Tugas M5 KB4 Perencanaan Pembelajaran
Instructions
1.
Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang standar proses
pembelajaran, kajilah komponen-komponen RPP minimal? Dan bandingkan dengan RPP
contoh, tuliskan kesimpulan hasil pengamatan Saudara?
Jawaban
Berdasarkan Permendikbud
No 22 tahun 2016 komponen RPP minimal adalah sebagai berikut :
a.
identitas
sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b.
identitas
mata pelajaran atau tema/subtema;
c.
kelas/semester;
d.
materi
pokok;
e.
alokasi
waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar
dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD
yang harus dicapai;
f.
tujuan
pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja
operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan;
g.
kompetensi
dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h.
materi
pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan
ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian
kompetensi;
i.
metode
pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan
proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan
karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j.
media
pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi
pelajaran;
k.
sumber
belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau
sumber belajar lain yang relevan;
l.
langkah-langkah
pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m.
penilaian
hasil pembelajaran.
Hasil
pengamatan saya terhadap kedua RPP contoh tersebut adalah sebagai berikut :
RPP 1
Di dalam
RPP Contoh 1 tidak terdapat komponen / keterangan Materi Pokok tetapi yang tertera
disana adalah keterangan dari Paket Keahlian. Sedangkan komponen yang juga
tidak terdapat di contoh RPP tersebut adalah Sumber Belajar. Tidak ada
keterangan khusus tentang sumber belajar yang akan digunakan dalam proses
pembelajaran tersebut. Selain itu, komponen media yang digunakan juga tidak
informative karena hanya menuliskan tentang penggunaan media elektronik yang
tidak spesifik. Yang terakhir, saya kira tata letak urutan dari contoh RPP
tersebut tidak sesuai dengan urutan yang diatur oleh Permendikbud No 22 tahun
2016. Namun, untuk komponen yang lainnya, saya kira sudah memenuhi kriteria
dari aturan Permendikbud No 22 tahun 2016.
RPP 2
Untuk
contoh RPP 2. Komponen yang tidak terdapat di RPP tersebut adalah komponen Materi
Pokok padahal materi pokok yang menjadi kegiatan pembelajaran sangat penting
untuk diketahui. Sedangkan untuk komponen Tata Letak juga tidak sesuai dengan Permendikbud
No 22 tahun 2016. Tetapi, untuk komponen yang lainnya, saya kira sudah memenuhi
kriteria dari aturan Permendikbud No 22 tahun 2016.
2.
Dalam upaya mengembangkan kemampuan guru dalam menyusun
RPP, Saudara diminta mengkaji panduan penyusunan RPP Versi 2017 di video
berikut ini. Buatlah rangkuman konten tersebut.
Jawaban
Di dalam video terseebut menunjukkan
bahwa dalam pengembangan RPP memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan beberapa
komponen seperti KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator
pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar sehingga menjadi sebuah
pengalaman belajar yang utuh.
1. Identitas
Di dalam
komponen identitas meliputi Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas/Semester, Materi
Pokok yang diambil dari KD, dan Alokasi Waktu yang sesuai untuk pencapaian KD dan
sesuai juga dengan jumlah jam pelajaran.
2. Kompetensi Inti (KI)
KI harus
berdasarkan dari Permendikbud 21 Tahun 2016 yang mencakup: sikap spiritual,
sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan dalam mencapai SKL. Ada dua jenis
KI yang harus diperhatikan, yakni KI pada Mata Pelajaran PABP dan PPKn dan KI
pada Mata Pelajaran selain PABP dan PPKn
3. KD dan IPK
Kompetensi
Dasar / KD harus berdasarkan Permendikbud No 24 Tahun 2016 yang mengacu pada KI
dan untuk IPK dikembangkan dari KD. IPK harus disusun menggunakan kata kerja operasional
yang dapat diukur/dilakukan penilaian yang menggambarkan dimensi proses
kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura,
dan/atau metakognitif sedangkan IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan
abstrak dan/atau ketrampilan konkret dan dapat dikembangkan dari LOTS menuju
HOTS.
4. Tujuan Pembelajaran
Tujuan
Pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja
operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan dalam bentuk deskripsi, memberikan gambaran proses dan pencapaian
hasil pembelajaran.
5. Materi Pembelajaran
Materi
pembelajaran ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator
ketercapaian kompetensi/IPK dan sesuai dengan cakupan materi sesuai IPK atau KD
pengetahuan, serta sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
6. Metode Pembelajaran
Metode
pembelajran adalah metode yang mampu membuat suasana belajar dan proses
pembelajaran yang menyenangkan, aktif, dengan sintaks/tahapan yang jelas, sesuai
dengan tujuan pembelajaran, serta menggambarkan proses pencapaian kompetensi.
7. Media Pembelajaran
Media
pembelajaran haruslah yang mendukung pencapaian kompetensi, memfasilitasi pembelajaran
aktif yang sesuai dengan karakterisitik peserta didik dengan teknologi
pembelajaran yang tekno-pedagogis.
8. Sumber belajar
Sumber
belajar yang relevan seperti buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar,
atau sumber belajar lain.
9. Langkah Pembelajaran
Langkah
Pembelajaran harus mencakup 4C, HOTS, Literasi, Berkarakter dengan pola
Kegiatan Pendahuluan, Inti dan Penutup.
10. Penilaian Hasil Belajar
Penilaian
Hasil Belajar harus sesuai dengan IPK / KD, kegiatan pembelajran, materi, yang
berdasarkan HOTS dengan aspek penilaian: sikap, pengetahuan, keterampilan.
11. Lampiran
Lampiran
dibutuhkan untuk uraian materi, instrumen penilaian dilengkapi dengan pedoman
penskoran, dll
3.
Buatlah RPP salah satu KD mata pelajaran yang Anda ampu!
Posting Komentar untuk "Tugas M5 KB4 Perencanaan Pembelajaran"