Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pembahasan Lengkap tentang Sistem Pajak di Indonesia


JENIS-JENIS PAJAK
1.      PENGERTIAN PAJAK
Menurut UU No. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Pajak adalah kontribusi kepada negara yang terutang orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Dari definisi pajak tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan berikut:
1. Pajak dipungut berdasarkan atau dengan kekuatan undang-undang serta aturan pelaksanaannya.
2. Dalam membayar pajak tidak dapat ditunjukkan adanya kontraprestasi individual oleh pemerintah.
3. Pajak dipungut oleh negara, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
4. Pajak diperuntukkan bagi pengeluaran-pengeluaran pemerintah, yang bila dari pemasukannya masih terdapat surplus, digunakan untuk membiaya public investment.

A.     Pungutan Lain Selain Pajak
Di samping pajak, ada pungutan lain yang serupa dengan pajak, tetapi mempunyai perlakuan dan sifat yang berbeda dengan pajak yang dilakukan oleh negara terhadap rakyatnya. Pungutan tersebut antara lain:
1.      Bea meterai
Merupakan pungutan yang dikenakan atas dokumen dengan menggunakan benda materai ataupun benda lain.
2.      Bea masuk dan bea keluar
Bea masuk adalah pungutan atas barang yang dimasukkan ke dalam daerah pabean berdasarkan harga/nilai barang itu atau berdasarkan tarif yang sudah ditentukan. Bea keluar adalah pungutan yang dilakukan atas barang yang dikeluarkan dari daerah pabean berdasarkan tarif yang sudah ditentukan bagi masing-masing golongan barang.
3.      Cukai
Cukai merupakan pungutan yang dikenakan atas barang-barang tertentu yang sudah ditetapkan untuk masing-masing jenis barang tertentu. Contoh: tembakau, gula, bensin, minuman keras, dan sebagainya.
4.      Retribusi
Retribusi merupakan pungutan yang dikenakan sehubungan dengan suatu jasa atau fasilitas yang diberikan oleh pemerintah secara langsung dan nyata kepada pembayar. Contoh: parkir, pasar, jalan tol, dan sebagainya.
5.      Iuran
Iuran merupakan pungutan yang dikenakan sehubungan dengan suatu jasa atau fasilitas yang diberikan pemerintah secara langsung dan nyata kepada kelompok atau golongan pembayar.
6.      Pungutan lain yang sah/legal berupa sumbangan wajib.

B.     Fungsi Pajak
Terdapat dua fungsi pajak, yaitu:
1.      Fungsi Budgetair (Sumber Keuangan Negara)
Pajak mempunyai fungsi budgetair, artinya pajak merupakan salah satu sumber penerimaan pemerintah untuk membiayai pengeluaran, baik rutin maupun pembangunan. Sebagai sumber keuangan negara, pemerintah berupaya memasukkan uang sebanyak-banyaknya untuk kas negara. Upaya tersebut ditempuh dengan cara ekstensifikasi dan intensifikasi pemungutan pajak melalui penyempurnaan peraturan berbagai jenis pajak, seperti Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan sebagainya.
2.      Fungsi Regularend (Pengatur)
Pajak mempunyai fungsi pengatur, artinya pajak sebagai alat untuk mengatur atau melaksanakan kebijakan pemerintah dalam bidang sosial dan ekonomi serta mencapai tujuantujuan tertentu di luar bidang keuangan.

Contoh penerapan pajak sebagai fungsi pengatur:
a. Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dikenakan pada saat terjadi transaksi jual beli barang tergolong mewah. Semakin mewah suatu barang, tarif apajknya semakin tinggi  sehingga barang tersebut harganya semakin mahal. Pengenaan pajak ini dimaksudkan agar rakyat tidak berlomba-lomba untuk mengkonsumsi barang mewah (mengurangi gaya hidup mewah).
b. Tarif pajak progresif dikenakan atas penghasilan, dimaksudkan agar pihak yang memperoleh penghasilan tinggi memberikan kontribusi (membayar pajak) yang tinggi pula sehingga terjadi pemerataan pendapatan.
c. Tarif pajak ekspor 0%, dimaksudkan agar para pengusaha terdorong mengekspor hasil produksinya di pasar dunia sehingga dapat memperbesar devisa negara.
d. Pajak penghasilan dikenakan atas penyerahan barang hasil industri tertentu, seperti industri semen, industri kertas, industri baja, dan lainnya, dimaksudkan agar terdapat penekanan produksi terhadap industri tersebut karena dapat mengganggu lingkungan atau polusi (membahayakan kesehatan).
e. Pengenaan pajak 1% bersifat final untuk kegiatan usaha dan batasan peredaran usaha tertentu, dimaksudkan untuk penyederhaan penghitungan pajak.
f. Pembrlakuan tax holiday, dimaksudkan untuk menarik investor asing agar menanamkan modalnya di Indonesia.

2.      JENIS PAJAK
Terdapat berbagai jenis pajak yang dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu pengelompokan menurut golongan, menurut sifat, dan menurut lembaga pemungutnya.

A.     Menurut Golongan
Pajak digolongkan menjadi dua, yaitu:
a. Pajak langsung, pajak yang harus dipikul atau ditanggung sendiri oleh Wajib Pajak dan tidak dapat dilimpahkan atau dibebankan kepada orang lain atau pihak lain. Pajak harus menjadi beban Wajib Pajak yang bersangkutan. Contoh: Pajak Penghasilan (PPh). PPh dibayar atau ditanggung oleh pihak-pihak tertentu yang memperoleh penghasilan tersebut.

b. Pajak Tidak Langsung, pajak yang pada akhirnya dapat dibebankan atau dilimpahkan kepada orang lain atau pihak ketiga. Pajak tidak langsung terjadi jika terdapat suatu kegiatan, peristiwa, atau perbuatan yang menyebabkan terutangnya pajak, misalnya terjadi penyerahan barang atau jasa. Contoh: Pajak Pertambahan Nilai (PPN). PPn terjadi karena terdapat pertambahan nilai terhadap barang atau jasa. Pajak ini dibayarkan oleh produsen atau pihak yang menjual barang, tetapi dapat dibebankan kepada konsumen baik secara eksplisit maupun implisit (dimasukkan dalam harga jual barang atau jasa).

Cara menentukan apakah suatu pajak langsung atau tidak langsung dalam arti ekonomis, yaitu dengan cara melihat ketiga unsur yang terdapat dalam kewajiban pemenuhan perpajakannya, yaitu:
1) Penanggung jawab pajak adalah orang yang secara formal yuridis diharuskan melunasi pajak.
2) Penanggung pajak adalah orang yang dalam faktanya memikul terlebih dahulu beban pajaknya.
3) Pemikul pajak adalah orang yang menurut undang-undang harus dibebani pajak. Jika ketiga unsur tersebut ditemukan pada seseorang, pajaknya disebut Pajak Langsung,. Jika insur tersebut terpisah atau terdapat lebih dari satu orang, pajaknya disebut Pajak Tidak Langsung.

B. Menurut Sifat
a. Pajak Subjektif Pajak yang pengenaannya memperhatikan keadaan pribadi Wajib Pajak atau pengenaan pajak yang memperhatikan keadaan subjeknya. Contoh: Pajak Penghasilan (PPh). Dalam PPh terdapat subjek pajak (Wajib Pajak) orang pribadi. Pengenaan PPh untuk orang pribadi tersebut memperhatikan keadaan pribadi Wajib Pajak (status perkawinan, banyaknya anak, dan tanggungan lainnya). Keadaan pribadi Wajib Pajak tersebut selanjutnya digunakan untuk menentukan besarnya penghasilan tidak kena pajak.

b. Pajak Objektif Pajak yang pengenaannya memperhatikan objeknya, baik berupa benda, keadaan, perbuatan, maupun peristiwa yang mengakibatkan timbulnya kewajiban membayar pajak, tanpa memperhatikan keadaan pribadi Subjek Pajak (Wajib Pajak), dan tempat tinggal.

C. Menurut Lembaga Pemungut
a. Pajak Negara (Pajak Pusat)
Pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat dan digunakan untuk membiayai rumah tangga negara pada umumnya. Contoh: PPh, PPN dan PPnBM, Bea Meterai
b. Pajak Daerah
Pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah, baik daerah tingkat I (pajak propinsi), maupun daerah tingkat II (pajak kabupaten/kota), dan digunakan untuk membiayai rumah tangga daerah masing-masing. Contoh: Pajak Kendaraan Bermotor dan Kendaraan diatas Air, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Kendaraan diatas Air, Pajak Air Permukaan, Pajak Rokok, Pajak, Bahan Bakar kendaraan, Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Papan Reklame, Pajak Penerangn Jalan, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, Pajak Sarang burung walet, Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaaan dan Perkotaan. Pajak Propinsi meliputi Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Pajak Air Permukaan, Pajak Pengambilan dan Pemanfaatan Air Bawah Tanah dan Air Permukaan. Pajak Kabupaten/Kota meliputi Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Papan Reklame, Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C, Pajak Parkir, Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan, serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan.

3.      HAMBATAN PEMUNGUTAN PAJAK
Mengingat pentingnya peran masyarakat untuk membayar pajak dalam peran sertanya menanggung pembiayaan negara, maka dituntut kesadaran warga negara untuk memenuhi kewajiban kenegaraan. Terlepas dari kesadaran sebagai warga negara, pada sebagian besar masyarakat tidak memenuhi kewajiban membayar pajak. Dalam hal demikian timbul perlawanan terhadap pajak. Perlawanan terhadap pajak dapat dibedakan menjadi:
1. Perlawanan Pasif Perlawanan pasif berupa hambatan yang mempersulit pemhungutan pajak dan mempunyai hubungan erat dengan struktur ekonomi.
2. Perlawanan Aktif Perlawanan aktif secara nyata terlkihat pada semua usaha dan perbuatan yang secara langsung ditujunak kepada pemerintah (fiskus) dengan tujuan untuk menghindari pajak.

4. TATA CARA PEMUNGUTAN PAJAK
A. Stelsel Pajak
a. Stelsel Nyata (Riil).
Stensel ini dinyatakan bahwa pengenaan pajak didasarkan pada objek yang sesungguhnya terjadi (untuk PPh, objeknya adalah penghasilan). Oleh karena itu, pemungutan pajaknya baru dapat dilakukan pada akhitr tahun pajak, yaitu setelah semua penghasilan yang sesungguhnya dalam satu tahun pajak diketahui. Contoh: PPh Pasal 21, Pasal 22, Pasal 23, Pasal 4 ayat (2), dan pasal 26. Kelebihan stelsel nyata adalah penghitungan pajak didasarkan pada penghasilan yang sesungguhnya sehingga lebih akurat dan realistis.

Kekurangan stelsel nyata adalah pajak baru dapat diketahui pada akhir periode sehingga:
1) Wajib pajak akan dibebani jumlah pembayaran pajak yang tinggi pada akhir tahun, sementara pada waktu tersebut belum tentu tersedia jumlah kas yang memadai.
2) Semua Wajib Pajak akan membayar pada akhir tahun sehingga jumlah uang beredar secara makro akan terpengaruh.

b. Stelsel Anggapan (Fiktif).
Stelsel ini menyatakan bahwa pengenaan pajak didasarkan pada suatu anggapan yang diatur oleh undang-undang. Contoh, penghasilan suatu tahun dianggap sama dengan penghasilan tahun sebelumnya sehingga pajak yang terutang pada suatu tahun juga dianggap sama dengan pajak yang terutang pada tahun sebelumnya.

Dengan stelsel ini, berarti besarnya pajak yang terutang pada tahun berjalan sudah dapat ditetapkan atau diketahui pada awal tahun yang bersangkutan. Contoh angsuran bulanan PPh Pasal 25: Penghasilan tahun 2015 sebesar Rp50.000.000. Dengan anggapan bahwa penghasilan tahun 2016 sama dengan penghasilan tahun 2015, PPh tahun 2016 sudah dapat dihitung pada awal tahun 2016. Misalnya, tarif pajak yang berlaku 5%, berarti besarnya PPh yang terutang tahun 2016 adalah Rp2.500.000 yang pembayarannya dapat diangsur pada saat-sat tertentu dalam tahun tersebut.

Kelebihan stelsel fiktif adalah pajak dapat dibayar selama tahun berjalan tanpa harus menunggu sampai akhir suatu tahun, misalnya pembayaran pajak dilakukan pada saat Wajib Pajak memperoleh penghasilan tinggi atau mungkin dapat diangsur dalam tahun berjalan. Kekurangannya adalah pajak yang dibayar tidak berdasarkan pada keadaan yang sesungguhnya, sehingga penentuan pajak menjadi tidak akurat.

c. Stelsel Campuran.
Stelsel ini menyatakan bahwa pengenaan pajak didasarkan pada kombinasi antara stelsel nyata dan stelsel anggapan. Pada awal tahun, besarnya pajak dihitung berdasarkan suatu anggapan. Kemudian, pada akhir tahun, besarnya pajak dihitung berdasarkan keadaan yang sesungguhnya. Jika besarnya pajak berdasarkan keadaan yang sesungguhnya lebih besar daripada besarnya pajak menurut anggapan, Wajib Pajak harus membayar kekurangan tersebut (PPh Pasal 29). Sebaliknya, jika besarnya pajak sesunggunya lebih kecil daripada besarnya pajak menurut anggapan, kelebihna tersebut dapat diminta kembali (restitusi) atau dikompensasikan pada tahun-tahun berikutnya, setelah diperhitungkan dengan utang pajak yang lain (PPh Pasal 28 (a)).

5. ASAS PEMUNGUTAN PAJAK
A. Asas Domisili (Asas Tempat Tinggal)
Asas ini menyatakan bahwa negara berhak mengenakan pajak atas seluruh penghasilan Wajib Pajak yang bertempat tinggal di wilayahnya, baik penghasilan yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Setiap Wajib Pajak yang berdomisili atau bertempat tinggal di wilayah Indonesia (Wajib Pajak dalam negeri) dikenakan pajak atas seluruh penghasilan yang diperolehnya, baik dari Indonesia mauapun dari luar Indonesia.

Contoh: Wahyudin bertempat tinggal di Indonesia dalam jangka waktu tertentu yang menurut peraturan perpajakan Indonesia telah memenuhi ketentuan sebagai Wajib Pajak dalam Negeri. Pada tahun 2011, Wahyudin memperoleh penghasilan di Indonesia sebesar Rp50.000.000 dan dari luar negeri Rp75.000.000. Penghasilan Wahyudin yang dikenakan di Indonesia pada tahun 2011 adalah sebesar Rp125.000.000.

B.     Asas Sumber
Asas ini menyatakan bahwa negara berhak mengenakan pajak atas penghasilan yang bersumber di wilayahnya tanpa memperhatikan tempat tinggal Wajib Pajak. Setiap orang yang memperoleh penghasilan dari Indonesia dikenakan pajak atas penghasilan yang diperolehnya tadi. Contoh: Nomura adalah warga negara Jepang yang pada bulan Juli 2015 memperoleh penghasilan dari Indonesia sebesar Rp100.000.000 dan dari negara lain sebesar Rp50.000.000.
Menurut peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia, Nomura bukan Wajib Pajak dalam Negeri, sehingga penghasilan Nomura yang dikenakan pajak di Indonesia pada bulan Juli 2015 hanya penghasilan yang bersumber dari Indonesia saja sebesar Rp100.000.000.
C.     Asas Kebangsaan
Asas ini menyatakan bahwa pengenaan pajak dihubungkan dengan kebangsaan suatu negara. Misalnya, pajak bangsa asing di Indonesia dikenakan atas setiap orang asing uang bukan berkebangsaan Indonesia, tetapi bertempat tinggal di Indonesia.

6. SISTEM PEMUNGUTAN PAJAK
A. Official Assessment System
Sistem pemungutan pajak yang memberikan kewenangan aparatur perpajakan untuk menentukan sendiri jumlah paajk yang terutang setiap tahunnnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Dalam sistem ini, inisiatif serta kegiatan menghitung dan memungut pajak sepenuhnya berada di tangan aparatur perpajakan. Dengan demikian, berhasil atau tidaknya pelaksanaan pemungutan pajak banyak tergantung pada aparatur perpajakan (peranan dominan ada pada aparatur perpajakan).

B. Self Assessment System
Sistem pemungutan pajak yang memberi wewenang Wajib Pajak dalam menentukan sendiri jumlah pajak yang terutang setiap tahunnya sesuai dengan peraturan peundang-undangan perpajakan yang berlaku. Dalam sistem ini, inisiatif serta kegiatan menghitung dan memungut pajak sepenuhnya berada di tangan Wajib Pajak. Wajib Pajak dianggap mampu menghitung pajak, memahami undang-undang perpajakan yang sedang berlaku, mempunyai kejujuran yang tinggi, dan menyadari akan arti pentingnya membayar pajak. Oleh karena itu, Wajib Pajak diberi kepercayaan untuk:
1) Menghitung sendiri pajak yang terutang
2) Memperhitungkan sendiri pajak yang terutang
3) Membayar sendiri jumlah pajak yang terutang
4) Melaporkan sendiri jumlah pajak yang terutang
5) Mempertanggungjawabkan pajak yang terutang Sehingga berhasil atau tidaknya pelaksanaan pemungutan pajak sebagian besar tergantung pada Wajib Pajak sendiri (peranan dominan ada pada Wajib Pajak).

D.    With Holding System
Sistem pemungutan pajak yang memberi wewenang kepada pihak ketiga yang ditunjuk untuk menentukan besarnya pajak yang terutang oleh Wajib Pajak yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Penunjukan pihak ketiga ini dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan, keputusan presiden, dan peraturan lainnya untuk memotong serta memungut pajak, menyetor, dan mempertanggungjawabkan melalui sarana perpajakan yang tersedia. Berhasil atau tidaknya pelaksanaan pemungutan pajak banyak tergantung pada pihak ketiga yang ditunjuk. Peranan dominan ada pada pihak ketiga.

7.      TIMBULNYA UTANG PAJAK
Saat timbulnya utang pajak mempunyai peranan yang sanagat penting karena berkaitan dengan:
1. Pembayaran pajak
2. Memasukkan surat keberatan
3. Menentukan saat dimulai dan berakhirnya jangka waktu kadaluwarsa
4. Menerbitkan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar, Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan, dan sebagainya.
5. Menentukan besanya denda maupun sanksi administrasi lainnya. Terdapat dua ajaran yang mengatur timbulnya utang pajak (saat pengakuan adanya utang pajak), yaitu:

A. Ajaran Materiil
Ajaran materiil menyatakan bahwa utang pajak timbul karena diberlakukannya undangundang perpajakan. Dalam ajaran ini, seseorang akan secara aktif menentukan apakah dirinya dikenakan pajak atau tidak, sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Ajaran ini konsisten dengan penerapan self assessment system.

B. Ajaran Formil
Ajaran formil menyatakan bahwa utang pajak timbul karena dikeluarkannya surat ketetapan pajak oleh fiskus (pemerintah). Untuk menentukan apakah seseorang dikenakan pajak atau tidak, berapa jumlah pajak yang harus dibayar, dan kapan jangka waktu pembayarannya dapat diketahui dalam surat ketetapan pajak. Ajaran ini konsisten dengan penerapan official assessment system.

8.      BERAKHIRNYA UTANG PAJAK
Utang pajak akan berakhir atau terhapus jika terjadi hal-hal sebagai berikut:
A.     Pembayara/Pelunasan
Pembayaran pajak dapat dilakukan dengan pemotongan/pemungutan oleh pihak lain, pengkreditan pajak luar negeri, maupun pembayaran sendiri oleh Wajib Pajak ke kantor penerima pajak (bank-bank persepsi dan kantor pos).
B.     Kompensasi
Kompensasi dapat diartikan sebagai kompensasi kerugian maupun kompensasi karena kelebihan pembayaran pajak.
a. Contoh penerapan kompensasi karena kerugian yang dapat menyebabkan terhapusnya atau berakhirnya utang pajak: Pada awal kepemilikan tahun 2013, Wajib Pajak A menderita kerugian sebesar Rp10.000.000. Pada tahun 2014, mulai memperoleh laba sebesar Rp5.000.000. Seharusnya pada tahun 2014, Wajib Pajak A terutang pajak penghasilan sebesar persentase tertentu dari laba tahun 2014. Akan tetapi, utang pajak tahun 2014 terhapusnya karena jumlah kerugian pada tahun 2013 dapat dikompensasikan atau dikurangkan dari laba tahun 2014. Kerugian suatu usaha dapat dikompensasikan pada tahun-tahun setelahnya dengan jangka waktu paling lama lima tahun setekah tahun terjadinya kerugian tersebut.
b. Contoh penerapan kompensasi karena kelebihan pembayaran pajak yang dapat menyebabkan terhapusnya atau berakhirnya utang pajak:
1) Wajib Pajak B pada tahun 2014, membayar pajak sebesar Rp8.000.000. Setelah dilakukan penghitungan kembali pada akhir tahun 2014, ditemukan bahwa pajak yang sebenarnya terutang oleh Wajib Pajak B adaalh Rp5.000.000. Kelebihan pembayaran sebesar Rp3.000.000 di tahun 2014 tersebut dapat dikompensasikan atau dikurangkan dari total pajak pada tahun 2015.
2) Wajib Pajak C kelebihan membayar PPh tahun 2014 sebesar Rp1.000.000, sedangkan untuk jenis PPN terdapat kekurangan pajak sebesar Rp1.500.000. Kelebihan pembayaran PPh tahun 2014 dapat dikompensasikan pada kekurangan PPN di tahun yang sama, sehingga utang PPN yang sebesar Rp1.000.000 pada tahun 2014 menjadi terhapus. Sisa utang PPN menjadi Rp500.000.

C. Kedaluwarsa
Kedaluwarsa berarti telah lewat batas waktu tertentu. Jika dalam jangka waktu tertentu suatu utang pajak tidak ditagih oleh pemungutnya, utang pajak tersebut dianggap telah lunas/dihapus/berakhir dan tidak dapat ditagih lagi. Utang pajak akan kedaluwarsa setelah melewati waktu 10 tahun, terhitung sejak terutangnya pajak atau berakhirnya Masa Pajak, Bagian Tahun Pajak, atau Tahun Pajak yang bersangkutan.

D. Pembebasan/Penghapusan
Kewajiban pajak oleh Wajib Pajak tertentu dinyatakan hapus oleh fiskus karena setelah dilakukan penyidikan, ternyata Wajib Pajak tidak mampu lagi memenuhi kewajibannya. Hal ini biasanya terjadi karena Wajib Pajak mengalami kebangkrutan maupun mengalami kesulitan likuiditas.

Dalam pelaksanannya memang piutang pajak bagi otoritas pajak atau utang pajak bila ditinjau dariWajib Pajak dapat dihapuskan yang tata caranya diatur dengan atau berdasarkan peraturan Menteri Keuangan yang wewenang tersebut diberikan oleh Pasal 24 UU KUP. Besarnya piutang pajak pihak otoritas pajak yang yang tidak dapat ditagih lagi, antar lain karena Wajib Pajak telah meninggal dunia dan tidak mempunyai harta warisan atau kekayaan, Wajib Pajak Badan yang telah selesai proses pailitnya tau Wajib Pajak yang tidak memenuhi syarat lagi sebagai subjek pajak dan hak untuk melakukan penagihan pajak telah kedaluwarsa.

Melalui penghapusan piutang pajak ini dapat diperkirakan secara efektif besarnya saldo piutang pajak yang dapat ditagih ataupun dicairkan. Pengaturan penghapusan piutang pajak untuk daerah tertentu pun pernah terjadi sebagai akibat peristiwa tertentu sebagai contoh peristiwa gempa di yogyakarta pada tahun 2006, tetapi juga dapat pengaturan secara umum.

9.      TARIF PAJAK
Untuk menghitung besarnya pajak yang terutang diperlukan dua unsur, yaitu tarif pajak dan dasar pengenaan pajak. Tarif pajak dapat berupa angka atau persentase tertentu. Jenis tarif pajak dibedakan menjadi tarif tetap, tarif proporsional (sebanding), tarif progresif (meningkat), dan tarif degresif (menurun).
A.     Tarif Tetap
Tarif tetap adalah tarif berupa jumlah atau angka yang tetap, berapapun besarnya dasar pengenaan pajak. Contoh: No Dasar Pengenaan Pajak Tarif Pajak 1. Rp 1.000.000 Rp6.000 2. Rp 2.000.000 Rp6.000 3. Rp15.000.000 Rp6.000 4. Rp50.000.000 Rp6.000 Di Indonesia, tarif tetap diterapkan pada bea meterai. Pembayaran dengan menggunakan cek atau bilyet giro untuk berapa pun jumlahnya dikenakan pajak sebesar Rp6.000. Bea Meterai juga 13 dikenakan atas dokumen-dokumen atau surat perjanjian tertentu yang ditetapkan dalam peraturan tentang Bea Meterai.

B.     Tarif Proporsional (Sebanding)
Tarif proporsional adalah tarif berupa persentasetertentu yang sifatnya tetap terhadap berap pun dasar pengenaan pajaknya. Makin besar dasar pengenaan pajak, makin besar pula jumlah pajak yang terutang dengan kenaikan secara proporsional atau sebanding. Contoh: No Dasar Pengenaan Pajak Tarif Pajak Utang Pajak
1. Rp1.000 10% Rp100
2. Rp20.000 10% Rp2.000
3. Rp500.000 10% Rp50.000
4. Rp90.000.000 10% Rp9.000.000

Di Indonesia, tarif proporsional diterapkan pada PPN (tarif 10%), PPh Pasal 26 (tarif 20%), PPh Pasal 23 (tarif 15% dan 2% untuk jasa lain), PPh WP Badan dalam negeri, dan BUT (tarif Pasal 17 ayat (1) b atau 28% untuk tahun 2009 serta 25% untuk tahun 2010 dan seterusnya).
C.     Tarif Progresif (Meningkat)
Tarif prgresif adalah tarif berupa persentase tertentu yang semakin meningkat dengan meningkatnya dasar pengenaan pajak. Tarif progresif dibedakan menjadi tiga yaitu:
1.      Tarif Progresif-Proporsional,
tarif persentase tertentu yang semakin meningkat dengan semakin meningkatnya dasar pengenaan pajak dan kenaikan persentase tersebut adalah tetap.  Contoh: No Dasar Pengenaan Pajak Tarif Pajak Kenaikan Tarif
1. Sampai dengan Rp10.000.000 15% -
2. Di atas Rp10.000.000 s.d. Rp25.000.000 25% 10%
3. Di atas Rp25.000.000 35% 10%
Tarif Progresif-Proporsional pernah diterapkan di Indonesia untuk menghitung PPh. Tarif ini diberlakukan sejak tahun 1984 sampai dengan tahun 1994 dan diatur dalam Pasal 17 UU No. 7 tahun 1983.
2.      Tarif Progresif-Progresif,
tarif berupa persentase tertentu yang semakin meningkat dengan meningkatnya dasar pengenaan pajak dan kenaikan persentase tersebut juga makin meningkat. Contoh: No Dasar Pengenaan Pajak Tarif Pajak Kenaikan % Tarif
1. Sampai dengan Rp25.000.000 10% -
2. Di atas Rp25.000.000 s.d. Rp50.000.000 15% 5%
3. Di atas Rp50.000.000 30% 15%

Tarif Progresif-Progresif pernah diterapkan di Indonesia untuk menghitung Pajak Penghasilan. Tarif ini diberlakukan sejak tahun 1995 sampai dengan tahun 2000 dan diatur dalam Pasal 17 UU No. 10 tahun 1994. Mulai tahun 2001, jenis tarif ini masih diberlakukan sampai dengan akhir tahun 2008, tetapi hanya untuk Wajib Pajak badan dan bentuk usaha tetap dengan perubahan pada dasar pengenaan pajak sebagai berikut:
No Dasar Pengenaan Pajak Tarif Pajak Kenaikan % Tarif
1. Sampai dengan Rp50.000.000 10% -
2. Di atas Rp50.000.000 s.d. Rp100.000.000 15% 5%
3. Di atas Rp100.000.000 30% 15%

3.      Tarif Progresif-Degresif,
tarif berupa persentase tertentu yang semakin meningkat dengan meningkatnya dasar pengenaan pajak, tetapi kenaikan persentase tersebut makin menurun. Contoh: No Dasar Pengenaan Pajak Tarif Pajak Kenaikan % Tarif
1. Rp50.000.000 10% -
2. Rp100.000.000 15% 5%
3. Rp200.000.000 18% 3%

D. Tarif Degresif (Menurun)
Tarif degresif merupakann tarif berupa persentase tertentu yang semakin menurun dengan makin meningkatnya dasar pengenaan pajak. Contoh: 15 No Dasar Pengenaan Pajak Tarif Pajak
1. Rp50.000.000 30%
2. Rp100.000.000 20%
3. Rp200.000.000 10%

B. RANGKUMAN
Menurut UU No. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Pajak adalah kontribusi kepada negara yang terutang orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdsarkan undang-undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Di samping pajak, ada pungutan lain yang serupa dengan pajak, tetapi mempunyai perlakuan dan sifat yang berbeda dengan pajak yang dilakukan oleh negara terhadap rakyatnya, yaitu: bea meterai, bea masuk dan bea keluar, cukai, retribusi, iuran, dan pungutan. Secara umum, pajak di Indonesia dibedakan menjadi dua yaitu Pajak Pusat dan Pajak Daerah. Sejak reformasi perpajakan tahun1983, undang - undang yang mengatur ketentuan material Pajak Penghasilan dipisahkan dari undang - undang yang megatur ketentuan formal. Hukum pajak material mengatur tentang subjek pajak, objek pajak, dan tarif pajak sehingga bisa dihitung besarnya pajak terutang. Sedangkan bagaimana tatacara agar pajak tersebut terealisasi sehingga masuk ke kas negara diatur dalam hukum pajak formal.

Tambahan
Asar diharamkannya pajak oleh sebagian ulama didasarkan pemikiran bahwa pajak berbeda dari zakat. Zakat pada intinya adalah kewajiban yang melekat pada dirinya sebagai seorang muslim sebagaimana rukun Islam lainnya yang diwajibkan oleh Allah SWT, sedangkan konsep pajak dalam Islam menyatakan bahwa pajak hanya dapat dikenakan pada kelebihan harta bukan pada penghasilan. Negara tidak dapat mengenakan pajak langsung seperti pajak penjualan pada barang dan jasa juga pajak dalam bentuk biaya peradilan, biaya petisi , penjualan atau pendaftaran tanah, bangunan, atau jenis pajak lain selain yang shari’ah.


Mengapa Pajak Diharamkan Dalam Islam?
Pendapat golongan yang mendukung pengharaman pemungutan pajak salah satunya diperkuat oleh hadist (HR Ahmad dan Abu Dawud). ”Dari abu Khair Radhiyallahu’anhu beliau berkata, Maslamah bin Makhlad (gubernur Mesir saat itu) menawarkan tugas penarikan pajak kepada Ruwafi bin Tsabit Radhiyallahu ’anhu, maka Ia berkata: ’Sesungguhnya para penarik/pemungut pajak (diazab) di neraka’”( HR Ahmad 4/143, Abu Dawud 2930).
Imam Abu Ja’far Ath Thawawi Rahimahumullah (Imam Abu Ja’far Ath Thawawi Rahimahumullah, kitab Syarh Ma’ani Al-Atsar (2/30-31), berkata bahwa Al-Usyr yang telah dihapus kewajibannya oleh Rasulullah SAW atas kaum muslimin adalah pajak yang biasa dipungut oleh kaum jahilliyah. Kemudian beliau melanjutkan, ” ............. hal ini sangat berbeda dengan kewajiban zakat”.

Posting Komentar untuk "Pembahasan Lengkap tentang Sistem Pajak di Indonesia"