Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tugas M5 KB4 Perencanaan Pembelajaran




Instructions
1.        Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang standar proses pembelajaran, kajilah komponen-komponen RPP minimal? Dan bandingkan dengan RPP contoh, tuliskan kesimpulan hasil pengamatan Saudara?

Jawaban

Berdasarkan Permendikbud No 22 tahun 2016 komponen RPP minimal adalah sebagai berikut :
a.       identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b.      identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c.       kelas/semester;
d.      materi pokok;
e.       alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f.       tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g.      kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h.      materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i.        metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j.        media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k.      sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l.        langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m.    penilaian hasil pembelajaran.

Hasil pengamatan saya terhadap kedua RPP contoh tersebut adalah sebagai berikut :
RPP 1
            Di dalam RPP Contoh 1 tidak terdapat komponen / keterangan Materi Pokok tetapi yang tertera disana adalah keterangan dari Paket Keahlian. Sedangkan komponen yang juga tidak terdapat di contoh RPP tersebut adalah Sumber Belajar. Tidak ada keterangan khusus tentang sumber belajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran tersebut. Selain itu, komponen media yang digunakan juga tidak informative karena hanya menuliskan tentang penggunaan media elektronik yang tidak spesifik. Yang terakhir, saya kira tata letak urutan dari contoh RPP tersebut tidak sesuai dengan urutan yang diatur oleh Permendikbud No 22 tahun 2016. Namun, untuk komponen yang lainnya, saya kira sudah memenuhi kriteria dari aturan Permendikbud No 22 tahun 2016.

RPP 2
            Untuk contoh RPP 2. Komponen yang tidak terdapat di RPP tersebut adalah komponen Materi Pokok padahal materi pokok yang menjadi kegiatan pembelajaran sangat penting untuk diketahui. Sedangkan untuk komponen Tata Letak juga tidak sesuai dengan Permendikbud No 22 tahun 2016. Tetapi, untuk komponen yang lainnya, saya kira sudah memenuhi kriteria dari aturan Permendikbud No 22 tahun 2016.

2.        Dalam upaya mengembangkan kemampuan guru dalam menyusun RPP, Saudara diminta mengkaji panduan penyusunan RPP Versi 2017 di video berikut ini. Buatlah rangkuman konten tersebut.

Jawaban
            Di dalam video terseebut menunjukkan bahwa dalam pengembangan RPP memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan beberapa komponen seperti KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar sehingga menjadi sebuah pengalaman belajar yang utuh.

1. Identitas
            Di dalam komponen identitas meliputi Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas/Semester, Materi Pokok yang diambil dari KD, dan Alokasi Waktu yang sesuai untuk pencapaian KD dan sesuai juga dengan jumlah jam pelajaran.

2. Kompetensi Inti (KI)
            KI harus berdasarkan dari Permendikbud 21 Tahun 2016 yang mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan dalam mencapai SKL. Ada dua jenis KI yang harus diperhatikan, yakni KI pada Mata Pelajaran PABP dan PPKn dan KI pada Mata Pelajaran selain PABP dan PPKn

3. KD dan IPK
            Kompetensi Dasar / KD harus berdasarkan Permendikbud No 24 Tahun 2016 yang mengacu pada KI dan untuk IPK dikembangkan dari KD. IPK harus disusun menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur/dilakukan penilaian yang menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif sedangkan IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret dan dapat dikembangkan dari LOTS menuju HOTS.
4. Tujuan Pembelajaran
            Tujuan Pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam bentuk deskripsi, memberikan gambaran proses dan pencapaian hasil pembelajaran.
5. Materi Pembelajaran
            Materi pembelajaran ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi/IPK dan sesuai dengan cakupan materi sesuai IPK atau KD pengetahuan, serta sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.

6. Metode Pembelajaran
            Metode pembelajran adalah metode yang mampu membuat suasana belajar dan proses pembelajaran yang menyenangkan, aktif, dengan sintaks/tahapan yang jelas, sesuai dengan tujuan pembelajaran, serta menggambarkan proses pencapaian kompetensi.

7. Media Pembelajaran
            Media pembelajaran haruslah yang mendukung pencapaian kompetensi, memfasilitasi pembelajaran aktif yang sesuai dengan karakterisitik peserta didik dengan teknologi pembelajaran yang tekno-pedagogis.

8. Sumber belajar
            Sumber belajar yang relevan seperti buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain.

9. Langkah Pembelajaran
            Langkah Pembelajaran harus mencakup 4C, HOTS, Literasi, Berkarakter dengan pola Kegiatan Pendahuluan, Inti dan Penutup.

10. Penilaian Hasil Belajar
            Penilaian Hasil Belajar harus sesuai dengan IPK / KD, kegiatan pembelajran, materi, yang berdasarkan HOTS dengan aspek penilaian: sikap, pengetahuan, keterampilan.

11. Lampiran
            Lampiran dibutuhkan untuk uraian materi, instrumen penilaian dilengkapi dengan pedoman penskoran, dll



3.        Buatlah RPP salah satu KD mata pelajaran yang Anda ampu!

Posting Komentar untuk "Tugas M5 KB4 Perencanaan Pembelajaran"