Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tugas Modul 1- Kegiatan 1



 

Konsekuensi terhadap karakteristik guru abad 21
Guru pada abad 21 adalah guru yang mampu mengikuti perkembangan teknologi pada masa kini, jadi guru dituntut untuk bisa mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran baik berbasis online maupun offline. Tugas guru tidak hanya sebagai sumber belajar siswa, akan tetapi sebagai motivator agar siswa semangat belajar dan sebagai inspirator supaya siswa bisa menghasilkan suatu karya agar dapat dijadikan pemicu untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan berkarya lebih baik lagi (guru sebagai pendidik.
dunia pembelajaran abad 21 menuntut karakteristik guru antara lain: Pertama, guru disamping sebagai fasilitator, juga harus menjadi motivator dan inspirator.  Kedua, salah satu prasyarat paling penting agar guru mampu mentrasformasikan diri dalam era pedagogi siber atau era digital, adalah tingginya minat baca. Ketiga, guru pada abad 21 harus memiliki kemampuan untuk menulis. Mempunyai minat baca tinggi saja belum cukup bagi guru, tetapi harus memiliki keterampilan untuk menulis. Guru juga dituntut untuk bisa menuangkan gagasan- gagasan inovatifnya dalam bentuk buku atau karya ilmiah. Keempat, guru abad 21 harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode belajar atau mencari pemecahan masalah-masalah belajar, sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis TIK.
Tugas guru jaman sekarang harus lebih ekstra, karena teknologi semakin lama akan terus berkembang, jadi harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada pada jaman sekarang seperti memanfaatkan web, sosial media, dan e-learning untuk pembelajaran jarak jauh, serta guru harus bisa memberikan perhatian kepada siswa agar menggunakan internet secara bijak dan mencari kebenaran dari informasi yang hendak disebarkan agar tidak terjadi informasi yang salah/Hoax, serta memanfaatkan berbagai media untuk memudahkan kegiatan pembelajaran bagi guru untuk memberikan materi pembelajaran.
Guru ideal yang sesuai dengan perkembangan abad 21 adalah :
1.      Guru harus mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
2.      Guru harus menguasai materi pelajaran yang diajarkan siswa secara mendalam.
3.      Guru harus memiliki tanggungjawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai evaluasi.
4.      Mampu berpikir sistematis tentang apa yang dilakukannya dan belajar dari pengalamannya.
5.      Guru harus memiliki kepribadian untuk berkembang terhadap pemahaman ilmu pengetahuan yang ada.
6.      Guru harus menguasai ilmu yang ditekuninya.
7.      Guru harus mampu memiliki keterampilan membangkitkan siswa untuk menguasai sains dan teknologi.
8.      Guru harus mengembangkan profesi secara berkelanjutan, sehingga menjadi guru yang profesional.

Konsekuensi terhadap karakteristik Siswa abad 21
Karakteristik siswa pada abad 21 adalah siswa harus mampu memanfaatkan teknologi untuk memperoleh berbagai informasi baik itu untuk melengkapi materi dalam pembelajaran, pengerjaan tugas dan berbagai informasi lainnya. Siswa mampu mengungkapkan apa yang telah dibaca dan diketahui siswa selama mencari informasi yang ada. Siswa harus mampu mencari, menanyakan serta mengungkapkan dari apa yang telah dibaca. Pemanfaatan teknologi sudah sering digunakan oleh para siswa, namun siswa memanfaatkan teknologi lebih banyak mengakses sosial media untuk kepentingan pribadinya. Pola pemikiran siswa sebaiknya harus bisa diubah dengan dimulai memanfaatkan internet untuk mencari sumber belajar terbaru/terkini, sehingga wawasan siswa lebih luas dan terbuka terhadap perkembangan pengetahuan & teknologi masa kini.
Siswa harus kreatif dalam menghasilkan suatu hasil karya dan bisa memotivasi dirinya untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan. Siswa yang kreatif adalah siswa yang mampu berinovasi dalam menghasilkan hasil karya serta mampu berpikir kritis dalam menyampaikan informasi yang mereka dapatkan.
Implikasi pembelajaran era digital pada proses pembelajaran sangat penting untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, serta guru dapat berinovasi untuk mengembangkan media pembelajaran sebagai media untuk menyampaikan materi ajar dan memanfaatkan internet untuk pembelajaran jarak jauh.
Sementara itu, abad 21 menuntut karakteristik siswa antara lain: (1) Keterampilan belajar dan inovasi: berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam komunikasi dan kreativitas kolaboratif dan inovatif; (2) Keahlian literasi digital: literasi media baru dan literasi ICT; dan (3) Kecakapan hidup dan karir: memiliki kemamuan inisiatif yang fleksibel dan inisiatif adaptif, dan kecakapan diri secara sosial dalam interaksi antarbudaya, kecakapan kepemimpinan produktif dan akuntabel, serta bertanggungjawab
Konsekuensi dalam menghadapi pembelajaran abad 21 menurut saya harus mampu dan menyesuaikan diri dalam perkembangan teknologi terkini, agar model dan teknik menyampaikan materi terhadap siswa tidak ketinggalan jaman serts harus mampu berinovasi serta memanfaatkan teknologi yang ada.

Di Sekolah karakteristik siswa antara lain:
Karakteristik siswa pada abad 21 di SMK IC Islamic Centre Brebes sudah memiliki keterampilan : terampil menggunakan teknologi, terampil mengelola informasi, terampil belajar, terampil berinovasi, terampil hidup, terampil berkarier, dan terampil meningkatkan diri dalam kesadaran global. Siswa juga memiliki :
1.      Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Mengedepankan Kecerdasan Spiritual dalam setiap proses pembelajaran hal ini diterapkan dalam literasi sebagai kegiatan pembuka sebelum pembelajan dimulai
3.      Memiliki etos kerja yang tinggi sehingga produktif.
4.      Memiliki keterampilan berkomunikasi
5.      Cakap dalam mengembangkan teknologi dan informasi.
6.      Cerdas, Ceria dan Berakhlak Mulia


Posting Komentar untuk "Tugas Modul 1- Kegiatan 1"