Tugas Modul 4 KB 2 : Analisis Kebutuhan Instruksional Guru
Tugas Modul 4 KB
2 : Analisis Kebutuhan Instruksional Guru
1. Tuliskan daftar kompetensi dasar yang telah berhasil
dibuat dalam kegiatan analisis instruktional
Tes
Awal yang disesuaikan dengan Perilaku Khusus
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Perilaku
Khusus
|
Tes Awal
|
1
|
3.11.
membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal
recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya
4.11. Teks recount
4.11.1.
menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,
terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount)
4.11.2. menyusun teks recount lisan
dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu
lampau (personal recount), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
Ø
menyebutkan
contoh action verb dalam simple past
tense
|
Ø
sebutkan
contoh action verb dalam simple past
tense?
|
Ø
menyebutkan
contoh kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense
|
Ø
sebutkan
contoh kalimat deklaratif dan interogatif dalam simple past tense?
|
||
Ø
Menyebutkan
contoh adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last
month, an hour ago, dan sebagainya.
|
Ø
sebutkan
contoh adverbial dan frasa preposisional penunjuk waktu?
|
||
Ø
menyebutkan
contoh adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at
last, finally, dan sebagainya.
|
Ø
sebutkan
contoh adverbial dan frasa preposisional penghubung waktu?
|
||
Ø
menyebutkan
contoh nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb.
|
Ø
sebutkan
contoh nomina singular dan plural?
|
||
Ø
menyebutkan
pengertian teks recount.
|
Ø
sebutkan
pengertian teks recount?
|
||
Ø
menyebutkan
macam-macam teks recount
|
Ø
sebutkan
macam-macam teks recount?
|
||
Ø
menjelaskan
tujuan komunikatif dari teks recount
|
Ø
jelaskan
apa tujuan komunikatif dari teks recount?
|
||
Ø
menyebutkan
urutan struktur teks recount
|
Ø
sebutkan
urutan struktur teks recount?
|
||
Ø
menjelaskan
urutan struktur teks recount
|
Ø
jelaskan
urutan struktur teks recount?
|
||
Ø
membaca
teks recount dengan intonasi, ejaan yang benar
|
Ø
Bacalah
teks recount dengan intonasi dan ejaan yang benar!
|
2.
Buatlah tabel hasil penilaian tes awal
Hasil Penilaian Tes Awal
No
|
Perilaku Khusus
|
Dimiliki
|
Belum dimiliki
|
1
|
menyebutkan
contoh action verb dalam simple past
tense
|
|
|
2
|
menyebutkan
contoh kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense
|
|
|
3
|
Menyebutkan
contoh adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last
month, an hour ago, dan sebagainya.
|
|
|
4
|
menyebutkan
contoh adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at
last, finally, dan sebagainya.
|
|
|
5
|
menyebutkan
contoh nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb.
|
|
|
6
|
menyebutkan
pengertian teks recount.
|
|
|
7
|
menyebutkan
macam-macam teks recount
|
|
|
8
|
menjelaskan
tujuan komunikatif dari teks recount
|
|
|
9
|
menyebutkan
urutan struktur teks recount
|
|
|
10
|
menjelaskan
urutan struktur teks recount
|
|
|
11
|
membaca
teks recount dengan intonasi, ejaan yang benar
|
|
|
Daftar
Siswa yang di identifikasi dan Hasil Penilaian
No
|
Nama
|
Kelas
|
Perilaku No
|
Keterangan
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
||||
1
|
Ardians Jaka P
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,5 dimiliki
|
2
|
Cintia Deta A
|
VIII
|
√
|
X
|
√
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,3,5 dimiliki
|
3
|
Cintia Yolanda
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
4
|
Dela Firanika
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,5 dimiliki
|
5
|
Feni Astika H
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,5 dimiliki
|
6
|
Fikih Andrean
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
x
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3 dimiliki
|
7
|
Fredy Siswanto
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
8
|
Leka Lestari
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,5 dimiliki
|
9
|
Mesti Octaria
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
10
|
Pandu Ali A
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
11
|
Pranata Andika S
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
12
|
Randes
|
VIII
|
x
|
X
|
√
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
3,5 dimiliki
|
13
|
Randi
|
VIII
|
√
|
X
|
X
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,,5 dimiliki
|
14
|
Regian Ramadona
|
VIII
|
X
|
√
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
2 dimiliki
|
15
|
Ririn Afria S
|
VIII
|
√
|
x
|
√
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,3,5 dimiliki
|
16
|
Ronaldo
|
VIII
|
√
|
√
|
X
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,5 dimiliki
|
17
|
Sakuti Mulia T
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,5 dimiliki
|
18
|
Sanra Berliana B
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
19
|
Satrio
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
x
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3 dimiliki
|
20
|
Selamat Ariansah
|
VIII
|
√
|
X
|
√
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,3,5 dimiliki
|
21
|
Sinta Novela
|
VIII
|
√
|
√
|
X
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,5 dimiliki
|
22
|
Tiara Nabila
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
23
|
Tomi Andestar
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
24
|
Vani Tania A
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
25
|
Widia Afril R
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
26
|
Wike Andita
|
VIII
|
√
|
√
|
X
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,5 dimiliki
|
27
|
Wini Lelian S
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
28
|
Yanti Lestari
|
VIII
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,2,3,4,5 dimiliki
|
29
|
Yonaldo
|
VIII
|
√
|
X
|
X
|
x
|
√
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1,5 dimiliki
|
Kesimpulan
: perilaku 1, 2, 3, dan 5 sudah di miliki siswa
|
3.
Kelompokkan perilaku yang mendapat nilai cukup,
sedang, kurang, rendah
No
|
Perilaku Khusus
|
Cukup
(76 – 100%)
|
Sedang
(51 – 75%)
|
Kurang
(26 – 50%)
|
Rendah
(0 – 25%)
|
1
|
menyebutkan
contoh action verb dalam simple past
tense
|
√
|
|
|
|
2
|
menyebutkan
contoh kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense
|
√
|
|
|
|
3
|
Menyebutkan
contoh adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last
month, an hour ago, dan sebagainya.
|
√
|
|
|
|
4
|
menyebutkan
contoh adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at
last, finally, dan sebagainya.
|
|
√
|
|
|
5
|
menyebutkan
contoh nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb.
|
√
|
|
|
|
6
|
menyebutkan
pengertian teks recount.
|
|
|
|
√
|
7
|
menyebutkan
macam-macam teks recount
|
|
|
|
√
|
8
|
menjelaskan
tujuan komunikatif dari teks recount
|
|
|
|
√
|
9
|
menyebutkan
urutan struktur teks recount
|
|
|
|
√
|
10
|
menjelaskan
urutan struktur teks recount
|
|
|
|
√
|
11
|
membaca
teks recount dengan intonasi, ejaan yang benar
|
|
|
|
√
|
4.
Buatlah garis batas antara kedua kelompok perilaku
tersebut pada bagan hasil analisis instructional untuk menunjukkan dua hal
sebagai berikut:
a.
Perilaku yang
ada digaris batas adalah perilaku yang dikuasai siswa sampai pada tingkat cukup
baik
b.
Perilaku yang
ada diatas garis batas adalah perilaku yang belum dikuasai oleh populasi
sasaran atau baru dikuasai dari tingkat sedang, kurang, dan buruk.
Perilaku-perilaku itulah yang akan diajarkan pada peserta didik
No
|
Perilaku Khusus
|
Di Garis Batas
|
Di atas Garis Batas
|
1
|
menyebutkan
contoh action verb dalam simple past
tense
|
√
|
|
2
|
menyebutkan
contoh kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense
|
√
|
|
3
|
Menyebutkan
contoh adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last
month, an hour ago, dan sebagainya.
|
√
|
|
4
|
menyebutkan
contoh adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at
last, finally, dan sebagainya.
|
|
√
|
5
|
menyebutkan
contoh nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb.
|
√
|
|
6
|
menyebutkan
pengertian teks recount.
|
|
√
|
7
|
menyebutkan
macam-macam teks recount
|
|
√
|
8
|
menjelaskan
tujuan komunikatif dari teks recount
|
|
√
|
9
|
menyebutkan
urutan struktur teks recount
|
|
√
|
10
|
menjelaskan
urutan struktur teks recount
|
|
√
|
11
|
membaca
teks recount dengan intonasi, ejaan yang benar
|
|
√
|
5.
Buatlah susunan urutan perilaku yang diatas garis
batas untuk dijadikan pedoman dalam menentukan urutan materi pembelajaran
Urutan Perilaku
yang di atas garis batas untuk
menentukan urutan materi pembelajaran:
1. menyebutkan contoh adverbia
penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dan
sebagainya.
2. menyebutkan pengertian teks
recount.
3. menyebutkan macam-macam teks
recount
4. menjelaskan tujuan komunikatif
dari teks recount
5. menyebutkan urutan struktur teks
recount
6. menjelaskan urutan struktur teks
recount
7. membaca teks recount dengan
intonasi, ejaan yang benar
Min.. Ada soal dan jawaban sumatif dan formatif M3? Tentang teori belajar dan pembalajaran. Terima kasih
BalasHapus