Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Agar Gigi Anak Sehat dan Kuat

Ayah Bunda, ketika anak-anak sudah mendapatkan gigi, kita sebagai orang tua perlu untuk memberikan stimulasi agar anak-anak bisa menjaga anggota tubuhnya dengan baik. Namun semua langkah dimulai dari kita sebagai orang tua untuk memberikan contoh agar anak anak kita dapat menghargai dan mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Allah termasuk anggota tubuh mereka. Selain itu, hal ini juga bisa kegiatan yang dapat menstimulasi agar anak-anak bisa mengembangkan kecerdasan intrapersonal mereka dengan memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa gigi adalah bagian yang sangat penting untuk manusia.

Mengapa gigi yang sehat sangat penting bagi manusia, terutama anak anak yang dalam masa pertumbuhan. Tentu saja tanpa gigi, kita akan mengalami kesulitan dalam mengunyah makanan dan hanya bisa menelan makanan yang cair atau sangat lembut. Selain itu, perlu diketahui bahwa proses mengunyah makanan adalah proses yang sangat penting untuk metabolisme tubuh. Enzim dari mulut yang keluar saat kita mengunyah akan diperlukan oleh usus lambung dan anggota tubuh lainnya untuk mencerna. Bukan hanya itu untuk mengunyah makanan, gigi juga sangat diperlukan untuk berbicara. Dan bagi kita, tanpa gigi kita tidak akan bisa mengucapkan kata-kata dengan sempurna dan jelas. Seperti contoh, beberapa pertemuan huruf bisa berbunyi karena pertemuan lidah dan Gigi. Misalnya, huruf “T”. Bagaimana mungkin bisa kita mengucapkan tanpa bantuan lidah dan Gigi kita. Dan untuk itu, kita perlu sejak dini membantu dan memberikan pemahaman yang benar kepada anak-anak untuk menjaga gigi mereka dengan baik. Berikut tips agar anak menjaga gigi mereka dengan tiga hal:

1. Makan makanan yang sehat. Makanan sehat tidak hanya dapat membantu pertumbuhan anak, tetapi juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Bunda, usahakan tidak terlalu banyak memberikan anak makanan yang banyak mengandung gula dan sudah seharusnya untuk tidak makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, dan ingat jika makanan panas, jangan ditiup ya.

2. Bersihkan gigi dengan menyikatnya secara benar. setidaknya setiap selesai makan dan memakai dental floss cukup sehari sekali. sampaikan pada anak-anak untuk tidak memakai tusuk gigi karena justru bisa merusak struktur gigi.

3. Periksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Langkah yang satu ini mungkin sering dianggap tidak terlalu penting oleh sebagian orang tua. Namun, dengan memeriksakan gigi anak kita ke dokter dapat memberikan gambaran medis yang baik sebagai langkah preventif ke depannya.

Ayah Bunda, semoga anak-anak kita mau bersama bersama kita untuk menjaga giginya karena gigi susu mereka akan segera tanggal dan hanya akan diganti sekali seumur hidup mereka.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Gigi Anak Sehat dan Kuat"