Pre Test Perangkat dan Media Pembelajaran PPGDALJAB PAI
1.
Perkembangan berpikir dalam taksonomi Bloom yang telah
direvisi Anderson (cognitive process dimension) memiliki keterhubungan dengan
bentuk pengetahuan (knowledge diminsion). Perkembangan berpikir peserta didik
pada rumusan Kompetensi Dasar tahap “menerapkan” memiliki hubungan dengan
bentuk pengetahuan Prosedural
2.
Dalam setiap Kompetensi Dasar Pengetahuan memuat bentuk
pengetahuan (knowledge diminsion). Berikut ini adalah bunyi dari suatu
Kompetensi Dasar Pengetahuan: “menganalisis QS. al-Hujurat [49]: 10-12 serta
Hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah)” Bentuk pengetahuan pada kompetensi dasar di atas
adalah Metakognitif
3.
Rumusan tujuan pembelajaran harus menggunakan rumus
Condition, Audience, Behavior, dan Degree (CABD) Di bawah ini adalah contoh
rumusan tujuan pembelajaran yang benar : Setelah
berdiskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan konsep takwa
sesuai dalil naqli dengan penuh percaya diri.
4.
Kompetensi inti pada ranah pengetahuan (KI-3) memiliki
dua dimensi yaitu dimensi perkembangan kognitif (cognitive process dimension)
dan dimensi pengetahuan (knowledge dimension) yang masing-masing mempunyai
batasan-batasan yang telah ditentukan pada setiap tingkatnya. Dimensi
perkembangan kognitif (cognitive process dimension) peserta didik pada tahap
“memahami” termasuk tingkat berpikir ...low
order thinking skills
5.
Program tahunan merupakan program umum setiap mata
pelajaran untuk setiap kelas dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang
bersangkutan. Langkah-langkah pengembangan program tahunan adalah: Menelaah Kalender, Menandai Hari Efektif,
Menghitung Jumlah Minggu Efektif, Mendistribusikan Alokasi Waktu.
6.
Kompetensi Inti pada ranah keterampilan (KI-4)
mengandung keterampilan abstrak dan keterampilan konkret. Berikut ini adalah
bunyi dari suatu Kompetensi Dasar dari KI-4 (ranah keterampilan) dalam bentuk
taksonomi keterampilan konkret: “membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 sesuai
dengan kaidah tajwid danmakharijul huruf” Tingkat taksonomi Kompetensi Dasar
Keterampilan di atas adalah...Presisi
7.
Program sering dikaitkan dengan perencanaan, persiapan,
dan disain atau rancangan, maka desain dalam konteks pembelajaran adalah
rencana pembelajaran atau juga bisa disebut sebagai program pembelajaran. Di
bawah ini adalah fungsi program pembelajaran bagi guru, kecuali... Memudahkan guru dalam menyiapkan kenaikan
pangkat sebagai pendidik
8.
Di bawah ini adalah perkembangan berpikir LOTS atau low
order thinking skills, kecuali ...Menganalisis
9.
Model pembelajaran adalah suatu poka umum perilaku
pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Setiap model
memiliki fase-fase yang khas dalam mengaplikasikannya. Cermati bagan alur
fase-fase model pembelajaran di bawah ini: Bagan alur di atas menggambarkan
fase-fase model pembelajaran ...Model
discovery learning
10. Komponen
silabus terdiri atas ...Identitas mapel,
identitas sekolah, KI, KD, tema atau materi pokok, kegiatan pembelajaran,
indikator, penilaian, alokasi waktu, sumber belajar.
11. Setelah
guru menentukan skor pada setiap aspek KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) suatu
KD yang dianalisis sebagaimana tampak pada tabel di bawah. Berapakah KKM KD
tersebut bila memiliki kompleksitas tinggi, guru dan daya dukung sedang, dan
intake peserta didik sedang, maka nilaim KKM KD tersebut adalah ... 55,5
12. Materi
pembelajaran merupakan bagian dari isi rumusan kompetensi dasar dan ia sangat
berpengaruh pada tingkat keberhasilan atau ketercapaian siswa dalam belajar. Tidak
termasuk dalam tujuan pengembangan materi pembelajaran adalah... Memudahkan guru dalam mengembangkan model
pembelajaran
13. Dalam
merumuskan indikator pencapaian kompetensi terdapat langkah-langkahnya.
Langkah-langkah tersebut akan memberikan efektifitasnya bila langkah awalnya
tepat dan benar. Langkah awal yang tepat dan benar dalam merumuskan indikator
pencapaian kompetensi dimulai dari... Menentukan
kedudukan KD dari KI-3 dan KD dari KI-4 berdasarkan gradasinya dan berdasarkan
tuntutan KI
14. Dalam
merumuskan indikator pencapaian kompetensi pembelajaran harus dimulai dengan
kata kerja operasional atau KKO. Di bawah ini adalah contoh rumusan indikator
pencapaian kompetensi pembelajaran yang benar : menjelaskan makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
15. Dalam
suatu proses pembelajaran terdapat tahapan belajar sebagai berikut: “Guru
menugaskan siswa untuk menilai hasil dari wawancara para ahli” Tahapan belajar
di atas mengarahkan peserta didik pada proses berpikir ilmiah ... Menalar
16. Di
bawah ini adalah pertimbangan pemilihan media pembelajaran, kecuali ...Membantu guru dalam menyampaikan materi
pembelajaran
17. Berikut
ini adalah fungsi-fungsi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), kecuali ... Membantu peserta didik dalam mengembangkan
sikap
18. Dalam
Kurikulum 2013 penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan
menengahsalah satunya terdiri atas penilaian hasil belajar oleh ...Satuan pendidikan
19. Berdasarkan
KD dari KI-3 dan KI-4, pendidik dapat mengembangkan proses pembelajaran dan
cara penilaian yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran langsung,
sekaligus memberikan dampak pengiring (nurturant effect) terhadap pencapaian
tujuan pembelajaran tidak langsung (indirect teaching). Yang dimaksud dengan
“memberikan dampak pengiring (nurturant effect) terhadap pencapaian tujuan
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)” pada pernyataan di atas adalah
...sikap spiritual dan sikap social
20. Komponen
RPP sekurang-kurangnya mencakup ...(1)
identitas sekolah/nama satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelas/semester;
(2) alokasi waktu; (3) KI, KD, Indikator Pencapaian Kompetensi; (4) tujuan
pembelajaran; (5) materi pembelajaran; (6) pendekatan, model dan metode; (7)
media/alat, bahan, dan sumber belajar; (8) langkah-langkah pembelajaran, dan
(9) penilaian pembelajaran.
Posting Komentar untuk "Pre Test Perangkat dan Media Pembelajaran PPGDALJAB PAI"