Tugas M5 KB2: Media Pembelajaran
1.
Pengertian media pembelajaran dari sudut
pandang Schramm (1977), Briggs (1977), Gagne (1990), dan Arief S. Sadiman
(1986) memiliki perbedaan mendasar. Berdasarkan analisis Anda (sebagai seorang
guru profesional) pandangan siapa yang paling relevan dengan kondisi
pembelajaran student centered learning? Berikan alasannya.
-
Media pembelajaran adalah teknologi
pembawa pesan (atau informasi) yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan
pembelajaran (Schramm,1977).
-
Briggs (1977) mendifinisikan media
pembelajaran sebagai sarana fisik untuk menyampaikan isi / materi pembelajaran.
-
Gagne (1990) mengartikan media
pembelajaran sebagai jenis komponen dalam lingkungan peserta didik yang dapat
merangsang mereka untuk belajar
-
Arief S. Sadiman (1986) menyampaikan
bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran,
perasaan, perhatian dan minat peserta didik agar terjadi proses belajar.
Dari keempat definisi di atas,
terdapat perbedaan konsep media pembelajaran yang sangat prinsip dan menurut
saya, pandangan yang paling relevan dengan kondisi pembelajaran student
centered learning adalah pandangan dari Schramm (1977). Seperti yang kita
ketahui, SCL adalah suatu metode pembelajaran dimana guru dan penyelenggara
pendidikan memberikan otonomi dan kendali lebih besar kepada siswa untuk
menentukan materi pelajaran, model pembelajaran dan cepat-lambat tahapan dalam pembelajaran.
Tentu saja, seperti yang dikatakan oleh Schramm, bahwa media adalah teknologi pembawa
pesan (atau informasi sangat berguna dan cocok dimanfaatkan dalam proses
pembelajaran student centered learning yang menekankan kepada aktivitas siswa
yang menjadi subject pembelajaran.
Siswa dengan menggunakan media
tersebut untuk mencari, menerima, dan mengolah informasi tersebut dengan
kendali mereka. Selain itu, penggunaan media sebagai pembawa pesan, tentu saja
sangat familiar bagi siswa abad 21. Kita tahu bahwa media saat ini telah mengalami
kemajuan sangat pesat. Media pembawa pesan / informasi saat ini telah
bertransformasi menjadi media yang sangat efektif bagi siswa yang akrab dengan
teknologi. Oleh karena itu, media sebagai pembawa pesan merupakan pandangan
yang sangat relevan bagi pembelajaran yang menerapkan student centered
learning.
2.
Perkembangan teknologi elektronika,
serta teknologi komputer dan informatika berpengaruh terhadap pemanfaatan media
pembelajaran. Buatlah klasifikasi media pembelajaran abad 21 saat ini?
Klasifikasi
media pembelajaran abad 21
1) Media
Konvensional
a) Media
Cetak, seperti buku, koran, majalah dll
b) Media
Audio, seperti tape recorder, radio dll
c) Media
Grafik, Slide gambar dengan menggunakan proyektor, dan TV
2) Media
Digital
a) Komputer
b) Internet
(Web, Blog, Social Media dsb)
3.
Dalam RPP, secara eksplisit tertuliskan
tujuan pembelajaran sbb: “peserta didik mampu memperagakan cara menginstalasi
laptop dengan LCD dalam waktu 15 menit”. Anda. diminta merancang strategi
pembelajaran yang dapat mengintegrasikan fungsi media pembelajaran dan sumber
belajar dengan metode pembelajaran yang relevan dipilih.
a.
Materi :
Instalasi Laptop dengan LCD
b.
Strategi Pembelajaran : Demonstrasi
c.
Media Pembelajaran : Laptop, Infocus, Video tentang
Instalasi Laptop dan LCD
d.
Sumber Belajar : Internet, Youtube
e.
Metode Pembelajaran : Eksperimen (Unjuk Kerja)
Kegiatan Pembelajaran
a. Siswa
melihat tayangan video tentang cara pemasangan Laptop dengan LCD
b. Siswa
memperhatikan Guru tentang cara pemasangan Laptop dengan LCD
c. Siswa
mempraktekkan cara pemasangan Laptop dengan LCD
d. Siswa
mendemonstrasikan cara pemasangan Laptop dengan LCD di depan kelas.
My spouse and I absolutely love your blog and find most of your post's to
BalasHapusbe what precisely I'm looking for. Does one offer guest writers
to write content for yourself? I wouldn't mind creating a post or elaborating on many of the subjects you write regarding here.
Again, awesome blog!