Langkah-langkah Pembelajaran dengan Metode Student Facilitator and Explaining (SFAE)
Langkah-langkah Pembelajaran dengan Metode Student Facilitator and Explaining (SFAE)
Menurut Suprijono (2009:128), langkah-langkah pembelajaran dalam metode Student Facilitator and Explaining adalah sebagai berikut :
2) Guru menyajikan materi.
3) Guru memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya.
4) Guru menyimpulkan gagasan dari peserta didik
5) Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
6) Penutup.
Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan metode Student Facilatator and Explaining menurut Riyanto (2010:279) adalah :
1) Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2) Guru mempresentasikan materi.
3) Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep lainnya.
4) Guru menyimpulkan pendapat/ide siswa.
5) Guru menerangkan/merangkum semua materi yang dipresentasikan saat itu.
6) Penutup.
Hal ini selaras dengan yang dikemukakan oleh Suyatno (2009:71) bahwa langkah-langkah pembelajaran dengan metode Student Facilitator and Explaining yaitu:
1) Informasi kompetensi.
2) Sajian materi.
3) Siswa mengembangkannya dan menjelaskan lagi ke siswa lainnya.
4) Kesimpulan dan evaluasi.
5) Refleksi.
Selain itu, Langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam metode Student Facilitator and Explaining seperti dikemukakan oleh Antonbahaudin (12 April 2011) adalah sebagai berikut :
1) Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2) Guru menyajikan materi.
3) Peserta didik dapat kesempatan untuk menjelaskan kepada peserta didik lainnya.
Peserta didik memulai aktivitasnya yaitu menjelaskan kepada peserta didik lainnya dengan cara menyelesaikan soal di papan tulis, seandainya peserta didik tidak dapat menyelesaikan soal di papan tulis maka akan di bantu oleh temannya dengan cara maju di depan kelas dua-duanya sampai maksimal empat orang jika masih juga tidak bisa
menyelesaikannya maka akan di ganti perserta didik berikutnya, peserta didik yang duduk dimohon untuk memperhatikan temannya yang sedang maju ke depan.
4) Guru menyimpulkan gagasan dari peserta didik
Setelah selesai menyelasaikan soal, guru mengoreksi dan menyimpulkan gagasan dari peserta didik
5) Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
Guru akan menerangkan materi yang disajikan saat itu dengan harapan siswa memahami materi yang disajikan oleh guru.
6) Penutup.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan langkahlangkah pembelajaran dengan metode Student Facilitator and Explaining yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1) Guru menyampaikan informasi kompetensi.
Kompetensi yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
2) Guru menyajikan materi
Guru menyajikan materi mengenai sistem persamaan linear dua variabel dan cara menyelesaikannya.
3) Siswa diberikan kesempatan untuk menjelaskan kepada siswa lainnya.
Pada langkah ini, siswa memulai aktifitasnya yaitu menjelaskan kepada siswa lainnya dengan cara menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel di papan tulis kemudian menjelaskannya kepada siswa lainnya, seandainya siswa tidak dapat menyelesaikan soal tersebut maka akan dibantu temannya dengan cara maju di depan kelas dua-duanya sampai maksimal empat orang jika masih juga tidak bisa menyelesaikannya maka akan diganti oleh siswa berikutnya, siswa yang duduk dimohon untuk memperhatikan temannya yang sedang maju ke depan.
4) Guru mengevaluasi dan menyimpulkan gagasan dari siswa.
Setelah siswa selesai menyelesaikan soal di depan, guru mengevaluasi
dan menyimpulkan gagasan dari siswa.
5) Guru memperjelas kembali guna merangkum tentang materi tersebut.
Guru akan menerangkan dan memperjelas ringkasan materi yang disajikan saat itu dengan harapan siswa memahami materi yang disajikan oleh guru.
6) Refleksi dan penutup
Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Pembelajaran dengan Metode Student Facilitator and Explaining (SFAE)"