3 Kriteria Siswa Pintar menurut Buku 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences
3 Kriteria Siswa Pintar menurut Buku 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences
Secara sederhana fungsi sekolah dan tugas guru adalah membentuk siswa pandai dengan indikator 3 kriteria. Seperti apa kualifikasi tiga kriteria itu? Berikut indikatornya...
A. Kriteria Psikoafektif adalah perilaku-perilaku yang memenuhi unsur-unsur etika atau nilai-nilai yang ditunjukkan oleh siswa diantaranya
1. Siswa memiliki respon terhadap setiap materi pelajaran
Indikatornya
- respon siswa terhadap materi pelajaran yang ditunjukkan melalui perhatian saat guru menerangkan
- respon siswa terhadap umpan balik dalam menjawab pertanyaan guru
- respon siswa terhadap pengumpulan tugas sesuai jadwal yang diberikan guru
- respon siswa terhadap suasana kelas khususnya dalam suasana belajar
2. Siswa memiliki respons terhadap guru
Indikatornya
- siswa menghargai dan menghormati guru melalui Ucapan salam dan Salim
- siswa berperangai baik yang ditunjukkan melalui ketaatan terhadap aturan sekolah
3. Siswa memiliki respons terhadap teman
Indikatornya
- siswa menunjukkan perilaku bersahabat kepada semua teman an
- swa menunjukkan perilaku menghormati sesama teman
- siswa berempati terhadap teman melalui aktivitas tolong menolong
4. Siswa memiliki respons terhadap lingkungan sekitar
Indikatornya
- lingkungan sekolah yang bersih
- siswa membuang sampah pada tempatnya nya
- siswa menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan piket kebersihan yang terjadwal
5. Siswa memiliki respon terhadap aturan sekolah
Indikatornya
- berperilaku disiplin, sopan terhadap guru, dan taat terhadap aturan sekolah
B. Kriteria Psikomotorik adalah aktivitas siswa yang ditunjukkan melalui keterampilan yang memenuhi unsur estetika dari sebuah karya diantaranya
1. kemampuan menyampaikan pendapat dan gagasan an-nur melalui argumentasi
Indikatornya
- siswa terampil dalam berargumentasi secara lisan dan
- terampil menuangkan gagasan serta pendapat melalui bahasa tulisan yang ditunjukkan melalui karya ilmiah, opini, artikel dan surat
2. kemampuan menghasilkan Karya
Indikatornya
- siswa siswa terampil melakukan aktivitas percobaan eksperimen laboratorium
- siswa terampil dalam hal seni seperti memainkan alat musik dan bernyanyi
3. kemampuan dalam bidang olahraga
Indikatornya
- siswa terampil dalam bidang olahraga dan
- terampil memainkan alat-alat olahraga
C. Kriteria Kognitif adalah aktivitas akademik yang ditunjukkan melalui kemampuan menjawab soal, yang distandarisasi dengan logika benar salah diantaranya
- kemampuan menyelesaikan masalah dengan baik dan
- menjawab soal dengan benar yang indikatornya ditunjukkan dengan nilai mata pelajaran memenuhi ketuntasan
Konsep pandai tiga kriteria telah menjadi standar kompetensi lulusan pada kurikulum 2013. Kriteria siswa pintar di atas harus diikat secara manusiawi. Anak dengan kapasitas PsikoAfektif yang baik sudah selayaknya disebut pintar dan pandai walau sangat lambat secara kognitif akademik. Anak dengan kemampuan Psikomotorik baik walau bermasalah dalam bidang kognitif akademiknya juga sepatutnya disebut pintar dan pandai dan begitupun sebaliknya. Rahasia mengenai siswa pintar hanyalah pada paradigma bagaimana cara pandang kita terhadap luasnya kemampuan anak adalah lebih penting dari sekedar angka.
Posting Komentar untuk "3 Kriteria Siswa Pintar menurut Buku 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences"