Tugas Modul 6 KB 1 Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi
Berdasarkan
laporan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum disimpulkan bahwa tingkat
kelulusan peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Matematika hanya mencapai
80% dari KKM yang sudah ditetapkan. Kepala Sekolah menginstruksikan untuk
dilakukan evaluasi secara menyeluruh.
Tugas:
1. Identifikasi
faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target kelulusan pada mata pelajaran
tersebut.
Jawaban
:
Beberapa factor yang
menjadi penyebab tidak tercapainya target kelulusan pada mata pelajaran
tersebut berdasrkan factor Internal dalam diri siswa, guru, sekolah dan
lingkungan adalah sebagai berikut
1)
Bakat dan Minat siswa
2)
Siswa tidak mengetahui/memiliki tujuan
yang jelas dalam belajar
3)
Pengetahuan Pra Syarat dalam setiap
Kompetensi Dasar yang harus dikuasai siswa
4)
Motivasi yang lemah
5)
Hubungan Guru dengan siswa tidak baik
6)
Faktor keluarga
7)
Pembelajaran yang tidak menyenangkan
8)
Materi pembelajaran tidak memenuhi
standar yang harus diketahui oleh siswa
9)
Penilaian yang memiliki reliabilitas dan
validitas yang baik
10) Pada
saat pengukuran, siswa tidak dalam kondisi baik
11) Kemampuan
guru membuat alat ukur masih rendah
12) Lingkungan
pada saat pengukuran tidak kondusif
13) Penilaian
tidak bersifat kontinu dan sistematis sehingga siswa tidak mengetahui
kekurangan mereka secara pasti
2.
Identifikasi kesulitan belajar yang
dialami peserta didik yang belum lulus pada mata pelajaran tersebut.
Jawaban
Kesulitan belajar yang
dialami oleh peserta didik ini dapat disebabkan beberapa factor internal dan
eksternal. Namun dikarenakan pertanyaan di atas hanya untuk yang belum lulus
dalam mata pelajaran tersebut maka factor internal saja yang akan dijabarkan.
Kesulitab belajar yang dialami oleh mereka adalah sebagai berikut
1)
metode pengajaran guru yang tidak sesuai
dengan karakteristik mereka
2)
kemampuan belajar
3)
minat siswa
4)
pemahaman konsep
5)
motivasi rendah
6)
kebiasaan belajar rendah
7)
hubungan dengan guru rendah
3.
Telaah kesulitan yang dihadapi pendidik
dalam melaksanakan kegiatan pengukuran dan penilaian hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran tersebut, baik dari tes formatip maupunn sumatip.
Jawaban
Kesulitan yang dihadapi
pendidik dalam melaksanakan kegiatan pengukuran dan penilaian hasil belajar
peserta didik adalah sebagai berikut :
1. Pendidik
mengalami kesulitan dalam menentukan teknik pengukuran dan penilaian. Sehingga
jenis tes yang akan dilaksanakan apakah menggunakan tes unjuk kerja (performance
test), observasi, tes tertulis, tes lisan, penugasan, portofolio,
wawancara, tes inventori, jurnal, penilaian diri, dan penilaian antar teman.
2. Pendidik
tidak bisa menentukan jenis tes yang sesuai dengan kemampuan / kompetensi yang
akan diujikan sehingga jenis tes tidak sesuai dengan materi yang akan diujikan.
3. Pendidik
kesulitan dalam mengembangkan jenis tes yang yang memeuhi prinsip obyektip,
terpadu, sistematis, terbuka, akuntabel, menyeluruh dan berkesinambungan, adil,
valid, andal, dan manfaat serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk
merancangnya
4. Dalam
kaitannya dengan tes formatif, pendidik kesulitan dalam mengontrol urutan
kegiatan tes dan membutuhkan waktu dan apabila informasi mengenai hasil tes tersebut
terlambat sampai kepada pengambilan keputusan, maka evaluasi bersifat sia-sia.
5. Sedangkan
kaitannya denga tes sumatif, guru belum mengetahui bahwa tes ini dirancang
untuk mengetahui tahap perkembangan terakhir dari siswanya dengan dasar dari hasil
belajar merupakan totalitas sejak awal hingga akhir.
6. Selain
itu, dalam kegiatan penilaian banyaknya aspek yang harus dinilai dan juga
dilakukan bersamaan dengan proses pembelajaran, sehingga membuat proses belajar
mengajar menjadi kurang efektif.
7. Pendidik
juga diharuskan menjumlahkan setiap nilai yang diperoleh siswa secara
keseluruhan lalu mendeskripsikan nilai yang didapat tersebut per mata
pelajaran.
8. Karakter
tes yang kompleks dan memiliki banyak format sehingga kegiatan pelaksanaan
menjadi berat dan rumit.
9. Penyusunan
dan pelaksanaan penialaian juga sangat terbatas
4.
Rencanakan dua kegiatan evaluasi
pembelajaran untuk mengatasi belum optimalnya tingkat kelulusan peserta didik
pada mata pelajaran tersebut.
Jawaban
Kegiatan evaluasi
pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk mengatasi belum optimalnya tingkat
kelulusan perserta didik adalah sebagai berikut.
1.
EVALUASI NON TES
Pendidik akan melaksanakan avaluasi non tes yang akan
mengumpulkan data yang menitik beratkan pada bidang afektif, seperti sikap dan
minat siswa terhadap pelajaran matematika sehingga akan memberikan informasi
kepada guru tentang karakteristik siswanya dan akan menjadi acuan sebagai dasar
dalam pengembangan model pembelejaran. Evaluasi ini akan dilakukan dengan tanpa
menguji peserta didik melainkan dilakukan melalui:
1. Pengamatan atau observasi
Dalam kegiatan ini, pendidik akan menghimpun bahan-bahan
keterangan yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara
sistematis dengan lembaran observasi yang disusun dalam bentuk chekc list atau
skala penilaian.
2. Wawancara
Pendidik akan mengumpulkan bahan-bahan keterangan yang
dilaksanakan dengan melakukan tanya jawab lisandengan pedoman wawancara yang
mengacu pada tujuan yang ditetapkan.
2.
EVALUASI TES
Dalam kegiatan
ini, pendidik akan melaksanakan tes formatif dan sumatif.
1.
Tes Formatif
Pendidik akan melaksanakan tes formatif yang baik sesuai
dengan dengan prinsip tes kepada siswa sesuai dengan urutan materi / tema untuk
mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi dan akan menjadikan
hasil penilaian tersebut untuk bahan remedial bagi siswa yang belum berhasil.
Tes akan dilaksanakan dalam bentuk isian karena materi tidak terlalu padat
untuk diujikan.
2.
Tes Sumatif
Tes ini akan
dilaksanakan dalam rangka mengetahui hasil pembelajaran secara menyeluruh dan
totalitas dari semua materi yang telah diberikan kepada siswa. Tes ini akan
dilaksanakan pada akhir pembelajaran matematika. Tes akan dilaksanakan dalam
bentuk pilihan ganda agar mencakup semua materi yang ada.
Posting Komentar untuk "Tugas Modul 6 KB 1 Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi"