Formative Test Modul Tes Formatif 1 s/d 2 PPGDALJAB
TES FORMATIF
1
1.
Wacanan tentang "Desa Nelayan" merupakan sub tema untuk
menyusun bahan pembelajaran terpadu dari tema tentang...
ü kehidupan
dilaut
2.
Bila tema pembelajaran terpadu yang dipilih adalah
"batuan" maka penetapan kompetensi dasar mata pelajaran yang kurang
tepat adalah...
ü mempelajari
peta
3.
Jumlah dan jenis mata pelajaran yang ditempuh oleh siswa sekolah
dasar dalam satu periode belajar selama enam tahun dimuat dalam...
ü struktur
kurikulum
4.
Hal pertama yang harus dilakukan dalam penerapan pembelajaran
terpadu darikurikulum yang terdiri atas mata pelajaran yang terpisah satu sama
lain yaitu...
ü mengidentifikasi
dan menetapkan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran yang akan dipedukan
5.
Agar terjadi pemerataan kompetensi dasar dari masing-masing mata
pelajaran yang dapat dicapai melalui pembelajaran terpadu, sebaiknya
delakukan...
ü pemetaan
kompetensi dasar seluruh mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar
6.
peran tema yang terpenting dalam pembelajaran terpadu disekolah
dasar yaitu...
ü menciptakan
situasi belajara yang kondusif
7.
Tema pada pembelajaran terpadu pada dasarnya merupakan...A.pokok
pikiran atau gagasan pokok yang dapat memadukan kompetendi dasar beberapa mata
pelajaran
8.
Tema pembelajaran terpadu tentang "diri sendiri" sangat
tepat diterapkan di sekolah dasar kelas...
ü satu dan dua
9.
Pembuatan bagan atau matriks jaringan tema pemersatu dengan
kompetensi dasar mata pelajaran dilakukan untuk...
ü memetakan
keterhubungan kompetensi dasar beberpa mata pelajaran
10.
Ujung dari perancangan pembelajran terpadu, yaitu penyusunan...
ü satuan
pembelajaran terpadu
TES FORMATIF
2
1.
Mngidentifikasi keselelarasan hubungan kompetensi dasar beberpaka
mata pelajaran yang akan dipadukan dilakukan guru pada saat..
ü menyusun
silabus pembelajaran terpadu
2.
Dalam mentusun silabus pembelajaran terpadu, aspek terpenting yang
harus diperhatikan agar mudah dibaca dan dipahami guru yang mengembangkannya
dan guru lain yang kemungkinan menggunakan silabus tersebut, yaitu...
ü keterbacaan
dan kepraktisan penggunaannya
3.
Guru kelas 2 membacakan sebuah dongeng KANCIL DAN BUAYA kepada
siswanya, setelah selesai guru menyuruh siswa menceritakan kembali isi cerita
dan menyebutkan perilaku kurang baik yang dilakukan kancil. Terakhir, guru
menyuruh siswa menghitung jumlah kaki dan mata buaya yang digunakan kancil
untuk menyeberang seperti diungkapkan dalam cerita. Kesimpulan yang tepat dalam
pembelajaran tersebut adalah guru..
ü mengajarkan
bahasa indonesia lintas kurikulum
4.
Dalam salah satu pembelajaran, anak dilatih untuk menceritakan
kembali secara tertulis isi cerita rakyat yang dibaca guru, kemudian membacakan
hasil tulisannya. Hal tersebut menunukan pengajaran sastra dilakukan dengan
urutan menyimak, menulis, membaca nyaring,. Bila dilihat dari sumber
belajarnya, pelajran di atas memadukan mata pelajaran...
ü bahasa
indonesia dan pengetahuan social
5.
dalam menerangkan suatu konsep, sumber belajar yang sama dapat
digunakan untuk menerangkan konsep dalam beberapa mata pelajaran. Sumber
belajar tentang "peristiwa banjir" dapat dimanfaatkan untuk
menjelaskan konsep dalam mata pelajaran...
ü Pengetahuan
Alam dan Bahasa Indonesia
6.
Pada hari minggu, siswa kelas V ditugaskan untuk pergi ke pasar
den mengamati lingkungan pasar serta interaksi yang terjadi di pasar tersebut.
Pada hari senin, di kelas siswa diminta melaporkan secara tertulis semua hal
yang mereka temukan di pasar. Berdasarkan sekenario pembelajaran di atas,
kemungkinan konsep-konsep yang dapat dipadukan yaitu dalam mata pelajaran...
ü Bahasa
Indonesia, Pengetahuan Sosial, Pengetahuan Alam, dan Matematika
7.
Seorang guru dikelas I sedang mengajak siswanya bernyanyi lagu
"kupu-kupu yang lucu" sambiil memperlihatkan gambar taman bunga yang
penuh dengan kupu-kupu. Dengan bantuan gambar itu, siswa diminta menceritakan
isi lagu dan menghitung jumlah kupu-kupu yang terdapat pada gambar taman bunga
tersebut. Kedimpulan yang tepat untuk pembelajaran di atas adalah...
ü Pembelajaran
terpadu yang memadukan kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika,
dan kesenian
8.
Salah satu manfaat penyusunan silabus pembelajaran tepadu
adalah...
ü sebagai
pedoman pengembangan sistem penilaian
9.
Maksud dari penggunaan pendekatan sistem dalam pengembangan
silabus pembelajaran tepadu, yaitu...
ü adanya
keterkaitan antar komponen yang ada dalam silabus untuk mencapai kompetensi
dadar
10.
Rencana jangka pendek untuk menyampaikan suatu pokok bahasan
tertentu dalam satu tema pembelajaran terpadu yang akan dibahas diungkapkan ke
dalam...
ü satuan
pembelajaran terpadu
Posting Komentar untuk "Formative Test Modul Tes Formatif 1 s/d 2 PPGDALJAB"