Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tes Formatif M1 KB1 Karakteristik Peserta Didik SD PPGDALJAB PGSD


Berdasarkan karakteristik peserta didik SD pada kelas rendah, guru perlu menyiapkan berbagai kegiatan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik tersebut. Kegiatan yang tidak sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik SD kelas rendah (kelas I – III) adalah ...
Question 1 options:
Anak mengenali sesuatu berdasarkan apa yang didengarnya karena itu guru dapat membacakan teks atau cerita.
Guru menyiapkan kegiatan yang mendorong anak untuk bergerak secara terarah untuk mengasah keterampilannya.
Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan sendiri secara aktif dengan selalu diberi contoh.
Guru memberikan kesempatan dan menyiapkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan anak di luar kelas bersama teman- temannya.


Tahap perkembangan kognitif menurut Piaget dimana kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika mulai nampak meskipun terkait hal-hal yang dapat dibayangkan dan anak mulai menguasai hukum kekekalan kuantitas, panjang, dan volume disebut tahap ....
Question 2 options:
vektorikal
pra-operasional
sensorimotor
operasional konkret

Berikut yang merupakan perkembangan motorik siswa SD pada usia 8-10 tahun menurut Santrock adalah ...
Question 3 options:
Mulai memiliki keterampilan-keterampilan manipulatif menyerupai orang dewasa.
Berkembangnya koordinasi antara mata dengan tangan yang dibutuhkan untuk membidik, menyepak, melempar, dan menangkap.
Tangan semakin kuat dan lebih menyukai menggunakan pensil daripada krayon untuk melukis.
Dapat menggunakan tangan secara bebas, mudah, dan tepat atau dengan kata lain koordinasi motorik halus berkembang.

Ketaatan siswa terhadap nilai-nilai moral dan aturan karena menghindari hukuman dan mengejar hadiah untuk kepentingan sendiri termasuk karakteristik siswa SD berdasarkan ....
Question 4 options:
perkembangan moral menurut Kohlberg
perkembangan kognitif menurut Piaget
perkembangan kognitif menurut Robi Case
perkembangan spiritual menurut Starbuch dan James

Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mengawali pembelajaran dengan menjelaskan manfaat materi yang dipelajari, menggunakan model, metode, media, dan bahan ajar yang variatif sesuai minat siswa agar mereka tertarik mempelajarinya, serta memberikan pujian secara verbal maupun nonverbal merupakan implikasi prinsip pembelajaran yang mendidik, yaitu ....
Question 5 options:
prinsip perbedaan individu
prinsip pengulangan
prinsip keaktifan
prinsip pengalaman atau keterlibatan langsung

Kemampuan, minat, dan energi tinggi yang dicurahkan siswa terhadap suatu mata pelajaran menunjukkan...
Question 6 options:
prestasi siswa
motivasi siswa
potensi siswa
sikap siswa
Pembelajaran yang dilaksanakan dengan membangun cara pandang peserta didik tentang pentingnya materi pembelajaran yang akan dipelajari dan cara pandangnya terhadap hakikat belajar sehingga mereka memahami dan memandang bahwa belajar merupakan hidup mereka dan penciri mereka hidup merupakan penerapan salah satu prinsip pembelajaran menurut Thorndike, yaitu ....
Question 7 options:
prinsip kesiapan
prinsip retensi
prinsip persepsi
prinsip motivasi

Kemampuan siswa dalam menggambar bangun ruang dari berbagai sudut pandang dengan cara membayangkannya termasuk kecerdasan ....
Question 8 options:
emosi
kinestetis
spasial-visual
naturalis

Pembelajaran yang dilaksanakan dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan pengetahuan sendiri melalui kegiatan eksplorasi, mencoba, mengumpulkan data, dan kegiatan lainnya sehingga mereka dapat belajar tentang bagaimana seharusnya belajar (learning how to learn) dan dapat menumbuhkan kemandirian belajar merupakan aktivitas belajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik, yaitu ....
Question 9 options:
keseimbangan antara keterampilan fisik dan mental
pembelajaran dengan keterampilan aplikatif
peserta didik mencari tahu bukan diberi tahu
sumber belajar yang bervariasi

Pembelajaran yang dilaksanakan dengan berorientasi kepada keterampilan-keterampilan hidup peserta didik seperti berpikir kritis, berpikir kreatif, kemandirian, dan keterampilan lainnya yang bermakna bagi peserta didik sehingga pengetahuan yang didapatkannya dapat diterapkan dalam hidupnya untuk mengatasi masalah-masalah kontekstual yang sedang dihadapinya merupakan aktivitas belajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik, yaitu ....
Question 10 options:
pembelajaran dengan keterampilan aplikatif
peserta didik mencari tahu bukan diberi tahu
keseimbangan antara keterampilan fisik dan mental
sumber belajar yang bervariasi


1 komentar untuk "Tes Formatif M1 KB1 Karakteristik Peserta Didik SD PPGDALJAB PGSD"