan di
berbagai wilayah dapat diatasi, maka hal ini akan memperkuat integrasi nasional.
21. Pada masa pendudukan
Belanda di Indonesia dalam bidang sosial pemerintah Belanda membagi masyarakat
ke dalam beberapa kelompok, satunya adanya golongan Timur Asing yang
di dalamnya terdiri dari ….
A. Penduduk
asli Belanda yang tinggal di Indonesia
B. Para
warga Indo Belanda-Indonesia yang ada di Indonesia
C. Bangsa
Cina, India dan Arab yang tinggal di Indonesia
D. Penduduk
asli pribumi
E. Penduduk
pribumi yang sudah mengalami westernisasi
Jawaban: C. Bangsa Cina,
India dan Arab yang tinggal di Indonesia
Golongan Timur Asing
yang ada di Indonesia mendapat kedudukan yang cukup istimewa dalam kehidupan
ekonomi masyarakat kolonial.
Dalam peraturan hukum
ketatanegaraan Hindia Belanda (Indische Staatsregeling) tahun 1927, lapisan
sosial masyarakat dibedakan menjadi 3 golongan yaitu:
a. Golongan Eropa dan
yang dipersamakan, golongan ini terdiri atas:
1) Orang-orang Belanda
dan keturunannya
2) Orang-orang Eropa
lainnya seperti Inggris, Prancis Portugis, dan lain-lain.
3) Orang-orang yang
bukan bangsa Eropa tetapi telah masuk menjadi golongan Eropa atau telah diakui
sebagai golongan Eropa.
Golongan Timur Asing,
didalamnya adalah orang Cina, Arab, India, Pakistan, serta orang-orang kawasan
Asia lainnya.c. Golongan Bumi Putra yaitu orang-orang yang asli Indonesia yang
disebut inlander.
22. Pancasila
dipergunakan sebagai landasan/dasar untuk mengatur Pemerintahan
Negara/penyelenggaraan negara, merupakan fungsi Pancasila sebagai ….
A. Falsafah
hidup bangsa
B. Sumber
dari segala sumber hukum yang berlakuk di Indonesia
C. Negara
D. Pandangan
hidup bangsa
E. Perjanjian
luhur rakyat Indonesia
Jawaban: C. Dasar Negara
Pancasila sebagai Dasar
Negara (fhilosofische Gronslag) Mengandung arti bahwa Pancasila merupakan suatu
dasar nilai serta norma untuk mengatur pemerintahan negara atau mengatur
penyelenggaraan negara.
23. Setelah diambil alih
oleh pemerintah Indonesia tahun 1950 De Javasche Bank namanya diubah menjadi ….
A. Bank
Umum Negara
B. Bank
Rakyat Indonesia
C. Bank
Negara Indonesia
D. Bank
Indonesia
JAWABAN
Bank Indonesia
Setelah diambil alih
oleh pemerintah Indonesia tahun 1950 De Javasche Bank pada tahu 1953 namanya
diubah menjadi Bank Indonesia yang difungsikan sebagai Bank Sentral di
Indonesia.
24. Sistem Gilde di
Belanda memuat peraturan pembatasan jumlah buruh yang boleh dipekerjakan oleh
seorang pengusaha yaitu maksimum ….
A. 5
orang
B. 10
orang
C. 15
orang
D. 20
orang
JAWABAN
5 orang
Peraturan Gilde di
Belanda mempunyai peraturan yang membatasi jumlah buruh yang boleh dipekerjakan
oleh seorang pengusaha maksimum 5 orang oleh karena itu menyebabkan perusahaan
tetap kecil dan jarang perusahaan bisa menjadi besar.
25. Pernyataan yang
menyatakan bahwa pada hakikatnya bahasa adalah ujar atau lisan adalah … .
A. ragam
bahasa terdiri atas ragam lisan dan ragam tulis
B. komunikasi
sudah terjadi sejak manusia pertama ada ketika itu belum ada bahasa tulis
C. orang
lebih banyak menggunakan bahasa lisan ketika berkomunikasi dibandingkan dengan
bahasa tulis
D. bahasa
tulis hanya dapat digunakan oleh orang-orang terpelajar
JAWABAN
komunikasi sudah terjadi
sejak manusia pertama ada ketika itu belum ada bahasa tulis
Komunikasi sudah
dilakukan manusia sejak Adam lahir dengan menggunakan bahasa lisan. Bahasa tulis
muncul berjuta tahun kemudian.
26. Pak Buyung berasal
dari Suku Minangkabau, lulusan perguruan tinggi tertentu, beragama Islam,
seorang pengusaha. Pak Bejo dari suku Jawa, Sarjana, beragama Islam, seorang
pegawai negeri sipil. Kedua individu tersebut bersahabat karena terbentuk
interseksi dengan adanya kesamaan….
A. Suku
dan agama
B. Suku
dan pekerjaan
C. Agama
dan pendidikan
D. Pendidikan
dan pekerjaan
E. Suku
dan pendidikan
Jawaban: C. Agama dan
pendidikan
Interaksi adalah
persilangan atau pertemuan keanggotaan suatu kelompok sosial dari berbagai
seksi, baik berupa suku, agama, jenis kelamin, kelas sosial, dan lain-lain
dalam suatu masyarakat majemuk. Terbentuknya interaksi antara Pak Buyung dan
Pak Bejo karena adanya kesamaan agama dan pendidikan.
27. Tujuan negara
menurut teori perdamaian dunia bahwa keamanan dan ketentraman manusia dalam
negara dapat tercapai apabila ada perdamaian dunia, yang bukan terletak pada
masing-masing penguasa atau raja. Pendapat tersebut, dikemukakan oleh ….
A. Lord Shang Yang
B. Niccolo
Machiavelli
C. Dante Aliegheri
D. Imanuel Kant
E. R. Kranenburg
Jawaban: C. Dante
Aliegheri
Tujuan negara menurut
“teori perdamaian dunia”, bahwa keamanan dan ketentraman manusia dalam negara
dapat tercapai apabila ada perdamaian dunia yang bukan terletak pada
masing-masing penguasa atau raja. Pendapat tersebut dikemukakan oleh Dante
Aliegheri.
Lord Shang Yang (Teori
Kekuasaan Negara): Dia hidup di negeri China sekitar abad V-IV SM menyatakan
bahwa tujuan negara adalah pembentukan kekuasaan negara yang sebesar-besarnya.
Menurut dia, perbedaan tajam antara negara dengan rakyat akan membentuk kekuasaan
negara. “A weak people means a strong state and a strong state means a weak
people. Therefore a country, which has the right way, is concerned with
weakening the people.” Sepintas ajaran Shang Yang sangat kontradiktif karena
menganggap upacara, musik, nyanyian, sejarah, kebajikan, kesusilaan,
penghormatan kepada orangtua, persaudaraan, kesetiaan, ilmu (kebudayaan, ten
evils) sebagai penghambat pembentukan kekuatan negara untuk dapat mengatasi
kekacauan (yang sedang melanda China saat itu). Kebudayaan rakyat harus
dikorbankan untuk kepentingan kebesaran dan kekuasaan negara.
Niccolo Machiavelli
(Teori Kekuasaan Negara) dalam bukunya Il Principe menganjurkan agar raja tidak
menghiraukan kesusilaan maupun agama. Untuk meraih, mempertahankan dan meningkatkan
kekuasaannya, raja harus licik, tak perlu menepati janji, dan berusaha selalu
ditakuti rakyat. Di sebalik kesamaan teorinya dengan ajaran Shang Yang,
Machiavelli menegaskan bahwa penggunaan kekuasaan yang sebesar-besarnya itu
bertujuan luhur, yakni kebebasan, kehormatan dan kesejahteraan seluruh bangsa.
Immanuel Kant (Teori
Jaminan atas hak dan kebebasan manusia) – (1724-1804) adalah penganut teori
Perjanjian Masyarakat karena menurutnya setiap orang adalah merdeka dan
sederajat sejak lahir. Maka Kant menyatakan bahwa tujuan negara adalah
melindungi dan menjamin ketertiban hukum agar hak dan kemerdekaan warga negara
terbina dan terpelihara. Untuk itu diperlukan undang-undang yang merupakan
penjelmaan kehendak umum (volonte general), dan karenanya harus ditaati oleh
siapa pun, rakyat maupun pemerintah. Agar tujuan negara tersebut dapat
terpelihara, Kant menyetujui azas pemisahan kekuasaan menjadi tiga potestas
(kekuasaan): legislatoria, rectoria, iudiciaria (pembuat, pelaksana, dan
pengawas hukum).
Kranenburg (Teori negara
kesejahteraan). Menurut dia, tujuan negara bukan sekadar memelihara ketertiban
hukum, melainkan juga aktif mengupayakan kesejahteraan warganya. Kesejahteran
pun meliputi berbagai bidang yang luas cakupannya, sehingga selayaknya tujuan
negara itu disebut secara plural: tujuan-tujuan negara. Ia juga menyatakan
bahwa upaya pencapaian tujuan-tujuan negara itu dilandasi oleh keadilan secara
merata, seimbang.
28. Nilai-nilai 45 yang
harus kita wariskan kepada generasi muda yaitu ….
A. Keberanian
berperang
B. Kecerdasan
berpikir
C. Sikap
tanpa pamrih
D. Kesetiaan
terhadap atasan
E. Korupsi
Jawaban: C. Sikap tanpa
pamrih
Nilai-nilai ’45 identik
dengan nilai-nilai kepahlawanan para pejuang kemerdekaan, dimana sikap tanpa
pamrih (tidak memikirkan kepentingan pribadi) merupakan sikap yang paling utama
diperlukan dalam perjuangan.
29. Pada abad ke-17
usaha dibidang kerajinan merupakan usaha yang sangat menguntungkan bagi negeri
Belanda, karena ….
A. permintaan
di dalam negeri meningkat
B. permintaan
di luar negeri meningkat
C. Charga
produk usaha kerajinan di dalam negeri tinggi
D. upah
tenaga kerja di sekitar usaha kerajinan rendah
JAWABAN
permintaan di luar
negeri meningkat
Pada abad ke 17
pelayaran dan perdagangan Belanda telah menguasai lautan Eropa sehingga dapat
melakukan perdagangan dengan para kolonis di Amerika, satu usaha
dibidang kerajinan menerima keuntungan yang besar karena permintaan luar negeri
terus meningkat sedangkan jumlah perusahaan besar masih sangat sedikit
30. Ketika Aceh dilanda
bencana alam tsunami, dengan cepat beritanya menyebar ke seluruh dunia. Tidak
lama berselang empati dari berbagai negara pun disampaikan kepada bangsa
Indonesia. Ditinjau dari perkembangan teknologi informasi, maka ilustrasi
tersebut menggambarkan dampak positif dari ….
A. demokratisasi
B. modernisasi
C. westernisasi
D. globalisasi
E. sekularisasi
Jawaban: D. Globalisasi
Globalisasi adalah suatu
proses perubahan sosial yang menyebabkan seseorang, sekelompok orang, atau
suatu negara saling dihubungkan dan saling membutuhkan dengan masyarakat atau
negara lain akibat kemajuan teknologi komunikasi di seluruh penjuru dunia.
Posting Komentar untuk "Soal Jawaban dan Pembahasan CPNS Terbaru (Bagian TWK)"