Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

TUGAS MODUL 1 KB 3 PJOK PPGDALJAB


TUGAS MODUL 1 KB 3

Instructions
Latihan/Kasus/Tugas Tanpa harus melihat kembali bahan bacaan pada materi, coba jawab beberapa soal berikut: 
  1. Tuliskan pengertian gerak lokomotor dan berikan contohnya serta jelaskan!
  2. Jelaskan 3 klasifikasi keterampilan gerak beserta pengelompokannya masing-masing
  3. Factor apa saja yang mempengaruhi kepribadian dalam proses belajar gerak? Sertakan satu contohnya
  4. Tuliskan karakteristik peserta didik Sekolah Menengah Atas laki-laki dan perempuan!


Jawaban :
1.      Keterampilan Lokomotor, merupakan kemampuan berpindah seorang individu dari satu tempat ke tempat yang lain.
Contohnya : Seorang anak yang sedang berjalan dari titik A ke titik B, atau seorang adak yang sedang berlari-lari. Berjalan dan berlari merupakan contoh gerak / keterampilan lokomotor.

 2.      Klasifikasi keterampilan gerak
·         Keterampilan gerak berdasarkan kecermatan gerak, yaitu pengklasifikasian keterampilan gerak berdasarkan jenis otot yang digunakan pada saat melakukan suatu keterampilan gerak, terdiri dari
a. Keterampilan gerak agal (gross motor skill), yaitu gerakan yang menggunakan otot-otot besar sebagai basis utama dalam melakukan gerakan, contohnya lempar lembing.
b. Keterampilan gerak halus (fine motor skill), yaitu gerakan yang menggunakan otot-otot halus sebagai basis utama dalam melakukan gerakan, contohnya memanah.

·         Keterampilan gerak berdasarkan perbedaan titik awal dan titik akhir, yaitu pengklasifikasian keterampilan gerak berdasarkan perbedaan jarak atau pengulangan dalam melakukan suatu gerak, terdiri dari :
a. Keterampilan gerak diskret (discrete motor skill), adalah keterampilan gerak di mana dalam pelaksanaannya dapat dibedakan secara jelas titik awal dan titik akhir dari gerakan.
b. Keterampilan gerak serial (serial motor skill), adalah keterampilan gerak diskret yang dilakukan beberapa kali secara berlanjut.
c. Keterampilan gerak kontiniu (continuous motor skill), keterampilan gerak yang tidak dapat dengan mudah ditandai titik awal dan akhir dari gerakannya.
·         Klasifikasi berdasarkan stabilitas lingkungan, merupakan pengklasifikasian berdasarkan keadaan lingkungan pada saat melakukan gerakan, terbagi menjadi :
·  Keterampilan tertutup (clossed skill),  adalah keterampilan gerak dimana pelaksanaannya terjadi pada kondisi lingkungan yang tidak berubah, dan stimulus gerakannya timbul dari dalam diri si pelaku sendiri.
·         Ketrampilan Terbuka (open skill) Keterampilan terbuka adalah keterampilan gerak dimana dalam pelaksanaannya terjadai pada konsisi lingkungan yang berubah- ubah, dan pelaku bergerak menyesuaikan dengan stimulus yang timbul dari lingkungannya.

3.      Faktor yang mempengaruhi kepribadian dalam proses belajar gerak :
1.      Faktor proses belajar (Learning Process). Contohnya penggunaan teori dan  metode pembelajaran, Cara penyampaian materi pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran.
2.      Faktor pribadi (Personal Factor). Contohnya sikap, motivasi, intelegensi,  emosi, dan lain-lain.
3.      Faktor situasional (Situational Factor). Contohnya : Kondusif atau tidaknya keadaan kelas pada saat kegiatan pembelajaran, dan kebersihan serta kerapihan kelas.

4.      Karakteristik peserta didik Sekolah Menengah  Atas :
·         Karakteristik peserta didik Sekolah menengah Atas baik laki-laki maupun perempuan secara keseluruhan hampir sama, secara fisik sudah matang sempurna dan secara motorik sudah mampu melakukan sesuatu rangkaian gerak dengan benar. Hanya saja pada ciri fisik yang terdapat perbedaan, yaitu ditandai dengan tumbuhnya kumis dan jakun pada laki-laki, sedangkan pada perempuan ditandai dengan membesarnya payudara.

Posting Komentar untuk "TUGAS MODUL 1 KB 3 PJOK PPGDALJAB"