Tes Formatif M1 KB1 Karakteristik Peserta Didik SD PPGDALJAB PGSD
Berdasarkan karakteristik peserta didik SD pada
kelas rendah, guru perlu menyiapkan berbagai kegiatan yang sesuai dengan
karakteristik peserta didik tersebut. Kegiatan yang tidak sesuai dengan tahapan
perkembangan peserta didik SD kelas rendah (kelas I – III) adalah ...
Question 1 options:
Anak mengenali sesuatu berdasarkan apa yang
didengarnya karena itu guru dapat membacakan teks atau cerita.
|
|
Guru menyiapkan kegiatan yang mendorong anak
untuk bergerak secara terarah untuk mengasah keterampilannya.
|
|
Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk
melakukan kegiatan sendiri secara aktif dengan selalu diberi contoh.
|
|
Guru memberikan kesempatan dan menyiapkan
kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan anak di luar kelas bersama teman-
temannya.
|
Tahap perkembangan kognitif menurut Piaget
dimana kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika mulai
nampak meskipun terkait hal-hal yang dapat dibayangkan dan anak mulai menguasai
hukum kekekalan kuantitas, panjang, dan volume disebut tahap ....
Question 2 options:
vektorikal
|
|
pra-operasional
|
|
sensorimotor
|
|
operasional konkret
|
Berikut yang merupakan perkembangan motorik
siswa SD pada usia 8-10 tahun menurut Santrock adalah ...
Question 3 options:
Mulai memiliki keterampilan-keterampilan
manipulatif menyerupai orang dewasa.
|
|
Berkembangnya koordinasi antara mata dengan
tangan yang dibutuhkan untuk membidik, menyepak, melempar, dan menangkap.
|
|
Tangan semakin kuat dan lebih menyukai
menggunakan pensil daripada krayon untuk melukis.
|
|
Dapat menggunakan tangan secara bebas, mudah,
dan tepat atau dengan kata lain koordinasi motorik halus berkembang.
|
Ketaatan siswa terhadap nilai-nilai moral dan
aturan karena menghindari hukuman dan mengejar hadiah untuk kepentingan sendiri
termasuk karakteristik siswa SD berdasarkan ....
Question 4 options:
perkembangan moral menurut Kohlberg
|
|
perkembangan kognitif menurut Piaget
|
|
perkembangan kognitif menurut Robi Case
|
|
perkembangan spiritual menurut Starbuch dan
James
|
Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan
mengawali pembelajaran dengan menjelaskan manfaat materi yang dipelajari,
menggunakan model, metode, media, dan bahan ajar yang variatif sesuai minat
siswa agar mereka tertarik mempelajarinya, serta memberikan pujian secara
verbal maupun nonverbal merupakan implikasi prinsip pembelajaran yang mendidik,
yaitu ....
Question 5 options:
prinsip perbedaan individu
|
|
prinsip pengulangan
|
|
prinsip keaktifan
|
|
prinsip pengalaman atau keterlibatan langsung
|
Kemampuan, minat, dan energi tinggi yang
dicurahkan siswa terhadap suatu mata pelajaran menunjukkan...
Question 6 options:
prestasi siswa
|
|
motivasi siswa
|
|
potensi siswa
|
|
sikap siswa
|
Read More
- TUGAS AKHIR M1 TERSTRUKTUR MATEMATIKA PPGDALJAB
- CONTOH SOAL LATIHAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS BAG III
- CONTOH SOAL LATIHAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS BAG II
- SOAL SUMATIF MODUL 5 IPS PPGDALJAB
- Karakteristik Peserta Didik SD dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang Mendidik Tugas Modul 1 KB1
Pembelajaran yang dilaksanakan dengan membangun
cara pandang peserta didik tentang pentingnya materi pembelajaran yang akan
dipelajari dan cara pandangnya terhadap hakikat belajar sehingga mereka
memahami dan memandang bahwa belajar merupakan hidup mereka dan penciri mereka
hidup merupakan penerapan salah satu prinsip pembelajaran menurut Thorndike,
yaitu ....
Question 7 options:
prinsip kesiapan
|
|
prinsip retensi
|
|
prinsip persepsi
|
|
prinsip motivasi
|
Kemampuan siswa dalam menggambar bangun ruang
dari berbagai sudut pandang dengan cara membayangkannya termasuk kecerdasan
....
Question 8 options:
emosi
|
|
kinestetis
|
|
spasial-visual
|
|
naturalis
|
Pembelajaran yang dilaksanakan dengan
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan pengetahuan sendiri
melalui kegiatan eksplorasi, mencoba, mengumpulkan data, dan kegiatan lainnya
sehingga mereka dapat belajar tentang bagaimana seharusnya belajar (learning
how to learn) dan dapat menumbuhkan kemandirian belajar merupakan aktivitas
belajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik, yaitu ....
Question 9 options:
keseimbangan antara keterampilan fisik dan
mental
|
|
pembelajaran dengan keterampilan aplikatif
|
|
peserta didik mencari tahu bukan diberi tahu
|
|
sumber belajar yang bervariasi
|
Pembelajaran yang dilaksanakan dengan
berorientasi kepada keterampilan-keterampilan hidup peserta didik seperti
berpikir kritis, berpikir kreatif, kemandirian, dan keterampilan lainnya yang
bermakna bagi peserta didik sehingga pengetahuan yang didapatkannya dapat
diterapkan dalam hidupnya untuk mengatasi masalah-masalah kontekstual yang
sedang dihadapinya merupakan aktivitas belajar yang sesuai dengan karakteristik
pembelajaran yang mendidik, yaitu ....
Question 10 options:
pembelajaran dengan keterampilan aplikatif
|
|
peserta didik mencari tahu bukan diberi tahu
|
|
keseimbangan antara keterampilan fisik dan
mental
|
|
sumber belajar yang bervariasi
|
adminnya mna?
BalasHapus