RPP Kimia Revisi 2017 Beserta Penilaian KD-3.1-Hakikat-Ilmu-Kimia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X / Ganjil
Mata pelajaran : Kimia
Materi Pokok : Hakikat Ilmu Kimia
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi
Sikap
(KI 1 dan KI
2)
|
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
|
KI 3
|
KI 4
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentangilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkaitpenyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah.
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi Dasar Dari KI 3
|
Kompetensi Dasar Dari KI 4
|
3.1.
Menjelaskan metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan di
laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan.
|
4.1.
Menyajikan hasil rancangan dan hasil percobaan ilmiah
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1.1.
menjelaskan hakikat ilmu kimia dan peranannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.1.1 menganalisis hasil rancangan dan hasil percobaan
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan pemberian rangsangan dan identifikasi
masalah, menggali informasi untuk
pengumpulan data, melakukan pengolahan data serta verifikasi dan menarik
kesimpulan, diharapkan siswa terlibat aktif selama proses
belajar mengajar berlangsung, memiliki sikap ingin tahu, komunikasidalam
melakukan pengamatan dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat memahami materi tentang hakikat ilmu kimiaberdasarkan proses mencari informasi, menanya, berdiskusi, dan
siswa dapatmenjelaskan hakikat ilmu kimia dan peranannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Materi
Pembelajaran
1.
Hakikat ilmu kimia
2.
Peranan ilmu kimia dalam
kehidupan
E.
Pendekatan, Metode
dan Model Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Metode : observasi, tanya jawab, diskusi
dan penugasan
Model : Discovery Learning
F.
Media Pembelajaran
Media : Lembar kerja siswa, powerpoint, LCD, laptop
G.
Sumber Belajar
1.
Buku Biologi Kelas X (Irnaningtyas.
2013. Biologi: untuk SMA/MA Kelas X.
Jakarta: Erlangga).
2.
Internet.
3.
Buku/ sumber lain yang relevan.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) dari KD 3.2
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
dari KD 4.2
|
3.1.1.
menjelaskan hakikat ilmu kimia dan peranannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.1.1 menganalisis hasil rancangan dan hasil percobaan
|
Pendahuluan
(15menit)
1. Memberi
salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai;
2. Mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan; menampilkan
video motivasi
3. Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dari kehidupan sehari-hari
4. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
5. Menyampaikan
tujuan pembelajaran tentang hakikat ilmu kimia
6. Pembagian
kelompok belajar dalam 6-7 siswa perkelompok
7. Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan
Inti
1. Stimulasi dan Identifikasi Masalah
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik hakikat ilmu kimia dengan cara :
·
Meminta siswa untuk mengurutkan kegiatan dari
bangun tidur hingga tidur lagi beserta kaitannya dengan kimia.
2. Mengumpulkan Informasi
·
Peserta didik mengumpulkan informasi hakikat ilmu
kimia dengan membaca literatur dan menggali informasi dari internet
·
peserta mengumpulkan informasi tentang peran-peran
kimia dalam kehidupan sehari-hari dari beberapa bidang.
3. Pengolahan Informasi
·
Peserta didik melakukkan diskusi secara aktifuntuk mengolah
informasi yang telah dikumpulkan dan
memecahkan masalah bahwa kimia berkaitan dengan seluruh kegiatan kita dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Peserta didik melakukan diskusi untuk menjelaskan
keterkaitan kimia dalam kehidupan sehari-hari
4. Verifikasi Hasil
·
Peserta didik perwakilan masing-masing kelompok
menyampaikan hasil diskusi kelompok secara bergantian
·
Kelompok lain memberikan masukan untuk menyempurnakan
hasil diskusi kelompok
5. Generalisasi
·
Peserta didik dibimbing oleh guru menyusun
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan
·
Guru memberikan penguatan tentang materi hakikat
ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Penutup
1.
Guru melakukan penilaian terhadap hasil pencapaian
kompetensi pada materi hakikat ilmu kimia
2.
Guru memberikan penugasan kepada peserta didik untuk
melakukan studi literatur tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya yaitu model atom.
3.
Guru memberi salam.
I.
Penilaian
No
|
Aspek
|
No
IPK
|
IPK
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Rubrik Penilaian
|
1
|
Pengetahuan
|
3.1.1
|
menjelaskan
hakikat ilmu kimia dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes
Tulis
|
Essay
|
Terlampir
|
Terlampir
|
2
|
Keterampilan
|
4.1.1
|
menganalisis
hasil rancangan dan hasil percobaan
|
Penugasan
|
Instrumen
Penilaian Tugas
|
Terlampir
|
Terlampir
|
1.
Teknik
Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :
Observasi/pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik,
Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a. Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja:lembar penilaian presentasi
3.
Instrumen
Penilaian (terlampir)
4.
Remedial
a.
Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik
yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui
remidial teaching (klasikal), atau
tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila
setelah 2 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan
dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
5.
Pengayaan
a.
Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
-
Siwa yang mencapai nilai
diberikan
materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
-
Siwa yang mencapai nilai
diberikan
materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Lubuklinggau, September 2017
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala SMA
LAMPIRAN
RPP
INTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester
: X / Semester
I
Mata Pelajaran :
Kimia
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
TINDAK LANJUT
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
Lubuklinggau, September 2017
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala SMA
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
A.
Nama Kelompok :
Nilai :
1.
___________________
2.
___________________
3.
___________________
4.
___________________
5.
6.
7.
B. Judul : Hakikat Ilmu
Kimia
C. Kelas / Semester : X / I ( Satu )
D. Kompetensi yang ingin dicapai :
3.1. Menjelaskan
metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium,
serta peran kimia dalam kehidupan.
4.1. Menyajikan hasil rancangan dan hasil percobaan ilmiah
E.
IPK :
3.1.1. Menjelaskan hakikat ilmu kimia dan peranannya dalam
kehidupan sehari-hari
4.1.1. Menganalisis hasil
rancangan dan hasil percobaan
F.
Petunjuk
Dasar :
1.
Bacalah literatur mengenai keanekaragaman
hayati (tingkat gen, species dan ekosistem)
2.
Kerjakan lembar kerja peserta didik,
sesuai dengan perintah yang tertera.
Soal
:
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan Ilmu Kimia?
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
2.
Jelaskan peran-peran kimia dari berbagai bidang
dalam kehidupan sehari-hari !
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penilaian LK
No.
|
Aspek
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Kemandirian dalam mengerjakan LK
|
|
|
|
|
2.
|
Kebenaran hasil pengamatan
|
|
|
|
|
3.
|
Kecakapan dalam memberikan informasi hasil pengamatan di depan kelas
|
|
|
|
|
*) Ketentuan:
·
1 = jika peserta didik
sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
2 = jika peserta didik
kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
·
3 = jika peserta didik
mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
4 = jika peserta didik
konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
INSTRUMEN
PENILAIAN PRESENTASI
Nama Satuan pendidikan : SMA
Tahun pelajaran : 2017 / 2018
Kelas/Semester
: X / Semester
I
Mata Pelajaran :
Kimia
No
|
Nama
Siswa
|
Kemampuan
Presentasi
|
Kreatifitas
|
Total
Skor
|
Nilai
Akhir
|
||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PEDOMAN
PENSKORAN:
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
YANG DINILAI
|
SKOR
MAKS
|
1
|
Kemampuan
presentasi
|
·
Percaya diri, antusias dan
bahasa yang lugas
·
Seluruh anggota berperan serta
aktif
·
Dapat mengemukanan ide dan
berargumentasi dengan baik
·
Manajemen waktu yang baik
|
4
|
·
Hanya 3 kriteria yang terpenuhi
|
3
|
||
·
Hanya 2 kriteria yang terpenuhi
|
2
|
||
·
Hanya 1 kriteria yang terpenuhi
|
1
|
||
2
|
Kreatifitas
|
·
Materi dibuat dalam bentuk
charta / Power Point
·
Tulisan terbaca dengan jelas
·
Isi materi ringkas dan berbobot
·
Bahasa yang digunakan sesuai
dengan materi
|
4
|
·
Hanya 3 kriteria yang terpenuhi
|
3
|
||
·
Hanya 2 kriteria yang terpenuhi
|
2
|
||
·
Hanya 1 kriteria yang terpenuhi
|
1
|
||
SKOR
MAKSIMAL
|
8
|
Posting Komentar untuk "RPP Kimia Revisi 2017 Beserta Penilaian KD-3.1-Hakikat-Ilmu-Kimia"