Kuis Sumatif Modul 5 TIK PPGDALJAB
Question 1 (1 point)
Prinsip kerja kamera adalah:
Menangkap cahayA.
|
|
Membiaskan cahayA.
|
|
Meredam cahayA.
|
|
Memantulkan cahayA.
|
Question 2 (1 point)
Proportion ( perbandingan / keserasian ) termasuk ke dalam
Unsur – unsur perancangan
|
|
Perspektif bentuk
|
|
Prinsip – prinsip
dasar rancangan
|
|
Tujuan perancangan
|
Question 3 (1 point)
Salah satu prinsip keindahan bentuk adalah keseimbangan.
keseimbangan yang memiliki kesamaan polanya bukan hanya di antara ruang sebelah
kiri dan ruang sebelah kanan saja, melainkan juga antara ruang sebelah atas dan
ruang sebelah bawah disebut dengan keseimbangan ....
Keseimbangan tersembunyi (axial balance)
|
|
Keseimbangan
memancar (radial balance)
|
|
Keseimbangan simetris (symmetrical balance)
|
|
Keseimbangan sederajat (obvious balance)
|
Question 4 (1 point)
Sebuah aplikasi yang menggunakan antarmuka harus mampu
membantu para user dalam menyelesaikan tugasnyA. Ini adalah prinsip:
workflow compatibility
|
|
task compatibility
|
|
product compatibility
|
|
user compatibility
|
Question 5 (1 point)
Secara etimologis, nirmana sendiri mempunyai maknA
Tidak bermakna
|
|
Tidak berbentuk
|
|
Tidak berwarna
|
|
Tidak bermula
|
Question 6 (1 point)
Selain warna merah yang dapat menimbulkan kesan penambah
nafsu makan, kebanyakan toko makanan / restaurant memilih warna kuning sebagai
branding perusahaannya karena warna kuning memberikan kesan....
Kehangatan dan
keramahan
|
|
Kesegaran dan kesuburan
|
|
Kemurahan hati dan ketenangan
|
|
Kesehatan dan kebugaran
|
Question 7 (1 point)
Struktur navigasi yang berbentuk seperti tangga atau pohon,
dimana masing–masing obyek menyediakan sebuah menu pilihan yang memiliki lebih
banyak menu dengan banyak pilihan adalah:
Struktur jaringan
|
|
Struktur hirarki
|
|
Struktur kombinasi.
|
|
Struktur linear
|
Question 8 (1 point)
Suatu proses memilih, mengatur dan menyusun shot-shot
menjadi satu scene, menyusun dan mengatur scene-scene menjadi sequence yang
akhirnya merupakan rangkaian shot yang bertutur tentang suatu cerita yang utuh.
Proses ini disebut:
Shot
|
|
Framing
|
|
Editing
|
|
Kompilasi
|
Question 9 (1 point)
Suatu susunan irama yang memiliki hubungan pengulangan
dengan perbedaan pada satu atau beberapa unsur/elemen seni/rupa yang digunakan
hasilnya kontras adalah
Transisi
|
|
Harmoni
|
|
Repetisi
|
|
Oposisi
|
Question 10 (1 point)
Sumber cahaya sekunder dan ditempatkan di sisi berlawanan
dari subyek adalah:
Fill light
|
|
Low light
|
|
Key light
|
|
Back light
|
Question 11 (1 point)
Susunan ini hasilnya monoton, ada kesan resmi, rapi,
terlihat statis dan menjemukan adalah susunan
Transisi
|
|
Harmonis
|
|
Repetisi
|
|
Kontras
|
Question 12 (1 point)
Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian
kamera berada di atas ketinggian obyek dikenal dengan istilah:
Straight Angle
|
|
Bird Eye View
|
|
Frog eye
|
|
High Angle
|
Question 13 (1 point)
Tempat untuk menyusun dan menempatkan klip/footage untuk
kemudian diedit pada Adobe Premiere Pro CS4 adalah:
Sequence Monitor Window
|
|
Monitor Window
|
|
Source Monitor Window
|
|
Timeline Window
|
Question 14 (1 point)
Tingkat kepekaan sensor atau film dalam merekam cahaya
disebut:
Aperture (Diafragma)
|
|
Zoom
|
|
Shuter Speed
|
|
ISO
|
Question 15 (1 point)
Tipe antarmuka di mana user mengisi area-area yang telah
disediakan adalah tipe:
direct manipulation
|
|
command language.
|
|
menu selection
|
|
form fill in
|
Question 16 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang berfungsi untuk memotong gambar
secara manual adalah:
Brush Tool
|
|
Arrow Tool
|
|
Hand Tool
|
|
Lasso Tool
|
Question 17 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang digunakan untuk memilih atau
memberi warna pada suatu garis adalah:
Line Tool
|
|
Stroke Color
|
|
Swap Color
|
|
Fill Color
|
Question 18 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang digunakan untuk menggeser
tampilan stage tanpa mengubah pembesaran adalah:
Hand Tool
|
|
Eye Dropper Tool
|
|
Paintbucket Tool
|
|
Ink Bottle tool
|
Question 19 (1 point)
Ukuran besar kecilnya bukaan lensa disebut:
Aperture
(Diafragma)
|
|
Zoom
|
|
ISO
|
|
Shuter Speed
|
Question 20 (1 point)
Ukuran suatu garis pada konseptual nirmana bukan ukuran
sentimeter ataupun meter tetapi ukurannya bersifat nisbi, hal ini berarti ....
ukuran garis tidak dipengaruhi bidang ataupun ruang
|
|
ukuran garis dapat bernentuk lurus, lengkung, rata, berombak yang
memberntuk irama
|
|
ukuran garis berupa horizontal, diagonal ataupun vertikal
|
|
ukuran panjang,
tinggi, besar dipengaruhi bidang atau ruang dimana garis itu berada
|
Question 21 (1 point)
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme
komunikasi antara:
pengguna (user)
dengan sistem.
|
|
pengguna (user) dengan pengembang sistem.
|
|
pengguna (user) dengan pengguna (user).
|
|
pengguna (user) dengan hardware
|
Question 22 (1 point)
Berdasarkan gambar berikut ini, manakah susunan warna yang termasuk ke dalam warna triad
komplementer ....
merah ungu (MU) - ungu (U) - biru ungu (BU)
|
|
hijau (H) - biru (B) - ungu (U)
|
|
kuning jingga (KJ) - merah ungu (MU) - biru ungu (BU) - kuning hijau (KH)
|
|
hijau (H) - biru (B) - ungu (U)
|
Question 23 (1 point)
Berikut ini adalah format yang digunakan dalam membuat
storyboard multimedia interaktif, kecuali:
Double coloum
|
|
Landscape
|
|
Portrait
|
|
Kartu
|
Question 24 (1 point)
Berikut ini adalah jenis-jenis metering, kecuali:
Balance metering
|
|
Spot metering
|
|
Center weight metering
|
|
Matrix metering
|
Question 25 (1 point)
Berikut ini adalah prinsip yang perlu diperhatikan agar pengambilan
gambar yang akan dilakukan mempunyai nuansa sistemik, kecuali:
Scene
|
|
Continuity
|
|
Close up
|
|
Camera angle
|
Question 26 (1 point)
Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang harus diperhatikan
dalam pembuatan suatu antarmuka sebuah aplikasi, kecuali:
Familiarity
|
|
Consistency
|
|
Usability.
|
|
Simplicity
|
Question 27 (1 point)
Berikut ini adalah struktur film, kecuali:
Shot
|
|
Sequence
|
|
Scene
|
|
Framing
|
Question 28 (1 point)
Berikut ini adalah tipe teks pada Adobe Flash, kecuali:
Input Text.
|
|
Output text.
|
|
Dynamic Text.
|
|
Static Text.
|
Question 29 (1 point)
Berikut ini adalah triangle fotografi, kecuali:
Shuter Speed
|
|
ISO
|
|
Aperture (Diafragma)
|
|
Zoom
|
Question 30 (1 point)
Berikut ini adalah unsur Three points lighting, kecuali:
Fill light
|
|
Key light
|
|
Back light
|
|
Low light
|
Question 31 (1 point)
Berikut ini adalah unsur-unsur komposisi fotografi,
kecuali:
Rule of Third
|
|
Kurva
|
|
Exposure
|
|
Simplicity
|
Question 32 (1 point)
Berikut ini adalah unsur-unsur sinematografi, kecuali:
Framing
|
|
Durasi gambar
|
|
Kamera dan film
|
|
Skenario
|
Question 33 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam prinsip keindahan bentuk
nirmana adalah
Tekstur
|
|
Keterpaduan
|
|
Titik
|
|
Garis
|
Question 34 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur-unsur konseptual nirmana adalah
Question 34 options:
Tekstur
|
|
Bentuk
|
|
Warna
|
|
Gempal
|
Question 35 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur-unsur visual nirmana adalah, kecuali ...
Gempal
|
|
Bentuk
|
|
Titik
|
|
Garis
|
Question 36 (1 point)
Dari gambar berikut ini yang termasuk kedalam warna dingin adalah
Hijau – merah
|
|
Merah – jingga
|
|
Hijau – biru
|
|
Kuning – biru
|
Question 37 (1 point)
Film Seluloid yang pertama diperkenalkan pada tahun:
1878
|
|
1887
|
|
1891
|
|
1895
|
Question 38 (1 point)
Foto berwarna yang pertama diperkenalkan oleh:
Richard Maddox
|
|
John Herschel
|
|
James Clerk
Maxwell
|
|
Frederick Scott Archer
|
Question 39 (1 point)
Fungsi Anchor Point pada Adobe Premiere adalah:
mengatur skala klip.
|
|
mengatur rotasi atau perputaran klip.
|
|
mengatur letak atau posisi klip.
|
|
mengatur letak
titik pusat perputaran klip.
|
Question 40 (1 point)
Fungsi image stabilizer adalah:
Menstabilkan objek bergerak
|
|
Memperbesar gambar
|
|
Menstabilkan
goncangan tangan
|
|
Menstabilkan warna
|
Question 41 (1 point)
Gambar berikut merupakan interval tangga dari ?
interval tangga jarak
|
|
interval tangga raut bidang
|
|
interval tangga ukuran bidang
|
|
interval tangga arah bidang
|
Question 42 (1 point)
Gambar di atas adalah gambar…..
Pengatur fokus.
|
|
Filter
|
|
Gelang Kamera
|
|
Lensa
|
Question 43 (1 point)
Gambar di bawah ini adalah:
Tombol Set Out Point
|
|
Toggle Take Audio
|
|
Toggle Take Video
|
|
Tombol Set In Point
|
Question 44 (1 point)
Jenis kamera yang pembidikannya secara langsung tanpa melalui lensa utama
adalah:
Kamera Large Format
|
|
Kamera Range
Finder
|
|
Kamera SLR
|
|
Kamera Pocket
|
Question 45 (1 point)
Jenis lensa yang memiliki fokus yang sesuai dengan
pandangan mata manusia adalah:
Wide Angle Lens
|
|
Lensa Standar
|
|
Fish Eye Lens
|
|
Lensa Tele
|
Question 46 (1 point)
Jika menginginkan warna hijau, kita harus mencampurkan warna
Kuning dan biru
|
|
Merah dan kuning
|
|
Merah dan biru
|
|
Biru dan merah
|
Question 47 (1 point)
Jika menginginkan warna ungu, kita harus mencampurkan warn
Kuning dan biru
|
|
Biru dan merah
|
|
Merah dan biru
|
|
Merah dan kuning
|
Question 48 (1 point)
Kamera video yang digunakan untuk keperluan sehari-hari
dengan kecenderungan pengguna kalangan yang memiliki hobi di bidang videografi,
adalah:
Kamera Studio
|
|
Kamera consumer
|
|
Kamera Prosumer
|
|
Kamera Professional
|
Question 49 (1 point)
Kecepatan terbuka sampai tertutupnya tirai (rana) pada kamera digital
disebut:
ISO
|
|
Zoom
|
|
Aperture (Diafragma)
|
|
Shuter Speed
|
Question 50 (1 point)
Komponen berikut ini adalah komponen penilaian pada aspek Komunikasi
Visual, kecuali:
Interaksi pengguna dengan aplikasi.
|
|
Animasi/video yang digunakan sudah sesuai.
|
|
Kesederhanaan
fungsi navigasi menu.
|
|
Format teks dan kombinasi warnA.
|
Question 51 (1 point)
Komponen berikut ini adalah komponen penilaian pada aspek Rekayasa
Perangkat Lunak, kecuali:
Penggunaan
backsounD.
|
|
Kemudahan pengoperasian aplikasi.
|
|
Kelengkapan menu navigasi.
|
|
Fungsionalitas menu yang tersediA.
|
Question 52 (1 point)
Model pembelajaran yang berisi percakapan atau dialog
antara pengguna dengan komputer dalam natural language adalah:
Tutorial
|
|
Simulasi
|
|
Drill and practice
|
|
Socratic
|
Question 53 (1 point)
Model pembelajaran yang memperagakan sesuatu (keterampilan)
sehingga pengguna merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya adalah:
Tutorial
|
|
Simulasi
|
|
Drill and practice
|
|
Hybrid
|
Question 54 (1 point)
Model pembelajaran yang memuat penjelasan, rumus, prinsip,
bagan, tabel, definisi istilah, latihan dan branching yang sesuai adalah:
Socratic
|
|
Hybrid
|
|
Inquiry
|
|
Tutorial
|
Question 55 (1 point)
Pengambilan gambar dari belakang obyek, biasanya obyek
tersebut hanya terlihat kepala atau bahunya saja, dikenal dengan istilah:
Profil Shot
|
|
Reflection Shot
|
|
Over Shoulder
|
|
Jaws Shot
|
Question 56 (1 point)
Pengambilan gambar obyek dari dagu hingga kepala, dikenal dengan istilah:
Medium Close Up (MCU)
|
|
Close up (CU)
|
|
Extreme Close Up (ECU)
|
|
Big Close Up (BCU)
|
Question 57 (1 point)
Pengambilan gambar obyek dengan fisik manusia tampak jelas namun latar
belakang masih dominan, dikenal dengan istilah:
Long shot (LS)
|
|
Medium long shot (MLS)
|
|
Extreme long shot (ELS)
|
|
Full Shot (FS)
|
Question 58 (1 point)
Pengambilan gambar sosok manusia mulai mendominasi dalam
frame. Tubuh manusia tampak dari dada ke atas hingga kepala, dikenal dengan
istilah:
Medium long shot (MLS)
|
|
Close up (CU)
|
|
Medium Close Up
(MCU)
|
|
Full Shot (FS)
|
Question 59 (1 point)
Pergerakan horizontal kamera dari kiri ke kanan atau
sebaliknya, dikenal dengan istilah:
Zooming
|
|
Tilting
|
|
Tracking
|
|
Panning
|
Question 60 (1 point)
Pergerakan vertikal kamera dari atas ke bawah atau
sebaliknya, dikenal dengan istilah:
Tilting
|
|
Zooming
|
|
Panning
|
|
Dolly
|
Posting Komentar untuk "Kuis Sumatif Modul 5 TIK PPGDALJAB "