CONTOH SOAL LATIHAN CPNS SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS
CONTOH SOAL LATIHAN
SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB)
GURU KELAS
Pilihlah salah satu jawaban jawaban yang benar
1)
Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat
berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas
merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A.
Tahap sensorimotorik
B.
Tahap praoperasional
C.
Tahap operasional konkrit
2)
Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan
(pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan,
penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna
bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard
Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan...
A.
Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B.
Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C.
Kecerdasan Ruang (spatial)
D.
Kecerdasan Gerak Tubuh
3)
Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan
...
A.
pengayaan materi pelajaran
B.
refleksi
C.
latar belakang peserta didik
D.
tes awal (pre-test)
4)
Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion
referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah
...
A.
Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0
atau 6,0.
B.
Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus
tersebut.
C.
Menganalisis kemampuan peserta didik
D.
Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar
5)
Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip pembelajaran
yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A.
Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C.
Menggunakan strategi pembelajaran
D.
Hanya menggunakan teknik pembelajaran
6)
Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi
dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan
mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman
dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan
dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
A.
Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan
profil perilaku dan pribadi peserta didik.
B.
Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling
efektif.
C.
Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik
pembelajaran.
D.
Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran
baku keberhasilan
7)
Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...
A.
membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B.
diskusi dan sharing diantara peserta didik
C.
pembelajaran didominasi arahan dari guru
D.
proses penyampaian materi secara verbal
8)
Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan
kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi
ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar
kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara
lain ……
A.
Tantangan internal dan Eksternal
B.
Responsibility
C.
Reinforced
D.
Enriched
9)
Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya
yaitu…….
A.
kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk dapat
mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B.
Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus
dimiliki oleh siswa
C.
Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D.
Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat
(reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran
10)
Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan
pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan,
termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia
kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum
:
A.
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B.
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C.
Menyeluruh dan berkesinambungan
D.
Beragam dan terpadu
11)
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral
untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan berakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri
dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut
diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
A.
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
B.
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C.
Menyeluruh dan berkesinambungan
D.
Beragam dan terpadu
12)
Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman
belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara ……..
A.
Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B.
Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat
pembelajaran berlangsung
C.
Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi
siswa dalam belajar
D.
Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
13)
Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal
tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A.
Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.
Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C.
Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi
yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D.
Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
14)
Yang di maksud dengan penilaian adalah
A.
Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta
didik.
B.
Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C.
Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D.
Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik
15)
Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan
yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut penilaian
A.
Pre test
B.
post test
C.
Autentik
D.
Non Autentik
16)
Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri,
penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun
instrumen yang digunakan dalam penilaian tersebut adalah :
A.
Skala penilaian (rating scole)
B.
rubrik
C.
jurnal
D.
Soal tes
17)
Lingkup penilaian hasil belajar mencakup kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A.
kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B.
kompetensi inti, kompetensi dasar
C.
kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi
pengetahuan.
D.
kompetensi sikap social
18)
Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A.
Pemahaman konsep
B.
Menggunakan grafik
C.
melakukan prosedur
D.
pemecahan masalah dan sikap
Read More
- CONTOH SOAL LATIHAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS BAG II
- CONTOH SOAL LATIHAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS BAG III
- CONTOH SOAL LATIHAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS BAG II
- Soal Dan Pembahasan TIU CPNS, PPPK, Kedinasan Part 1
- Materi Radikalisme Lengkap Tes CPNS 2021 Bagian 1
19)
Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki,
mencari jawabannya adalah konsep dan strategi.....
A.
Juscovery learning
B.
Induktif learning
C.
Inquiry learning
D.
Cooperatif learning
20)
Guru memebentuk kelompok kelompok belajar dan memeberikan tugas kepada tiap kelompok
. Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu sehingga
jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebut tidak
dapat diselesaikan. karakteristik dari strategi pembelajaran tersebu adalah ;
A. Tugas
kelompok
B.
Diskusi kelompok kecil
C.
Pengajaran langsung (direct teaching)
D.
belajar kooperatf (cooperatf learning)
21)
Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi
utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A.
Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B.
Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C.
Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D.
Teknologi sebagai alat pengembangan produk
22)
Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati
tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan
hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa
di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa
observasi di luar kelas menunjukkan siswa memeiliki kecenderungan gaya belajar
berhasil baik melalui.....
A.
Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B.
Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C.
Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D.
Auditif Visual dan kinestetik
23)
Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam upaya
guru:
A.
memberi contoh penting toleransi
B.
mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C.
melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D.
melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
24)
Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukanketuntasan belajar antara
lain sebagai berikut ………
A.
menentukan kreteria keberhasilan belajar
B.
mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C.
mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
D.
merencanakan pengajaran remidi
25)
Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah
perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak
berusia……...
A.
3-5tahun
B.
6-8 tahun
C.
10-12 tahun
D.
15-18 tahun
26)
Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau
tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa
tersebut adalah…….
A.
implusive
B.
reflektif
C.
gaya berfikir terikat
D.
gaya berfikir bebas
27)
Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
A.
jujur dan adil
B.
mengikat dan memaksa
C.
sementara dan selamanya
D.
sebenarnya dan sejujunya
28)
Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur
,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A.
Adil
B.
Obyektif
C.
Valid
D.
Sistematis
29)
Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali,
berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali
A.
30
B.
21
C.
27
D.
18
30)
Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau
kegunaan suatu obyek atau program adalah ….
A.
Pengukuran
B.
Evaluaasi
C.
Penilaian
D.
Penilaian
SOAL SKB BAG I
KUNCI JAWABAN
1. B
2. A
3. D
4. C
5. B
6. A
7. B
8. A
9. C
10.
C
11.
D
12.
B
13.
C
14.
A
15.
C
16.
A
17.
C
18.
D
19.
C
20.
A
21.
D
22.
D
23.
B
24.
D
25.
C
26.
A
27.
B
28.
D
29.
A
30.
B
Posting Komentar untuk "CONTOH SOAL LATIHAN CPNS SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS "