Tugas M4 KB3: Gaya Belajar
Ibu
Wati meminta peserta didiknya untuk mencatat dan mempelajari gejala-gejala alam
seperti suhu udara, cuaca panas dan dingin, terjadinya hujan, terjadinya
pelangi, terjadinya angin darat dan angin laut, peristiwa gunung meletus serta
berbagai gejala alam yang terjadi disekitar mereka baik secara individu maupun
berkelompok.
Untuk
melatih kemandirian peserta didik dan menciptakan pembelajaran yang aktif,
efektif, dan menyenangkan, maka kegiatan belajar yang dilakukan oleh peserta
didik dalam bentuk
1. mengamati langsung,
2. bertanya kepada ahli,
3. membaca litelatur dan
4. membuktikan atau mencobanya sendiri.
Dari kegiatan di atas kecerdasan majemuk
apa yang sedang dikembangkan Ibu Wati?
Jawaban :
Kegiatan
belajar yang dilakukan oleh peserta didik dalam pembelajaran tersebut
adalah
1. mengamati langsung,
2. bertanya kepada ahli,
3. membaca litelatur dan
4. membuktikan atau mencobanya sendiri.
Dari
kegiatan belajar yang akan dilakukan oleh peserta didik menunjukkan bahwa Ibu
Wati akan mengembangkan 3 Kecerdasan Majemuk kepada peserta didiknya yakni
1. Kecerdasan Visual Spasial
2. Kecerdasan Bahasa
3. Kecerdasan Kinestetis
Alasannya adalah sebagai berikut :
1.
Kegiatan Mengamati Langsung (Kecerdasan Visual Spasial)
Kegiatan
ini adalah kegiatan yang akan mengembangkan kemampuan kecerdasan Visual Spasial
peserta didik. Pada saat peserta didik mengamati langsung dalam mempelajari
gejala-gejala alam seperti suhu udara,
cuaca panas dan dingin, terjadinya hujan, terjadinya pelangi, terjadinya angin
darat dan angin laut, peristiwa gunung meletus serta berbagai gejala alam,
peserta didik akan mempersepsi & mentransformasikan dunia yang mereka
lihat, seperti warna, garis, bentuk, ruang & hubungan yang terjadi di dalamnya
sehingga mereka akan belajar dengan melihat, mengamati, serta mengenali benda –
benda tersebut berserta warna, detail – detailnya serta mereka juga dalam
kesempatan yang sama bisa melihat hal atau benda dengan perspektif baru.
2. Bertanya
Kepada Ahli dan 3. Membaca Litelatur (Kecerdasan Bahasa)
Pada kegiatan ini, peserta didik
akan mengembangkan kemampuan kecerdasan Bahasa mereka karena dalam kegiatan
ini, para peserta didik akan menggunakan kemampuan menggunakan kata baik dalam
bentuk verbal maupun tulisan. Hal ini sesuai dengan karakteristik kecerdasan
Bahasa itu sendiri yakni menggunakan
ketrampilan menyimak, berbicara, menulis, dan membaca untuk mengingat,
berkomunikasi, berdiskusi, menjelaskan, mempengaruhi, menciptakan pengetahuan,
menyusun makna, dan menggambarkan bahasa itu sendiri.
4.
Membuktikan Atau Mencobanya Sendiri
Pada
kegiatan ini peserta didik diminta untuk terlibat secara langsung dengan
menggunakan kemampuan fisik, baik itu kecepatan, kelenturan, kekuatan, dan lain
– lain dalam proses kegiatan pembelajarannya. Mereka bisa mempraktekkan secara
langsung bagaimana proses terjadinya pelangi dan terjadi gunung meletus dengan
praktikum.
Posting Komentar untuk "Tugas M4 KB3: Gaya Belajar"