Tugas Modul 1- Kegiatan 1
|
Konsekuensi terhadap karakteristik guru abad 21
Guru pada abad 21 adalah guru yang
mampu mengikuti perkembangan teknologi pada masa kini, jadi guru dituntut untuk
bisa mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran baik berbasis online
maupun offline. Tugas guru tidak hanya sebagai sumber belajar siswa, akan
tetapi sebagai motivator agar siswa semangat belajar dan sebagai inspirator
supaya siswa bisa menghasilkan suatu karya agar dapat dijadikan pemicu untuk
menumbuhkan rasa percaya diri dan berkarya lebih baik lagi (guru sebagai pendidik.
dunia pembelajaran abad 21 menuntut karakteristik guru antara lain: Pertama,
guru disamping sebagai fasilitator, juga harus menjadi motivator
dan inspirator. Kedua, salah satu prasyarat paling penting
agar guru mampu mentrasformasikan diri dalam
era pedagogi siber atau era digital, adalah tingginya minat baca. Ketiga,
guru pada abad 21 harus memiliki kemampuan untuk menulis. Mempunyai
minat baca tinggi saja belum cukup bagi guru, tetapi
harus memiliki keterampilan
untuk menulis. Guru
juga dituntut untuk bisa menuangkan gagasan- gagasan inovatifnya dalam bentuk buku atau karya ilmiah. Keempat, guru abad 21 harus kreatif
dan inovatif dalam mengembangkan metode belajar atau mencari pemecahan masalah-masalah belajar, sehingga
meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis
TIK.
Tugas guru jaman sekarang harus
lebih ekstra, karena teknologi semakin lama akan terus berkembang, jadi harus
bisa memanfaatkan teknologi yang ada pada jaman sekarang seperti memanfaatkan
web, sosial media, dan e-learning untuk pembelajaran jarak jauh, serta guru
harus bisa memberikan perhatian kepada siswa agar menggunakan internet secara
bijak dan mencari kebenaran dari informasi yang hendak disebarkan agar tidak
terjadi informasi yang salah/Hoax, serta memanfaatkan berbagai media untuk
memudahkan kegiatan pembelajaran bagi guru untuk memberikan materi
pembelajaran.
Guru
ideal yang sesuai dengan perkembangan abad 21 adalah :
1. Guru
harus mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
2. Guru
harus menguasai materi pelajaran yang diajarkan siswa secara mendalam.
3. Guru
harus memiliki tanggungjawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai
evaluasi.
4. Mampu
berpikir sistematis tentang apa yang dilakukannya dan belajar dari
pengalamannya.
5. Guru
harus memiliki kepribadian untuk berkembang terhadap pemahaman ilmu pengetahuan
yang ada.
6. Guru
harus menguasai ilmu yang ditekuninya.
7. Guru
harus mampu memiliki keterampilan membangkitkan siswa untuk menguasai sains dan
teknologi.
8. Guru
harus mengembangkan profesi secara berkelanjutan, sehingga menjadi guru yang
profesional.
Konsekuensi terhadap karakteristik Siswa abad 21
Karakteristik siswa pada abad 21
adalah siswa harus mampu memanfaatkan teknologi untuk memperoleh berbagai
informasi baik itu untuk melengkapi materi dalam pembelajaran, pengerjaan tugas
dan berbagai informasi lainnya. Siswa mampu mengungkapkan apa yang telah dibaca
dan diketahui siswa selama mencari informasi yang ada. Siswa harus mampu
mencari, menanyakan serta mengungkapkan dari apa yang telah dibaca. Pemanfaatan
teknologi sudah sering digunakan oleh para siswa, namun siswa memanfaatkan
teknologi lebih banyak mengakses sosial media untuk kepentingan pribadinya.
Pola pemikiran siswa sebaiknya harus bisa diubah dengan dimulai memanfaatkan
internet untuk mencari sumber belajar terbaru/terkini, sehingga wawasan siswa
lebih luas dan terbuka terhadap perkembangan pengetahuan & teknologi masa
kini.
Siswa harus kreatif dalam
menghasilkan suatu hasil karya dan bisa memotivasi dirinya untuk terus
mengembangkan ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan. Siswa yang kreatif adalah
siswa yang mampu berinovasi dalam menghasilkan hasil karya serta mampu berpikir
kritis dalam menyampaikan informasi yang mereka dapatkan.
Implikasi
pembelajaran era digital pada proses pembelajaran sangat penting untuk
mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, serta guru dapat
berinovasi untuk mengembangkan media pembelajaran sebagai media untuk
menyampaikan materi ajar dan memanfaatkan internet untuk pembelajaran jarak
jauh.
Sementara
itu, abad 21 menuntut karakteristik siswa antara lain: (1) Keterampilan belajar
dan inovasi: berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam komunikasi dan
kreativitas kolaboratif dan inovatif; (2) Keahlian literasi digital: literasi
media baru dan literasi ICT; dan (3) Kecakapan hidup dan karir: memiliki
kemamuan inisiatif yang fleksibel dan inisiatif adaptif, dan kecakapan diri
secara sosial dalam interaksi antarbudaya, kecakapan kepemimpinan produktif dan
akuntabel, serta bertanggungjawab
Konsekuensi
dalam menghadapi pembelajaran abad 21 menurut saya harus mampu dan menyesuaikan
diri dalam perkembangan teknologi terkini, agar model dan teknik menyampaikan
materi terhadap siswa tidak ketinggalan jaman serts harus mampu berinovasi
serta memanfaatkan teknologi yang ada.
Di Sekolah karakteristik
siswa
antara lain:
Karakteristik
siswa pada abad 21 di SMK IC Islamic
Centre Brebes sudah memiliki keterampilan : terampil
menggunakan teknologi, terampil mengelola informasi, terampil belajar, terampil
berinovasi, terampil hidup, terampil berkarier, dan terampil meningkatkan diri
dalam kesadaran global. Siswa juga memiliki :
1. Bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Mengedepankan Kecerdasan Spiritual dalam setiap proses
pembelajaran hal ini diterapkan dalam literasi sebagai kegiatan pembuka sebelum
pembelajan dimulai
3. Memiliki
etos kerja yang tinggi sehingga produktif.
4. Memiliki
keterampilan berkomunikasi
5. Cakap
dalam mengembangkan teknologi dan informasi.
6. Cerdas, Ceria dan Berakhlak Mulia
Posting Komentar untuk "Tugas Modul 1- Kegiatan 1"