Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tugas Modul 4 KB 2 : Analisis Kebutuhan Instruksional Guru



Tugas Modul 4 KB 2                        : Analisis Kebutuhan Instruksional Guru


1.    Tuliskan daftar kompetensi dasar yang telah berhasil dibuat dalam kegiatan analisis instruktional

Tes Awal yang disesuaikan dengan Perilaku Khusus
No
Kompetensi Dasar
Perilaku Khusus
Tes Awal
1
3.11.        membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.11.       Teks recount
4.11.1.   menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount)

4.11.2.   menyusun teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

Ø menyebutkan contoh action verb dalam simple past tense
Ø  sebutkan contoh action verb dalam simple past tense?

Ø menyebutkan contoh kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense

Ø  sebutkan contoh kalimat deklaratif dan interogatif dalam simple past tense?

Ø Menyebutkan contoh adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last month, an hour ago, dan sebagainya.

Ø  sebutkan contoh adverbial dan frasa preposisional penunjuk waktu?

Ø menyebutkan contoh adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dan sebagainya.

Ø  sebutkan contoh adverbial dan frasa preposisional penghubung waktu?

Ø menyebutkan contoh nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

Ø  sebutkan contoh nomina singular dan plural?

Ø menyebutkan pengertian teks recount.
Ø  sebutkan pengertian teks recount?
Ø menyebutkan macam-macam teks recount

Ø  sebutkan macam-macam teks recount?

Ø menjelaskan tujuan komunikatif dari teks recount

Ø  jelaskan apa tujuan komunikatif dari teks recount?

Ø menyebutkan urutan struktur teks recount
Ø  sebutkan urutan struktur teks recount?

Ø menjelaskan urutan struktur teks recount
Ø  jelaskan urutan struktur teks recount?
Ø membaca teks recount dengan intonasi, ejaan yang benar
Ø  Bacalah teks recount dengan intonasi dan ejaan yang benar!





2.        Buatlah tabel hasil penilaian tes awal
Hasil Penilaian Tes Awal
No
Perilaku Khusus
Dimiliki
Belum dimiliki
1
menyebutkan contoh action verb dalam simple past tense


2
menyebutkan contoh kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense



3
Menyebutkan contoh adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last month, an hour ago, dan sebagainya.



4
menyebutkan contoh adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dan sebagainya.



5
menyebutkan contoh nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.



6
menyebutkan pengertian teks recount.


7
menyebutkan macam-macam teks recount



8
menjelaskan tujuan komunikatif dari teks recount



9
menyebutkan urutan struktur teks recount


10
menjelaskan urutan struktur teks recount


11
membaca teks recount dengan intonasi, ejaan yang benar



Daftar Siswa yang di identifikasi dan Hasil Penilaian
No
Nama
Kelas
Perilaku No
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
1
Ardians Jaka P
VIII
x
x
x
x
x
x
x
1,2,3,5 dimiliki
2
Cintia Deta A
VIII
X
x
x
x
x
x
x
x
1,3,5 dimiliki
3
Cintia Yolanda
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
4
Dela Firanika
VIII
x
x
x
x
x
x
x
1,2,3,5 dimiliki
5
Feni Astika H
VIII
x
x
x
x
x
x
x
1,2,3,5 dimiliki
6
Fikih Andrean
VIII
x
X
x
x
x
x
x
x
1,2,3 dimiliki
7
Fredy Siswanto
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
8
Leka Lestari
VIII
x
x
x
x
x
x
x
1,2,3,5 dimiliki
9
Mesti Octaria
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
10
Pandu Ali A
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
11
Pranata Andika S
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
12
Randes
VIII
x
X
x
x
x
x
x
x
x
3,5 dimiliki
13
Randi
VIII
X
X
x
x
x
x
x
x
x
1,,5 dimiliki
14
Regian Ramadona
VIII
X
X
x
x
x
x
x
x
x
x
2 dimiliki
15
Ririn Afria S
VIII
x
x
x
x
x
x
x
x
1,3,5 dimiliki
16
Ronaldo
VIII
X
x
x
x
x
x
x
x
1,2,5 dimiliki
17
Sakuti Mulia T
VIII
x
x
x
x
x
x
x
1,2,3,5 dimiliki
18
Sanra Berliana B
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
19
Satrio
VIII
x
X
x
x
x
x
x
x
1,2,3 dimiliki
20
Selamat Ariansah
VIII
X
x
x
x
x
x
x
x
1,3,5 dimiliki
21
Sinta Novela
VIII
X
x
x
x
x
x
x
x
1,2,5 dimiliki
22
Tiara Nabila
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
23
Tomi Andestar
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
24
Vani Tania A
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
25
Widia Afril R
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
26
Wike Andita
VIII
X
x
x
x
x
x
x
x
1,2,3,5 dimiliki
27
Wini Lelian S
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
28
Yanti Lestari
VIII
x
x
x
x
x
x
1,2,3,4,5 dimiliki
29
Yonaldo
VIII
X
X
x
x
x
x
x
x
x
1,5 dimiliki
Kesimpulan : perilaku 1, 2, 3, dan 5 sudah di miliki siswa


3.        Kelompokkan perilaku yang mendapat nilai cukup, sedang, kurang, rendah
No
Perilaku Khusus
Cukup
(76 – 100%)
Sedang
(51 – 75%)
Kurang
(26 – 50%)
Rendah
(0 – 25%)
1
menyebutkan contoh action verb dalam simple past tense


2
menyebutkan contoh kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense




3
Menyebutkan contoh adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last month, an hour ago, dan sebagainya.




4
menyebutkan contoh adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dan sebagainya.




5
menyebutkan contoh nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.




6
menyebutkan pengertian teks recount.



7
menyebutkan macam-macam teks recount




8
menjelaskan tujuan komunikatif dari teks recount




9
menyebutkan urutan struktur teks recount



10
menjelaskan urutan struktur teks recount



11
membaca teks recount dengan intonasi, ejaan yang benar




4.        Buatlah garis batas antara kedua kelompok perilaku tersebut pada bagan hasil analisis instructional untuk menunjukkan dua hal sebagai berikut:
a.    Perilaku yang ada digaris batas adalah perilaku yang dikuasai siswa sampai pada tingkat cukup baik
b.    Perilaku yang ada diatas garis batas adalah perilaku yang belum dikuasai oleh populasi sasaran atau baru dikuasai dari tingkat sedang, kurang, dan buruk. Perilaku-perilaku itulah  yang akan diajarkan pada peserta didik
No
Perilaku Khusus
Di Garis Batas
Di atas Garis Batas
1
menyebutkan contoh action verb dalam simple past tense

2
menyebutkan contoh kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense


3
Menyebutkan contoh adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last month, an hour ago, dan sebagainya.


4
menyebutkan contoh adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dan sebagainya.


5
menyebutkan contoh nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.


6
menyebutkan pengertian teks recount.

7
menyebutkan macam-macam teks recount


8
menjelaskan tujuan komunikatif dari teks recount


9
menyebutkan urutan struktur teks recount

10
menjelaskan urutan struktur teks recount

11
membaca teks recount dengan intonasi, ejaan yang benar


5.        Buatlah susunan urutan perilaku yang diatas garis batas untuk dijadikan pedoman dalam menentukan urutan materi pembelajaran

Urutan Perilaku yang  di atas garis batas untuk menentukan urutan materi pembelajaran:
1.      menyebutkan contoh adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dan sebagainya.
2.      menyebutkan pengertian teks recount.
3.      menyebutkan macam-macam teks recount
4.      menjelaskan tujuan komunikatif dari teks recount
5.      menyebutkan urutan struktur teks recount
6.      menjelaskan urutan struktur teks recount
7.      membaca teks recount dengan intonasi, ejaan yang benar

1 komentar untuk "Tugas Modul 4 KB 2 : Analisis Kebutuhan Instruksional Guru"

  1. Min.. Ada soal dan jawaban sumatif dan formatif M3? Tentang teori belajar dan pembalajaran. Terima kasih

    BalasHapus