CONTOH SOAL LATIHAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS BAG III
61)
Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 sedangkan
Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000.
Berapakah
harga 10kg jeruk dan 5kg?
A.
Rp. 30.000
B.
Rp. 32.000
C.
Rp. 40.000
D.
Rp. 50.000
62) JIka
besar sudut a adalah 70 derajat maka besar sudut e adalah … derajat
A.
90
B.
100
C.
110
D.
120
63)
Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
1)
mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2)
mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3)
mempunyai sudut siku-siku
4)
mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5)
mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari
sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang adalah ….
A.
1), 2), 3)
B.
1), 3), 4)
C.
1), 3), 5)
D.
1), 2), 5)
64) Hasil
pencerminan terhadap garis x dari bangun di bawah ini adalah ….
65)
Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam,
sedangkan Ima mengendarai mobil dari Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60
km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora adalah 125 km dan mereka berangkat
pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?
A.
08.00
B.
08.15
C.
08.25
D.
08.30
66)
Data nilai siswa kelas VI berturut turut adalah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7.
Dari data tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B.
7,5
C. 7
D.
6,5
67)
Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di halte
pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang sampai di pasar ternyata ada
15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik pada terminal?
A.
17
B.
15
C.
13
D.
11
68)
Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan
tersebut adalag 12 m. Berapakah kelilingnya?
A.
22 m
B.
24 m
C.
42 m
D.
44 m
69)
Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut adalah 110 dan
150. Suku ke 30 barisan tersebut adalah ….
A.
308
B.
318
C.
326
D.
344
70) 4/3𝑎 x𝑎𝑏/2= ⋯.
A. 2𝑏/3
B. 𝑏/3
C. 2𝑏/3𝑎
D. 4𝑏/3
71) Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural,
danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri Geometri
Dari
barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
A.
2048
C.
2047
B.
2049
D.
2046
72) Menerapkan pengetahuan konseptual, prosedural,
danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri pengukuran
Sebuah
bak mandi diisi air mulai pukul 07.20 sampai dengan pukul 07.50 dengan debit
air 10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam bak mandi tersebut?
A.
3000 liter
B.
300 liter
C.
30 liter
D.
30000 liter
73) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural,
danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri Statistika
Nilai
rata-rata ulangan matematika dari 7 siswa adalah 6,50. Ketika nilai satu orang siswa
ditambahkan, maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan adalah
….
A.
9,10
B.
b. 8,10
C.
7,10
D.
6,10
74) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural,
danketerkaitankeduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika
Dari
pernyataan berikut ini, manakah yang merupakan ingkaran dari pernyataan Jakarta
Ibukota RI.
A.
Jakarta bukan ibukota RI
B.
Jakarta adalah ibukota RI
C.
Benar bahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D.
Benar bahwa Jakarta bukan Ibukota dari RI
75) Menentukan alat peraga dalam pembelajaran bilangan
Bu
Ani ingin mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 tentang nilai tempat suatu
bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat digunakan Bu
Ani dalam Pembelajaran tersebut adalah…
A.
Kartu bilangan
B.
Blok dienes
C.
Loncat katak
D.
Papan berpaku
76) Mengklasifikasikan alatperaga dalam pembelajaranGeometri dan
pengukuran
Pak
Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan meter.Alat
peraga yang sebaiknya digunakan supaya pembelajaran menarik adalah…
A.
Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B.
Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C.
Mistar, uang logam, blok dienes
D.
Tangga garis, blok dienes, tangga garis
77) Menentukan alat ukur dalam pembelajaranbgeometri dan
pengukuran
Ketidakpastian
yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala terkecil
dari alat ukur yang digunakan.Jika kita menggunakan mistar atau penggaris, maka
ketidakpastiannya adalah sama dengan….
A.
0,05 cm
C.
0,1 cm
B.
0,01 cm
D. 1
cm
78) Memecahkan Pembelajaran IPS SD (diberikan kasus dalam
pembelajaran, peserta dapat menyimpulkan pembelajaran dalam kasus tersebut
Bu Fitri
adalah guru SD Negeri 2 Sukamakmur ,mengajar di kelas Beliau memberikan
pelajaran IPS dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai
pelajaran, anak – anak berbaris di depan kelas,kemudian diperiksa
kebersihannya, terutama kuku tangan dan telinga. Sambil diperiksa anak masuk
kedalam kelas satu persatu. Anak - anak diajak berdoa dan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum
memberikan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yangtidak
mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangun tidur ku terus mandi,tidak lupa menggosok gigi, habis mandi
kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS
yang dilakukan bu Fitri adalah
A.
Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B.
Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C.
Anak – anak hanya diam saja saat diberi pertanyaan dalam pembelajaran karena
guru kurang memotivasi anak
D.
Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran
79) Menegaskan Fokus utamakajian pembelajaran IPS diSD (diberikan
kasus contoh
Hari
selasa, saat pelajaran IPS pak Sunarto akan memberikan materi pada anak- anak tentang
silsilah keluarga. Waktu pelajaran adalah 2 x 35 menit. Setelah mengutarakan tujuan
yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan pertanyaan pada para siswa untuk
mengawali pelajaran.
“
Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?”
“
iya pak, punya.” Jawab semua siswa srentak.
“
Coba kalian sebutkan siapa saja yang dirumah kalian yang masuk dalam anggota keluarga
!”
“
Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut- sahutan.
Kemudian
pak Sunarto menempelkan bagan dan foto silsilah keluarga. Anak- anak mengamati
sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto melemparkan
pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak Sunarto
mengakhiri penjelasan dengan memberikan pertanyaan pada siswa “ apakah kalian
sudah mengerti semua tentang silsilah keluarga yang sudah bapak jelaskan,,?” Tanya
pak Sunarto.
“
Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.
“
kalau masih ada yang kurang jelas atau bingung, anak- anak boleh bertanya ”
“
tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak
sunarto memberikan tugas kepada siswa agar dikerjakan sendiri- sendiri. Pak
sunarto yakin, pasti nialai anak- anak memuaskan karena anak- anak berhasil
menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama
dengan tugas yang dijelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama- nama pada
bagan silsilah keluarrga.
Setelah
semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan setelah di koreksi ternyatahasilnya
mengecewakan, hampir 60% siswa mendapatkan nilai hasil evaluasinya di bawah rata-
rata.
Apa
kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali…..
A.
Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah dan penugasan
B.
Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
C.
Penyampaian materi kurang jelas
D.
Guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran
Read More
- Karakteristik Peserta Didik SD dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang Mendidik Tugas Modul 1 KB1
- CONTOH SOAL LATIHAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS BAG II
- CONTOH SOAL LATIHAN CPNS SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS
- Soal Dan Pembahasan TIU CPNS, PPPK, Kedinasan Part 1
- Materi Radikalisme Lengkap Tes CPNS 2021 Bagian 1
80) Membedakan pengertian IPSdan Ilmu social
Apa
perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
dilihat dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu
sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu
Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill,
dan Knowledge).
B. Ilmu
Pengetahuan Sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan
pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude,
Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu
Sosial adalah bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi obyek
studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan Ilmu Pengetahuan
Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu
Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.
81) Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD
Ruang
lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A.
Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B.
Manusia, Waktu, SistemSosialdanBudaya, PerilakuEkonomidanKesejahteraan
C.
Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
D.
Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu
82) Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD
Apa
tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
A.
Menolongsiswauntukmengembangkanbakatnya
B.
Membantu siswa dalam menentukan cita-cita yang ingin diraihnya di masa
mendatang
C.
Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk berekspresi lingkungan masyarakat
D.
Memberikan kepada Siswa pengetahuan tentang pengalaman manusia dalam kehidupan ber
masyarakat pada masalalu, sekarang dan masa akan datang
83) Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa
Bagi
siswa mempelajari sejarah memiliki beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi
siswa yaitu. . .
A.
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan
proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
B.
Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap landasan sikap yang akan ditempuhnya
C.
Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar
dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D.
Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan
sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau
84) Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia
Bagaimana
keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
A.
Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B.
Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C.
Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D.
Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia
85) Menjelaskan hubungan pembelajaran sejarah dengan antropologi.
(diberikan soal
kasus)
Antropologi
sebagai salah satu dari ilmu sosial memiliki kaitan dan sumbangan kepada ilmu
sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang
menggunakan teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang
sering digunakan sejarawan, kecuali. . .
A.
enkulturasi
B.
primitif
C.
folklore
D.
prasasti
86) Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka dalam kehidupan
sehari-hari
Eko
adalah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi
beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully.
Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A.
Eko bersedia satu kelompok dengan Togar karena Togar orang Batak sedangkan di orang
Jawa
B.
Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully karena Rully bukan teman dekatnya
C.
Eko bersedia berkelompok dengan mereka karena mereka semua pandai
D.
Eko bersedia berkelompok dengan siapun karena semua adalah teman
87) Menggali pengalaman butir-butir Pancasila
Mengembangkan
perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan
kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .
A.
Satu
B.
Dua
C.
Tiga
D.
Lima
88) Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia.(diberikan
kasus salah satu suku bangsa di Indonesia)
Bangsa
Indonesia memiliki ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing masing
suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional. Berikut
ciri-ciri salah satu suku yang ada di pulau Jawa :
- Tidak
diperkenankan menggunakan kendaraan untuk sarana transportasi
- Tidak
diperkenankan menggunakan alas kaki
- Larangan
menggunakan alat elektronik
- Pintu
rumah harus menghadap utara/selatan
Suku
tersebut adalah. . .
A.
Suku Asmat
B.
Suku Bugis
C.
Buku Badui
D.
Suku Dayak
89) Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan
soal kasus)
Negara
Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah.
Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia adalah .
. .
A.
Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
B.
Kepulauan Natuna
C.
Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D.
Pulau Kalimantan
90) Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD
Pada
pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan Penjajah,
Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan mudah diingat
serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus digunakan pak Ridwan?
A.
Video
B.
Slide
C.
Corel draw
D.
Radio
91)
Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik. Pernyataan tersebut
adalah manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...
A.
Sejarah dapat memberikan kesenangan dan kegembiraan
B.
Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman bagi suatu bangsa
C.
Sejarah dapat dijadikan sebagai profesi
D.
Sejarah dapat mengetahui kejadian masa lampau
92)
Apakah persamaan hubungan antara sejarah dengan antropologi..
A.
Menempatkan manusia sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
B.
Keduanya menunjukkan proses yang mencakup keterlibatan para pelaku
C.
Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
D.
Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya
93)
Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa,
ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka
Tunggal Ikan dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal tersebut diatur
dalam Undang- Undang Negara nomor..
A.
UU no 15 tahun 2006
B.
UU no 17 tahun 2006
C.
UU no 24 tahun 2009
D.
UU no 38 tahun 2009
94)
Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan
bangsa Indonesia. Sebagian lainnya masih berupa potensi yang belum dimanfaatkan
karena berbagai keterbatasan.
Sesuai
perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi sumber
daya yang ada yaitu...
A.
Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga kerja asing
B.
Mengekspor sumber daya yang masih berupa bahan mentah
C.
Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk mendapatkan pembelajaran
dan pelatihan
D.
Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih
95)
Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan
lingkungan buatan. Dimana keduanya memiliki manfaat dan tujuan yang sama
yaitu...
A.
Untuk memenuhi kebutuhan manusia
B.
Melestarikan lingkungan masyarakat
C.
Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
D.
Sebagai sumber kekayaan alam
96)
Dibawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik yaitu...
A.
Metamorfosis
B.
Fotosintesis
C.
Penyerbukan
D.
Erosi
97)
Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang
melibatkan perubahan penampilan fisik setelah kelahiran atau penetasan. Dibawah
ini adalah contoh serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...
A.
Belalang
B.
Nyamuk
C.
Lalat
D.
Semut
98)
Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase berudu, bernapas
menggunakan...
A.
Trakhea
B.
Paru-paru
C.
Insang
D.
Kulit
99)
Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya adalah dengan melakukan
reboisasi atau penghijauan dengan tujuan...
A.
Memperindah susunan kota
B.
Menjaga tanah dan mencegah erosi
C.
Memperoleh kayu yang berlimpah
D.
Meningkatkan pendapatan
100)
Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah basah dan sampah kering. Hal yang paling
tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A.
Dibakar habis
B.
Di daur ulang
C.
Dikubur didalam tanah
D.
Dibiarkan ditempat terbuka
KUNCI
JAWABAN
61.
D
62.
C
63.
D
64.
B
65.
B
66.
C
67.
A
68.
D
69.
B
70.
A
71.
A
72.
A
73.
B
74.
A
75.
B
76.
A
77.
A
78.
C
79.
D
80.
D
81.
B
82.
D
83.
B
84.
C
85.
D
86.
D
87.
D
88.
C
89.
A
90.
A
91.
B
92.
A
93.
C
94.
C
95.
A
96.
D
97.
A
98.
C
99.
B
100. B
Posting Komentar untuk "CONTOH SOAL LATIHAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS BAG III"